LAPORAN ON THE JOB
LEARNING
PENGEMBANGAN
KEPROFESIAN BERKELANJUTAN
NAMA GURU :
SUBARTIKUSTIYAH
MATA
PELAJARAN : TAMAN KANAK-KANAK
PAKET
KEAHLIAN : KELOMPOK KOMPETENSI A
PAKET KEAHLIAN : KELOMPOK KOMPETENSI J
UNIT KERJA :
TK DHARMA WANITA
KEMENTERIAN PENDIDIKAN
DAN KEBUDAYAAN
DIREKTORAT JENDERAL
GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
2017
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
a.
Latar Belakang
b.
Tujuan
c.
Manfaat
BAB II ON THE JOB LEARNING
a.
Tempat dan Waktu Pelaksanaan
b.
Gambaran Umum Pelaksanaan Kegiatan
c.
Produk yang Dihasilkan
BAB III PENUTUP
LAMPIRAN
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Peningkatan
kompetensi guru terkait dengan profesionalismenya, harus dilakukan secara
berkelanjutan. Hal ini diatur dalam Peraturan Menteri Negara PAN dan RB Nomor
16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya serta
Permendiknas No. 35 Tahun 2010 tentang petunjuk teknis Jabatan Fungsional Guru
dan Angka Kreditnya untuk kenaikan karir dan kepangkatannya. Tahun 2017, Ditjen
GTK mengembangkan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang merupakan
kelanjutan dari Program Guru Pembelajar dengan tujuan utama untuk meningkatkan
kompetensi guru yang ditunjukkan dengan kenaikan capaian nilai UKG dengan
rata-rata nasional yaitu 70.
Peningkatan
kompetensi guru yang diadakan untuk guru di Kecamatan Bandungan adalah moda
tatap muka in on in yaitu Kegiatan pembelajaran pada moda ini terdiri dari
kegiatan In-Service Training (In) 1, kegiatan On-the-Job Learning (On) dan
kegiatan In-Service Training (In) 2 disesuaikan dengan kelompok kompetensi yang
masih merah sesuai hasil UKG.
Laporan
on the job learning ini dibuat sebagai tugas peserta untuk melengkapi tugas-tugas
selama on the job learning guna mendapatkan nilai ketrampilan. Selanjutnya
laporan ini merupakan persyaratan untuk mengikuti tes akhir pada program
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.
B.
Tujuan
Tujuan
dari kegiatan ini adalah mengkaji materi dan melakukan aktivitas pembelajaran
(Praktik/ eksperimen/ sosialisasi/ implementasi/ peerdiscussion/ LK) secara
sendiri/ individu maupun berkelompok.
C.
Manfaat
Adapun manfaat kegiatan ini antara
lain :
1.
Menjadi peserta aktif
2.
Belajar secara individu sesuai kebutuhan
3.
Saling berbagi (sharing) pengetahuan/keterampilan dan
pengalaman dengan peserta lainnya sehingga dapat meningkatkan kompetensinya.
BAB II ON THE JOB LEARNING
A.
Tempat dan
Waktu Pelaksanaan
Kegiatan tatap muka in on in
pada Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan pada modul kelompok kompetensi A
dan J dilaksanakan di UPTD Pendidikan Kecamatan Bandungan. Kegiatan ini diawali
dengan in 1 pada hari Kamis - Jum’at tanggal 26 - 27 Oktober 2017 dimulai pukul
08.00 - 16.00 WIB. Sedangkan kegiatan on the job learning dilaksanakan mulai
tanggal 28 - 6 November 2017. Kegiatan ini ditutup dengan in 2 akan
dilaksanakan pada tanggal 7 November 2017 dan tes akhir dilaksanakan tanggal 13
– 14 November 2017 di SMPN 1 Ungaran.
B.
Gambaran
Umum Pelaksanaan Kegiatan
Kegiatan ini difasilitasi
oleh Instruktur Nasional yang bernama Ety Sumarni dan Wening Cahyarini. Pada
tatap muika hari pertama diawali dengan pembukaan oleh Kepala UPTD Kecamatan
Bandungan Kab. Semarang. Kemudian dilanjutkan dengan perkenalan IN dan peserta
di kelas.
Pada pertemuan in 1 yaitu
materi modul kelompok kompetensi A dan J meliputi kompetensi pedagogik dan
kompetensi profesional. Adapun aktivitas dikelas meliputi mengkaji materi modul
sevara keseluruhan sebagai bekal pengetahun pada kegiatann On-the-Job Learning
dan melakukan berbagai macam aktivitas pembelajaran, seperti berpikir
reflektif, diskusi, brainstorming, simulasi atau studi kasus.
Pada pertemuan in 2 peserta
mempresentasikan tugas selama On-the-Job
Learning dalam bentuk bahan tayang pada pertemuan In-2. Selain itu peserta juga
menyerahkan jurnal harian, tugas-tugas yang telah dikerjakan dan laporan On the
Job Learning.
C.
Produk yang
Dihasilkan
Adapun
produk yang dihasilkan antara lain :
1.
Jurnal harian in on in
2.
Resume materi modul kelompok kompetensi A dan J
3.
Soal – soal untuk latihan terdiri dari 5 soal
pedagodik dan 10 soal profesional.
4.
Lembar Kegiatan yang ada di tugas on in
III. PENUTUP
Dengan berakhirnya program in on in, dan
dihasilkannya produk on the job learning, merupakan salah satu tolok ukur
kemampuan peserta program PKB dalam menyelesaikan tugas dan persiapan Test
akhir. Harapannya peserta program PKB dapat meningkatkan kompetensinya dan
berhasil pada ujian akhir, sehingga target nilai bisa terpenuhi secara
maksimal.
Keberhasilan pelaksanaan Program
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi guru TK ditentukan oleh kesungguhan
semua pihak baik P$TK, dinas terkait, dan peserta pelatihan. Program
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan merupakan salah satu langkah strategis
untuk meningkatkan kompetensi guru TK secara berkelanjutan sehingga dapat
melakukan pembelajaran yang menarik dan berinovasi sesuai kebutuhan anak didik.
No comments:
Post a Comment