Contoh laporan PROGRAM KERJA PAUD


PROGRAM KERJA
KEPALA PAUD DARUSSALAM
TAHUN 2016


DUSUN KALIBENDO DESA CANDI
KECAMATAN BANDUNGAN KABUPATEN SEMARANG









PEMBAGIAN TUGAS DAN URAIAN TUGAS
PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN  PAUD DARUSSALAM
TAHUN 2016


DUSUN KALIBENDO DESA CANDI
KECAMATAN BANDUNGAN KABUPATEN SEMARANG








KATA PENGANTAR
            Puji  syukur Alhamdulillah kami ucapkan kepada Allah SWT, karena limpahan rahmat, hidayah dan taufik Nya kami dapat menyelesaikan tugas awal sebagai kumpulan pelaskanaan kegiatan pendidikan, khususnya di PAUD Darus Salam  Dusun Kalibendo, Desa Candi Kec. Bandungan Kab Semarang.
            Sebagai salah satu tanggung jawab pengelola PAUD Darus Salam  Dusun Kalibendo, Desa Candi Kec. Bandungan Kab. Semarang dituntut untuk dapat mengembangkan pola manajemen pengelolaan yang bermuara pada peningkatan semua komponen yang terlibat didalamnya, baik dari segi manajemen personali maupun sarana prasarana.
            Dalam rangka memperlancar serta mewujudkan ketercapaian peningkatan mutu pendidikan di PAUD Darus Salam, perlu disusun program kerja tahunan yang merupakan pijakan bagi kepala PAUD Darus Salam yang bagiannya sesuai dengan bidangnya masing-masing, untuk itu semoga bisa bekerja sama antara satu dengan yang lainnya, untuk itu bersama ini kami suguhkan program kerja tahunan tahun ajaran 2016/2017, semoga dapat digunakan sebagai dasar pelaksanaan kegiatan pendidikan di PAUD Darus Salam  Dusun Kalibendo, Desa Candi Kec. Bandungan Kab. Semarang.
            Kami sadar bahwa dalam penyusunan program kerja ini masih banyak kekurangan dan kesalahan, kami mohon maaf yang sebanyak-banyaknya dan kami berharap khususnya kepada Kepala Pendidikan di Kecamatan atau Kepala Dinas Pendidikan di kabupaten dapat memberikan bimbingan dan saran untuk perbaikan selanjutnya.
                                                                                                Kalibendo,
                                                                                                Kepala PAUD Darus Salam


                                                                                                Hj. Rusmirah, S.Pd




DAFTAR  ISI
Halaman Judul.......................................................................................................... i
Kata Pengantar........................................................................................................ iii
Daftar Isi................................................................................................................. iv
BAB I PENDAHULUAN..................................................................................... 1
A.    Latar Belakang............................................................................................. 1
B.     Dasar............................................................................................................ 1
C.     Tujuan.......................................................................................................... 2
BAB  II Kondisi Objektif PAUD Darussalam Kalibendo.................................. 4
A.    Visi dan Misi................................................................................................ 4
B.     Program dan Peningkatan Mutu ................................................................. 5
C.     Kurikulum.................................................................................................... 7
D.    Sarana dan Prasarana................................................................................. 13
E.     Pengurus dan komite.................................................................................. 16
F.      Ekstrakurikuler........................................................................................... 17
BAB  III Permasalahan dan alternatif pemecahan........................................... 21
BAB  IV Program Pengembangan PAUD Darussalam................................... 21
A.    Prioritas Pengembangan ............................................................................ 21
B.     Hasil Evaluasi Program Kerja Tahunan PAUD Darussalam...................... 21
C.     Rincian Kegiatan Tahunan......................................................................... 21
BAB  V Penutup.................................................................................................. 21
A.    Kesimpulan................................................................................................ 13
B.     Saran.......................................................................................................... 16









BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
      Undang-undang RI No 22 Tahun 1999 tentang sistem pendidikan nasional bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi luhur  memiliki pengetahuan dan keterampilan sehat jasmani dan rohani, berkepribadian mantap dan mandiri serta mempunyai rsa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
      Untuk itu diperlukan tindakan nyata dan pelaksanaan untuk melaksanakan tugas dalam dunia pendidikan, Kepala PAUD Darus Salam  Dusun Kalibendo, Desa Candi Kec. Bandungan Kab. Semarang tanggal pelaksanaan pendidikan di PAUD Darus Salam  Dusun Kalibendo, Desa Candi Kec. Bandungan Kab. Semarang mempunyai tanggungjawab yang komplek, karena kepala PAUD berfungsi ganda baik sebagai pelaksana dan pengelola masalah-masalah pendidikan dengan baik
      Dengan pemikiran kepala PAUD sangat berperan dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, agar proses belajar dapat berjalan dengan baik dan lancar. Disamping itu pendidik dan karyawan sebagai partner kerja dan bisa bekerja sama dengan baik dan mempunyai peranan yang sangat menentukan dalam pelaksanaan tugas kesehariannya sesuai dengan bidang masing-masing, untuk itu perlu diperlukan pemikiran yang terprogram, terarah, dan terus menerus dalam pelaksanaan tugasnya dengan penuh tanggungjawab, sehingga bila ada penyimpangan sekecil apapun dapat diketahui sendiri-sendiri dan diupayakan untuk perbaiki sendiri atau diluruskan sendiri di lingkungan kita masing-masing.
      Kita harus sadar bahwa semua pendidikan dan pengawasan di PAUD Darussalam ini harus dapat menciptakan sesuasana yang menyenangkan di sekolah, sehingga pelaksanaan proses belajar mengajar berjalan dengan baik, tertib, teratur dan lancar sesuai aturan yang telah ditentukan oleh pemerintah atau sekolah.
      Untuk itu perlu disusun program kerja yang sesuai dengan aturan yang ditentukan yang mempunyai petunjuk dan bantuan dalam pengelolaan PAUD Darussalam serta sebagian data pendukung dengan tujuan untuk meningkatkan pendidikan di PAUD Darussalam  ini dengan sebaik-baiknya

B.     DASAR
1.      Undang-undang Dasar 1945
2.      Ketetapan MPR RI No 11 / MPR/ 1989 tentang garis besar haluan negara
3.      UU RI No 22 Tahun 1999 tentang sistem pendidikan nasional
4.      Permendiknas No 58 Tahun 2009 tentang PAUD
5.      UU No 20 Tahun 2003
6.      Kurikulum KTSP PAUD Darussalam Kalibendo tahun pelajaran

C.    TUJUAN
            Program kerja PAUD Darussalam Dusun Kalibendo, Desa Candi Kec. Bandungan Kab. Semarang, ini disusun dengan tujuan untuk :
1.      Memberi arahan dan motifasi kerja semua personal di PAUD Darussalam
2.      Menunjang pelaksanaan Kurikulum KTSP tahun 2016, untuk mencapai tujuan pendidikan di PAUD Darussalam dalam menunjang tujuan pendidikan nasional.
3.      Sebagai tolak ukur keberhasilan/ ketidak berhasilan dalam mengelola PAUD Darussalam selama satu tahun pelajaran.
4.      Mengetahui permasalahan yang timbul / sering timbul di PAUD Darussalam dan dapat menjadikan hambatan, tantangan, ancaman dan gangguan untuk keberhasilan dan kesuksesan serta pengembangan PAUD Darussalam.






                                                   





BAB II
KONDISI OBJEKTIF
Paud Darussalam Dusun Kalibendo Desa Candi
Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang Tahun 2016-2017

A.    VISI DAN MISI SEKOLAH
      Perkembangan teknologi dan informasi serta perubahan menuntut lingkungan sekolah untuk selalu merespon, mengawal serta memacu untuk peduli, demi menjaga nilai-nilai luhur bangsa dan agama, memiliki citra moral yang baik, peduli terhadap peradapan, menciptakan lingkungan yang ungul dan berprestasi, serta menjunjung tinggi nilai-nilai agama adalah cita-cita yang agung dan mulia, serta menjadi profil sekolah PAUD Darussalam Dusun Kalibendo, Desa Candi Kec. Bandungan Kab. Semarang dimasa yang akan datang sehingga dasar ini dapat diwujudkan. Dan visi PAUD Darussalam sebagai berikut :
·  Mewujudkan peserta didik yang beriman, cerdas, terampil, dan berakhlakul karimah

        i.            Indikator Visi
Membangun generasi yang cerdas, terampil, tangguh, cinta tanah air, beriman dan berakhlaqul karimah.
Visi tersebut diatas mencerminkan cita-cita PAUD Darussalam Dusun Kalibendo, Desa Candi Kec. Bandungan Kab. Semarang yang berorientasi kedepan dengan memperhatikan potensi yang baik, sesuai dengan norma dan nilai agama dan menajdikan harapan masyarakat di masa depan atau dimasa yang akan datang.

      ii.            VISI
Perkembangan teknologi dan informasi
    iii.            MISI
Perkembangan teknologi dan informasi
    iv.            TUJUAN
Perkembangan teknologi dan informasi
      v.            TUJUAN PENDIDIKAN DI PAUD DARUSSALAM
            Secara umum tujuan pendidikan di PAUD Darussalam adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlaq mulia, ketrampilan, pembiasaan untuk hidup mandiri sesuai dengan ajaran agama dan aturan pemerintah. Yang mestinya peserta didik akan mengikuti jenjang pendidikan dasar di TK/ RA, selanjutnya sehingga dengan dasar ini PAUD Darussalam Dusun Kalibendo, Desa Candi Kec. Bandungan Kab. Semarang mempunyai tujuan sebagai berikut :
a.       Membiasakan melakukan kegiatan ibadah secara sederhana
b.      Membiasakan berperilaku baik, sopan, dan berakhlak mulia
c.       Mengembangkan potensi minat dan bakat peserta didik melalui kegiatan, ekstrakurikuler dan bimbingan
d.      Meningkatkan prestasi peserat didik dengan meraih kemenangan dalam mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh pemerintah dan pihak lainnya.

B.     PROGRAM PENINGKATAN MUTU
1.      Program Jangka Pendek
a.       Meningkatnya jumlah anak yang mempu menguasai semua bidang pengembangan.
b.      Meningkatnya jumlah anak yang meraih kejuaraan
c.       Meningkatnya prestasi anak dalam semua kegiatan
d.      Tumbuhnya sikap perilaku budi pekerti yang baik dan berakhlak mulia melalui pembiasaan.
e.       Adanya penampilan anak didik di masyarakat (berupa asmaul husna, iqro’, do’a harian, tari, drumb band, dan lain-lain)
2.      Program Jangka Menengah
a.       Meningkatnya jumlah anak yang memperoleh peningkatan di sekolah lanjutan.
b.      Meningkatnya jumlah anak yang dapat prestasi dan kejuaraan
c.       Terbentuknya sikap perilaku sopan santun, ramah dan berakhlak mulia.
d.      Meningkatnya kemampuan menguasai kosa kata bahasa Jawa – Indonesia dan lain-lain.
e.       Memiliki ruang kelas yang layak
f.       Menambah perlengkapan peralatan luar dan dalam
g.      Menambah perlengkapan peralatan kegiatan ekstrakurikuler,
3.      Program Jangka Panjang
a.       Meningkatnya jumlah anak didik 5-20%.
b.      Meningkatnya sumber daya pendidik dan karyawan dalam bidang pengetahuan dan ketrampilan yang dikuasai dan dimiliki, berijazah SI
c.       Meningkatnya sarana prasarana sekolah yang memadai
d.      Menjadikan PAUD Darussalam Dusun Kalibendo, Desa Candi Kec. Bandungan Kab. Semarang  menjadi idola bagi masyarakat luas
e.       Memiliki ruang kelas yang layak
f.       Memiliki pagar bumi sekolah yang aman dan nyaman
g.      Memiliki pendidik yang layak

C.    KURIKULUM
1.      Tujuan Pendidikan
a.       Tujuan Pendidikan Nasional.
·  Pendidikan Nasional bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya. Yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuahn yang Maha Esa dan berbudi pakerti luhur (berakhlaq mulia), memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, berkepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan (Pasal 4 Undang-undang No 2 Tahun 1989).
·  Tujuan pendidikan di PAUD Darussalam Dusun Kalibendo, Desa Candi Kec. Bandungan Kab. Semarang suatu upaya pembinaan yang ditujukan anak sejak lahir sampai dengan usia 5 tahun yang dilakukan melalui pemberian langsungan pendidikan untuk membentuk pertumbuhan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memeliki kesiapan dalam memasuki pendidikan yang lebih lanjut.

2.      Program Pengembangan
a.       Program Pengembangan Umum
·  Karakteristik Bangsa / Nasionalisme
·  Kewirausahaan
·  Nilai-nilai moral dan agama
·  Fisik motorik
·  Kognitif
·  Bahasa
·  Sosial Emosional

b.      Program Pengajaran Muatan Lokal
·  Bahasa Jawa
·  Pengenalan Bahasa Inggris
·  Pengenalan Bahasa Arab

c.       Program Pengajaran Khusus
·  Iqro’
·  Praktek Ibadah sederhana
·  Pengajian

3.      Penilaian
a.       Materi Penilaian
Penilaian proses dan hasil belajar dilaksanakan setiap hari secara berkesinambungan
·  Niali harian sesuai dengan jenis penilaian
·  Rekap nilai tiap semester I dan II sudah dikelompokkan menurut tiap pengembangan
·  Nilai

4.      Kriteria Kenaikan Kelas
Peserta didik dinyatakan naik kelas berikutnya apabila sudah mencapai usia 3-4 tahun.

5.      Kriteria Tamat Belajar
Peserta didik dinyatakan tamat belajar di PAUD Darussalam Dusun Kalibendo, Desa Candi Kec. Bandungan Kab. Semarang bila sudah mencapai usia 5 tahun.

D.    SARANA DAN PRASARANA
1.      Tujuan Pendidikan
1
Identitas PAUD
a
Nama Sekolah
PAUD Darussalam
b
Alamat Sekolah
Kalibendo Desa Candi

Kecamatan
Bandungan

Kabupaten
Semarang
c
Nama Dan Alamat
Kalibendo, Candi, Bandungan

NSS


Status Administrasi


Tahun Didirikan
2006

Tahun Beroperasi
2006

Status Tanah
Milik sendiri

Surat Kepemilikan Tanah


Luas Tanah


Status Bangunan
Milik sendiri

Luas Bangunan

2
Data Ruang


Ruang Kelas
2 ruang

Ruang Kantor
1 ruang

Ruang Bermain
1 ruang

Toilet Siswa
1 ruang

Toilet Pendidik/ Pegawai
1 ruang
3
Data pendidik dan pegawai


Jumlah pegawai keseluruhan
5 orang

Kepala sekolah
1 orang

Pendidik
3 orang

Pendamping pendidik
1 orang

Pegawai kebersihan
Semua pegawai yang ada

Data siswa tahun 2016\ 2017


Data siswa Tahun 2016/ 2017

Kelompok
L
P
Jumlah
Keterangan
1




2





E
Pengurus dan komite

1
Susuna pengurus Paud Darusalam

Pelindung
Kepala Desa Candi Bapak Sudarwanto

Penasehat ketua
Bp. Munaji

Wakil ketua
1. Sudarman
2. H. Sunardi

Seketaris
1. Anggraeni, S. Pd
2. Asiah, S. Pd

Bendahara
1. Rusmirah, S. Ag
2. Mudrikah

Seksi Agama
Zaeni, S.Pd


Yuhdi

Seksi Pendidikan
Yanto, S.Pd


Nurodin, S.Pd


Nurrahman, S.Pd

Seksi Pembangunan
Nur Aziz


Ghozali



2
Susunan komite sekolah Paud  Darusalam

A. Ketua
Bp. Asmuni, S. Pd

B. Wakil
Bp. Nur Badli, S. Pd

C. Seketaris
1. Ibu Muntoharoh
2. Pardi, S. Pd

D. Bendahara
Hadi Maskuri
Hawiah

E. Anggota
Sriyato
Yahya


F


Jadwal hari masuk anak

No
Hari/ Jam
Kegiatan
Keterangan

1
Senin


08.00 - 08.30
Pembukaan
Anak seragam kotak biru


08.30 - 09.30
Inti


09.30 - 09.45
Istirahat


09.45 - 10.00
Penutup

2
Selasa


08.00 - 08.30
Pembukaan
Anak seragam kotak biru


08.30 - 09.30
Inti


09.30 - 09.45
Istirahat


09.45 - 10.00
Penutup

3
Rabu


08.00 - 08.30
Pembukaan
Anak seragam batik oren


08.30 - 09.30
Inti


09.30 - 09.45
Istirahat


09.45 - 10.00
Penutup

4
Kamis


08.00 - 08.30
Pembukaan
Anak seragam batik oren


08.30 - 09.30
Inti


09.30 - 09.45
Istirahat


09.45 - 10.00
Penutup

5
Jum’at


08.00 - 08.30
Pembukaan
Anak seragam olah raga merah


08.30 - 09.30
Inti


09.30 - 09.45
Istirahat


09.45 - 10.00
Penutup

6
Sabtu


08.00 - 08.30
Pembukaan
Anak seragam olah raga merah


08.30 - 09.30
Inti


09.30 - 09.45
Istirahat


09.45 - 10.00
Penutup



Jadwal harian masuk pendidik

No
Hari jam datang
Jam pendidik pulang
kegiatan
seragam

1
Senin





07.30 - 08.00





08.00 -10.00





10.00 -11.00





11.00-12.00




2
Selasa


07.30 - 08.00
12.00

Persiapan kbm kebersian \ ekstra



08.00 -10.00




10.00 -11.00




11.00-12.00



3
Rabu


07.30 - 08.00
12.00

Persiapan kbm kebersian administrasi
Batik


08.00 -10.00




10.00 -11.00




11.00-12.00



4
Kamis


07.30 - 08.00
12.00

Persiapan kbm kebersian \ ekstra



08.00 -10.00




10.00 -11.00




11.00-12.00



5
Jum’at
12.00





07.30 - 08.00






08.00 -10.00





6
Sabtu






07.30 - 08.00






08.00 -10.00
12.00





10.00 -11.00






11.00-12.00




                    
JADWAL KEGIATAN EKSTRA
No
Jenis kegiatan
Hari/ Jam
Pembimbing
1
Drum band
Selasa 10.00 -11.00
Atik, S.Pd
Kholifah
2
Tari
Kamis 10.00 -11.00
Kholifah
Atik
3
Rebana
Sabtu 10.00 -11.00
Solekah
Dayah

DATA PRESTASI PESERTA DIDIKMULAI TAHUN
No
Jenis lomba
Tingkat kejuaraan
Prestasi
juara
Tahun

Data sekolahan






     


         Penerimaan Bantuan
No
Jenis Lomba
Tingkat Kejuaraan
Prestasi
Juara
Tahun
1
APBD
BOP         





2 Orang



















BAB III
PERMASALAHAN DAN ALTERNATIF  PEMECAHAN
Pokok Masalah
Permasalahan
Alternatif Pemecahan
Faktor Pendukung
Faktor Penghambat

Bidang Pengajaran
Belum Semua Pendidik Memahami Pembuatan Perangkat pembelajaran  
Pembinaan Dari Atasan
Tersediannya Contoh Penyusunan
Motifasi

Kesiswaan
Belajar Siswa Masih Kurang


Kondisi Lingkungan Kahanan
Pembinaan
Keuangan
Kurangnya Alat – Alat Kantor

Penggunaan Alat

Manfaat
Sarana Dan Prasarana


Sangat Penting
Terbatasnya Dana
Baik

Kurangnya Kesadaran Masyarakat

Adanya Keringanan Biaya Bagi Siswa Kurang Mampu.
Kesadaran
Mengundang Masyarakat Dalam Acara Santunan Anak Yatim

1.      Menyelenggarakan kemampuan perkembangan anak .
2.      Menyelenggarakan kenaikan kelas
3.      Menyelenggarakan persiapan tamatan
4.      Menyelenggarakan rapat tahun tentang STTB.
5.      Mengisi rapat perulasan STTB
6.      Pembagian STTB
7.      Pembagian STTB
8.      Rapat alumni tahun
a.    Evaluasi akhir tahun
b.   Pembagian tugas tahun ajaran baru
c.    Penyusunan program RAPBS yang akan datang
d.   Melakukan perbaikan pendidikan dan
e.    Melakukan perbaikan fisik sekolah
11.  Kegiatan PMB
a.       Pembentukan panitia PMB
b.      Menyiapkan formulir brosur
c.       Pendataan murid baru
d.      Pengumuman PMB
e.       Persiapan murid baru
F.  Kegiatan Awal Tahun
a.       Menyusun kegiatan awal 1 tahun
b.      Merencanakan kebutuhan
c.       Menyusun Program KBM, Jadwal, Kaldik
d.      Menyusun kebutuhan buku pedoman  pendidik  dan buku anak didik
e.       Menyusun kelengkapan alat dan bahan untuk anak didik
f.       Mengadakan rapat pendidik 
g.      Mengadakan rapat wali murid
G. Evaluasi
a.       Rapat Evaluasi Bulanan
b.      Rapat Evaluasi KBM
c.       Rapat Evaluasi  Kurikulum
d.      Rapat Evaluasi Tema Semester Dan Akhir Tahun
e.       Rapat Evaluasi Tahunan
f.       Pembuatan Laporan Akhir Tahun

Kegiatan Paud Darusalam
A. Kegiatan
a.       Memeriksa daftar hadir anak didik pendidik
b.      Memeriksa
c.       Menyelesaikan surat menyurat
d.      Memeriksa administrasi anak didik mengatur keuangan 1 kantor
e.       Mengatasi hambatan KBM
f.       Membugani kasus anak didik
13. Kegiatan  Mingguan
a.       Melaksanakan upacara bendera
b.      Memeriksa agenda
c.       Memeriksa keuangan sekolah
d.      Menyediakan perlengkapan kantor / KBM
e.       Memeriksa administrasi  kelas

C. Kegiatan Bulanan
1.
2.
a.       Memeriksa / menandatangani keuangan sekolah
b.      Menandatangani daftar hadir
c.       Memeriksa martikulasi absen anak didik dan pendidik
d.      Memeriksa hasil evaluasi anak didik
e.       Memeriksa daya serap siswa
f.       Memeriksa program kbm
g.      Memeriksa program perbaikan
h.      Memeriksa  catatan kejadian anak didik
d. Kegiatan semester
a.       Menyelenggarakan sarana dan prasarana
b.      Pengisian buku induk
c.       Menyiapkan pemilahan  semesteran
d.      Mengisi raport
e.       Pembagian raport
f.       Penyalur bagian melaksanakan
g.      Program kegiatan
e. Kegiatan alumi tahun
a.       Menyelengarakan alisusanah
b.      Mampu berkomunikasi kepada pengurus dengan baik
c.       Mampu berkomunikasi kepada wali murid dengan baik
d.      Mampu berkomunikasi kepada masyarakat dengan baik
f. Sebagai inovasi
1. Memukakan gagasan
a.       Gagasan baru yang pro aktif
b.      Gagasan baru yang relevan
2. Melaksanakan pembaruan
a.       Pembaruan dibidang kbm
b.      Melaksanakan pengadaan tenaga kependidikan
c.       Melaksanakan kegiatan ekstra kulikuler
d.      Menggali sumber daya yang berkaitan dengan pendidikan
e.       Mampu berprestasi melalui kegiatan ekstra kulikuler
g. Sebagai motifator
a.       Mengatur lingkungan kerja
b.      Mengatur keuangan kelas
c.       Mengatur keuangan kantor
d.      Mengatur keuangan praktek
a.       Mengatur keuangan perpustakaan
b.      Mengatur halaman lingkungan sekolah yang sejuk, nyaman dan teratur
2. Mengatur suasana kerja
a.       Menciptakan hubungan kerja dengan baik kepada kepala dan pengurus
b.      Menciptakan hubungan kerja dengan baik kepada sesama teman
c.       Menciptakan hubungan kerja dengan baik kepada wali murid dan masyarakat
d.      Menciptakan rasa aman dilingkungan sekolahan
a. Prinsip
3. Menerapkan prinsip penghargaan
a.       Prinsip hukum menerapkan pengembangan motifasi bagi warga masyarakat
b.      Sebagai supervisi
1. Mengurus program supervisi
a.       Memiliki supervisi kelas(kbm)
b.      Memiliki supervisi kegiatan ekstra
2. Melaksanakan program supervisi pendidik an
a.       Melaksanakan supervisi  pendidikan kelas
b.      Melaksanakan supervisi dadakan
c.       Melaksanakan supervisi  kegiatan ekstra
3. Memanfaatkan hasil supervisi
a.       Memanfaatkan kerja guru
b.      Memanfaatkan pengembangan sekolah
f. Sebagai pemimpin memiliki pribadian yang kuat
a.       Jujur
b.      Percaya diri
c.       Bertanggung jawab
d.      Berani mengambil keputusan
e.       Berjiwa besar dapat mengendalikan emosi
f.       Sebagai panutan / pedoman
g.      Berakhlaq mulia
2. Memahami kondisi
a.       Pendidik
b.      Anak didik
c.       Berupaya memperbaiki pendidik
d.      Berupaya melaksanakan upacara hari senin dan hari besar islam dan lainnya
3. Memiliki visi dan misi
a.       Visi tentang sekolah
b.      Memahami visi misi
c.       Mampu melaksanakan target dengan baik
4. Mengambil keputusan
a.       Mengambil keputusan bersama sekolah 
b.      Mengambil keputusan ekstra sekolah
c.       Mengambil keputusan intera sekolah
5. Kemampuan berakumulasi
a.       Mampu berakumulasi secara lisan dengan baik kepada teman
b.      Mampu menuangkan gagasan dengan baik untuk pendidik