Perkembangan
peradaban yang dikenal sebagai era globalisasi di dunia ini semakin menunjukkan
eksistensinya sebagai peradaban yang selalu berkembang. Dampak dari
perkembangan era yang serba digital ini sangat signifikan dalam kehidupan
manusia. Ia datang kepada manusia untuk memudahkan manusia dalam segala
aktifitasnya. Bahkan imbas dari peradaban tersebut masuk ke dalam kebudayaan,
termasuk ke dalam budaya-budaya bangsa Indonesia.
Masuknya
era globalisasi ke dalam kebudayaan manusia menganggap bahwa sebagian
kebudayaan tersebut ketinggalan zaman. Walaupun masih ada sebagian masyarakat
yang mentradisikan kebudayaan tersebut. Akan tetapi sebagian masyarakat sebagai
pelestari kebudayaan lambat laun mulai meninggalkan kebudayaan yang diciptakan
oleh nenek moyang. Bahkan muncul anggapan kebudayaan yang baru dipercaya
sebagai kebudayaan yang modern.
Sejatinya
apabila ditelusuri kebudayaan merupakan refleksi dari nilai-nilai, pandangan,
kebutuhan, keyakinan dan gagasan yang secara integratif diyakini oleh kemunitas
pendukungnya. Kebudayaan ini juga dapat dinyatakan sebagai jati diri sebuah
masyarakat. Karena kebudayaan itu
sendiri adalah hasil kegiatan dan penciptaan batin (akal budi) manusia seperti
kepercayaan, kesenian dan adat istiadat. Diartikan juga sebagai keseluruhan
pengetahuan manusia sebagai makhluk sosial yang digunakan untuk memahami
lingkungan serta pengalamannya dan yang menjadi pedoman tingkah lakunya. Oleh karena itu, betapa pentingnya
kedudukannya dalam kehidupan masyarakat, maka perlu adanya pernyataan dan
sosialisasi dan proses pewarisan pada generasinya berikutnya.
Seluruh
total dari kelakuan manusia yang berpola, tentu bisa kita perinci menurut
fungsi-fungsi khasnya dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan hidup manusia dalam
masyarakatnya. Suatu sistem aktivitas khas dari kelakukan berpola, beserta
sistem norma dan tata kelakukannya, serta peralatannya. Ditambah dengan manusia
sebagai personal yang melakukan kebudayaan tersebut. totalitas tersebut yang
merupakan pranata kebudayaan. Sehingga seluruh komponten tersebut menjadi
sebuah satu kesatuan yang membentuk kebudayaan.
Warak
Ngendok merupakan salah satu unsur utama dari tradisi Dugderan yang ada di kota
Semarang. Tradisi Dugderan ini dilakukan setiap menjelang wulan poso (bulan
Ramadlan). Di mana tradisi Dugderan tidak lain merupakan warisan sejarah dan
budaya masyarakat Semarang. Keberadaan Warak Ngendok sebagai simbol dalam
ritual Dugderan ini mampu bertahan hingga sekarang ini di tengah perubahan
sosial-kultur masyarakat. Bahkan Warak Ngendok menjadi maskot masyarakat
Semarang. Hal itu karena dukungan secara signifikan dari masyarakat
pendukungnya, termasuk pemerintah kota.
Di jawa banyak sekali adat istiadat yang selalu mengiringi kehidupan sehari-hari. dan di pulau Jawa ini sangat banyak sekali kebudayan yang pada dasarnya berprinsip pada kultur daerah atau letak geografis itu sendiri. Jawa terbagi menjadi beberapa bagian Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur , Daerah Istimewa Yogyakarta, Jakarta.
di Jawa Tengah sendiri banyak sekali kebudayaan yang ada dalam kehidupan sehari-hari yang bisa kita lihat.
antara lain lagu - lagu daerah Jawa tengah Sluku-sluku Bathok.
SLUKU-SLUKU BATHOK
"Sluku-sluku bathok,
Bathoke ela-elo
Si Rama menyang Solo,
Oleh-olehe payung mutho.
Mak jenthit lolo lo bah,
Yen mati ora obah
Yen obah medeni bocah,
Yen urip goleko dhuwit..."
Bathoke ela-elo
Si Rama menyang Solo,
Oleh-olehe payung mutho.
Mak jenthit lolo lo bah,
Yen mati ora obah
Yen obah medeni bocah,
Yen urip goleko dhuwit..."
Sluku-sluku bathok:
Hidup tidak boleh dihabiskan hanya untuk bekerja. Waktunya istirahat ya istirahat, untuk menjaga jiwa dan raga agar selalu dalam kondisi seimbang. Bathok (kepala) kita perlu beristirahat untuk memaksimalkan kemampuannya.
Bathoke ela-elo:
Dengan cara berzikir (ela-elo = Laa Ilaaha Ilallah), mengingat Allah akan mengendurkan
syaraf neuron di otak, Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah, hati menjadi tentram.
Si Rama menyang Solo:
Siram (mandilah, bersuci)
menyang (menuju) Solo (Solat).
Lalu bersuci dan dirikanlah salat.
Oleh-olehe payung mutho:
Maka kita akan mendapatkan perlindungan (payung) dari Allah, Tuhan kita.
Mak jenthit lolo lo bah:
Kematian itu datangnya tiba-tiba, tak ada yang tahu. Tak bisa dimajukan atau dimundurkan
walau sesaat.
Wong mati ora obah:
Saat kematian datang, semua sudah terlambat. Kesempatan beramal hilang.
Yen obah medeni bocah:
Banyak yg ingin minta dihidupkan, tapi Allah tidak mengizinkan. Jika mayat hidup lagi maka bentuknya menakutkan dan mudharatnya akan lebih besar.
Yen urip goleko dhuwit: Kesempatan terbaik untuk beramal adalah saat ini. Saat masih hidup.
Hidup tidak boleh dihabiskan hanya untuk bekerja. Waktunya istirahat ya istirahat, untuk menjaga jiwa dan raga agar selalu dalam kondisi seimbang. Bathok (kepala) kita perlu beristirahat untuk memaksimalkan kemampuannya.
Bathoke ela-elo:
Dengan cara berzikir (ela-elo = Laa Ilaaha Ilallah), mengingat Allah akan mengendurkan
syaraf neuron di otak, Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah, hati menjadi tentram.
Si Rama menyang Solo:
Siram (mandilah, bersuci)
menyang (menuju) Solo (Solat).
Lalu bersuci dan dirikanlah salat.
Oleh-olehe payung mutho:
Maka kita akan mendapatkan perlindungan (payung) dari Allah, Tuhan kita.
Mak jenthit lolo lo bah:
Kematian itu datangnya tiba-tiba, tak ada yang tahu. Tak bisa dimajukan atau dimundurkan
walau sesaat.
Wong mati ora obah:
Saat kematian datang, semua sudah terlambat. Kesempatan beramal hilang.
Yen obah medeni bocah:
Banyak yg ingin minta dihidupkan, tapi Allah tidak mengizinkan. Jika mayat hidup lagi maka bentuknya menakutkan dan mudharatnya akan lebih besar.
Yen urip goleko dhuwit: Kesempatan terbaik untuk beramal adalah saat ini. Saat masih hidup.
No comments:
Post a Comment