VISI DAN MISI
KB, TK CERDAS CERIA
Visi
Membentuk generasi
Islam yang cerdas, berani, kreatif, dan berakhlaq mulia.
Misi
1. Menanamkan nilai agama sejak dini dengan kegiatan yang menyenangkan
2. Mengembangkan kreatifitas anak dengan berbagai media pembelajaran
3. Mengembangkan kemampuan dasar anak melalaui kegiatan bermain yang
menyenangkan
4. Mengembangkan kemampuan sosial, emosional dan kerjasama melalui kegiatan
yang menarik.
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR
BELAKANG OBSERVASI
Observasi
merupakan suatu kegiatan mengamati, melihat serta menganalis suatu kegiatan dan
seperangkat informasi yang diperoleh dengan menggunakan indera. Hasil dari
observasi akan berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya, walaupun objek
yang diamati sama. Hal ini disebabkan karena pelaksanaan dan pengetahuan dari
subjek observasi juga berbeda-beda.
Pendidikan
anak usia dini sendiri tidak ditekankan kepada pemberian stimulus pengayaan
pengetahuan anak, tetapi lebih diarahkan kepada pengembangan potensi dan daya
kreatifitas anak dan sangat penting adalah pada pembentukan sikap mental dan
kepribadian anak yang berlandaskan pada nilai-nilai ajaran agama islam. Pada
hakikatnya belajar harus berlangsung sepanjang hayat, untuk menciptakan
generasi yang berkualitas.
Pendidikan
harus dilakukan sejak usia dini, yaitu pendidikan yang di tunjukkan bagi anak
sejak lahir hingga usia 6 tahun. Sebagai jenjang pendidikan, paud merupakan
pendidikan yang di selenggarakan sebelum pendidikan dasar 9 tahun. Hal tersebut
bertujuan menyiapkan anak-anak usia dini siap memasuki jalur pendidikan dasar
selanjutnya dengan bekal kesiapan mental dan ajaran agama islam yang
diajarkannya. Dalam laporan observasi ini dibahas mengenai penyelenggaraan
PAUD/TK CERDAS CERIA.
B.
RUMUSAN MASALAH
1. Bagaimana sejarah
terbentuknya lembaga PAUD Cerdas Ceria?
2. Bagaimana letak dan
keadaan lembaga PAUD Cerdas Ceria?
3. Bagaimana dukungan
masyarakat sekitar.?
4. Bagaimana
pengelompokkan anak pada lembaga PAUD Cerdas Ceria?
5. Bagaimana proses pembelajaran di lembaga PAUD Cerdas Ceria?
6. Apa kurikulum yang
digunakan di lembaga PAUD Cerdas Ceria?
7. Bagaimana pengelolaan
administrasi di lembaga PAUD Cerdas Ceria?
8. Apa kegiatan
operasional dalam lembaga PAUD Cerdas Ceria?
9. Apa saja peralatan
edukatif yang digunakan dalam lembaga PAUD Cerdas Ceria?
10. Bagaimana pendaftaran calon peserta didik di lembaga
PAUD Cerdas Ceria?
C. TUJUAN
OBSERVASI
Pengamatan observasi ini memiliki beberapa tujuan,
antara lain;
1. Untuk mengetahui sejarah terbentukan lembaga PAUD Cerdas Ceria
2. Untuk mengetahui penentuan letak dan keadaan di
dalam lembaga PAUD Cerdas Ceria
3. Untuk mengetahui dukungan lingkungan sekitar di
dalam lembaga PAUD Cerdas Ceria
4. Untuk mengetahui bagaimana cara pengelompokan
peserta didik di dalam lembaga PAUD Cerdas Ceria
5. Untuk mengetahui proses pembelajaran di dalam
lembaga PAUD Cerdas Ceria.
6. Untuk mengetahui kurikulum yang digunakan di dalam
lembaga PAUD Cerdas Ceria
7. Untuk mengetahui pengelolaan administrasi di dalam
lembaga PAUD Cerdas Ceria.
8. Untuk mengetahui kegiatan operasional di dalam
lembaga PAUD Cerdas Ceria
9. Untuk mengetahui peralatan apa saja yang digunakan
peserta didik dalam lembaga PAUD Cerdas Ceria.
10. Untuk mengetahui bagaimana pendaftaran calon peserta
didik di dalam lembaga PAUD Cerdas Ceria.
D. METODE OBSERVASI
Untuk
memperoleh data dan informasi dalam observasi saya menggunakan metode-metode
sebagai berikut :
1.
Metode
wawancara yaitu pengumpulan data yang dilakukan dengan cara mengajukan
pertanyaan-pertanyaan kepada responden yang menjadi narasumber.
2.
Metode pustaka, yaitu memperoleh landasan teori dengan maksud untuk
digunakan dalam pembahasan masalah.
3.
Metode pengamatan yaitu pengumpulan data yang dilakukan dengan cara
melihat, mengamati serta menganalisis apa yang menjadi objek.
Dalam hal ini penulis melakukannya
dengan cara mengikuti pembelajaran yang ada di PAUD Cerdas
Ceria, khususnya kegiatan dikelas PAUD, TK, KB dari awal hingga berakhirnya
KBM.
BAB II
HASIL
OBSERVASI
A. Sejarah Terbentuknya lembaga PAUD Cerdas
Ceria.
Awal dari
berdirinya PAUD Cerdas Ceria berawal dari Bapak Sutrisna dan Bunda
Wanti Kartini selaku (pendiri/penggagas) PAUD Cerdas Ceria
yang mendapatkan hidayah dari Allah SWT untuk dapat mendirikan sebuah lembaga
paud agar dapat menularkan ilmunya dengan sebaik mungkin dan bermanfaat. Modal
dari awal hanya dari pihak keluarga yang bertanggung jawab atas berdirinya
lembaga paud ini, dulu sebelum paud bertempat di rumahnya sendiri beliau
menyewa ruko di dekat puskesmas jatingaleh untuk tempat pembelajaran paud
selama 2 tahun. Setelah masa menyewanya habis beliau dan sekeluarga
bermusyawarah mau dipindahkan kemana tempat pembelajarannya. Akhirnya di
putuskan bahwa tempat pembelajarannya akan dilangsungkan di rumahnya sendiri.
Dalam
lembaga paud ini di bina dengan keislaman yang kuat agar dapat membuat peserta
didik cerdas, berani, kreatif dan berakhlak mulia. PAUD Cerdas Ceria
berdiri pada tahun 2011 di ruko sementara yang semua modal awal dari
pendiri/penggagas program tersebut. Kemudian pidah dirumah Bp Sudarta pada
tahun 2013 hingga sekarang.
B.
Penentuan berdirinya lembaga PAUD Cerdas
Ceria.
a.
Letak TK dan PAUD Cerdas Ceria
Letak PAUD Cerdas Ceria terletak di Jalan Arjuna No 112 Kec. Bandungan Kabupaten Semarang
b.
Keadaan
TK, PAUD PAUD Cerdas Ceria
Keadannya sudah cukup baik sebagai wilayah
edukasi yang kondusif. Dengan bangunan gedung milik sendiri, terdiri atas tiga
ruang belajar untuk ruang kelas TK A, ruang kelas TK B dan ruang kelas KB/TPA,
ruang guru dan staff, ruang pembelajaran untuk kegiatan masyarakat seperti
kejar paket ataupun pelatihan keterampilan, toilet, serta halaman bangunan yang
cukup luas sebagai arena bermain dan berkreasi anak anak. Suasananya kondusif
dalam artian baik dan mendukung sebagai tempat belajar yang tenang dan aman.
C. Dukungan Lingkungan PAUD Cerdas Ceria
Dukungan lingkungan sekitar PAUD Cerdas
Ceria sudah cukup baik dapat mengkondisikan bahwa ada proses pembelajaran di
kampung halaman yang mereka tempati. Pertamanya juga cukup mengkhawatirkan atas
perilaku masyarakat sekitar dan akhirnya dapat memahami keadaan. Yang dilakukan
pihak keluarga sebelum proses pembelajaran pindah di rumah sendiri mereka
meminta izin kepada masyarakat sekitar bahwa akan ada proses pembelajaran di
sekitar rumah mereka dari berlangsungnya KBM sampai selesai dan akhirnya
masyarakat menyetujui proses pembelajaran tersebut dipindahkan di rumah Bp. Sutrisna.
D. Pengelompokkan Peserta Didik di PAUD Cerdas Ceria
Lembaga Islam Cerdas
Ceria terdiri dari 3 kelas, yaitu:
1. TPA untuk anak yang
berusia 1- 3 tahun
2. KB untuk anak yang
berusia 3-4 tahun
3. Kelas A untuk anak
yang berusia 4-5 tahun
4. Kelas B untuk anak
yang berusia 5-6 tahun
PAUD ini berbasis kereligiusan, karena melihat sopan santun anak-anak
sekarang kepada orang yang lebih tua yang mulai menurun. Selain PAUD setelah
berjalannya waktu juga mendirikan TPA dan RA. Dalam proses pembelajaran PAUD
ini menggunakan kurikulum Permendiknas No.23 tentang PAUD.
E. Kegiatan Proses Pembelajaran
Program Pembelajaran yang dilaksanakan di PAUD Cerdas
Ceria adalah :
1. Pendidikan Akhlaq
2. Pendidikan Akademis
dan Bahasa
3. Pendidikan Jasmani
4. Kreatifitas dan Sains
5. Drum band, Tari,
gambar dan class cooking
6. Outing Class
Proses pembelajaran
untuk anak berusia 3-4 tahun hanya masuk mengikuti proses pembelajaran setiap
hari senin sampai kamis. Dan untuk anak berusia 4-6 tahun mengikuti proses
pembelajaran dari hari sanin sampai sabtu. Berikut jadwal-jadwal pembelajaran PAUD Cerdas Ceria.
JADWAL PEMBELAJARAN
TK dan PAUD CERDAS
CERIA
HARI
|
KELOMPOK A
|
KELOMPOK B
|
KB
|
SENIN
|
PERSIAPAN
|
BALOK
|
SENI
|
SELASA
|
SENI dan BAC
|
PERSIAPAN
|
PERSIAPAN
|
RABU
|
BAHASA
|
BAHASA
|
BAC
|
KAMIS
|
BALOK
|
SENI dan BAC
|
IMTAQ
|
JUMAT
|
IMTAQ
|
IMTAQ
|
|
SABTU
|
FUN DAY
|
FUN DAY
|
JADWAL HARIAN
TK dan PAUD CERDAS
CERIA
WAKTU
|
KEGIATAN
|
ISI KEGIATAN
|
07.00 – 07.30
|
Sapa Pagi
Ngaji Yuk
|
Menjemput dan
Menyapa Anak
IQRO’
|
07.30 – 08.00
|
Ayo Berbaris
|
Fisik Motorik
Lagu
Ikrar
|
08.00 – 08.30
|
Kegiatan Pembuka
|
Doa
Asmaul husna
Tadarus
Absen
Cerita
Membuka kalender.
|
08.30 – 09.30
|
Kegiatan Inti
|
Penjelasan Tema
Aturan Main
Belajar seraya
bermain disentra
|
09.30 – 10.00
|
Istirahat
|
Makan Bersama
|
10.00 – 10.30
|
Kegiatan Penutup
|
Pesan Guru
Lagu
Hafalan doa dan
hadits
Doa pulang
|
PROGRAM KEGIATAN
TAHUN 2015 / 2016
NO
|
KEGIATAN
|
PELAKSANAAN
|
SEMESTER I
|
||
1
|
PERAYAAN HARI KEMERDEKAAN
|
15 Agustus 2016
|
2
|
MANASIK HAJI
|
01 September 2016
|
3
|
PERAYAAN IDUL ADHA (PAWAI)
|
09 September 2016
|
4
|
PENYEMBELIHAN HEWAN QURBAN
|
12 September 2016
|
5
|
PERAYAAN TAHUN BARU HIJRIYYAH (PAWAI)
|
01 Oktober 2016
|
6
|
OUTING CLASS KE GOA KREO
|
21 November 2016
|
SEMESTER II
|
||
7
|
GOSOK GIGI WITH FORMULA
|
11 Februari 2017
|
8
|
OUTING CLASS KE PERWIL
|
19 Maret 2017
|
9
|
LOMBA HARI PENDIDIKAN
|
2 Mei 2017
|
10
|
REKREASI AKHIR TAHUN
|
28 Mei 2017
|
Berdasarkan
pengamatan saya, strategi pembelajaran yang digunakan para guru di PAUD Cerdas Ceria adalah strategi demonstrasi, strategi
bernyanyi, strategi ceramah, dan strategi penugasan.
F.
Kurikulum PAUD Cerdas Ceria
Kurikulum yang digunakan PAUD Cerdas
Ceria adalah;
1. Kurikulum Tahun 2004
sesuai dengan standar dinas dan Permendiknas No.58 yang berisi;
1. Pengembangan Nilai
Agama dan Moral
2. Pengembangan
Sosial-emosional dan Kemandirian
3. Pengembangan Kognitif,
Bahasa dan Seni.
2. Kurikulum Khas Taman
Firdaus
1. Qur’an dan Hadits
2. BTQ dan Qiroati
3. Bimbingan Akhlaqul
Karimah.
SILABUS KURIKULUM KHUSUS
Kelompok A Semester I
Hafalan Al-Qur’an
|
Hafalan Hadits
|
Hafalan Do’a
|
Kalimat Thayyibah
|
Al-Fatihah
An-Naas
Al-Falaq
Al-Ikhlas
Al-Lahab
Al-Asr
|
Tentang senyum
Jangan marah
Menuntut ilmu
Menutup aurat
Kasih sayang
|
Sebelum makan
Sesudah makan
Sebelum tidur
Bangun tidur
Untuk Orangtua
|
Basmalah
Hamdalah
Salam
Takbir
Tasbih
|
Kelompok A Semester II
Hafalan Al-Qur’an
|
Hafalan Hadits
|
Hafalan Do’a
|
Kalimat Thayyibah
|
An Nashr
Al Kautsar
Al Quraisy
Al Maun
|
Menyebar salam
Tentang surga
Kebersihan
Tentang sholat
Persaudaraan
|
Kebaikan dunia-akhirat
Masuk rumah
Keluar rumah
Masuk dalam WC
Keluar dari WC
|
Tahmid
Istighfar
Istisna’
|
Kelompok B Semester I
Hafalan Al-Qur’an
|
Hafalan Hadits
|
Hafalan Do’a
|
Kalimat Thayyibah
|
Al Kafirun
Al Fiil
Al Humazah
At Takasur
|
Berbuat baik
Jangan makan sama berdiri
Mencuci tangan
Menggosok gigi
Niat
|
Naik kendaraan
Berpakaian
Bercermin
Masuk masjid
Keluar masjid
|
Basmallah
Hamdalah
Salam
Takbir
Tasbih
|
Kelompok B Semester II
Hafalan Al-Qur’an
|
Hafalan Hadits
|
Hafalan Do’a
|
Kalimat Thayyibah
|
Al Qodr
Al Qoriah
At-tiin
Al Insyiroh
|
Adab berkendaraan
Ilmu menuju surga
Jangan berdusta
Keutamaan belajar Al-Qur’an
|
Sesudah berwudlu
Selesai adzan
Menjenguk orang sakit
Mendengar petir
Penutup majlis
|
Tahmid
Istighfar
Istisna’
|
G. Pengelolaan Administrasi
Dalam proses administrasi pada awalnya
secara suka relawan dari orang tua murid. Namun dengan memberikan pengertian,
saling terbuka antara pihak pengelola dengan orang tua murid dan kesadaran dari
orang tua murid dulunya membayarnya suka relawan maka sekarang sudah
ditentukan.
Untuk pengelolaan administrasi masih
dipegang langsung oleh kepala sekolah yang merupakan pendiri dari PAUD Cerdas
Ceria setiap sebulan sekali paling lambat tanggal 10. Juga diadakan membayar infaq, shodaqoh dan
menabung. Selain dana dari orang tua murid untuk menambah penghasilan untuk
uang kesejahteraan guru yang mengajar pengelola juga membuka koperasi sekolah.
H. Kegiatan Operasional TK dan PAUD Cerdas Ceria
1. Kegiatan Siswa
Berdasarkan
hasil observasi saya, untuk siswa TK masuk pada jam 07.00 WIB, siswa PAUD dan
KB/TPA masuk pada pukul 07.30 WIB. Anak-anak datang sebelum jam masuk
dengan diantar oleh keluarganya. Anak mengikuti kegiatan pembelajaran seperti yang sudah diuraikan di bawah ini. Sedangkan pada jam
istirahat, anak-anak bermain di luar dengan alat permainan outdoor. Anak-anak pulang pada pukul 10.30 sedang khusus KB/TPA akan di
tunggu sampai pukul 14.00 WIB setiap harinya.
2. Kegiatan Guru
Jumlah
guru yang mengajar ada 4 orang, dengan masing masing kelas satu guru. Guru membersihkan dan menata ruang
kelas kemudian baru memulai pembelajaran. Ketika pembelajaran selesai, guru
merapikan alat-alat yang digunakan dan membersihkan ruang kelas kemudian
berdiskusi dengan guru lainnya di ruangan kantor baru kemudian pulang. Berikut
adalah jadwal guru yang sudah ditetapkan;
JADWAL KEGIATAN GURU
HARI
|
KEGIATAN
|
SENIN
|
PERSIAPAN PEMBELAJARAN
|
SELASA
|
SENI (MENYANYI, MENARI)
|
RABU
|
TADARUS
|
KAMIS
|
KKG SEKOLAH/ GUGUS
|
JUMAT
|
JUMAT BERSIH
|
SABTU
|
INSIDENTAL
|
3.
Kegiatan Orang Tua /
Pendamping
Siswa datang
dengan diantar orang tua mereka, karena demi keselamatan anak-anak mereka.
Setelah anak-anak diantar orangtua atau pendamping langsung pulang, karena
tidak diperbolehkan anak sedang belajar ditunggu sampai pembelajaran selesai,
gunannya untuk melatih anak-anak berani dan menunmbuhkan rasa percaya diri pada
dirinnya. Setelah jam KBM selesai baru orangtua kembali ke sekolah untuk
menjemput anak-anak, apabila ada yang belum dijemput anak tersebut tetap
disekolah menunggu sampai jemputan datang.
I.
Penyiapan Perabot Alat Peraga Edukatif
Dalam lembaga PAUD Cerdas Ceria terdapat
alat-alat permainan indoor dan outdoor yang digunakan untuk bermain peserta
didik.
1. Alat Permaninan
Indoor;
1. Gambar presiden dan
wakil presiden
2. Gambar pancasila
3. Poster bergambar 4
sehat 5 sempurna
4. Poster bergambar
sholat 5 waktu
5. Poster bergambar huruf
hijaiyah
6. Poster bergambar tata
cara wudhu
7. Poster bergambar nama
hari-hari
8. Poster bergambar angka
9. Poster bergambar rukun
islam
10. Almari untuk tempat buku gambar siswa dan buku tulis
11. Tempat duduk dan meja siswa
12. Tempat untuk meletakkan pensil berwarna dan krayon
13. Mading untuk menempelkan hasil karya siswa
14. Funny blocks (alat permainan bongkar pasang) dengan
berbagai bentuk, ukuran dan warna yang berbeda.
15. Alat mencocok
16. Berbagai jenis puzzle (puzzle susun segitiga, puzzle
susun lingkaran, puzzle binatang, puzzle gambar buah)
17. Balok susun
18. Dan lain-lain
II. Alat Permainan
Outdoor.
1. Ayunan (ayunan gantung
dan ayunan geser)
2. Prosotan
3. Jungkat-jungkit
4. Jembatan pelangi
5. Bola dunia
6. Kuda-kudaan dari kayu
7. Dan lain-lain
J.
Pendaftaran Calon Peserta Didik
Calon peserta didik mendaftar sesuai dengan bulan yang sudah ditentunkan di
akhir semester genap biasannya dilakukan sebelum tahun ajaran baru. Syarat
pendaftaran yang ada pada PAUD Cerdas Ceria sebagai berikut;
1. Membayar uang
pendaftaran
2. Mengisi formulir
pendaftaran
3. Mengumpulkan foto copy
akte kelahiran
4. Berusia minimal 2
tahun untuk Kelompok Bermain
5. Berusia minimal 4
tahun untuk Kelompok A
6. Berusia minimal 5
tahun untuk Kelompok B
BAB III
KESIMPULAN
DAN SARAN
A. KESIMPULAN
Dari
observasi ini, dapat diambil kesimpulan bahwa:
1. Lembaga
PAUD/KB/TPA/TK didirikan dan di kelola oleh suatu Yayasan Bina Insan Kamil.
2. Guru –
guru yang mengajar di PAUD/KB/TPA/TK sudah mempunyai pendidikan yang sesuai
untuk jadi guru.
3. Anak –
anak di TK sudah lebih besar sekitar umur 4-6 tahun.
4. Anak –
anak di PAUD/KB/TPA sekitar umur 3-4 tahun.
5. Fasilitas
dan sarana prasarana di PAUD/KB/TPA/TK sudah lengkap.
6. Proses
pembelajaran di PAUD/KB/TPA/TK sudah teratur dan disiplin.
7. Kurikulum
yang sudah dibuat di PAUD/KB/TPA/TK sangat baik dan membuat peserta didik lebih
cerdas dalam belajar.
B.
SARAN
Dari analisis observasi, saya mempunyai
saran untuk Yayasan PAUD/KB/TPA/TK Cerdas Ceria. Mudah- mudahan saran ini dapat
bermanfaat bagi kelangsungan belajar mengajar di Cerdas Ceria:
Saran dari penulis
antara lain:
1. Sebaiknya
TK lebih menciptakan lingkungan yang kondusif sehingga murid- murid nyaman dan
senang dalam belajar.
2. Adanya
hubungan baik antara guru dan wali murid.
3. Lebih
bisa disiplin waktu dan bisa mengatur waktu yang efektif sehingga pembelajaran
berjalan baik.
4. Pengelolaan
yang baik perlu di tingkatkan agar tetap terjaga kualitas dan kuantitasnya.
5. Lebih
melengkapi fasilitas dan sarana prasarana pembelajaran sehingga bisa
memperlancar proses pembelajaran.
BAB IV
PENUTUP
Dengan
mengucapkan syukur alhamdulillah, akhirnya laporan hasil observasi di dapat di
Yayasan PAUD/KB/TPA/TK Cerdas Ceria dapat terselesaikan dengan
lancar. Laporan hasil observasi ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan
pengalaman yang nantinya akan saya butuhkan dalam mempersiapkan diri menjadi
seorang pengajar yang sudah mempunyai pengetahuan tentang Pendidikan Anak Usia
Dini. Sebagai penutup dari laporan ini, saya ingin mengucapkan terima kasih
kepada pihak- pihak yang membantu dalam penyelesaian laporan ini.
Saya
menyadari bahwa dalam penyusunan laporan observasi ini masih terdapat banyak
kesalahan dan kekurangan. Oleh karena itu, saya minta maaf dan saya mengharapkan
saran serta kritik yang membangun. Demikian hasil observasi yang saya buat, semoga laporan hasil
observasi ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.