LAPORAN ON THE JOB LEARNING PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN

LAPORAN ON THE JOB LEARNING
PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN




NAMA GURU                                                  :  SUBARTIKUSTIYAH
MATA PELAJARAN                                         :  TAMAN KANAK-KANAK
PAKET KEAHLIAN                                           :  KELOMPOK KOMPETENSI A
PAKET KEAHLIAN                                           :  KELOMPOK KOMPETENSI J
UNIT KERJA                                                     :  TK DHARMA WANITA






KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
DIREKTORAT JENDERAL GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
2017

DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
a.                  Latar Belakang
b.                  Tujuan
c.                   Manfaat
BAB II ON THE JOB LEARNING
a.                  Tempat dan Waktu Pelaksanaan
b.                  Gambaran Umum Pelaksanaan Kegiatan
c.                   Produk yang Dihasilkan
BAB III PENUTUP
LAMPIRAN












BAB I PENDAHULUAN

A.           Latar Belakang
               Peningkatan kompetensi guru terkait dengan profesionalismenya, harus dilakukan secara berkelanjutan. Hal ini diatur dalam Peraturan Menteri Negara PAN dan RB Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya serta Permendiknas No. 35 Tahun 2010 tentang petunjuk teknis Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya untuk kenaikan karir dan kepangkatannya. Tahun 2017, Ditjen GTK mengembangkan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang merupakan kelanjutan dari Program Guru Pembelajar dengan tujuan utama untuk meningkatkan kompetensi guru yang ditunjukkan dengan kenaikan capaian nilai UKG dengan rata-rata nasional yaitu 70.
               Peningkatan kompetensi guru yang diadakan untuk guru di Kecamatan Bandungan adalah moda tatap muka in on in yaitu Kegiatan pembelajaran pada moda ini terdiri dari kegiatan In-Service Training (In) 1, kegiatan On-the-Job Learning (On) dan kegiatan In-Service Training (In) 2 disesuaikan dengan kelompok kompetensi yang masih merah sesuai hasil UKG.
               Laporan on the job learning ini dibuat sebagai tugas peserta untuk melengkapi tugas-tugas selama on the job learning guna mendapatkan nilai ketrampilan. Selanjutnya laporan ini merupakan persyaratan untuk mengikuti tes akhir pada program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.














B.            Tujuan
               Tujuan dari kegiatan ini adalah mengkaji materi dan melakukan aktivitas pembelajaran (Praktik/ eksperimen/ sosialisasi/ implementasi/ peerdiscussion/ LK) secara sendiri/ individu maupun berkelompok.

C.            Manfaat
Adapun manfaat kegiatan ini antara lain :
1.            Menjadi peserta aktif
2.            Belajar secara individu sesuai kebutuhan
3.            Saling berbagi (sharing) pengetahuan/keterampilan dan pengalaman dengan peserta lainnya sehingga dapat meningkatkan kompetensinya.















BAB II ON THE JOB LEARNING

A.                 Tempat dan Waktu Pelaksanaan
Kegiatan tatap muka in on in pada Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan pada modul kelompok kompetensi A dan J dilaksanakan di UPTD Pendidikan Kecamatan Bandungan. Kegiatan ini diawali dengan in 1 pada hari Kamis - Jum’at tanggal 26 - 27 Oktober 2017 dimulai pukul 08.00 - 16.00 WIB. Sedangkan kegiatan on the job learning dilaksanakan mulai tanggal 28 - 6 November 2017. Kegiatan ini ditutup dengan in 2 akan dilaksanakan pada tanggal 7 November 2017 dan tes akhir dilaksanakan tanggal 13 – 14 November 2017 di SMPN 1 Ungaran.

B.                  Gambaran Umum Pelaksanaan Kegiatan
Kegiatan ini difasilitasi oleh Instruktur Nasional yang bernama Ety Sumarni dan Wening Cahyarini. Pada tatap muika hari pertama diawali dengan pembukaan oleh Kepala UPTD Kecamatan Bandungan Kab. Semarang. Kemudian dilanjutkan dengan perkenalan IN dan peserta di kelas.
Pada pertemuan in 1 yaitu materi modul kelompok kompetensi A dan J meliputi kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Adapun aktivitas dikelas meliputi mengkaji materi modul sevara keseluruhan sebagai bekal pengetahun pada kegiatann On-the-Job Learning dan melakukan berbagai macam aktivitas pembelajaran, seperti berpikir reflektif, diskusi, brainstorming, simulasi atau studi kasus.
Pada pertemuan in 2 peserta mempresentasikan  tugas selama On-the-Job Learning dalam bentuk bahan tayang pada pertemuan In-2. Selain itu peserta juga menyerahkan jurnal harian, tugas-tugas yang telah dikerjakan dan laporan On the Job Learning.









C.                  Produk yang Dihasilkan
Adapun produk yang dihasilkan antara lain :
1.                  Jurnal harian in on in
2.                  Resume materi modul kelompok kompetensi A dan J
3.                  Soal – soal untuk latihan terdiri dari 5 soal pedagodik dan 10 soal profesional.
4.                  Lembar Kegiatan yang ada di tugas on in




















III. PENUTUP

            Dengan  berakhirnya program in on in, dan dihasilkannya produk on the job learning, merupakan salah satu tolok ukur kemampuan peserta program PKB dalam menyelesaikan tugas dan persiapan Test akhir. Harapannya peserta program PKB dapat meningkatkan kompetensinya dan berhasil pada ujian akhir, sehingga target nilai bisa terpenuhi secara maksimal.

            Keberhasilan pelaksanaan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi guru TK ditentukan oleh kesungguhan semua pihak baik P$TK, dinas terkait, dan peserta pelatihan. Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan merupakan salah satu langkah strategis untuk meningkatkan kompetensi guru TK secara berkelanjutan sehingga dapat melakukan pembelajaran yang menarik dan berinovasi sesuai kebutuhan anak didik.

No comments: