RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : Madrasah Ibtidaiyyah
Nuril Huda Losari
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/II
Materi Pokok :
Pecahan
Uraian Materi :
1. Mengubah pecahan menjadi bentuk persen
2.
Mengubah bentuk persen menjadi bentuk pecahan
Alokasi Waktu : 2 X 35 Menit
Standar kompetensi : Menggunakan pecahan dalam penyelesaian
masalah
Kompetensi
Dasar : Mengubah pecahan ke bentuk
pecahan dan desimal serta sebaliknya
Indikator : Mengubah pecahan biasa menjadi bentuk persen
1.
Tujuan Pembelajaran
a.
Siswa dapat mengubah pecahan menjadi bentuk persen
b.
Siswa dapat mengubah bentuk persen menjadi pecahan
2. Karakter Siswa yang diharapkan
a.
Tanggungjawab
b.
Kerjasama
c.
Kerja Keras
d.
Rasa ingin tahu
e.
Komunikatif
3. Materi (Terlampir)
4. Metode Pembelajaran
a.
Pembelajaran Tutor Sebaya
b.
Penugasan
5. Langkah-langkah Pembelajaran
a.
Kegiatan awal
·
guru
mengkondisikan siswa agar tenang
·
guru
mengucapkan salam dan menanyakan kabar
·
guru
menyuruh ketua kelas memimpin doa
·
guru
mengabsen siswa
·
guru
menginformasikan tujuan pembelajaran hari ini
·
apersepsi
dan motivasi
b. Kegiatan inti
·
guru
menggali pengetahuan awal siswa tentang materi
·
guru
meminta siswa menyampaikan pengetahuan awal mereka kepada teman-teman sekelas
·
guru
memberikan tambahan terhadap jawaban siswa
·
guru
menunjuk 5 orang siswa untuk bertugas sebagai tutor untuk teman-teman lain
·
guru
membagi kelas menjadi 5 kelompok
·
tiap
tutor disebar kedalam masing-masing kelompok
·
masing-masing
kelompok diberi tugas mempelajari sub materi yang telah dipilih oleh guru
dengan panduan oleh masing-masing tutor sesuai arahan guru
·
guru
memberikan waktu tiap kelompok bekerja sesuai instruksi guru
·
guru
memberikan beberapa soal untuk dikerjakan tiap-tiap kelompok
·
guru
memberikan soal untuk dikerjakan secara individu
·
guru
bersama-sama siswa mengoreksi hasil pekerjaan siswa
·
guru
mengevaluasi pembelajaran
·
guru
memberikan kesempatan siswa untuk bertanya
·
guru
memberikan umpan balik terhadap pertanyaan siswa
·
guru
bersama-sama siswa menyimpulkan pembelajaran
·
guru
menginformasikan materi pembelajaran yang akan datang
6.
Sumber dan Bahan Ajar
a. Buku paket Matematika kelas V
semester 2
b. LKS matematika semester 2
7.
Penilaian
a.
Prosedur tes
1). tes
awal : -
2). tes
proses : ada
3). tes
akhir : ada
b. Jenis
tes
1). tes
awal : -
2). tes
proses : pengamatan
3). tes
akhir : tertulis
c.
Alat/instrument
1). tes
awal : -
2). tes
proses : tabel pengamatan sikap
3). tes
akhir : soal-soal
Tabel
Pengamatan
INSTRUMEN
PENGAMATAN TERHADAP SISWA
No
|
Nama
|
Bertanggung jawab
|
Kerjasama
|
komunikatif
|
Rasa ingin tahu
|
||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SB
|
BT
|
MT
|
MB
|
SB
|
BT
|
MT
|
MB
|
SB
|
BT
|
MT
|
MB
|
SB
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
31.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
32.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
33.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
34.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
35.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
36.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
37.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
38.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
39.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
40.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
41.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
42.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
43.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
Belum Terlihat : ( BT )
Mulai Terlihat : ( MT )
Mulai Berkembang : ( MB )
Sudah Berkembang : ( SB )
Soal-soal !
Ayo, ubah
pecahan berikut menjadi bentuk persen !
1. = .
. . %
2. = . .
. %
3.
3 = . . .
%
4.
1 = . . .
%
5.
7 = . .
. %
Ayo,
ubah bentuk persen berikut menjadi pecahan biasa atau pecahan campuran !
1.
6% = . . .
2.
20% = . . .
3.
42% = . . .
4.
82% = . . .
5.
200% = . . .
Nilai = Jawaban Benar X 10
Daftar Nilai Siswa
No
|
Nama Siswa
|
Nilai
|
1
|
|
|
2
|
|
|
3
|
|
|
4
|
|
|
5
|
|
|
6
|
|
|
7
|
|
|
8
|
|
|
9
|
|
|
10
|
|
|
11
|
|
|
12
|
|
|
13
|
|
|
14
|
|
|
15
|
|
|
16
|
|
|
17
|
|
|
18
|
|
|
19
|
|
|
20
|
|
|
21
|
|
|
22
|
|
|
23
|
|
|
24
|
|
|
25
|
|
|
26
|
|
|
Soal-soal !
Ayo, ubah
pecahan berikut menjadi bentuk persen !
1. = .
. . %
2. = . .
. %
3.
3 = . . .
%
4.
1 = . . .
%
5.
7 = . .
. %
Ayo,
ubah bentuk persen berikut menjadi pecahan biasa atau pecahan campuran !
1.
6% = . . .
2.
20% = . . .
3.
42% = . . .
4.
82% = . . .
5.
200% = . . .
Ayo, ubah
pecahan berikut menjadi decimal !
1. = . . .
2. = . . .
3. = . . .
4. 2 = . . .
5. 12% = . . .
Ayo, ubah bentuk decimal berikut
menjadi pecahan biasa atau campuran !
1. 0,9
2, 1,2
3. 0,25
4. 5,25
5. 3,234
Ayo, ubah bentuk desimal berikut
menjadi persen
1. 0,4
2. 4,2
3. 12,5
4. 0,24
5. 22,32
No comments:
Post a Comment