PROGRAM KERJA
KEPALA PAUD
DARUSSALAM
TAHUN 2016
DUSUN KALIBENDO
DESA CANDI
KECAMATAN
BANDUNGAN KABUPATEN SEMARANG
PEMBAGIAN TUGAS
DAN URAIAN TUGAS
PENDIDIK DAN
TENAGA KEPENDIDIKAN PAUD DARUSSALAM
TAHUN 2016
DUSUN KALIBENDO
DESA CANDI
KECAMATAN
BANDUNGAN KABUPATEN SEMARANG
KATA PENGANTAR
Puji syukur Alhamdulillah kami ucapkan kepada
Allah SWT, karena limpahan rahmat, hidayah dan taufik Nya kami dapat
menyelesaikan tugas awal sebagai kumpulan pelaskanaan kegiatan pendidikan,
khususnya di PAUD Darus Salam Dusun Kalibendo,
Desa Candi Kec. Bandungan Kab Semarang.
Sebagai
salah satu tanggung jawab pengelola PAUD Darus Salam Dusun Kalibendo, Desa Candi Kec. Bandungan
Kab. Semarang dituntut untuk dapat mengembangkan pola manajemen pengelolaan
yang bermuara pada peningkatan semua komponen yang terlibat didalamnya, baik
dari segi manajemen personali maupun sarana prasarana.
Dalam
rangka memperlancar serta mewujudkan ketercapaian peningkatan mutu pendidikan
di PAUD Darus Salam, perlu disusun program kerja tahunan yang merupakan pijakan
bagi kepala PAUD Darus Salam yang bagiannya sesuai dengan bidangnya
masing-masing, untuk itu semoga bisa bekerja sama antara satu dengan yang
lainnya, untuk itu bersama ini kami suguhkan program kerja tahunan tahun ajaran
2016/2017, semoga dapat digunakan sebagai dasar pelaksanaan kegiatan pendidikan
di PAUD Darus Salam Dusun Kalibendo,
Desa Candi Kec. Bandungan Kab. Semarang.
Kami
sadar bahwa dalam penyusunan program kerja ini masih banyak kekurangan dan
kesalahan, kami mohon maaf yang sebanyak-banyaknya dan kami berharap khususnya
kepada Kepala Pendidikan di Kecamatan atau Kepala Dinas Pendidikan di kabupaten
dapat memberikan bimbingan dan saran untuk perbaikan selanjutnya.
Kalibendo,
Kepala
PAUD Darus Salam
Hj. Rusmirah, S.Pd
DAFTAR ISI
Halaman
Judul.......................................................................................................... i
Kata
Pengantar........................................................................................................ iii
Daftar
Isi................................................................................................................. iv
BAB
I PENDAHULUAN..................................................................................... 1
A.
Latar Belakang............................................................................................. 1
B.
Dasar............................................................................................................ 1
C.
Tujuan.......................................................................................................... 2
BAB II Kondisi Objektif PAUD Darussalam Kalibendo.................................. 4
A.
Visi dan Misi................................................................................................ 4
B.
Program dan Peningkatan Mutu
................................................................. 5
C.
Kurikulum.................................................................................................... 7
D.
Sarana dan Prasarana................................................................................. 13
E.
Pengurus dan komite.................................................................................. 16
F.
Ekstrakurikuler........................................................................................... 17
BAB III Permasalahan
dan alternatif pemecahan........................................... 21
BAB IV Program
Pengembangan PAUD Darussalam................................... 21
A.
Prioritas Pengembangan ............................................................................ 21
B.
Hasil Evaluasi Program Kerja
Tahunan PAUD Darussalam...................... 21
C.
Rincian Kegiatan Tahunan......................................................................... 21
BAB V Penutup.................................................................................................. 21
A.
Kesimpulan................................................................................................ 13
B.
Saran.......................................................................................................... 16
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Undang-undang RI No 22 Tahun 1999 tentang
sistem pendidikan nasional bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan
mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu beriman dan bertaqwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa, berbudi luhur memiliki
pengetahuan dan keterampilan sehat jasmani dan rohani, berkepribadian mantap
dan mandiri serta mempunyai rsa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
Untuk itu diperlukan tindakan nyata dan
pelaksanaan untuk melaksanakan tugas dalam dunia pendidikan, Kepala PAUD Darus
Salam Dusun Kalibendo, Desa Candi Kec.
Bandungan Kab. Semarang tanggal pelaksanaan pendidikan di PAUD Darus Salam Dusun Kalibendo, Desa Candi Kec. Bandungan
Kab. Semarang mempunyai tanggungjawab yang komplek, karena kepala PAUD berfungsi
ganda baik sebagai pelaksana dan pengelola masalah-masalah pendidikan dengan
baik
Dengan pemikiran kepala PAUD sangat
berperan dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, agar proses belajar dapat
berjalan dengan baik dan lancar. Disamping itu pendidik dan karyawan sebagai
partner kerja dan bisa bekerja sama dengan baik dan mempunyai peranan yang
sangat menentukan dalam pelaksanaan tugas kesehariannya sesuai dengan bidang
masing-masing, untuk itu perlu diperlukan pemikiran yang terprogram, terarah,
dan terus menerus dalam pelaksanaan tugasnya dengan penuh tanggungjawab,
sehingga bila ada penyimpangan sekecil apapun dapat diketahui sendiri-sendiri
dan diupayakan untuk perbaiki sendiri atau diluruskan sendiri di lingkungan
kita masing-masing.
Kita harus sadar bahwa semua pendidikan
dan pengawasan di PAUD Darussalam ini harus dapat menciptakan sesuasana yang
menyenangkan di sekolah, sehingga pelaksanaan proses belajar mengajar berjalan
dengan baik, tertib, teratur dan lancar sesuai aturan yang telah ditentukan
oleh pemerintah atau sekolah.
Untuk itu perlu disusun program kerja yang
sesuai dengan aturan yang ditentukan yang mempunyai petunjuk dan bantuan dalam
pengelolaan PAUD Darussalam serta sebagian data pendukung dengan tujuan untuk
meningkatkan pendidikan di PAUD Darussalam
ini dengan sebaik-baiknya
B.
DASAR
1.
Undang-undang Dasar
1945
2.
Ketetapan MPR RI
No 11 / MPR/ 1989 tentang garis besar haluan negara
3.
UU RI No 22
Tahun 1999 tentang sistem pendidikan nasional
4.
Permendiknas No
58 Tahun 2009 tentang PAUD
5.
UU No 20 Tahun
2003
6.
Kurikulum KTSP
PAUD Darussalam Kalibendo tahun pelajaran
C.
TUJUAN
Program
kerja PAUD Darussalam Dusun Kalibendo, Desa Candi Kec. Bandungan Kab. Semarang,
ini disusun dengan tujuan untuk :
1.
Memberi arahan
dan motifasi kerja semua personal di PAUD Darussalam
2.
Menunjang
pelaksanaan Kurikulum KTSP tahun 2016, untuk mencapai tujuan pendidikan di PAUD
Darussalam dalam menunjang tujuan pendidikan nasional.
3.
Sebagai tolak
ukur keberhasilan/ ketidak berhasilan dalam mengelola PAUD Darussalam selama
satu tahun pelajaran.
4.
Mengetahui
permasalahan yang timbul / sering timbul di PAUD Darussalam dan dapat
menjadikan hambatan, tantangan, ancaman dan gangguan untuk keberhasilan dan
kesuksesan serta pengembangan PAUD Darussalam.
BAB II
KONDISI OBJEKTIF
Paud Darussalam Dusun Kalibendo Desa Candi
Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang Tahun
2016-2017
A.
VISI DAN MISI SEKOLAH
Perkembangan teknologi dan informasi serta
perubahan menuntut lingkungan sekolah untuk selalu merespon, mengawal serta
memacu untuk peduli, demi menjaga nilai-nilai luhur bangsa dan agama, memiliki
citra moral yang baik, peduli terhadap peradapan, menciptakan lingkungan yang
ungul dan berprestasi, serta menjunjung tinggi nilai-nilai agama adalah
cita-cita yang agung dan mulia, serta menjadi profil sekolah PAUD Darussalam
Dusun Kalibendo, Desa Candi Kec. Bandungan Kab. Semarang dimasa yang akan
datang sehingga dasar ini dapat diwujudkan. Dan visi PAUD Darussalam sebagai
berikut :
· Mewujudkan peserta didik yang beriman, cerdas,
terampil, dan berakhlakul karimah
i.
Indikator Visi
Membangun generasi yang cerdas, terampil, tangguh,
cinta tanah air, beriman dan berakhlaqul karimah.
Visi tersebut diatas mencerminkan cita-cita PAUD
Darussalam Dusun Kalibendo, Desa Candi Kec. Bandungan Kab. Semarang yang
berorientasi kedepan dengan memperhatikan potensi yang baik, sesuai dengan
norma dan nilai agama dan menajdikan harapan masyarakat di masa depan atau
dimasa yang akan datang.
ii.
VISI
Perkembangan teknologi dan informasi
iii.
MISI
Perkembangan teknologi dan informasi
iv.
TUJUAN
Perkembangan teknologi dan informasi
v.
TUJUAN PENDIDIKAN DI PAUD DARUSSALAM
Secara
umum tujuan pendidikan di PAUD Darussalam adalah meletakkan dasar kecerdasan,
pengetahuan, kepribadian, akhlaq mulia, ketrampilan, pembiasaan untuk hidup
mandiri sesuai dengan ajaran agama dan aturan pemerintah. Yang mestinya peserta
didik akan mengikuti jenjang pendidikan dasar di TK/ RA, selanjutnya sehingga
dengan dasar ini PAUD Darussalam Dusun Kalibendo, Desa Candi Kec. Bandungan
Kab. Semarang mempunyai tujuan sebagai berikut :
a.
Membiasakan
melakukan kegiatan ibadah secara sederhana
b.
Membiasakan berperilaku
baik, sopan, dan berakhlak mulia
c.
Mengembangkan
potensi minat dan bakat peserta didik melalui kegiatan, ekstrakurikuler dan
bimbingan
d.
Meningkatkan
prestasi peserat didik dengan meraih kemenangan dalam mengikuti kegiatan yang
diselenggarakan oleh pemerintah dan pihak lainnya.
B.
PROGRAM PENINGKATAN MUTU
1.
Program Jangka
Pendek
a.
Meningkatnya
jumlah anak yang mempu menguasai semua bidang pengembangan.
b.
Meningkatnya
jumlah anak yang meraih kejuaraan
c.
Meningkatnya
prestasi anak dalam semua kegiatan
d.
Tumbuhnya sikap
perilaku budi pekerti yang baik dan berakhlak mulia melalui pembiasaan.
e.
Adanya
penampilan anak didik di masyarakat (berupa asmaul husna, iqro’, do’a harian,
tari, drumb band, dan lain-lain)
2.
Program Jangka
Menengah
a.
Meningkatnya
jumlah anak yang memperoleh peningkatan di sekolah lanjutan.
b.
Meningkatnya
jumlah anak yang dapat prestasi dan kejuaraan
c.
Terbentuknya
sikap perilaku sopan santun, ramah dan berakhlak mulia.
d.
Meningkatnya
kemampuan menguasai kosa kata bahasa Jawa – Indonesia dan lain-lain.
e.
Memiliki ruang
kelas yang layak
f.
Menambah
perlengkapan peralatan luar dan dalam
g.
Menambah
perlengkapan peralatan kegiatan ekstrakurikuler,
3.
Program Jangka
Panjang
a.
Meningkatnya
jumlah anak didik 5-20%.
b.
Meningkatnya
sumber daya pendidik dan karyawan dalam bidang pengetahuan dan ketrampilan yang
dikuasai dan dimiliki, berijazah SI
c.
Meningkatnya
sarana prasarana sekolah yang memadai
d.
Menjadikan PAUD
Darussalam Dusun Kalibendo, Desa Candi Kec. Bandungan Kab. Semarang menjadi idola bagi masyarakat luas
e.
Memiliki ruang
kelas yang layak
f.
Memiliki pagar
bumi sekolah yang aman dan nyaman
g.
Memiliki
pendidik yang layak
C.
KURIKULUM
1.
Tujuan
Pendidikan
a.
Tujuan
Pendidikan Nasional.
· Pendidikan Nasional bertujuan mencerdaskan kehidupan
bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya. Yaitu manusia yang
beriman dan bertaqwa kepada Tuahn yang Maha Esa dan berbudi pakerti luhur
(berakhlaq mulia), memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan
rohani, berkepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab
kemasyarakatan dan kebangsaan (Pasal 4 Undang-undang No 2 Tahun 1989).
· Tujuan pendidikan di PAUD Darussalam Dusun
Kalibendo, Desa Candi Kec. Bandungan Kab. Semarang suatu upaya pembinaan yang
ditujukan anak sejak lahir sampai dengan usia 5 tahun yang dilakukan melalui
pemberian langsungan pendidikan untuk membentuk pertumbuhan perkembangan
jasmani dan rohani agar anak memeliki kesiapan dalam memasuki pendidikan yang
lebih lanjut.
2.
Program
Pengembangan
a.
Program
Pengembangan Umum
· Karakteristik Bangsa / Nasionalisme
· Kewirausahaan
· Nilai-nilai moral dan agama
· Fisik motorik
· Kognitif
· Bahasa
· Sosial Emosional
b.
Program
Pengajaran Muatan Lokal
· Bahasa Jawa
· Pengenalan Bahasa Inggris
· Pengenalan Bahasa Arab
c.
Program
Pengajaran Khusus
· Iqro’
· Praktek Ibadah sederhana
· Pengajian
3.
Penilaian
a.
Materi Penilaian
Penilaian
proses dan hasil belajar dilaksanakan setiap hari secara berkesinambungan
· Niali harian sesuai dengan jenis penilaian
· Rekap nilai tiap semester I dan II sudah
dikelompokkan menurut tiap pengembangan
· Nilai
4.
Kriteria
Kenaikan Kelas
Peserta didik dinyatakan naik kelas berikutnya
apabila sudah mencapai usia 3-4 tahun.
5.
Kriteria Tamat
Belajar
Peserta didik dinyatakan tamat belajar di PAUD
Darussalam Dusun Kalibendo, Desa Candi Kec. Bandungan Kab. Semarang bila sudah
mencapai usia 5 tahun.
D.
SARANA DAN PRASARANA
1.
Tujuan
Pendidikan
1
|
Identitas
PAUD
|
|
a
|
Nama Sekolah
|
PAUD
Darussalam
|
b
|
Alamat
Sekolah
|
Kalibendo
Desa Candi
|
|
Kecamatan
|
Bandungan
|
|
Kabupaten
|
Semarang
|
c
|
Nama Dan
Alamat
|
Kalibendo,
Candi, Bandungan
|
|
NSS
|
|
|
Status Administrasi
|
|
|
Tahun Didirikan
|
2006
|
|
Tahun
Beroperasi
|
2006
|
|
Status Tanah
|
Milik
sendiri
|
|
Surat Kepemilikan
Tanah
|
|
|
Luas Tanah
|
|
|
Status
Bangunan
|
Milik
sendiri
|
|
Luas
Bangunan
|
|
2
|
Data Ruang
|
|
|
Ruang Kelas
|
2 ruang
|
|
Ruang Kantor
|
1 ruang
|
|
Ruang
Bermain
|
1 ruang
|
|
Toilet Siswa
|
1 ruang
|
|
Toilet
Pendidik/ Pegawai
|
1 ruang
|
3
|
Data
pendidik dan pegawai
|
|
|
Jumlah
pegawai keseluruhan
|
5 orang
|
|
Kepala
sekolah
|
1 orang
|
|
Pendidik
|
3 orang
|
|
Pendamping
pendidik
|
1 orang
|
|
Pegawai
kebersihan
|
Semua
pegawai yang ada
|
|
Data siswa
tahun 2016\ 2017
|
|
Data siswa Tahun 2016/ 2017
|
|
|||
Kelompok
|
L
|
P
|
Jumlah
|
Keterangan
|
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
E
|
Pengurus dan
komite
|
|
|||||||
1
|
Susuna
pengurus Paud Darusalam
|
||||||||
|
Pelindung
|
Kepala
Desa Candi Bapak Sudarwanto
|
|||||||
|
Penasehat
ketua
|
Bp.
Munaji
|
|||||||
|
Wakil ketua
|
1.
Sudarman
2.
H. Sunardi
|
|||||||
|
Seketaris
|
1.
Anggraeni, S. Pd
2.
Asiah, S. Pd
|
|||||||
|
Bendahara
|
1.
Rusmirah, S. Ag
2.
Mudrikah
|
|||||||
|
Seksi Agama
|
Zaeni, S.Pd
|
|||||||
|
|
Yuhdi
|
|||||||
|
Seksi
Pendidikan
|
Yanto, S.Pd
|
|||||||
|
|
Nurodin,
S.Pd
|
|||||||
|
|
Nurrahman,
S.Pd
|
|||||||
|
Seksi
Pembangunan
|
Nur Aziz
|
|||||||
|
|
Ghozali
|
|||||||
|
|
|
|||||||
2
|
Susunan
komite sekolah Paud Darusalam
|
||||||||
|
A. Ketua
|
Bp. Asmuni, S. Pd
|
|||||||
|
B. Wakil
|
Bp. Nur Badli, S. Pd
|
|||||||
|
C.
Seketaris
|
1. Ibu Muntoharoh
2. Pardi, S. Pd
|
|||||||
|
D.
Bendahara
|
Hadi Maskuri
Hawiah
|
|||||||
|
E.
Anggota
|
Sriyato
Yahya
|
|||||||
F
|
Jadwal hari masuk
anak
|
||||||||
No
|
Hari/
Jam
|
Kegiatan
|
Keterangan
|
||||||
1
|
Senin
|
||||||||
|
08.00
- 08.30
|
Pembukaan
|
Anak
seragam kotak biru
|
||||||
|
08.30
- 09.30
|
Inti
|
|||||||
|
09.30
- 09.45
|
Istirahat
|
|||||||
|
09.45
- 10.00
|
Penutup
|
|||||||
2
|
Selasa
|
||||||||
|
08.00
- 08.30
|
Pembukaan
|
Anak
seragam kotak biru
|
||||||
|
08.30
- 09.30
|
Inti
|
|||||||
|
09.30
- 09.45
|
Istirahat
|
|||||||
|
09.45
- 10.00
|
Penutup
|
|||||||
3
|
Rabu
|
||||||||
|
08.00
- 08.30
|
Pembukaan
|
Anak
seragam batik oren
|
||||||
|
08.30
- 09.30
|
Inti
|
|||||||
|
09.30
- 09.45
|
Istirahat
|
|||||||
|
09.45
- 10.00
|
Penutup
|
|||||||
4
|
Kamis
|
||||||||
|
08.00
- 08.30
|
Pembukaan
|
Anak
seragam batik oren
|
||||||
|
08.30
- 09.30
|
Inti
|
|||||||
|
09.30
- 09.45
|
Istirahat
|
|||||||
|
09.45
- 10.00
|
Penutup
|
|||||||
5
|
Jum’at
|
||||||||
|
08.00
- 08.30
|
Pembukaan
|
Anak
seragam olah raga merah
|
||||||
|
08.30
- 09.30
|
Inti
|
|||||||
|
09.30
- 09.45
|
Istirahat
|
|||||||
|
09.45
- 10.00
|
Penutup
|
|||||||
6
|
Sabtu
|
||||||||
|
08.00
- 08.30
|
Pembukaan
|
Anak
seragam olah raga merah
|
||||||
|
08.30
- 09.30
|
Inti
|
|||||||
|
09.30
- 09.45
|
Istirahat
|
|||||||
|
09.45
- 10.00
|
Penutup
|
|||||||
|
Jadwal
harian masuk pendidik
|
||||||||
No
|
Hari
jam datang
|
Jam
pendidik pulang
|
kegiatan
|
seragam
|
|||||
1
|
Senin
|
|
|
|
|||||
|
07.30
- 08.00
|
|
|
|
|||||
|
08.00
-10.00
|
|
|
|
|||||
|
10.00
-11.00
|
|
|
|
|||||
|
11.00-12.00
|
|
|
|
|||||
2
|
Selasa
|
||||||||
|
07.30
- 08.00
|
12.00
|
|
Persiapan
kbm kebersian \ ekstra
|
|
||||
|
08.00
-10.00
|
|
|
||||||
|
10.00
-11.00
|
|
|
||||||
|
11.00-12.00
|
|
|
||||||
3
|
Rabu
|
||||||||
|
07.30
- 08.00
|
12.00
|
|
Persiapan
kbm kebersian administrasi
|
Batik
|
||||
|
08.00
-10.00
|
|
|
||||||
|
10.00
-11.00
|
|
|
||||||
|
11.00-12.00
|
|
|
||||||
4
|
Kamis
|
||||||||
|
07.30
- 08.00
|
12.00
|
|
Persiapan
kbm kebersian \ ekstra
|
|
||||
|
08.00
-10.00
|
|
|
||||||
|
10.00
-11.00
|
|
|
||||||
|
11.00-12.00
|
|
|
||||||
5
|
Jum’at
|
12.00
|
|
|
|
||||
|
07.30
- 08.00
|
|
|
|
|
||||
|
08.00
-10.00
|
|
|
|
|
||||
6
|
Sabtu
|
|
|
|
|
||||
|
07.30
- 08.00
|
|
|
|
|
||||
|
08.00
-10.00
|
12.00
|
|
|
|
||||
|
10.00
-11.00
|
|
|
|
|
||||
|
11.00-12.00
|
|
|
|
|
||||
JADWAL KEGIATAN EKSTRA
No
|
Jenis
kegiatan
|
Hari/ Jam
|
Pembimbing
|
1
|
Drum
band
|
Selasa
10.00 -11.00
|
Atik,
S.Pd
Kholifah
|
2
|
Tari
|
Kamis
10.00 -11.00
|
Kholifah
Atik
|
3
|
Rebana
|
Sabtu
10.00 -11.00
|
Solekah
Dayah
|
DATA PRESTASI PESERTA DIDIKMULAI
TAHUN
No
|
Jenis
lomba
|
Tingkat
kejuaraan
|
Prestasi
juara
|
Tahun
|
|
Data
sekolahan
|
|
|
|
Penerimaan
Bantuan
No
|
Jenis
Lomba
|
Tingkat
Kejuaraan
|
Prestasi
Juara
|
Tahun
|
1
|
APBD
BOP
|
|
|
2
Orang
|
BAB III
PERMASALAHAN DAN ALTERNATIF PEMECAHAN
Pokok
Masalah
|
Permasalahan
|
Alternatif
Pemecahan
|
Faktor
Pendukung
|
Faktor
Penghambat
|
|
Bidang
Pengajaran
|
Belum
Semua Pendidik Memahami Pembuatan Perangkat pembelajaran
|
Pembinaan
Dari Atasan
|
Tersediannya
Contoh Penyusunan
|
Motifasi
|
|
Kesiswaan
|
Belajar
Siswa Masih Kurang
|
|
|
Kondisi
Lingkungan Kahanan
|
Pembinaan
|
Keuangan
|
Kurangnya
Alat – Alat Kantor
|
|
Penggunaan
Alat
|
|
Manfaat
|
Sarana
Dan Prasarana
|
|
|
Sangat
Penting
|
Terbatasnya
Dana
|
Baik
|
|
Kurangnya
Kesadaran Masyarakat
|
|
Adanya
Keringanan Biaya Bagi Siswa Kurang Mampu.
|
Kesadaran
|
Mengundang
Masyarakat Dalam Acara Santunan Anak Yatim
|
1.
Menyelenggarakan kemampuan perkembangan
anak .
2.
Menyelenggarakan kenaikan kelas
3.
Menyelenggarakan persiapan tamatan
4.
Menyelenggarakan rapat tahun tentang
STTB.
5.
Mengisi rapat perulasan STTB
6.
Pembagian STTB
7.
Pembagian STTB
8.
Rapat alumni tahun
a.
Evaluasi akhir tahun
b.
Pembagian tugas tahun ajaran baru
c.
Penyusunan program RAPBS yang akan
datang
d.
Melakukan perbaikan pendidikan dan
e.
Melakukan perbaikan fisik sekolah
11.
Kegiatan PMB
a. Pembentukan
panitia PMB
b. Menyiapkan
formulir brosur
c. Pendataan
murid baru
d. Pengumuman
PMB
e. Persiapan
murid baru
F.
Kegiatan Awal Tahun
a. Menyusun
kegiatan awal 1 tahun
b. Merencanakan
kebutuhan
c. Menyusun
Program KBM, Jadwal, Kaldik
d. Menyusun
kebutuhan buku pedoman pendidik dan buku anak didik
e. Menyusun
kelengkapan alat dan bahan untuk anak didik
f. Mengadakan
rapat pendidik
g. Mengadakan
rapat wali murid
G.
Evaluasi
a. Rapat
Evaluasi Bulanan
b. Rapat
Evaluasi KBM
c. Rapat
Evaluasi Kurikulum
d. Rapat
Evaluasi Tema Semester Dan Akhir Tahun
e. Rapat
Evaluasi Tahunan
f. Pembuatan
Laporan Akhir Tahun
Kegiatan Paud Darusalam
A. Kegiatan
a. Memeriksa
daftar hadir anak didik pendidik
b. Memeriksa
c. Menyelesaikan
surat menyurat
d. Memeriksa
administrasi anak didik mengatur keuangan 1 kantor
e. Mengatasi
hambatan KBM
f. Membugani
kasus anak didik
13. Kegiatan Mingguan
a. Melaksanakan
upacara bendera
b. Memeriksa
agenda
c. Memeriksa
keuangan sekolah
d. Menyediakan
perlengkapan kantor / KBM
e. Memeriksa
administrasi kelas
C.
Kegiatan Bulanan
1.
2.
a. Memeriksa
/ menandatangani keuangan sekolah
b. Menandatangani
daftar hadir
c. Memeriksa
martikulasi absen anak didik dan pendidik
d. Memeriksa
hasil evaluasi anak didik
e. Memeriksa
daya serap siswa
f. Memeriksa
program kbm
g. Memeriksa
program perbaikan
h. Memeriksa catatan kejadian anak didik
d. Kegiatan semester
a. Menyelenggarakan
sarana dan prasarana
b. Pengisian
buku induk
c. Menyiapkan
pemilahan semesteran
d. Mengisi
raport
e. Pembagian
raport
f. Penyalur
bagian melaksanakan
g. Program
kegiatan
e. Kegiatan alumi tahun
a. Menyelengarakan
alisusanah
b. Mampu
berkomunikasi kepada pengurus dengan baik
c. Mampu
berkomunikasi kepada wali murid dengan baik
d. Mampu
berkomunikasi kepada masyarakat dengan baik
f. Sebagai inovasi
1. Memukakan gagasan
a. Gagasan
baru yang pro aktif
b. Gagasan
baru yang relevan
2. Melaksanakan pembaruan
a. Pembaruan
dibidang kbm
b. Melaksanakan
pengadaan tenaga kependidikan
c. Melaksanakan
kegiatan ekstra kulikuler
d. Menggali
sumber daya yang berkaitan dengan pendidikan
e. Mampu
berprestasi melalui kegiatan ekstra kulikuler
g. Sebagai motifator
a. Mengatur
lingkungan kerja
b. Mengatur
keuangan kelas
c. Mengatur
keuangan kantor
d. Mengatur
keuangan praktek
a. Mengatur
keuangan perpustakaan
b. Mengatur
halaman lingkungan sekolah yang sejuk, nyaman dan teratur
2. Mengatur suasana kerja
a. Menciptakan
hubungan kerja dengan baik kepada kepala dan pengurus
b. Menciptakan
hubungan kerja dengan baik kepada sesama teman
c. Menciptakan
hubungan kerja dengan baik kepada wali murid dan masyarakat
d. Menciptakan
rasa aman dilingkungan sekolahan
a. Prinsip
3. Menerapkan prinsip penghargaan
a. Prinsip
hukum menerapkan pengembangan motifasi bagi warga masyarakat
b. Sebagai
supervisi
1. Mengurus program supervisi
a. Memiliki
supervisi kelas(kbm)
b. Memiliki
supervisi kegiatan ekstra
2. Melaksanakan program supervisi
pendidik an
a. Melaksanakan
supervisi pendidikan kelas
b. Melaksanakan
supervisi dadakan
c. Melaksanakan
supervisi kegiatan ekstra
3. Memanfaatkan hasil supervisi
a. Memanfaatkan
kerja guru
b. Memanfaatkan
pengembangan sekolah
f. Sebagai pemimpin memiliki pribadian
yang kuat
a. Jujur
b. Percaya
diri
c. Bertanggung
jawab
d. Berani
mengambil keputusan
e. Berjiwa
besar dapat mengendalikan emosi
f. Sebagai
panutan / pedoman
g. Berakhlaq
mulia
2. Memahami kondisi
a.
Pendidik
b. Anak
didik
c. Berupaya
memperbaiki pendidik
d. Berupaya
melaksanakan upacara hari senin dan hari besar islam dan lainnya
3. Memiliki visi dan misi
a.
Visi tentang sekolah
b.
Memahami visi misi
c.
Mampu melaksanakan target dengan baik
4. Mengambil keputusan
a. Mengambil
keputusan bersama sekolah
b. Mengambil
keputusan ekstra sekolah
c. Mengambil
keputusan intera sekolah
5. Kemampuan berakumulasi
a. Mampu
berakumulasi secara lisan dengan baik kepada teman
b. Mampu
menuangkan gagasan dengan baik untuk pendidik