RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : Madrasah Ibtidaiyah
Mata
pelajaran : Aqiah Akhlak
Kelas /
semester : VI/II
Alokasi
waktu :2 X 35 menit
A. Standar kompetensi : Mengenal sifat-sifat terpuji II
B. Kompetensi dasar : Memahami sifat-sifat terpuji II
C. Indikator kompetensi :
1. Menjelaskan pengertian adil
2. Menyebutkan contoh perilaku adil
dalam kehidupan sehari-hari
3. Mengaplikasikan sifat adil dalam
kehidupan sehari-hari
4. Menjelaskan pengertian bijaksana
5. Menyebutkan contoh perilaku bijaksana
dalam kehidupan sehari-hari
6. Menyebutkan contoh perilaku adil
dalam kehidupan sehari-hari
7. Menjelaskan pengertian tanggungjawab
8. Menyebutkan contoh perilaku
tanggungjawab dalam kehidupan sehari-hari
9. Menyebutkan contoh perilaku tanggung
jawab dalam kehidupan sehari-hari.
D. Tujuan :
1. Siswa dapat menjelaskan pengertian
adil, bijaksana, dan tanggungjawab,
menyebutkan contoh, dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
E. Materi :
1. Adil
Adil berasal dari bahasa arab yang berarti
proporsional, tidak berat sebelah, menempatkan sesuatu pada tempatnya, dan
jujur.
Menurut istilah, terdapat beberapa makna antara lain:
meletakkan sesuatu pada tempatnya, menerima hak tanpa lebih dan memberikan hak
orang lain tanpa kurang, dan memberikan hak setiap orang yang berhak secara
lengkap, tidak melebihi dan mengurangi.
Contoh perilaku adil dalam kehidupan
sehari-hari : Seorang pedagang harus senantiasa bersifat adil. Ia harus
menimbang barang dagangannya, kartena bila ia dapat menyeimbangkan
timbangannya, maka ia tergolong dalam orang yang berlaku adil. Apabila ia mampu
berusaha untuk jujur, dan berbuat adil dengan membuat timbangannya seimbang,
maka ia akan mendapat hasilyang baik, dan pembelitidak akan merasa dirugikan.
2. BIJAKSANA
Bijaksana adalah bertindak sesuai dengan
pikiran, akal sehat, sehingga menghasilkan perilaku yang tepat, sesuai dan pas.
Biasanya, sebelum bertindak, disertai dengan pemikiran yang cukup matang
sehingga tindakan yang dihasilkan tidak menyimpang dari pemikiran. Si bijak
tahu betul mana hal yang boleh dilakukan dan mana hal yang tidak boleh
dilakukan.
Contoh perilaku bijak dalam kehidupan
sehari-hari : contoh saja dalam pengelolaan uang, orang yang bijaksana dapat
membedakan mana yang menjadi prioritas utama dan tahu mana yang tidak perlu
dilakukan. Hal pertama saat uang diterima adalah memikirkan tentang
investasiatau tabungan, Apabila orang tersebut tidak memiliki perilaku
bijaksana, maka uang yang baru diterima tadi akan digunakan untuk keperluan
yang tidak penting atau hura-hura, tanpa memikirkan kebutuhan dimasa mendatang.
3. Tanggungjawab
Tanggungjawab adalah keadaan wajib
menanggung segala sesuatu perbuatannya. Sehingga bertanggungjawab adalah
kewajiban menanggung, memikul, segala sesuatu yang talah diperbuatnya.
Tanggungjawab merupakan kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya,
baik itu disengaja, maupun tidak disengaja.
Contoh perilaku tanggungjawab dalam
kehidupan sehari-hari : Pada suatu ketika, ilham melihat pohan nmangga
tetangganya yang telah berbuah lebat. Ia tergoda untuk mencurinya, Singkat
ceriya, ia berhasil mencuri beberapa buah mangga tersebut. Namun, belum sempat
ia pergi dari halaman tetangganya, ia telah kepergok mencuri dan dibawa
kekepala desa untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.
F. Metode pembelajaran :
1. Role-play
2. Ibrah (Mengambil pelajaran dari suatu
kisah)
3. Diskusi
4. Ceramah
G. Langkah-Langkah Pembelajaran :
1. Kegiatan awal :
a. Guru memberikan salam, dan menanyakan
kabar, kesehatan, dan keinginannya.
b. Guru mengabsen siswa dan memimpin
siswa berdoa sebelum pelajaran.
c. Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran/kompetensi yang harus dikuasai hari ini,
d. Guru menggali pengetahuan awal kemampuan siswa
e. Apersepsi.
2. Kegiatan Inti :
a. Eksplorasi : Guru menerangkan materi
pambelajaran dengan metode ceramah.
b. Elaborasi :
1. Guru membentuk kelompok yang
beranggotakan 4-6 siswa
2. Guru menyurh siswa mendiskusikan
materi yang telah disampaikan
3. Guru menyuruh siswa memberikan contoh
tiap-tiap pokok bahasan dalam perilaku kehidupan sehari-hari.
4. Guru menyuruh setiap kelompok untuk
mendemonstrasikan contoh perilaku terpuji dalam kehidupan sehari-hari didepan
kelas.
5. Tiap kelompok bergantian melakukannya
hingga selesai.
c. Konfirmasi :
1. Guru membuka sesi sharing atau Tanya
jewab tantang materi yang belum dikuasai.
2. Guru menjawab pertanyaan yang
diajukan siswa
3. Guru menyuruh siswa untuk
menyimpulkan materi hari ini.
3. Kegiatan
penutup:
a. Penutup:
1. Guru menginformasikan materi
pada pertemuan selanjutnya.
2. Guru memimpin doa
3. Guru memberikan salam.
H. Evaluasi
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP) KELAS 6 SEMESTER 2
Disusun
guna memenuhi tugas Mata Kuliah Pendidikan aqidah akhlak
Dosen Pengampu
Prof., Dr Mansur, M.Ag.
Oleh:
1.
Afiful Mashar : 115 11 032
2.
Yuniska Ardin
Marina : 115 11 033
3.
Heri susanto : 115 11 034
4.
Tri Hidayah : 115 11 035
5.
Lukman Maarif
: 115 11 036
JURUSAN
TARBIYAH
PENDIDIKAN
GURU MADARASAH IBTIDAIYAH (PGMI)
SEKOLAH
TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)
SALATIGA
2013