LAPORAN ON THE
JOB TRAINING
PENGARUH
KEDISIPLINAN ROOM ATTENDANT TERHADAP KINERJA
DI HOUSEKEEPING DEPARTMENT
Dalam rangka
PENDIDIKAN
SISTEM GANDA (PSG)
DI GUMAYA
TOWER HOTEL SEMARANG
Disusun oleh:
NAMA : MUHDHORUM
NIS : 9235
PROGRAM STUDI KEAHLIAN : KEPARIWISATAAN
KOMPETENSI KEAHLIAN :
AKOMODASI PERHOTELAN
PEMERINTAH
KABUPATEN SEMARANG
DINAS
PENDIDIKAN
SEKOLAH
MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 BAWEN
Jl. Kartini No.
119 Bawen Kab. Semarang Telp/ Fax (0298) 591284
TAHUN 2016
|
LAPORAN ON THE
JOB TRAINING
PENGARUH
KEDISIPLINAN ROOM ATTENDANT TERHADAP KINERJA
DI HOUSEKEEPING DEPARTMENT
Dalam rangka
PENDIDIKAN
SISTEM GANDA (PSG)
DI GUMAYA
TOWER HOTEL SEMARANG
Disusun
oleh:
NAMA : MUHDHORUM
NIS : 9235
PROGRAM STUDI KEAHLIAN : KEPARIWISATAAN
KOMPETENSI KEAHLIAN :
AKOMODASI PERHOTELAN
Disusun Guna Melengkapi Syarat-Syarat
Dalam Mengikuti
Ujian Sekolah/Nasional
Tahun Pelajaran
2016/2017
Tanggal disetujui :
Tanggal diterima :
Mengetahui
HRD Manager
|
Pembimbing
|
Diah Woro Anggraeni
|
Budi Santoso
|
LAPORAN ON THE
JOB TRAINING
PENGARUH KEDISIPLINAN ROOM ATTENDANT TERHADAP
KINERJA
DI HOUSEKEEPING DEPARTMENT
Dalam rangka
PENDIDIKAN
SISTEM GANDA (PSG)
DI GUMAYA
TOWER HOTEL SEMARANG
Disusun
oleh:
NAMA : MUHDHORUM
NIS : 9235
PROGRAM STUDI KEAHLIAN : KEPARIWISATAAN
KOMPETENSI KEAHLIAN :
AKOMODASI PERHOTELAN
Disusun Guna
Melengkapi Syarat-Syarat
Dalam Mengikuti
Ujian Sekolah/ Nasional
Tahun Pelajaran
2016/ 2017
Tanggal disetujui :
Tanggal diterima :
Ketua Program Studi Keahlian Guru Pembimbing
Heru Ermintati, S.Pd., M.Par Cita
Laenah, SE.Par
NIP. 19740928 200604 2013 NIP:
-
Mengetahui
Kepala Sekolah
Waka Humas/HI
Jumeri, STP. M. Si Imroatul Azizah, S.Pd., M.Si
NIP. 19630510 1985031 019 NIP.
19760519 200801 2004
KATA PENGANTAR
Puji
syukur senantiasa kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan
karunia dan rahmat-Nya sehingga penyusunan Laporan On The Job Training ini
dapat diselesaikan dengan baik tanpa ada halangan suatu apapun.
Pada kesempatan ini penyusun mengucapkan kepada:
1. Bapak
Jumeri S.TP, M.Si selaku Kepala SMK
Negeri 1 Bawen.
2. Bapak
Ivan Sugiarto, selaku
owner Gumaya Tower Hotel Semarang.
3. Ibu
Imroatul Azizah, S.Pd., M.Si, selaku humas
4. Ibu
Diah Woro Anggraeni, selaku HRD Gumaya Tower Hotel Semarang.
5. Ibu Heru Ermintati, S.Pd., M.Par
selaku ketua program studi keahlian.
6. Ibu
Cita Laenah, S.Par.,
selaku guru pembimbing
7. Semua
staff dan management Gumaya Tower Hotel The Family and Convention yang telah
memberikan kemempatan dan bimbing kepada penulis.
8. Segenap
Keluaraga SMK N 1 BAWEN.
Semoga
ALLAH SWT melimpahkan rahmat dan hidaya-Nya kepada semua pihak yang telah
memeberikan bantuan dan partisipasinya dalam melakasnakan On The Job Training
ini. Harapan penulis semoga tugas akhir ini dapat bermanfaat bagi pembaca
umumnya dan penulis pada khususnya.
Bawen,
Juni 2016
Penyusun
MOTTO
DAN PERSEMBAHAN
MOTTO
1. Selalu menjadi orang yang optimis,
bahwa kehidupan ini penuh dengan kesempatan dan peluang untuk meraih
kesuksesan.
2. Menghargai waktu dan selalu disiplin
dalam berbagai hal.
3. Berusaha menjadi manusia teladan
yaitu manusia yang mampu ditiru orang lain.
4. Menjadi orang yang selalu jujur
dalam segala hal.
5. Berusaha dapat menjalin hubungan
kerjasama yang baik dalam pekerjaan.
6. Tiada hari tanpa senyuman.
7. Menjadi orang penting itu baik
tetapi lebih penting menjadi orang baik.
PERSEMBAHAN
Laporan ini dipersembahkan kepada :
1. Kedua Orang Tua dan keluarga yang
selalu memberi semangat dan dorongan.
2. Teman –teman tercinta.
3. Pembaca yang budiman
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL...........................................................................................................
HALAMAN
PENGESAHAN DU/DI…............................................................................ii
HALAMAN
PENGESAHAN SEKOLAH ……..............................................................iii
MOTTO DAN
PERSEMBAHAN ...................................................................................iv
KATA PENGANTAR
.......................................................................................................v
DAFTAR ISI
....................................................................................................................vi
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
............................ ..........................................................................1
B. Tujuan On The Job Training
.................................................................................2
C. Hasil Yang Diharapkan
.........................................................................................2
BAB II TINJAUAN
PUSTAKA
A. Pengertian Hotel.................................................................................................... 3
B. Pengertian Housekeeping
……………………………………………................. 3
C. Pengertian Disiplin ……………………………………………........................... 3
D. Pengertian Motivasi ……………………………………………......................... 3
E. Pengertian Produktifitas
Kerja …………………………………………............ 4
BAB III
PELAKSANAAN
A.
Waktu Pelaksanaan
…..………........................................................................... 5
B.
Tempat dan Skala Produksi
................................................................................ 5
C.
Sejarah Gumaya Tower Hotel Semarang ........................................................... 5
D.
Sistem Pelaksanaan
............................................................................................. 9
BAB IV
PEMBAHASAN
A.
Dasar teori
………............................................................................................. 10
B.
Proses Pelaksanaan
……................................................................................... 11
C.
Struktur Organisasi
………………………....................................................... 15
D.
Perhitungan Analisa ………………......…........................................................ 16
E.
Factor pendukung
............................................................................................. 19
F.
faktor penghambat ……..................................................................................... 19
BAB V PENUTUP
A.
Kesimpulan ………………………………………………………………..… 20
B.
Saran ................................................................................................................. 20
Daftar
Pustaka
Lampiran-lampiran
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Hotel adalah suatu
usaha yang bergerak dalam bidang jasa yang dikelola secara komersial. Di mana
hotel itu menyediakan penginapan serta fasilitas penunjang lainnya.
Indonesia
merupakan Negara yang memiliki objek wisata sehingga banyak wisatawan asing
ataupun local datang untuk berliburan atau urusan bisnis. Agar para wisatawan
merasakan kenyamanan yang ada di Indonesiamaka pemerintah menyediakan sarana
dan prasarana yang dibutuhkan.
Seperti kita ketahui bahwa dari tahum ke tahun dunia
pariwisata terus mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dunia pariwisata
merupakan sumber pendapatan yang sangat penting bagi Negara. Dalam dunia
pariwisata akomodasi memegang peranan penting untuk menunjang suksesnya
pariwisata. Oleh sebab itu, pemerintah harus memperhatikan peluang sector
akomodasi khususnya hotel berbintang dan internasional.
Dengan
bertambahnya hotel dibangun di Negara Indonesia maka bertambah pula siswa yang
mengikuti pendidikan perhotelan. Untuk itu SMK N 1 Bawen membuka jurusan
Akomodasi Perhotelan (AP). Salah satu sekolah kejuruan yang membantu siswa yang
berminat di bidang perhotelan dan pariwisata supaya menjadi tenaga terdidik,
terlatih, dan siap untuk ke dunia kerja
B. Tujuan
Adapun tujuan penyusun untuk
melakukan On The Job Training di Gumaya Tower Hotel Semarang adalah :
1.
Menerapkan teori dan praktek dari sekolah yang langsung akan
dipraktekkan lebih lagi di dunia kerja.
2. Menumbuh kembangakan sikap
profesionalisme sesuai dengan tuntutan lapangan keja.
3. Agar dapat mengerti fungsi dan
tanggung jawab masing-masing departemant.
4.
Agar dapat menerapkan ruang lingkup kerja dimasing-masing
departemant.
C. HASIL YANG
DIHARAPKAN DARI PENULISAN JUDUL
Adapun
hasil yang diharapkan dari melakukan On The Job Training di Gumaya Tower Hotel
Semarang adalah :
1. Ilmu kita akan dunia perhotelan akan
bertambah.
2. Kita mendapatkan bekal untuk
mengahadapi dunia kerja di era globalisasi.
3. Kita dapat bekerja sama sesuai
prosedur dan peraturan.
4. Meningkatkan, memperluaskan, dan
memantapkan keterampilan serata etos kerja siswa sebagai bekal untuk memasuki
lapangan kerja.
BAB II
TINJAUAN
PUSTAKA
A. PENGERTIAN
HOTEL
Menurut Kamus Bahasa
Indonesia, hotel
sebagai bangunan berkamar banyak yang disewakan sebagai tempat untuk menginap
dan tempat makan orang yang sedang dalam perjalanan atau bentukakomodasi yang
dikelola secara komersial, disediakan bagi setiap orang untuk memperoleh
layanan, penginapan , makandan minum.
Menurut Dirjen pariwista, hotel adalah suatau jenis akomodasi yang mempergunakan
sebagian atau seluruh bangunan, untuk menyediakan jasa penginapan, makan dan
minum, serta jasa lainnya bagi umum, yang dikelola secara komersial.
B.
PENGERTIAN HOUSEKEEPING
Menurut pengertian umum ( Djohan, T. M. 1993 ) Housekeeping
adalah salah satu bagian yang ada di dalam hotel yang menangani hal-hal terkait
dengan keindahan, kerapian, kebersihan , kelengkapan seluruh kamar juga area
hotel umum lainnya agar seluruh tamu dan karyawan dapat merasa aman dan nyaman
berada di dalam hotel.
Menurut Settzer Munavist, Housekeeping atau Tata Graha adalah salah satu
bagian atau department yang ada di dalam hotel yang menangani hal-hal berkaitan
dengan keindahan, kerapian, kebersihan, kelengkapan dan kesehatan seluruh
engambil likamar, juga area-area umum lainnya, agar seluruh tamu maupun
karyawan dapat merasa nyaman dan aman berada di hotel. Selain itu Housekeeping
department merupakan perencanaan, perawatan/pembersihan semua kamar tamu, ruang
eroom, linen dan uniform rooms, halaman, taman, kolam renang dan ruang parkir
C. PENGERTIAN
DISIPLIN
( id. Wikipedia.org / wiki / disiplin ), disiplin merupakan perasaan taat
dan patuh terhadap nilai-nilai yang dipercaya termasuk melakukan pekerjaan
tertentu yang menjadi tanggung jawabnya.
D. PENGERTIAN
MOTIVASI
Menurut Merle J. Moskowits, motivasi adalah inisiasi dan pengarah tingkah
laku, dan studi tentang motivasi adalah merupakan studi tentang ilmu tingkah
laku manusia.
Menurut American Encyclopedia, motivasi adalah
predisposisi (kecenderungan) dalam diri individu yang membangkitkan dan
mengarahkan tingkah lakunya. Motivasi mencakup kebutuhan biologis dan emosi
yang hanya dapat ditemukan dari observasi tingkah laku.
Menurut Mulsaya,
motivasi adalah tenaga pendorong atau penarik yang menyebabkan adanya tingkah
laku ke arah suatu tujuan tertentu. Peserta didik akan bersungguh-sungguh
karena memiliki motivasi yang tinggi. Seorang siswa akan belajar bila ada
factor pendorong yang disebut motivasi
E.
PENGERTIAN PRODUKTIVITAS KERJA
Menurut Basu Swasta
dan Ibnu Sukotjo (1995:281), produktivitas adalah sebuah konsep yang
menggambarkan hubungan antara hasil (jumlah barang dan jasa) dengan sumber
(jumlah tengga kerja, modal, tanah, energy, dan sebagainya) yang dipakai untuk
menghasilkan hasil tersebut.
Menurut George J.
washinis (Rusli Syarif, 1991:1), produktivitas mencangkup dua konsep dasar
yaitu daya guna dan hasil guna. Daya guna menggambarkan tingkat sumber-sumber
manusia, dana, dan alam yang diperlukan untuk mengusahakan hasil tertentu,
sedangkan hasil guna menggambarkan akibat dan kualitas dari hasil yang
diusahakan.
Menurut Mukiyat
(1998:481), bahwa produktivitas kerja biasanya dinyatakan dengan suatu
imbangan dari suatu hasil kerja dalam rata-rata dalam hubungannya dengan jam kerja
rata-rata dari yang diberikan dengan proses tersebut.
Menurut Sondang P
Siagian (1982:15), produktuvitas kerja adalah kemampuan memperoleh manfaat
sebesar-besarnya dari sarana dan prasarana yang tersedia dengan menghasilkan
output yang optimal, kalu mungkin yang maksimal.
BAB III
PELAKSANAAN
KERJA
A.
Waktu Pelaksanaan.
Pendidikan
Sistem Ganda ( PSG ) siswa-siswi SMK Negeri 1 Bawen tahun ajaran 2015-2016 dilaksanakan
On The Job Training yang dimulai pada tanggal 21 Desember 2015 dan berakhir 7 April 2016 siswa On The
Job Training melaksanakan kegiatan di tentukan dengan 4 shift yaitu :
NO
|
SHIFT
|
TIME
|
1
|
Morning ( M )
|
08.00 – 16.00
WIB
|
2
|
Middle
|
10.00 – 18.00
WIB
|
3
|
Evening ( E )
|
15.00 – 23.00
WIB
|
4
|
Night ( N )
|
23.00 – 07.00
WIB
|
B.
Tempat dan Skala Produksi
Dalam
melaksanakan On The Job Training
( OJT ) yang bertempat di Gumaya Tower Hotel Semarang Phone 62-29832500 /
Fax.62-29832501, E-MAIL : info @hotelgumayatowersemarang.com.
Gumaya
Tower Hotel Semarang adalah sebuah hotel berbintang 5 dengan standar
Internasional. Dengan lokasi di pusat kota dipastikan Gumaya Tower Hotel
Semarang akan menjadi semakin baik dan semakin baik lagi, dimasa yang akan
datang dan terus berkembang sesuai dengan kebutuhan jaman, dengan motto “New
Born, New Brand With New Spirit” diharapkan kedepanya hotel ini akan menjadi
tempat nice ( meeting, incentive, convention, dan exhibition ) di Kota Semarang.
C. Sejarah
Gumaya Tower Hotel Semarang
Quality
Gumaya Tower Hotel Semarang adalah salah satu hotel bertaraf internasional
serta termasuk dalam kategori bintang V.
Hotel
gumaya semarang berada di jalan gajahmada No 59-61 Semarang 50232,di pusat kota
yang tak jauh dari simpang lima semarang.Hotel Gumaya yang memiliki 259 kamar
hotel ini merupakan hotel bintang 5 yang di rancang membantu tamu bersantai
dalam kenyamanan dan gaya. Apakah pada bisnis atau liburan,hotel gumaya
memberikan kenyamanan untuk para tamu yang menginap di hotel gumaya .
Fasilitas Hotel
Gumaya hotel Semarang memiliki beberapa fasilitas yang di tawarkan
demi kepuasan tamu. Fasilitas tersebut diantaranya :
1. 259 kamar / rooms
yang terdiri dari :
a) Tower Club room : 32 kamar
b) Deluxe room : 217 kamar
c) Ambassador suite : 1 kamar
d) Royal Suite : 8 kamar
e) President Suite : 1 kamar
2. Nobel Coult
Noble Coult adalah restaurant khas
cina ,jadi menu yang di tawarkan adalah makana dari cina. Noble Coult berada di
lantai 2 .
Jam Buka : Mulai dari jam
08.00-14.00
3. Business Center
Melayani :
a.
Rental komputer
b.
Internet rental
c.
Typing atau pengetikan
d.
Photo graphy
e.
Sceaning rental
5. SKY line
Sebuah restaurant yang letak di paling atas
hotel gumaya atau di tower lantai 17
Jam Buka : 17.00-01.00
6. Packing Area
Packing area
terletak di samping hoteldan basement area.
7. Pool Area
a.
Fitness Center
Sebagai tempat kebugaran dan melayani
berbagai treathment body feat
dengan fasilitas alat-alat yang canggih serata intsruktur atau pelatih yang
provisional. Buka mulai pukul 06.00-20.00 WIB dengan ketentuan fasilitas untuk
tamu dikenakan biaya Rp. 20.000,-.
b.
Pool Area
Menyediakan tempat renang dengan air
yang bersih dan pelayanan yang baik. Dilengkapi dengan :
a. Sauna
b. Whirl pool
c. Locker tamu
d. Rest room
e.
Baby Sitting
Sebagai tempat hiburan keluarga dan
dilengkapi dengan taman bermain dan aneka mainan anak-anak, buka dari jam 06.00
WIB – 20.00 WIB dengan tarif Rp. 15.000,-
(anak-anak).
8. CASCADE Dan CATTER
Cascade restaurant terletak di lantai satu. Cascade restaurant
menyediakan European, Japanese, Chinese, Indonesia food dan Tradisional. Pepito restaurant buka dari jam 06.00
WIB – 23.00 WIB serta melayani room service selama 24 jam.
Catter terletek di lobby dan menjadi tempat
yang menyajikan suasana nyaman untuk kesenggangan waktu pada saat tamu menunggu
registrasi ataupun sekedar bersantai.
9. Fasilitas Ruang
Pertemuan atau Ballroom
a.
Polaris I
Terletak di lantai 1 digunakan untuk
ruang meeting dan seminar
1. Theatre : 180 orang
2. Round : 100 orang
3. Classroom : 80 orang
4. V-Shape : 60 orang
5. Area : 187,94 m2
b.
Polaris II
Terletak di lantai 1 digunakan untuk
ruang meeting
1. Theatre : 20 orang
2. Round : 16 orang
3. Classroom : 20 orang
4. V-Shape : 16 orang
5. Area : 87,24 m2
c.
polaris III
Terletak
di lantai 1 digunakan untuk ruang meeting
1. Theatre : 20 orang
2. Round : 16 orang
3. Classroom : 20 orang
4. V-Shape : 16 orang
5. Area :
87,24 m2
6. Wahid IV
Terletak di lantai 1 digunakan untuk
ruang meeting
1. Theatre : 60 orang
2. Round : 48 orang
3. Classroom : 45 orang
f.
Grand Wahid Ballroom
Terletek di lantai 1 digunakan untuk
ruang meetting, seminar, dan party
1. Theatre : 400 orang
2. Round : 144 orang
3. Classroom : 168 orang
4. V-Shape : 120 orang
5. Area :
300,5 m2
6. Cery
Terletak di lantai 3 digunakan
untuk ruang meeting
1. Theatre : 120 orang
2. Round : 72 orang
3. Classroom : 40 orang
4. V-Shape : 30 orang
5. Area : 110 m2
10. Fasilitas Laundry and Dry
Cleaning Service
Merupakan jasa pelayanan yang
diberikan kepada tamu hotel.
Tamu hotel
dapat menggunakan setiap waktu selama
tamu membutuhkan jasa tersebut, seperti washing, cleaning, dan pressing.
D. Sistem
Pelaksanaan
Sistem
pelaksanaan On The Job Training ( OJT ) yang berlaku di Gumaya Tower Hotel
Semarang yaitu harus datang tepat waktu dan pulang pada waktu yang telah
ditentukan. Selalu membersihkan tempat dan alat-alat sebelum dan sesudah
bekerja sesuai dengan aspek keselamatan kerja, pada tiap kegiatan di bimbing
agar dalam pelaksanaannya berjalan dengan lancar. Hosekeeping adalah salah satu department yang berda
dihotel. Selama tiga bulan On The Job Training ( OJT ) setiap hari dilaksanakan
rouling yaitu dibagian room, public area, laundry, gardener, pool tiket.
A.
Prosedur / Skema Proses Produksi ( Skala Produksi )
Proses
penerimaan tugas dibagian room attandent dapat dijabarkan bahwa :
1. Seorang housekeeping supervisor
mengecek room status data pada tanggal suatu hari, serta mendapatkan
pemberitahuan acara yang ada di hotel pada hari itu ataupun dekat-dekat hari
yang akan datang melalui Barquet Event Order ataupun agar mengetahui
kamar-kamar mana saja yang akan disetting triple maupun quartet sesual
ketentuan dan bagian front office.
2. Housekeeping supervisor akan memberi
pengarah atau intruksi kepada room attendant daftar-daftar kamar yang pada hari
itu check out maupun stay. Housekeeping supervisor juga akan membacakan tamu
group dan system set-uppan kamarnya.
3. Room attendant akan melakukan
pembersihan kamar-kamar yang tertulis di room attendant daily report sesuai
dengan satatus kamar yang tertera. Tidak lupa setiap selesai mengerjakan kamar,
seorang room attendant harus mengisi room attendant control shet dengan tertib.
4. Setelah kamar sudah dibersihkan
segera ubah status kamar di dalam room attendant daily report dari dirty
menjadi clean dan mematikan tanda “please make up room” agar segera diperiksa
oleh housekeeping supervisor.
5. Setelah kamar tersebut melewati
pengecekan dari housekeeping supervisor dan sudah dinyatakan dapat dijual
kembali, kemudian housekeeping supervisor akan menginfokan status kamar terbaru
kepada front office agar kamar dapat dijual kembali.
BAB IV
PEMBAHASAN
A.
DASAR TEORI
a)
PENGERTIAN DISIPLIN
( id. Wikipedia.org / wiki / disiplin ), disiplin merupakan perasaan taat
dan patuh terhadap nilai-nilai yang dipercaya termasuk melakukan pekerjaan
tertentu yang menjadi tanggung jawabnya.
b)
PENGERTIAN MOTIVASI
Menurut Merle J. Moskowits, motivasi adalah
inisiasi dan pengarah tingkah laku, dan studi tentang motivasi adalah merupakan
studi tentang ilmu tingkah laku manusia.
Menurut American Encyclopedia, motivasi adalah predisposisi (kecenderungan)
dalam diri individu yang membangkitkan dan mengarahkan tingkah lakunya.
Motivasi mencakup kebutuhan biologis dan emosi yang hanya dapat ditemukan dari
observasi tingkah laku.
Menurut
Mulsaya, motivasi adalah tenaga
pendorong atau penarik yang menyebabkan adanya tingkah laku ke arah suatu
tujuan tertentu. Peserta didik akan bersungguh-sungguh karena memiliki motivasi
yang tinggi. Seorang siswa akan belajar bila ada factor pendorong yang disebut
motivasi
c)
PENGERTIAN PRODUKTIVITAS KERJA
Menurut Basu Swasta dan Ibnu Sukotjo (1995:281),
produktivitas adalah sebuah konsep yang menggambarkan hubungan antara hasil
(jumlah barang dan jasa) dengan sumber (jumlah tengga kerja, modal, tanah,
energy, dan sebagainya) yang dipakai untuk menghasilkan hasil tersebut.
Menurut George J. washinis (Rusli Syarif, 1991:1),
produktivitas mencangkup dua konsep dasar yaitu daya guna dan hasil guna. Daya
guna menggambarkan tingkat sumber-sumber manusia, dana, dan alam yang
diperlukan untuk mengusahakan hasil tertentu, sedangkan hasil guna
menggambarkan akibat dan kualitas dari hasil yang diusahakan.
Disiplin merupakan
perasaan taat dan patuh terhadap nilai-nilai yang dipercaya termasuk melakukan
pekerjaan tertentu yang menjadi tanggung jawabnya.
Motivasi
adalah inisiasi dan pengarah tingkah laku, dan studi tentang motivasi adalah
merupakan studi tentang ilmu tingkah laku manusia.
Produktivitas
kerja adalah sebuah konsep yang
menggambarkan hubungan antara hasil (jumlah barang dan jasa) dengan sumber
(jumlah tengga kerja, modal, tanah, energy, dan sebagainya) yang dipakai untuk
menghasilkan hasil tersebut.
B.
PROSES PELAKSANAAN
Sistem
pelaksanaan On The Job Training ( OJT ) yang berlaku di Gumaya Tower Hotel
Semarang yaitu harus datang tepat waktu dan pulang pada waktu yang telah
ditentukan. Selalu membersihkan tempat dan alat-alat sebelum dan sesudah
bekerja sesuai dengan aspek keselamatan kerja, pada tiap kegiatan di bimbing
agar dalam pelaksanaannya berjalan dengan lancar. Hosekeeping adalah salah satu department yang berda
dihotel. Selama tiga bulan On The Job Training ( OJT ) setiap hari dilaksanakan
rouling yaitu dibagian room, public area, laundry, gardener, pool tiket.
A.
Prosedur / Skema Proses Produksi ( Skala Produksi )
Proses
penerimaan tugas dibagian room attandent dapat dijabarkan bahwa :
1.
Seorang housekeeping supervisor mengecek room status data
pada tanggal suatu hari, serta mendapatkan pemberitahuan acara yang ada di
hotel pada hari itu ataupun dekat-dekat hari yang akan datang melalui Barquet
Event Order ataupun agar mengetahui kamar-kamar mana saja yang akan disetting
triple maupun quartet sesual ketentuan dan bagian front office.
2. Housekeeping supervisor akan memberi
pengarah atau intruksi kepada room attendant daftar-daftar kamar yang pada hari
itu check out maupun stay. Housekeeping supervisor juga akan membacakan tamu
group dan system set-uppan kamarnya.
3. Room attendant akan melakukan pembersihan
kamar-kamar yang tertulis di room attendant daily report sesuai dengan satatus
kamar yang tertera. Tidak lupa setiap selesai mengerjakan kamar, seorang room
attendant harus mengisi room attendant control shet dengan tertib.
4. Setelah kamar sudah dibersihkan
segera ubah status kamar di dalam room attendant daily report dari dirty
menjadi clean dan mematikan tanda “please make up room” agar segera diperiksa
oleh housekeeping supervisor.
5.
Setelah kamar tersebut melewati pengecekan dari housekeeping
supervisor dan sudah dinyatakan dapat dijual kembali, kemudian housekeeping
supervisor akan menginfokan status kamar terbaru kepada front office agar kamar
dapat dijual kembali.
Di Housekeeping
Departement : 21 Desember 2015- 7 April 2016
Prosedur
Alat dan bahan
Terdapat alat dan bahan seperti
berikut :
1.
Room
a. Alat-alat
yang digunakan saat membersihkan kamar
1.
Trolley
2.
Vacuum cleaner
3.
Dust cloth
4.
Towel OO
5.
Pad
6.
Skuitzer
7.
Sponge
8.
Hand brush
b. Bahan
pembersih yang digunakan saat membersihkan kamar
1.
Multi Purpose Cleaner (MPC) : untuk membersihkan wash tafel,
toiletbowl, bath tup.
2.
Glass Cleaner : untuk membersihkan bercak-bercak atau
noda-noda yangmenempel di kaca
3.
Emerel Cream Cleancer : untuk membersihkan bercak-bercak
atau noda- noda yang berbahan stanlees steal
4.
Super Pel : untuk mengepel atau membersihkan lantai
2.
Public Area
a.
Alat-alat yang digunakan oleh seorang Houseman (petugas public area)
1.
Broom
2.
Dust pan
3.
Mop
4.
Lobby duster
5.
Skuitzer
6.
Canebo
7.
Sponge
8.
Dust cloth
9.
Double bucket
10.
Toilet bowl brush
11.
Wet caution
12.
Cary cady
13.
Vacuum
14.
Cleaning cloth
15.
Buffing
16.
Pad
17.
Hand brush
18.
Plastik sampah
b.
Bahan pembersih yang digunakan public area
1.
Multi Purpose Cleaner (MPC)
2.
Glass cleaner
3.
Shine up
4.
Emerel
5.
D7 Summa Inox
6.
M.A.A.
7.
Wax strip
8.
Rugbee shampo
9.
Porstex
10.
B29
3.
Laundry
a.
Alat-alat yang digunakan di laundry
1.
Mesin pencuci (washing)
2.
Mesin pengering (tumbler)
3.
Mangler
4.
Pressing
5.
Setrika
b. Bahan-bahan yang
digunakan di laundry
1.
Launtex : deterjen yang higienis untuk
mencuci guest laundry
2.
Soft W : pewangi
3.
Kanji toch : pengaku kain
4.
Action : pengankat minyak dan lemak
5.
Sentry : penetral (dapat menghilangkan noda
karet)
6.
Avenger : deterjen yang mempunyai alkali
yang kuat untuk mengangkat noda
7.
Ozonia : pencerah warna pakaian
8.
Safe way : pemutih
9.
Pionear : anti bakteri
10.
Search : deterjen yang mempunyai alkali
sedang
3. Gardener
Alat yang
digunakan di gardener
1.
Broom
2.
Sabit
3.
Duspan
4.
Gunting
5.
Bucket
6.
Gayung
C. Sketsa/ Bagan
MANAGEMENT STRUCTURE
GUMAYA TOWER HOTEL SEMARANG
HOUSEKEEPING
DEPARTEMENT
|
|
PUBLICAREA
|
||||||||||||||||
ROOMATTANDANT
|
LAUNDRY
|
ORDERTAKER
|
HEALTHCLUB DAN GARDENER
|
|||||||||||||
DAILYWOEKER/TRAINEE
|
||||||||||||||||
Keterangan :
____________ : garis komando
------------------ : garis koordinasi
Garis
komando berfungsi sebagai arah alur kerja dimana jabatan yang lebih tinggi berhak
memberikan tugas sesuai dengan kompetensi yang dimiliki oleh seseorang yang
mempunyai jabatan dibawahnya sesuai dengan alur kerja yang ditentukan.
Garis
koordinasi dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa semua pihak tidak dapat bekerja
seorang diri demi terlaksananya sebuah tugas serta menghasilkan sesuatu yang
optimis maka koordinasi antar semua pihak harus berjalan baik
D.
Perhitungan
Analisa
RESPON KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP
KINERJA PEGAWAI
No.
|
Uraian Pernyataan
|
Kepuasan
|
Kepentingan
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1.
|
Tanggung
jawab
|
|
|
|
V
|
|
|
|
|
V
|
|
2.
|
Disiplin
|
|
|
V
|
|
|
|
|
|
V
|
|
3.
|
Kreativitas
|
|
|
|
|
V
|
|
|
|
V
|
|
4.
|
Kemampuan
berkomunikasi
|
|
|
V
|
|
|
|
|
|
V
|
|
5.
|
Pengetahuan
|
|
|
V
|
|
|
|
|
V
|
|
|
6.
|
Keterampilan
|
|
|
|
V
|
|
|
|
|
V
|
|
7.
|
Sikap
terhadap pekerjaan
|
|
|
|
|
V
|
|
|
|
V
|
|
8.
|
Kerjasama
dan kekompakan
|
|
|
|
|
V
|
|
|
|
V
|
|
9.
|
Kepemimpinan
|
|
|
V
|
|
|
|
|
V
|
|
|
10.
|
Kecepatan
dan ketepatan
|
|
|
|
V
|
|
|
|
|
V
|
|
Keterangan :
Skoring
kinerja pegawai
: Skoring
kepentingan hotel :
1.
Sangat tidak memuaskan 1.
Sangat tidak penting
2.
Tidak memuaskan 2.
Tidak penting
3. Cukup memuaskan 3.
Cukup penting
4.
Memuaskan 4. Penting
5.
Sangat memuaskan 5. Sangat penting
ANALISIS HASIL SURVEI KEPUASAN PEGAWAI
Pernyataan
|
Nilai
|
Nilai
X Responden
|
Jumlah
|
Nilaikepuasan
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1Xr
|
2xR
|
3xR
|
4xR
|
5xR
|
|||
1
|
|
|
5
|
5
|
10
|
|
|
15
|
20
|
50
|
85
|
4,75
|
2
|
|
|
8
|
7
|
5
|
|
|
24
|
28
|
25
|
77
|
3,35
|
3
|
|
|
7
|
3
|
10
|
|
|
21
|
12
|
50
|
83
|
4,15
|
4
|
|
|
4
|
8
|
8
|
|
|
12
|
32
|
40
|
84
|
4,20
|
5
|
|
|
6
|
6
|
8
|
|
|
18
|
24
|
40
|
82
|
4,10
|
6
|
|
|
4
|
5
|
11
|
|
|
12
|
20
|
55
|
87
|
4,35
|
7
|
|
|
6
|
6
|
8
|
|
|
18
|
24
|
40
|
82
|
4,10
|
8
|
|
|
3
|
8
|
9
|
|
|
9
|
32
|
45
|
86
|
4,30
|
9
|
|
|
3
|
5
|
12
|
|
|
9
|
20
|
60
|
89
|
4,45
|
10
|
|
|
9
|
6
|
5
|
|
|
27
|
24
|
25
|
76
|
3,80
|
RATA-RATA (Nilai
kepuasan dibagi jumlah pernyataan)
|
4,10
|
Kepuasan
pelangaan berada pada level 4,10
ANALISIS DATA KUOSIONER
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Jumlahskor
|
Prosentase
|
Ket.
|
1.
|
Tanggung
jawab
|
85
|
85
|
Puas
|
2.
|
Disiplin
|
77
|
77
|
Puas
|
3.
|
Kreativitas
|
83
|
83
|
Puas
|
4.
|
Kemampuan
berkomunikasi
|
84
|
84
|
Puas
|
5.
|
Pengetahuan
|
82
|
82
|
Puas
|
6.
|
Keterampilan
|
87
|
87
|
SP
|
7.
|
Sikap
terhadap pekerjaan
|
82
|
82
|
Puas
|
8.
|
Kerjasama
dan kekompakan
|
86
|
86
|
SP
|
9.
|
Kepemimpinan
|
89
|
89
|
SP
|
10.
|
Kecepatan
dan ketepatan
|
76
|
76
|
Puas
|
Jumlah
|
831
|
831
|
|
|
Rata-Rata
|
83,10
|
83,10
|
Puas
|
KETERANGAN KETERANGAN PRESENTASI
1= TIDAK PUAS 10% - 29% = TIDAK PUAS
2= KURANG PUAS 30% - 49% = KURANG PUAS
3= CUKUP PUAS 50% - 69% = CUKUP PUAS
4= PUAS 70% - 85% = PUAS
5= SANGAT PUAS 86%-100%=SANGATPUAS
E. Faktor pendukung
1. Tersedianya sumber daya manusia
2. Pemberian disiplin dan motivasi
terhadap produktivitas kerja
3. Tersedianya alat pendukung dan
pelindung kerja
4. Tersedianya telephon disetiap pantry
5. Tersedianya lift karyawan yang
menjadi sarana untuk membawa trolley maupun barang-barang hingga kelantai ( 1,
2, 3, 5, 6 -17)
6. Tersedianya mesin-mesin modern
didepartemant laundry
7. Adanya bahan dan serta peralatan
pembersih yang sesuai prosedur
8. Adanya lubang linen disetiap pantry
lantai yang tertuju di laundry
F.
Faktor Penghambat
1. Sasaran disiplin dan motivasi kurang
mengenai objek
2. Penyewaan barang di Healt Club
kurang memadai
3. Administrasi laundry masih manual
4. Pengguanaan barang dan peralatan
kurang diperhatikan
BAB V
PENUTUP
A . KESIMPULAN
Berdasarkan
hasil pembahasan tentang meningkatkan kinerja seorang Room Attandent di Housekeeping Departemand,maka dapat
disimpulkan sebagai berikut
- Pembagian tugas dan
uraian tugas di sesuaikan dengan kopetensi yang di miliki.
- Berdasarkan
hasil analisis menunjukkan bahwa bisnis di bidang perhotelan cukup
menjanjikan.
- Faktor
pendukung menjadi bagian yang ikut menentukan berhasil atau tidaknya
bisnis di bidang petrhotelan.
B. SARAN
- Lebih
meningkatkan ke disiplinan dan motivasi lagi dalam bekerja agar kepuasan
kerja semakin tinggi.
- Pelaksanaan
On The Job Training lebih ditingkatkan.
- Perlu adanya pembagian tugas dan
uraian tugas yang jelas terhadap karyawan.
- Layak untuk di usahakan karena
menguntungkan.
- Perlu adanya program kolaborasi
terhadap factor pendukung yang satu dengan yang lainya.
Daftar Pustaka
Lenon,jhon ;Mark peet .1990 .Hospitality Manegemen
Lupiadi Rambat, Hamdani .A2006 Menejemen Pemasasaran
Jasa. Jakarta:
Selemba
Empat
Mangkuwerdoyo, Sudiarto.1999.Pengantar industry
Akomondasi. Jakarta :
Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi
Universitas Indonesia.
Maculay,Steven;sarah
Cook .1997 .How toimporve you Castomrr Servise . Jakarta :
Gramedia
Martin
,robet j . & Tomas J.A, jones 1992 . Housekeeping Operation . New York :
John Willey & son .inc
Rumekso.
2001. Hausekeeping Hotel : Andi.
Republik
Federal Jerman. Perhotelan, keamanan kerja dan pencegahan kecelakaan .
Tidak di publikasikan
Ruijs,
Susanne.1998 .The Art of Housekeeping.southbank institute of TAFE, College
Of Tourism and Houspitaliy
Sunarno,Adi.2006.
berkerja dengan kolega.pusat pengembangan Bisnis dan Pariwisata. Jakarta
Departemen Pendidikan Nasional
Yeoti,oka.A2001.Seterategi
pemasaran hotel .Jakarta : Gramedia.
|
LAMPIRAN-LAMPIRAN
PROGRAM KERJA ON THE JOB TRAINING FOOD & BEVERAGE
DEPARTMENT
Kegiatan
|
Waktu pelaksanaan
|
||||||||||||||||||||
Desember
|
Januari
|
Februari
|
Maret
|
April
|
|||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Melapor ke hotel
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Orientasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pengenalan equipment
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Set up breakfast
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Set up lunch
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Set up diner
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ferewell & melapor ke
sekolahan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
DI GUMAYA
TOWER HOTEL SEMARANG
GuruPembimbing Praktikan
|
Glosarium
Dusting :
membersihkan sesuatu menggunakan dush cloth
Clear up :
membereskan barang-barang setelah digunakan
Handle :
menangani sesuatu
Set up :
menata ulang peralatan
Prepare :
menyiapkan sesuatu
Laundry :
Tempat pencucian semua jenis kain yang ada dihotel
Front Office :
kantor depan
Pepito :
nama restaurant di Grand Wahid Hotel Salatiga
Rawa Pening Pool Side Bar :
nama kolam renang di Grand Wahid Hotel Salatiga
Packing :
menata sesuatu ke dalam plastik atau kardus
Lampiran foto
No comments:
Post a Comment