Contoh RPP MI Kelas 6 Semester 2 Mapel Aqidah Akhlak



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                  : Madrasah Ibtidaiyah
Mata pelajaran    : Aqiah Akhlak
Kelas / semester  : VI/II
Alokasi waktu       :2 X 35 menit


A.      Standar kompetensi  : Mengenal sifat-sifat terpuji II

B.      Kompetensi dasar      : Memahami sifat-sifat terpuji II


C.      Indikator kompetensi : 
1.      Menjelaskan pengertian adil
2.      Menyebutkan contoh perilaku adil dalam kehidupan sehari-hari
3.      Mengaplikasikan sifat adil dalam kehidupan sehari-hari
4.      Menjelaskan pengertian bijaksana
5.      Menyebutkan contoh perilaku bijaksana dalam kehidupan sehari-hari
6.      Menyebutkan contoh perilaku adil dalam kehidupan sehari-hari
7.      Menjelaskan pengertian tanggungjawab
8.      Menyebutkan contoh perilaku tanggungjawab dalam kehidupan sehari-hari
9.      Menyebutkan contoh perilaku tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari.

D.     Tujuan :
1.      Siswa dapat menjelaskan pengertian adil, bijaksana, dan tanggungjawab,  menyebutkan contoh, dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

E.      Materi :  
1.       Adil
     Adil berasal dari bahasa arab yang berarti proporsional, tidak berat sebelah, menempatkan sesuatu pada tempatnya, dan jujur.
   Menurut istilah,  terdapat beberapa makna antara lain: meletakkan sesuatu pada tempatnya, menerima hak tanpa lebih dan memberikan hak orang lain tanpa kurang, dan memberikan hak setiap orang yang berhak secara lengkap, tidak melebihi dan mengurangi.
   Contoh perilaku adil dalam kehidupan sehari-hari : Seorang pedagang harus senantiasa bersifat adil. Ia harus menimbang barang dagangannya, kartena bila ia dapat menyeimbangkan timbangannya, maka ia tergolong dalam orang yang berlaku adil. Apabila ia mampu berusaha untuk jujur, dan berbuat adil dengan membuat timbangannya seimbang, maka ia akan mendapat hasilyang baik, dan pembelitidak akan merasa dirugikan.
2.      BIJAKSANA
   Bijaksana adalah bertindak sesuai dengan pikiran, akal sehat, sehingga menghasilkan perilaku yang tepat, sesuai dan pas. Biasanya, sebelum bertindak, disertai dengan pemikiran yang cukup matang sehingga tindakan yang dihasilkan tidak menyimpang dari pemikiran. Si bijak tahu betul mana hal yang boleh dilakukan dan mana hal yang tidak boleh dilakukan.
   Contoh perilaku bijak dalam kehidupan sehari-hari : contoh saja dalam pengelolaan uang, orang yang bijaksana dapat membedakan mana yang menjadi prioritas utama dan tahu mana yang tidak perlu dilakukan. Hal pertama saat uang diterima adalah memikirkan tentang investasiatau tabungan, Apabila orang tersebut tidak memiliki perilaku bijaksana, maka uang yang baru diterima tadi akan digunakan untuk keperluan yang tidak penting atau hura-hura, tanpa memikirkan kebutuhan dimasa mendatang.
3.      Tanggungjawab
   Tanggungjawab adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatu perbuatannya. Sehingga bertanggungjawab adalah kewajiban menanggung, memikul, segala sesuatu yang talah diperbuatnya. Tanggungjawab merupakan kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya, baik itu disengaja, maupun tidak disengaja.
    Contoh perilaku tanggungjawab dalam kehidupan sehari-hari : Pada suatu ketika, ilham melihat pohan nmangga tetangganya yang telah berbuah lebat. Ia tergoda untuk mencurinya, Singkat ceriya, ia berhasil mencuri beberapa buah mangga tersebut. Namun, belum sempat ia pergi dari halaman tetangganya, ia telah kepergok mencuri dan dibawa kekepala desa untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

F.       Metode pembelajaran :
1.      Role-play
2.      Ibrah (Mengambil pelajaran dari suatu kisah)
3.      Diskusi
4.      Ceramah

G.     Langkah-Langkah Pembelajaran :
1.      Kegiatan awal :
a.      Guru memberikan salam, dan menanyakan kabar, kesehatan, dan keinginannya.
b.      Guru mengabsen siswa dan memimpin siswa berdoa sebelum pelajaran.
c.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran/kompetensi yang harus dikuasai hari ini,
d.       Guru menggali pengetahuan awal kemampuan siswa
e.      Apersepsi.
2. Kegiatan Inti :
a.      Eksplorasi : Guru menerangkan materi pambelajaran dengan metode ceramah.
b.      Elaborasi :
1.      Guru membentuk kelompok yang beranggotakan 4-6 siswa
2.      Guru menyurh siswa mendiskusikan materi yang telah disampaikan
3.      Guru menyuruh siswa memberikan contoh tiap-tiap pokok bahasan dalam perilaku kehidupan sehari-hari.
4.      Guru menyuruh setiap kelompok untuk mendemonstrasikan contoh perilaku terpuji dalam kehidupan sehari-hari didepan kelas.
5.      Tiap kelompok bergantian melakukannya hingga selesai.
c.       Konfirmasi :
1.      Guru membuka sesi sharing atau Tanya jewab tantang materi yang belum dikuasai.
2.      Guru menjawab pertanyaan yang diajukan siswa
3.      Guru menyuruh siswa untuk menyimpulkan materi hari ini.
3. Kegiatan penutup:
        a. Penutup:
            1. Guru menginformasikan materi pada pertemuan selanjutnya.
            2.  Guru memimpin doa
            3.  Guru memberikan salam.
H. Evaluasi




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KELAS 6 SEMESTER 2
Disusun guna memenuhi tugas Mata Kuliah Pendidikan aqidah akhlak
Dosen Pengampu Prof., Dr Mansur, M.Ag.





Oleh:
1.                  Afiful Mashar                : 115 11 032
2.                  Yuniska Ardin Marina   : 115 11 033
3.                  Heri susanto                   : 115 11 034
4.                  Tri Hidayah                    : 115 11 035
5.                  Lukman Maarif              : 115 11 036


JURUSAN TARBIYAH
PENDIDIKAN GURU MADARASAH IBTIDAIYAH (PGMI)
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)
SALATIGA 2013



RENCANA KEGIATAN HARIAN Tema- Sub tema : Kebutuhanku/ Manfaat makanan dan minuman



RENCANA KEGIATAN HARIAN
Kelompok       : A                                                       Minggu                                    : 9                                            Waktu             : 07.00 – 09.30
Semester          : I                                                         Hari/ Tanggal              : Senin/ 28 – 9 – 2015                         Tema/ Sub tema : Kebutuhanku/ Manfaat makanan dan minuman
TPP
INDIKATOR
KEGIATAN PEMBELAJARAN
ALAT / SUMBER BELAJAR
PENILAIAN PERKEMBANGAN ANAK
PENDIDIKAN NASIONALISME KARAKTER BANGSA DAN KEWIRAUSAHAAN
ALAT
HASIL


I.              Kegiatan awal (30 Menit)






-       Berbaris, olah raga, do’a, salam, memasang kalender, absen
-       Kalender, buku, absen
Observasi

Komunikatif


-       Berbagi pengalaman
-       Guru, anak
Observasi

Komunikatif
·         Mengenal agama yang dianut
·         Menyanyikan lagu-lagu keagamaan
-       Menyanyikan lagu keagamaan
-       Guru, anak
Observasi

Religius
·         Menirukan gerakan tubuh secara terkoordinasi untuk melatih kelenturan, keseimbangan dan kelincahan
·         Berjalan dengan berbagai variasi FM.14

-       Berjalan dengan berbagai variasi (berjalan kelak-kelok)
-       Botol minuman
Unjuk kerja

Tanggung Jawab









II.           Kegiatan Inti  (60 Menit)




·         Mengekspresikan diri melalui gerakan menggambar secara detail
·         Mewarnai gambar sederhana FM.49
-       Mewarnai gambar gelas / area seni
-       LKA, Oensil warna
Hasil karya

Tanggung Jawab
·         Mengerti beberapa perintah secara bersamaan
·         Menirukan kembali 3-4 urutan kata B.2
-       Menebalkan kata “MINUM” (B-2)
-       LKA, Pensil
Observasi

Tanggung Jawab
·         Mengklasifikasikan benda berdasarkan fungsi
·         Mengelompokkan benda dengan berbagai cara menurut fungsinya Kog.2
-       Mengelompokkan peralatan makan (Matematika)
-       LKA, Pensil
Hasil kerja

Komunikatif



-        






III.         Kegiatan Istirahat  (30 Menit)
-        





-       Cuci tangan, do’a mau makan, makan,  bermain
-       Air, lap, bekal, arena bermain
observasi

Mandiri


-       Mempraktekkan cara membuat teh
-       Air, teh, gula












IV.         Kegiatan Akhir (30 Menit)






-          Bernyanyikan lagu 4 sehat 5 sempurna




·         Menunjukkan aktifitas yang bersifat eksploratif dan menyelidik
·         Mencoba dan menceritakan apa yang terjadi. Kog.4
-          Bercakap-cakap tentang minum dan macam-macam minuman
-       Peraga langsung
Percakapan

Komunikatif


-          Evaluasi kegiatan sehari
-       Peraga langsung
Observasi

Komunikatif


-          Pesan-pesan, do’a, salam, pulang
-       Peraga langsung
Observasi

Komunikatif

Jambu, 26 Oktober 2015
Kepala TK                                                       Supervisor 2                                                                Supervisor 1                                                          Mahasiswa


Rikanah                                                           Desri Elny, S.Pd. AUD                                              Titiek Sugiyati, M.Pd                                                Gusnawaty
                                                                                    NIP.196810122007012013                                        NIP.196208171987022002                            NIM.824607734