LAPORAN KARYA TULIS
STUDY TOUR
KE
JAKARTA BANDUNG
Disusun oleh :
Nama` :
Siyttha Nurul Fatma
Kelas : IX D
SMP N 1 TLOGOMULYO
2015
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa
atas segala limpahan Rahmat, Inayah, Taufik dan Hidayahnya sehingga saya dapat
menyelesaikan penyusunan Laporan Hasil Karya Tulis Study Tour " Ke
Jakarta - Bandung " ini dalam bentuk maupun isinya yang sangat
sederhana. Semoga Laporan Hasil Karya Tulis Study Tour ini dapat dipergunakan
sebagai salah satu media pembelajaran.
Harapan kami semoga Laporan Karya Tulis Study
Tour ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca,
sehingga kami dapat memperbaiki bentuk maupun isi Laporan Hasil Karya Tulis Study
Tour ini sehingga kedepannya dapat lebih baik.
Laporan Karya Tulis Study Tour ini kami
akui masih banyak kekurangan. Oleh kerena itu kami harapkan kepada para pembaca
untuk memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan Laporan
Hasil Karya Tulis Study Tour ini.
Temanggung,
November 2015
Penulis
DAFTAR ISI
C. Dunia Fantasi 5
D. Museum
Istiqlal8
E. Keong Emas
F. PP IPTEK
G. CIBADUYUT
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Tujuan pembuatan Laporan Karya Tulis Study Tour ini
diantaranya :
Untuk memenuhi tugas sekolah khususnya yang berkaitan dengan
mata pelajaran Bahasa Indonesia. Agar siswa menambah ilmu pengetahuan yang
diperoleh di sekolah. Adapun hal-hal yang melatarbelakangi diadakannya adalah :
·
Sesuai dengan program tahunan di sekolah
·
Jakarta dan Bandung merupakan kota budaya serta terdapat
tempat-tempat yang mengandung sejarah.
Melihat hal
tersebut diatas, maka prakasa guru memandang perlu untuk melakukan kunjungan
yang bersifat Study Wisata, yaitu belajar sambil berkarya wisata ke Jakarta dan
Bandung. Adapun tempat yang dituju :
1. Pantai Marina Ancol
2. Gelanggang Samudera
Ancol
3. Dunia Fantasi
(Dufan)
4. Museum Istiqlal
5. Keong Mas
6. PP IPTEK
7. Cibaduyut
B.
Tujuan
Penulisan
Setiap kegiatan pasti memiliki
tujuan, adapun tujuan kami dalam melakukan penelitian dari objek-objek wisata,
diantaranya :
·
Ingin mengetahui sejarah Pantai Marina, Gelanggang samudera
Ancol, Duffan, Keong Mas, Museum Minyak dan Gas Bumi, PP IPTEK, Cibaduyut.
·
Supaya menjadi tahu tentang letak/ lokasi Pantai Marina,
Gelanggang samudera Ancol, Duffan, Keong Mas, Museum Minyak dan Gas Bumi, PP
IPTEK, Cibaduyut.
·
Mengetahui dan menambah ilmu pengetahuan tentang tata
bangunan Pantai Marina, Gelanggang samudera Ancol, Duffan, Keong Mas, Museum
Minyak dan Gas Bumi, PP IPTEK, Cibaduyut.
·
Menambah wawasan mengenai objek-objek yang di Pantai Marina,
Gelanggang samudera Ancol, Duffan, Keong Mas, Museum Minyak dan Gas Bumi, PP
IPTEK, Cibaduyut.
C.
Manfaat
Penelitian
Penelitian yang kami lakukan ini
berharap memperoleh manfaat sebagai berikut :
a. Sebanyak
– banyaknya kami mengumpulkan data, secara langsung dan terperinci dari
tiap-tiap objek wisata yang dikunjungi.
b. Kami
mendapatkan pengetahuan yang praktis yang dijadikan sebagai landasan untuk
mengembangkan intelektual dimasa yang akan datang.
c. Menghilangkan
verbalisme antara teori dan praktek
d. Memperluas
cakrawala bagi kami mengenai objek-objek wisata tersebut.
e. Menambah
wawasan dan mengetahui secara dalam mengenai budaya, sejarah, lingkungan, serta
karya seni dan sebagainya.
BAB
II
ISI
A.
PANTAI
MARINA, ANCOL
Marina Ancol adalah dermaga kapal
pesiar bergaya KOSMOPOLITAN yang pertama
di Indonesia dan merupakan satu-satunya MARINA terlengkap di
Indonesia. Dan sekaligus sebagai pusat dermaga wisata BAHARI ke Kep Seribu. Marina terletak di dalam
kompleks TAMAN IMPIAN JAYA ANCOL.
Dengan
kelengkapannya membuat Marina Ancol bukan saja sebagai tempat bersandarnya
kapal pesiar, tetapi juga tempat rekreasi dan pusat olah raga laut seperti Ski Air,
wind surfing, memancing, menyelam dan lain-lain.
B.
GELANGGANG
SAMUDERA ANCOL
Gelanggang
Samudra Ancol merupakan sebuah oceanarium, yaitu taman biota laut. Namun, untuk
memenuhi kepuasan para pengunjungnya, tempat wisata ini juga mempertunjukkan
kebolehan satwa-satwa darat yang tidak kalah menariknya. Selain sebagai wahana
rekreasi keluarga, Gelanggang Samudra Ancol juga merupakan sarana yang memadai
untuk menambah ilmu pengetahuan, terutama tentang mamalia laut, seperti
lumba-lumba, paus, singa laut, dan masih banyak lagi. Tujuan lain pembangunan
Gelanggang Samudra di kawasan Taman Impian Jaya Ancol adalah mengembangkan
sarana konsevasi satwa laut.
Terdapat
beberapa wahana utama di objek wisata Gelanggang Samudra, antara lain Taman
Surga Burung, Ubur-Ubur, Scorpion Pirates, Boto-Boto, Singa Laut, Lumba-lumba,
Aneka Satwa, dan Cinema 4D. Di masing-masing wahana tersebut, diadakan tiga
kali pertunjukan pada hari-hari biasa, dan frekuensi pertunjukan akan ditambah
terutama pada hari-hari libur. Sebaiknya Anda menyesuaikan jam pertunjukan saat
berkunjung ke Gelanggang Samudra Ancol, sehingga tidak melewatkan aneka
pertunjukan menarik yang diselenggarakan.
·
Taman
Surga Burung
Taman Surga Burung merupakan area yang berisi berbagai jenis
burung menarik dan unik. Pengunjung dapat mengambil foto bersama burung-burung
di wahana ini. Tentu saja merupakan pengisi liburan yang cukup menyenangkan,
dimana Anda dapat berinteraksi dengan berbagai jenis burung langka.
·
Ubur-Ubur
Salah satu
wahana bermain yang dulu dikenal dengan nama Balloon race. Anda dapat menikmati
kegembiraan bermain di wahana ubur-ubur bersma keluarga dan anak-anak. Tentu
merupakan momentum yang sangat menyenangkan, yang dapat memberikan kesegaran
kembali setelah lelah dalam bekerja selama sepekan.
· Scorpion Pirates
Scorpion
pirates merupakan wahana baru di Ocean Dream Samudra. Berupa pertunjukan dengan
setting pertempuran melawan bajak laut Scorpion. Dengan spesial effect dan
water stuntman show, akan membuat seluruh penonton bersorak. Ya, sebuah
pertunjukan yang sangat seru, mampu membuat jantung penonton berdebar-debar.
Tentu saja wanita hamil dan penderita penyakit jantung tidak disarankan
menonton pertunjukan di wahana Scorpion Pirates ini.
·
Boto-Boto
Boto-boto adalah wahana permainan untuk anak-anak maksimal
setinggi 135 cm. Wahana ini berbentuk menyerupai pesawat terbang ini akan
mengajak buah hati Anda menikmati pengalaman yang menyenangkan selama berada di
Ocean Dream Samudra.
·
Singa
Laut
Wahana yang mempertunjukkan atraksi mamalia laut ini
benar-benar akan menghibur Anda dan keluarga, terutama anak-anak. Atraksi singa
laut yang sangat lucu bermain bola, gelang-gelang, atau saat berjalan. Sayang
untuk dilewatkan.
·
Lumba-lumba
Atraksi spektakuler lumba-lumba di Gelanggang Samudra
merupakan salah satu pertunjukan favorit yang banyak ditunggu-tunggu oleh
pengunjung. Apalagi saat ini telah didukung dengan teknologi LED layar lebar,
menjadikan atraksi lumba-lumba ini semakin menarik. Dapat dilihat dari berbagai
sisi. Tak hanya itu, pengunjung juga akan mendapatkan edukasi singkat mengenai
lumba-lumba.
·
Aneka
Satwa
Inilah pertunjukan atraksi dan kebolehan satwa-satwa darat,
dengan empat satwa utama sebagai pemeran, yaitu linsang, beruang madu, kakatua,
dan kuda nil. Pertunjukan yang sangat lucu dan menarik, dapat mengembalikan
kesegaran pikiran Anda, sehingga perjalanan liburan lebih bermakna.
·
Cinema
4D
Sinema-4D
adalah film yang menarik dengan menggunakan kaca mata 3 Dimensi, merasakan
kursi yang bergerak, lalu ditambah dengan special effect seperti hembusan
angin, cipratan air dan lain-lain. Sehingga penonton merasakan sensasi dari
film tersebut.
C.
DUNIA
FANTASI (DUFAN)
Dunia Fantasi atau disebut juga Dufan (juga disebut "Do Fun")
yang diresmikan pada 29 Agustus 1985 adalah tempat hiburan
yang terletak di kompleks Taman Impian Jaya Ancol (Ancol taman impian), Jakarta Utara, Indonesia.
Dunia Fantasi
mempunyai maskot berupa kera Bekantan yang diberi nama Dufan (singkatan dari Dunia
Fantasi). Dipilih kera sebagai karakter adalah untuk mengingatkan bahwa Ancol dahulu adalah
kawasan kera.
Pemilihan kera bekantan adalah semata-mata untuk mengenalkan jenis satwa langka
yang kini dilindungi. Bentuk karikatural kera bekantan ini divisualisasikan
oleh Matari Advertising yang
ikut serta dalam program komunikasi awal Dunia Fantasi.
Wahana Permainan Di Dufan
Dilengkapi
dengan berbagai macam wahana bermain yang sangat spektakuler, menghibur,
imaginatif, fantastis, dan memacu adrenalin yang membuat jantung Anda
berdebar-debar. Wahana permainan yang dirancang dengan teknologi tinggi,
menjadikan segala seuatunya di area Dufan sangat mengagumkan. Berikut ini
beberapa wahana bermain di Dunia Fantasi.
1. Ice Age Arctic Adventure
Ice Age Arctic
Adventure merupakan wahana baru yang dikembangkan atas kerjasama antara dengan
20th Century Fox Consumer Product Amerika dan 3DBA Eropa. Di wahana ini
pengunjung dapat bertemu langsung dengan tokoh-tokoh dalam film Ice Age
produksi 20th Century Fox, seperti Sid, Diego, Manny, dan Scrat. Selain itu,
juga dapat menyaksikan proses pencairan es di kutub utara seperti diceritakan
dalam film 4 seri tersebut.
2. Treasureland Temple of Fire
Treasureland
Temple of Fire merupakan wahana pertunjukan yang dapat membuat suasana kepada
pengunjung untuk membuat khayalan seolah-olah menjadi seorang Arkeolog yang
harus menyelamatkan harta karun suku Inca Maya di Temple of Fire. Pengunjung
akan dibawa ke dalam sebuah petualangan untuk menyelamatakan harta karun yang
dilengkapi dengan teknologi canggih dan berbagai spesial effect, seperti
seperti tembakan, ledakan, api, air dan bola batu raksasa. Gedung pertunjukan
ini berkapasitas penduduk hingga 1.200 orang.
3. Halilintar
Halilintar
adalah salah satu wahana favorit di Dufan yang secara ekstrim dapat memacu
adrenalin. Anda dapat merasakan sensasi seluncur dengan loop 360° serta
lintasan naik turun cukup tajam dan menikung. Berkapasitas hingga 24 orang,
wahana Halilintar akan membuat Anda berteriak histeris sambil berdebar kencang
seolah jantung akan lepas. Cocok bagi wisatawan yang menyukai tantangan.
4. Tornado
Tornado bisa dibilang merupakan
wahana paling atraktif yang ada di area Dufan. Tergolong wahana yang paling
menegangkan, menggunakan sentuhan teknologi paling canggih diantara wahana
permainan Top Spin. Wahana bermain dengan teknologi besutan Italia ini
berkapasitas hingga 40 orang, yang bukan hanya menegangkan, tetapi juga sangat menghibur.
Tornado tergolong wahana permainan baru, yang beroperasi semenjak tahun 2007.
D.
MUSEUM
ISTIQLAL
Ide awal
pendirian Bayt Al-Qur’an muncul dari Dr. H. Tarmizi Taher pada tahun 1994
ketika ia menjabat sebagai Menteri Agama RI. Pada suatu ketika ia mendampingi
Presiden H.M. Soeharto menerima hadiah sebuah Al-Qur’an besar dari Pondok
Pesantren Al-Asy’ariyah, Kalibeber, Wonosobo, Jawa Tengah. Satu tahun kemudian,
tepatnya pada 1995, pada peringatan 50 tahun kemerdekaan RI, Presiden
meresmikan Mushaf Istiqlal yang telah selesai dikerjakan sejak tahun 1991.
Mushaf Istiqlal merupakan sebuah mushaf ukuran besar yang ditulis dengan khat
yang indah, dilengkapi dengan hiasan (iluminasi) dari ragam hias 27 provinsi di
Indonesia. Pada waktu itulah tercetus ide untuk mendirikan Bayt Al-Qur’an
(berarti “Rumah Al-Qur’an”) sebagai tempat untuk menghimpun, menyimpan,
memelihara, dan memamerkan mushaf Al-Qur’an dari berbagai macam bentuk dan
jenis, yang tersebar di seluruh penjuru Nusantara. Ide ini kemudian langsung mendapat
dukungan Ibu Tien Soeharto yang langsung mewakafkan tanah seluas satu hektar di
kompleks Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, tepatnya di sebelah kanan
pintu masuk utama TMII.
Setelah melalui tahapan perencanaan, gagasan untuk memperluas fungsi Bayt Al-Qur’an muncul terutama selepas penyelenggaraan Festival Istiqlal kedua pada tahun 1995. Pada penyelenggaraan festival tersebut telah banyak dihimpun benda-benda koleksi budaya Islam Nusantara yang pada saat itu belum terpikirkan akan ditempatkan di mana. Ide yang pada awalnya hanya untuk menghimpun naskah-naskah Al-Qur’an, kemudian diperluas untuk menghimpun, memamerkan, dan mengkaji sejarah serta budaya Islam Nusantara. Sejak saat itulah, timbul rencana untuk menggabungkan ide pendirian Bayt Al-Qur’an dengan pendirian Museum Istiqlal.
Setelah melalui tahapan perencanaan, gagasan untuk memperluas fungsi Bayt Al-Qur’an muncul terutama selepas penyelenggaraan Festival Istiqlal kedua pada tahun 1995. Pada penyelenggaraan festival tersebut telah banyak dihimpun benda-benda koleksi budaya Islam Nusantara yang pada saat itu belum terpikirkan akan ditempatkan di mana. Ide yang pada awalnya hanya untuk menghimpun naskah-naskah Al-Qur’an, kemudian diperluas untuk menghimpun, memamerkan, dan mengkaji sejarah serta budaya Islam Nusantara. Sejak saat itulah, timbul rencana untuk menggabungkan ide pendirian Bayt Al-Qur’an dengan pendirian Museum Istiqlal.
Bayt Al-Qur’an
dan Museum Istiqlal dimaksudkan untuk menjadi dua lembaga yang memiliki
kesatuan utuh, dengan perannya masing-masing. Keduanya menyatu dalam upaya
meningkatkan kecintaan, pemahaman, dan pengamalan Al-Qur’an. Melihat kedudukan
dan fungsinya, Museum Istiqlal tidak dapat dipisahkan dari Bayt Al-Qur’an. Bayt
Al-Qur’an menggambarkan fungsi Al-Qur’an sebagai petunjuk manusia, dan Museum
Istiqlal merupakan perwujudan pelaksanaan petunjuk Allah dalam kehidupan dan
budaya umat Islam Nusantara. Lebih dari sekadar tempat untuk menyimpan dan
memamerkan Al-Qur’an dari berbagai tempat di Indonesia, Bayt Al-Qur’an &
Museum Istiqlal juga merupakan wadah kajian dan pengembangan ilmu yang
berkaitan dengan Al-Qur’an dan budaya Islam.
Akhirnya pada
tanggal 20 April 1997 Bayt Al-Qur’an & Museum Istiqlal diresmikan
pembukaannya oleh Presiden RI H.M. Soeharto, sebagai tonggak perkembangan dan
kebesaran Islam di Indonesia: menyiarkan kegemilangan dari masa lalu, masa kini
dan masa yang akan datang.
E.
KEONG
EMAS
Teater Imax Keong Mas adalah gedung teater berbentuk keong
mas raksasa tempat pemutaran dan pertunjukan film khusus berteknologi
canggih.Gedung teater ini didirikan atas prakarsa Ibu Tien Soeharto, dan di
resmikan pada tanggal 20 April 1984. Pendirian gedung teater ini dimaksudkan
sebagai sarana rekreasi yang mendidik guna mengenalkan kekayaan alam dan budaya
Indonesia melalui tanyangan film raksasa dengan menggunakan kecanggihan
teknologi sinematografi modem Proyektor IMAX.
Menyaksikan film di teater ini serasa ikut berada di
dalamnya dan ikut pula berperan sebagai pemain. Teknologi film imax menunjukan
kecanghihan dan kemampuannya untuk menumbulkan daya tarik kuat yang membuat
penonton berdecak kagum.
Beberapa film tersedia untuk diputar antara lain film
Indonesia Indah I, Indonesia Indah II ( Anak-Anak Indonesia), Indonesia Indah
III ( Indonesia Untaian Manikam di Katulistiwa), dan Indonesia Indah IV ( Aku
Bangga Menjadi Anak Indonesia). Semuanya menjunjukankeindahan lingkungan,
kekayaan alam dan keragaman budaya Indonesia.
Dalam perkembangan selanjutnya pemutaran film tidak hanya
menampilkan film-film seri Indonesia Indah saja, namun juga diselingi dengan
memutar film-film import yang bernuansa pendidikan dengan tema-tema hiburan,
ilmu pengetahuan dan teknologi, maupun tema-tema lingkungan hidup.
Sejak tahun 1984 telah memutar film import sebanyak 20 judul
film dengan masa sewa 1 hingga 2 tahun. Film-film import itu antara lain : To Fly, Speed, Blue Planet, The Living Sea,
Forces of Nature, T-Rex, The First Emperor of China, Island Adventure,
dan Mistic India. Kemudian
tahun 2004, teater ini mampu meng-upgrade sistem, dan sekaligus memutar film
IMAX DRM (Digital Re-Mastering) yakni teknologi revolusioner yang memungkinkan
transfer film laga format 35mm ke dalam IMAX EXPERIENCE 70MM.
Dengan kualitas tampilan dan suara yang mengagumkan
perusahaan IMAX kini mampu memperluas upayanya melebihi film animasi mencakup
film laga, sehingga memungkinkan film-film Hollywood diganda ulang secara
digital. Misalnuya fim berjudul harry
Potter and Prizoner of Azkaban dan â€Å“Spiderman 2†dapatdiputar teater-teater IMAX diseluruh dunia
dalam layar raksasa dengan jam tayang 1 hingga 2,5 jam.
F.
PP
IPTEK
Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ( Science
Center) atau disingkat PP-IPTEK Adalah sarana pembelajaran luar sekolah untuk
menumbuh kembangkan budaya ilmu pengetahuan dan teknologi secara mudah,
menghibur, berkesan dan kreatif. Gagasan pendiriannya berawal dari Mentri Riset
dan Teknologi Republik Indonesia, Prof.Dr.B.J.Habibie, yang berkeinginan
bagaimana mencerdaskan masyarakat Indonesia melalui ilmu pengetahuan dan
teknologi. Dibangunlah PP-IPTEK digedung terminal B Skylift-TMII di atas lahan
seluas 1000 m2 dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 20 April
1991.
Pada perkembangannya, PP-IPTEK menempati gedung baru
terletak di poros utama kawasan timur Taman Mini â€Å“Indonesia Indahâ€
menghadap Monumen Persahabatan KTT Non Blok. Gedung ini bergaya arsitektur
futuristic dengan luas bangunan 24.000 m2 di atas lahan 42.300 m2, merupakan
bangunan besar yang menempati areal terluas ke dua di TMII, dan diresmikan oleh
Presiden Soeharto pada tanggal 10 November 1995.
Pusat peragaan ini dibangun dengan maksud menyadarkan
masyarakat mengenai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dunia secara
sangat cepat.Arah perkembangan ini harus disadari agar kita dapat mengikutinya
untuk kemudian maju bersama perkembangan tersebut.peragaan di PP-IPTEK dibuat
sangat menyenangkan dan menghibur, melalui berbagai program dan peragaan
interaktif yang dapat disentuh dan dimainkan. Melalui interaksi ini, diharapkan
mampu mendorong tumbuhnya pemikiran tentang apa, mengapa dan bagaimana iptek
digali dan dimanfaatkan bagi umat manusia agar lebih nyaman dan sejahtera.
Momok mengenai ilmu pengetahuan dan teknologi yang serius
dan membosankan terbantahkan.Pengunjung dapat mengembangkan motivasi dalam
memahami prinsip-prinsip ilmu pengetahuan dan teknologi dengan mudah dan
berkesan melalui 250 alat peraga yang bisa disentuh, dipegang dan dimainkan.
Peraga disiapkan untuk anak-anak dari taman kanak-kanak (TK) sampai dengan
sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA) dan di sediakan lembar kerja sains yang
akan memandu anak didik untuk belajar ilmu pengetahuan dan teknologi agar lebih
terarah dan intensif. Beberapa alat peraga menantang misalnya sepeda layang,
roket air, try science, generator van de graft, dan simulator gempa bumi.
Kegiatan yang ditawarkan kepada pengunjung beragam dan
disesuaikan dengan sasaran: untuk tingkat taman kanak-kanak, sekolah dasar
(SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah umun (SMU), dan keluarga
; meliputi sanggar kerja dan demo ilmu pengetahuan dan teknologi, pelatihan
perancangan alat peraga, science fair, pelatihan proses ilmu pengetahuan alam,
pelatihan peduli lingkungan hidup, science camp, peneropongan bintang, aneka
lembar kreatifitas dan kuis, dan lomba perancangan alat peraga.
Disamping itu pengunjung bisa menyaksikan film-film ilmiah
yang diputar di ruang auditorium berkapasitas tempat duduk 130 orang untuk
menambah ilmu pengetahuan yang menghibur dan dapat memahami sains dengan cara
yang mudah dan menyenangkan.
IPTEK tidak hanya menyediakan sarana untuk penduduk Jakarta
dan sekitarnya, melainkan juga memiliki program kegiatan outreach ke mal dan
pusat keramaian, desa, sekolah, dan daerah dengan membawa peralatan peraga yang
bersifat portable
G.
CIBADUYUT
Cibaduyut Bandung berada di daerah
selatan Bandung kira kira dari pusat kota sekitar 30 menit. Kawasan ini awalnya
terkenal dengan sentral sepatu kulit.
Untuk menuju ke Cibaduyut
tidak sulit. Di tandai dengan patung sepatu yang besar di depan perempatan
sebelum memasuki jalan Cibaduyut Bandung. Dengan adanya patung yang Sepatu
memudahkan untuk para pengunjung untuk bisa sampai ke cibaduyut bandung, karena
patung sepatu merupakan lambang atau ciri khas dari jalan cibaduyut dan patung
sepatu satu-satunya yang ada di kota Bandung. Pantung sepatu cibaduyut
merupakan akses pintu masuk menuju dari jalan Cibaduyut Bandung.
Sepanjang
Jalan Cibaduyut Bandung banyak
berdiri toko toko yang menjual dan menerima pesanan sepatu. Semua ukuran sepatu
dapat dibuatkan di sini. Daerah ini terkenal karena harga yang mereka tawarkan
cukup murah, dan kwalitas yang cukup bagus.
Kita bisa melihat toko-toko yang berjejer memajang dagangan yang
didominasi oleh tas dan sepatu. Kalau kita masuk ke dalamnya, kita dapat
menemukan lebih banyak lagi. Ada pakaian termasuk jaket kulit, tas kulit, tas
gendong, dompet, ikat pinggang, boneka, sandal, bahan kulit untuk mebuat sepatu
atau sendal dan lain-lain.
Keistimewaan dari cibaduyut
adalah bagi anda yang ingin membeli sepatu dengan model yang anda inginkan anda
bisa melakukan pemesanan. Harganya pun bervariasi, mulai dari beberapa puluh
ribu saja sampai dengan ratusan ribu rupiah. Harganya pun bisa di tawar. Dengan
kualitas yang bagus juga. Mangkanya deangan kualitas yang terjamin prodak dari
Cibaduyut sangat terkenal hingga ke Asia. Selain sepatu, dompet dan tas banyak
juga di sini di jual makanan khas Bandung sebagai oleh oleh bandung. Jika
datang ke Cibaduyut Bandung anda
tak hanya belanja sepatu atau makanan saja, namun dompet pun disini bisa
dijadikan oleh oleh Bandung, karena harga, bentuk dan kwalitas yang bagus.
BAB
III
PENUTUP
Demikian penulisan
hasil laporan study tour yang dilaksanakan di Jakarta – Bandung, sehingga
penulis mengetahui beberapa obyek wisata yang seluruhnya dapat penulis tulis
dalam bentuk laporan yang sangat sederhana ini.
Dan akhirnya penulis
mengucapkan Hamdan wa syukron lillahi robbil ;alamin yang telah mencurahkan
rahmat dan mendampingi penulis sejak mulai observasi dan interview hingga
penyusunan laporan, tiada gading yang tak retak, seperti halnya itulah laporan
ini masih terdapat kekurangan, untuk itu dengan kerendahan hati penulis akan
selalu menerima tegur sapa serta yang bersifat membangun demi kesempurnaan
laporan ini.
Akhirnya dengan
terselesaikannya laporan ini dapat dijadikan bahwa acuan dan pertimbangan bagi
bapak dan ibu guru dan para pembaca sekalian. Juga kepada semua pihak yang
telah membantu dalam kegiatan ini, penulis mengucapkan banyak terima kasih.
DAFTAR
PUSTAKA
https://id.wikipedia.org/
https://www.wikipedia.org/