RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
1.
Identitas Sekolah
Satuan
Pendidikan
: SMA Negeri 1 ADIKARNA
Mata
Pelajaran
: Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Olahraga
Kelas/Semester
: X / Genap
Pokok Bahasan : Bola Basket
Sub Pokok
Bahasan : Passing Depan Dada,Pantul,Atas Kepala
Alokasi waktu
: 2 x 45 menit
Pertemuan
: 1 (satu)
2. Standar
Kompetensi
Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan
olahraga, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
3.
Kompetensi Dasar
Mempraktikkan
variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga
beregu bola besar lanjutan dengan koordinasi yang baik serta
nilai kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan,
bersedia berbagi tempat dan peralatan
4. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
Melakukan
variasi dan kombinasi teknik dasar passing dada dengan konsisten dan benar
2.
Melakukan
variasi dan kombinasi teknik dasar pantul dengan konsisten dan benar
3.
Melakukan
variasi dan kombinasi teknik dasar dari atas kepala dengan konsisten dan benar
4.
Bermain bolabasket dengan baik
menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk nilai kerja sama,
toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan bersedia berbagi tempat
dan peralatan
5.
Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat
melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar passing dada dengan konsisten dan
benar
2.
Siswa dapat
melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar pantul dengan konsisten dan benar
3.
Melakukan
variasi dan kombinasi teknik dasar dari atas kepala dengan konsisten dan benar
4.
Siswa dapat bermain bolabasket
dengan baik menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk nilai kerja
sama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan bersedia berbagi
tempat dan peralatan
6. Materi Pembelajaran
Permainan Bolabasket
1. Teknik dasar
passing dada
2. Teknik dasar
pantul
3. Teknik dasar
dari atas kepala
4. Bermain bolabasket dengan baik
menggunakan peraturan yang dimodifikasi
7. Alokasi Waktu Materi
No.
|
Materi
|
Waktu
|
1
|
Teknik dasar passing dada
|
10 menit
|
2
|
Teknik dasar pantul
|
10 menit
|
3
|
Teknik dasar dari atas kepala
|
10 menit
|
4
|
Bermain
bolabasket dengan dimodifikasi
|
20 menit
|
8.
Metode Pembelajaran
No.
|
Materi
|
Metode
|
1
|
Teknik dasar passing dada
|
Demonstrasi
dan penugasan
|
2
|
Teknik dasar pantul
|
Demonstrasi
dan penugasan
|
3
|
Teknik dasar dari atas kepala
|
Demonstrasi
dan penugasan
|
4
|
Bermain
bolabasket dengan dimodifikasi
|
Latihan
dan penugasan
|
9. Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
· Preparasi/persiapan
· Siswa di bariskan
· Mengabsen siswa
· Pemanasan dan berdoa
· Apresiasi tidak ada
· Motivasi
· Menjelaskan manfaat dari permainan
bola basket
Inti Pembelajaran
a. Eksplorasi
1. Memperaktekkan
variasi dan kombinasi teknik dasar passing dada menggunakan dua tangan dengan
konsisten
2. Memperaktekkan
variasi dan kombinasi teknik dasar pantul dengan konsisten
3. Memperaktekkan variasi
dan kombinasi teknik dasar dari atas kepala dengan konsisten
4. Menjelaskan cara bermain bolabasket
dengan peraturan yang dimodifikasi secara berkelompok
b. Elaborasi
1. Melakukan
variasi dan kombinasi teknik dasar passing dada menggunakan dua tangan dengan
konsisten
2. Melakukan
variasi dan kombinasi teknik dasar pantul dengan konsisten
3. Melakukan
variasi dan kombinasi teknik dasar dari atas kepala dengan konsisten
4. Bermain bolabasket dengan peraturan
yang dimodifikasi secara berkelompok
Gambar : Passing depan
dada
Gambar : Passing pantul kebawah
Gambar
: Passing dari atas
kepala
Gambar : Bermain dengan peraturan modifikasi
c. Konfirmasi
· Guru dan
peserta didik membuat kesimpulan dari seluruh proses pembelajaran yang telah
selesai
· Guru membuat
penilaian terhadap keberhasilan proses pembelajaran secara transparan
· Guru dan
peserta didik melakukan refleksi apa yang telah dicapai dan belum dicapai
sesuai dengan tujuan yang ditetapkan
Penutup Pembelajaran
· Motivasi
Memberikan
Pujian kepada siswa yang sudah memahami materi dan dorongan kepada siswa yang
belum memahami materi
· Preparasi
§ Memberikan kesempatan untuk bertanya
§ Memberi rangkuman
§ Memberi penjelasan singkat tentang
materi
§ Siswa melakukan pendinginan
§ Berdoa
10. Penilaian Pembelajaran
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Aspek Psikomotor
·
Variasi dan kombinasi teknik dasar passing (dada, pantul
dan dari atas kepala) dengan koordinasi yang baik
· Bermain
dengan pe-raturan yang di modifik
Aspek
Kognitif
·
Mengetahui bentuk –bentuk variasi dan kombinasi teknik
dasar passing
Aspek
Afektif
· Dapat
bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat serta
peralatan dengan teman
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan
variasi kombinasi teknik dasar passing (dada, pantul dan dari atas
kepala) dengan koordinasi yang baik
Dapat bekerjasama dengan teman
dalam kelompok dan berbagi tempat serta peralatan dengan teman
|
Teknik penilaian:
- Tes unjuk kerja (psikomotor):
Lakukan teknik dasar passing ( dada, pantul dan dari atas kepala)
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian,
dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai = ----------------------------------------- X
100
Jumlah skor maksimal
- Pengamatan sikap (afeksi):
Mainkan permainan
bolabasket dengan peraturan yang telah dimodifikasi. Taati aturan permainan, kerjasama
dengan teman satu tim dan tunjukkan perilaku sportif.
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang
sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku
yang diharapkan. Tiap perilaku yang di cek ( √ ) memdapat nilai 1
Jumlahskor yang
diperoleh
Nilai
= ----------------------------------------- X 100
Jumlah skor
maksimal
- Kuis/embedded test (kognisi):
Jawab secara lisan atau peragakan
dengan baik, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak dalam permainan
bolabasket
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan
rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
Jumlah skor
yang diperoleh
Nilai =
----------------------------------------- X 100
Jumlah skor maksimal
- Nilai akhir yang diperoleh siswa =
Nilai tes
unjuk kerja + nilai observasi + nilai kuis
|
2.
Rubrik Penilaian
RUBRIK
PENILAIAN PSIKOMOTOR
UNJUK
KERJA TEKNIK DASAR PERMAINAN B0LABASKET
Aspek Yang Dinilai
|
Kualitas Gerak
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1. Posisi
bola saat akan melakukan passing dada dipegang di depan dada
2. Bentuk
gerakan lengan saat melakukan passing dada mendorong bola ke depan lurus
3. Posisi
bola saat akan melakukan passing pantul di depan dada
4. Bentuk
gerakan lengan saat melakukan passing pantul mendorong bola lurus ke depan
bawah
5. Posisi bola saat akan melakukan
passing dari atas kepala dipegang di atas kepala
6. Bentuk gerakan lengan saat melakukan
passing dari atas kepala mengayun kedepan lurus
|
||||
JUMLAH
|
||||
JUMLAH
SKOR MAKSIMAL : 100
|
RUBRIK
PENILAIAN AFEKTIF
PERILAKU
DALAM PERMAINAN BOLABASKET
PERILAKU
YANG DIHARAPKAN
|
CEK
(√ )
|
1. Bekerja sama dengan teman
satu tim
|
|
2.
Berani menembus pertahanan lawan
|
|
3.
Mentaati peraturan
|
|
4.
Menghormati wasit
|
|
5.
Menunjukkan sikap bersungguh-sungguh dalam bermain
|
|
JUMLAH
|
|
JUMLAH
SKOR MAKSIMAL: 100
|
RUBRIK
PENILAIAN KOGNITIF
PEMAHAMAN
KONSEP GERAK DALAM PERMAINAN BOLABASKET
Pertanyaan yang diajukan
|
Kualitas Jawaban
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1.
Bagaimana posisi kedua lengan kamu setelah passing dada, pantul dan
dari atas kepala ?
2.
Bagaimana posisi badan yang benar setelah melakukan passing dada, pantul dari
atas kepala ?
|
||||
JUMLAH
|
||||
JUMLAH
SKOR MAKSIMAL: 100
|
11. Sumber Belajar
- Ruang terbuka yang datar dan aman
- Bola
- Buku teks
Mengetahui,
Dosen Mata
Kuliah Basket Mahasiswa
Fajar Ari
Widiatmoko,
Naufal
Yoga Pratama
NIP.
NIM. 15230024