CONTOH SURAT PENAWARAN SEWA TANAMAN HIAS



CV. 69 FLORIST

JL. BONDAN PRAKOSO NO. 69 SEMARANG
TELP 024 8544000

                                                                                               Semarang, 29 Desember 2016
No       : 024/LG/BI/XII/2016
Lamp  : 1 ( Satu ) Lembar

Kepada Yth :
KKPN 1 SEMARANG

Dengan hormat,
CV. 69 FLORIST

Bersama ini kami dari CV. 69 FLORIST yang bergerak di bidang General Tranding dan jasa dimana salah satunya adalah Pembuatan Lanscape Dan Persewaan Tanaman Hias, bermaksud mengajukan Penawaran Sewa Tanaman Hias untuk KPPIN 1 Semarang.

Adapun untuk daftar rincian harga jasa tanaman indoor terlampir di bawah ini.

Demikian penawaran dari kami. besar harapan kami akan terjalinnya kerjasama antara kami dengan KPPIN 1 Semarang. kami juga siap menerima kritik dan saran untuk meningkatkan kualitas pelayanan kami.

Atas perhatian dan kesempatannya kami ucapkan terima kasih.


Hormat kami,



Ratna Handayani
Direktur CV. 69 FLORIST
CP. 081 757 130 01 / 085 557 288 888                     



CV. 69 FLORIST

JL. BONDAN PRAKOSO NO. 69 SEMARANG
TELP 024 8544000

           
DAFTAR HARGA SEWA
TANAMAN INDOOR

NO

NAMA ITEM
HARGA SEWA/ITEM
( Rp. )

KETERANGAN

1
TANAMAN INDOOR
40.000
PER POT / BULAN
2
POT GERABAH
10.000
PER BUAH / BULAN
3
POT SEMEN
50.000
PER BUAH / BULAN
4
TANAMAN MEJA INDOOR
20.000
PER POT / BULAN
5
POT KERAMIK UNTUK TANAMAN MEJA
7.500
PER BUAH / BULAN
6
TANAMAN ANGGREK DENDRO
90.000
PER POT / BULAN
7
TANAMAN ANGGREK BULAN
150.000
PER POT /  BULAN
8
MINI GARDEN
100.000
PER METER / HARI

Keterangan :
1. Pergantian tanaman indoor sama meja 1 Bulan 4 kali
2. Pergantian tanaman anggrek 1 minggu sekali



Hormat kami,



Ratna Handayani
Direktur CV. 69 FLORIST
CP. 081 757 130 01 / 085 557 288 888                     

Makalah Perdagangan Internasional




PERDAGANGAN INTERNASIONAL











Oleh :
NAMA                       : NUR SETYO
NIM                           : 132001607
KELAS                      : 7B




 






BAB I
PENDAHULUAN

a.   Latar belakang
Seiring dengan kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan & teknologi dibidang ekonomi perdagangan internasional (international trade) banyak memberikan manfaat bagi berjalannya roda perekonomian nasional namun ada kalanya pemerintah dalam negri merasa perlu melakukan pembatasan pembatasan dalam pelaksanaan perdagangan internasional dengan tujuan tertentu
Jika dianalisa dari pengertian perdagangan yang mempunyai arti kegiatan yang terkait dengan transaksi jual beli barang dan jasa pada suatu waktu tertentu dengan tujuan untuk memperoleh keutungan. maka dapat disimpulkan perdagangan internasional adalah perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu Negara dengan penduduk Negara lain atas dasar kesepakatan bersama .

b.    Tujuan
Adapun tujuan penulisan ialah :
1.      Agar dapat memperoleh gambaran pelaksanaam perdagangan internasionalsesuai dengan manfaatnya .
2.      Agar masyarakat lebih memahami dan mengetahui seberapa penting perdagangan internasional bagi Negara .
3.      Agar dapat menuntaskan nilai pada bidang pembelajaran bahasa Indonesia .

c.   Manfaat Penulisan
·          Sebagai bahan dalam memberikan sumbangan pemikiran pada masyarakat .
·          Untuk menyelesaikan tugas pada pelajaran bahasa Indonesia .



BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

A.  Konsep Perdagangan Internasional

1.  Defenisi
Perdagangan Internasional adalah perukaran barang dan jasa antar Negara .perdagangan internasional dapat menguntungkan mengingat persediaan factor produksi setiap negara berbeda . Salah satu bagian yang terpenting dalam perbedaan yaitu Ketersedian Sumber Daya Alam .

2.  Factor penunjang
·         Iklim dan lokasi
·         Ketersediaan sumber daya alam
·         Ketersediaan jumlah tenaga kerja dan modal .

3.  Factor pendorong terjadinya Perdagangan Internasional
·         Harga yang lebih murah
·         Kelebihan atau kekurangan hasil produksi
·         Ketiadaan sumber daya alam
·         Perbedaan teknologi / kemampuan SDM
·         Perbedaan selera konsumen
·         ERA GLOBALISASI
·         Keinginan membuka kerja sama dengan Negara lain

4.  Manfaat Perdagangan Internasional
Melalui perdagangan internasional , penjual atau eksportir akan mendapatkan mata uang asing yang sering digunakan sebagai alat pembayaran internasional .
*      Memperluas kesempatan kerja
Perdagangan internasional dapat mendorong perkembangan perusahaan dalam negri , perekrutan karyawan baru lebih terbuka .
*      Menstabilkan harga harga dalam Negara
Dengan perdagangan internasional , ketika ketersediaan dalam negri yang kurang dapat kita tambah dengan barang yang berasal dari luar negri sehingga harga barang yang sebelumnya mahal menjadi tidak terlalu mahal .
·         Pendapatan bagi Negara pengimpor
·         Mendorong munculnya teknologi baru dalam proses produksi.
·         Memungkinkan terjadinya spesialisasi
·         Mempercepat pertumbuhan ekonomi

5.  Dampak bagi perekonomian .
Dari manfaat perdagangan internasional dapat disimpulkan bahwa perdagangan internasional memiliki dampak positif maupun dampak negative .
a)   Dampak positif
·         Sisi eksport : bila produksi nasional meningkat berarti terjadi pula pertumbuhan ekonomi .
·         Sisi import : import barang barang modal akan merangsang produksi nasional sehingga output nasional juga meningkat .
b)   Dampak negative
·         Sisi eksport : harapan memperoleh keuntungan yang lebih besar dari kegiatan eksport mengakibatkan produsen dalam negri lebih suka menjual output nya keluar negri dari pada kedalam negri . hal ini menyebabkan adanya kekurangan barang untuk konsumen dalam negri .
·         Sisi import : karena tidak mampu bersaing apalagi bila persaingan dilakukan dg cara yang tidak sehat dapat memicu munculnya penjajahan ekonomi oleh Negara maju kaerna masyarakat lebih menjadi konsumtif dalam mengkonsumsi barang import .

B.  Teori Perdagangan Internasional

1.  Teori keunggulan mutlak
Teori keunggulan mutlak disampaikan oleh Adam Smith tahun 1776 dalam bukunya* yang menganjurkan perdagangan bebas sebagai suatu kebijakan yang paling baik untuk Negara Negara didunia . Negara melakukan ekspor kenegara lain , karna Negara tersebut memilik keunggulan dibandingkan dengan tujuan ekspor . kemudian Negara tersebut akan import barang yang sedikit dihasilkan dalam negri .
2.  Teori keunggulan komparatif
Teori keunggulan komparatif disampaikan oleh David Ricardo tahun 1817 dalam bukunya** yang mengatakan , Meskipun suatu Negara tidak memiliki keunggulan apapun dalam memproduksi suatu komunitas namun dapat dilaksanakan perdagangan internasional yang saling menguntungkan .

C.   Kebijakan Perdagangan Internasional

1.  Defenisi
→ Usaha usaha yang dilakukan pemerintah untuk secara langsung meupun tidak langsung mengurangi atau membatasi jumlah barang yang diimport dan dieksport dari dan kenegara lain dengan jumlah tertentu .

2.  Alasan diberlakukannya
·         Melindungi dan mendorong perkembangan industri baru
·         Meningkatkan diversifikasi
·         Memperluas kesempatan kerja
·         Mencegah efek buruk politik dumping
·         Memperbaiki neraca pembayaran internasional
·         Menambah pendapatan Negara

3.  Jenis jenisnya
a)   Tarif
                  Kebijakan yang diambil oleh pemerintah dengan mengenakan/menetapkan tarif atau pajak pada barang ekspor atau import .
Macam macam tarif :
·         Tarif tunggal : barang dari Negara pun tarifnya sama
·         Tarif umum / konfesional : menetapkan presentase yang berbeda antara satu Negara dengan Negara lain.
·         Tarif prefensi : presentase yang lebih randah , bahkan untuk komoditi tertentu bisa nol persen , karna ada hubungan khusus antara Negara pengimpor dan Negara pengekspor .
b)   Kuota / pembatasan
·         Kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah dengan cara membatasi masuknya barang barang impor .

c)   Larangan Ekspor
·         Untuk menghindari kelangkaan barang .

d)  Larangan import
·         Kebijakan pemerintah untuk melarang masuk barang barang tertentu kedalam negri. Fungsinya :
1.         Untuk mengurangi pesaing produk dalam negri
2.         Untuk mengurangi larinya devisa Negara keluar negri
3.         Untuk meningkatkan harga produk dalam negri

e)   Dumping
      Kebijakan yang dilakukan oleh suatu Negara dengan cara menjual barang keluar negri lebih murah dari pada didalam negri .
Fungsinya :
·         Untuk menguasai pasar diluar negri
·         Untuk mencapai target target jumlah produk
·         Untuk menghabiskan sisa produk lainnya

f)   Subsidi
·         Kebijakan pemerintah melalui pemberian bantuan kepada produk dalam negri agar dapat dijual dengan harga murah , sehingga mampu bersaing dengan produk import.
g)   Premi
·         Kebijakan pemerintah menambahkan dana dalam bentuk uang kepada produsen yang berhasil mencapai target target tertentu .

h)  Diskriminasi harga
·         Kebijakan pemerintah dengan menetapkan harga yang berbeda-beda dari barang yang sama .

i)    Politik dagang bebas
·         Merupakan suatu kebijakan dimana masing masing pemerintah member kebebasan untun melakukan ekspor dan import .




BAB III
PENUTUP

a.  Kesimpulan
Perdagangan internasional merupakan pertukaran barang dan jasa antar Negara . Teori perdagangan internasional dibagi menjadi :
·         Teori keunggulan mutlak
·         Teori keunggulan komparatif
Kebijakan perdagangan internasional muncul karna muncul alasan alasan sebagai berikut .
·         Mencegah dumping
·         Memperluas kesempatan kerja
·         Memperbaiki neraca pembayaran internasional
·         Menambah pendapatan Negara
Macam macam kebijakan :
·               Larangan import
·               Larangan Ekspor
·               Kuota / pembatasan
·               Tarif
·               Dumping
·               Subsidi
·               Dll ..
b.  Saran
·         Diharapkan agar masyarakat mampu memahami maksud dari perdagangan internasional.
·         Hendaknya masyarakat lebih mampu melaksanakan perdagangan internasional sesuai dengan kebijakan kebijakan pemerintah yang berlaku .




Daftar pustaka

Ahmed Belkaoui. Accounting theory, ed. Ke-2. Harcourt Brace Jovanovich, Inc., terjemahan diterbitkan Penerbit Erlangga, 1993
Mulyasari , Trini. EKONOMI , kelas XI . Jakarta : CV. Grafika Dua Tujuh , 2011
Wahyu , Adji . & Suwerli. EKONOMI , kelas XI . Jakarta : Erlangga, 2011