MAKALAH pELAYANAN kESEHATAN



PELAYANAN KESEHATAN
A.    Pengertian Pelayanan Kesehatan
Pelayanan kesehatan adalah upaya yang diselenggarakan sendiri / secara bersama-sama dalam suatu organisasi untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan, mencegah dan menyembuhkan penyakit sertamemulihkan perseorangan atapun masyarakat.

B.     Tujuan Pelayanan Kesehatan
1.      Promotif
Memelihara dan meningkatkan kesehatan
2.      Prefentif
Mencegah terhadap orang yang beresiko terhadap penyakit .
-          Macam
a.       Primer : terdiri dari program pendidikan
b.      Sekunder : terdiri dari pengobatan penyakit pada tahap dini untuk membatasi kecacatan dengan cara menghindari akibat yang timbul dari perkembangan penyakit
c.       Torsier : pembuatan diagnosa ditunjukkan untuk melaksanakan tindakan rehabilitasi, pembuatan dragnosa dan pengobatan.
3.      Kuratif
4.      Rehabilitasi
Usaha pemulihan seseorang untuk mencapai fungsi normal / mendekati normal setelah menggalami sakit fisik / mental , cacat / penyalahgunaan

C.    Bentuk Pelayanan Kesehatan
1.      Pelayanan kesehatan tingkat satu (primer) pelayanan yang lebih mengutamakan pelayanan yang lebih mengguntungkan pelayanan yang bersifat dasar dan dilakukan bersama masyarakat dimotori oleh:
a.       Dokter
b.      Perawat mantri
Pelayanan kesehatan primer adalah pelayanan yang pertama kali diperlukan masyarakat pada saat menggalami gangguan kesehatan / kecelakaan.
·         Sifat : berobat jalan
2.      Pelayanan kesehatan tingkat II (sekunder)
Pelayanan yang bersifat spesialis dan pelayanan sub pensialis tetap terbatas
·         Sifat :  rawat inap + rawat jalan
·         Pelayanan kesehatan dilakukan oleh:
a.       Dokter spesialis
b.      Dokter spesialis terbatas.
1.      Pelayanan kesehatan tingkat III (tersier)
Pelayanan yang lebih menggutamakan pelayanan sub spesialisasi, serta sub spesialis luas
·         Sifat : berobat jalan / rawat inap
·         Pelayanan  kesehatan dilakukan oleh        a. Dokter spesialis
                                                                        b. Dokter sub spesialisasi
D.    Jenis Pelayanan Kesehatan Menurut Haqgetts Dan Casio
1.      Pelayanan Kedokteran
2.      Pelayanan Kesehatan Masyarakat
-          Perbedaan pelayanan kedokteran dengan pelayanan kesehatan masyarakat
No
Pelayanan Kedokteran
Pelayanan Kesehatan Masyarakat
1
Tenaga pelaksanaan dokter
1
Tenaga pelaksanaan ahli kesehatan masyarakat
2
Perhatian utama penyembuhan penyakit
2
Perhatian utama pencegahan penyakit
3
Sasaran perseorangan atau keluarga
3
Sasaran masyarakat secara keseluruhan
4
Tidak boleh menarik perkataan
4
Dapat menarik perhatian masyarakat
5
Menjalankan fungsi perseorangan & terkait UU
5
Menjalankan fungsi dengan mengorganisasi masyarakat & mendapat dukungan UU





E.     Syarat Pokok Pelayanan Kesehatan
1.      Tersedia dan berkesimbungan semua pelayanan kesehatan yang dibutuhkan masyarakat tidak sulit ditemukan.
2.      Dapat diterima dan wajar
pelayanan kesehatan tidak bertentangan dengan keyakinan dan kepercayaan masyarakat.
3.      Mudah dicapai
Dipandang sudut lokasi untuk dapat mewujudkan pelayanan kesehatan yang baik
4.      Mudah dijangkau
Dari sudut pandang untuk mewujudkan keadaan yang harus dapat diupayakan biaya pelayanan kesehatan sesuai dengan kemampuan ekonomi masyarakat
5.      Bermutu
Menunjukan pada tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan yang dapat memuaskan para pemakai jasa pelayanan dan tatacara penyelenggaraannya sesuai dengan kode etika & standar yag telah ditetapkan

F.     Jenjang Pelayanan Kesehatan
·         Berdasarkan tingkatan pelayanan kesehatan jenjang pelayanan kesehatan,  jenjang pelayanan kesehatan dibrdakan keluarga sendiri.
1.      Tingkat RT
Pelayanan kesehatan oleh individu / keluarga sendiri
2.      Tingkat masyarakat  
Kegiatan swadaya masyarakat dalam menolong mereka sendiri
Contoh: posyandu, polindes,pod, saka bakti, husada.
3.      Fasilitas pelayanan tingkat pertama
Dilakuakan oleh pukesmas dan unit fungsional dibawahnya.
Contoh (praktek dokter swasta, bidan swasta, dokter keluarga)
4.      Fasilitas pelayanan tingkat kedua
Rujukan spesialis oleh balai, BPK, BKNM, BKKM, BKOM, SP3T.
5.      Fasilitas pelayanan tingkat ketiga
Rujukan spesialis lanjutan/ konsultan oleh RS provinsi/ pusat/ pendidikan, DINKES provinsi dan departemen kesehat
ADMINISTRASI KESEHATAN

A.    Pengertian Administrasi Kesehatan
·         Administrasi berasal dari kata “ADMINISRARE” (Latin, ad, paada, ministrate: melayani) jika di tinjau dari asal kata Administrasi berarti memberikan pelayanan kepada mady (azwar, azrul, 2003)
·         Administrasi (secara luas) adalah wadah dan proses yang menentukan kebijakan dimana organisasi dan managemen dipakai sebagai sarana untuk menentukan kebijakan umum dengan memanfaatkan organisasi dan proses managemen dalam usaha untuk mencapai tujuan.
·         sehat adalah suatu keadaan sejahtera sempurna dari fisik, mental dan sosial yang tidak hannya terbatas pada bebas dan penyakit / kelemahan saja (WHO, 1947, UU pokok kesehatan No 1960)

B.     Unsur Pokok Administrasi Kesehatan
1.      Masukan
Segala sesuatu yang dibutuhkan untuk dapat melaksanakan pekerjaan administrasi
a.       Komusi masukan dan atau perangkat administrasi menjadi 3 macam:
1)      Sumber
a.       Tenaga
b.      Modal
c.       Alamiah
2)      Tata Cara
3)      Kesanggupan
b.      Komisi pendidik administrasi kesehatan koort dan donnels membedakan masukan dan/ perangakat administrasi menjadi 4macam:
1. Manusia                         3. Manajerial
2. Modal                            4. Teknologi
(Azwar Azrul, 1993)



2.      Proses
Langkah - langkah yang harus mencapai tujuan yang telah ditetapkan George R. Terry membedakan fungsi administrasi menjadi 4
a.       Perencanaan                                  c. Kelompok
b.      Pengorganisasian                           d. Pengawasan
3.      Keluasan (Pelayanan Kesehatan)
Hasil dari suatu pekerjaan administrasi secara umum pelayanan kesehatan dibedakan menjadi 2
a.       Pelayanan kedokteran
b.      Pelayanan kesehatan masyarakat
4.      Sasaran
Kepada siapa keluaran yang dihasilkan yakni, upaya kesehatan tersebut ditunjukan sasaran dibedakan menjadi 4:
a.       Perseorangan                                 c. Kelompok
b.      Keluaran                                        d. Masyarakat
5.      Dampak
Akibat yang ditimbulakan oleh keluaran untuk administrasi kesehatan.

C.    Ruang Lingkup Administrasi Kesehatan
5 Macam ruang lingkup administrasi kesehatan dalam kebijakan kesehatan :
a.       Kebijakan Kesehatan      
b.      Hukum Kesehatan
c.       Ekonomi Kesehatan    
d.      Managemen Tenagga Kesehatan
e.       Administrasi  kesehatan   


No comments: