RPP matematika kelas V semester II



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      : Madrasah Ibtidaiyyah Nuril Huda Losari
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas/Semester            : V/II
Materi Pokok              :  Pecahan
Uraian Materi              :  1. Mengubah pecahan menjadi bentuk persen
                                       2. Mengubah bentuk persen menjadi bentuk pecahan
Alokasi Waktu            : 2 X 35 Menit
Standar kompetensi    : Menggunakan pecahan dalam penyelesaian masalah
Kompetensi Dasar       : Mengubah pecahan ke bentuk pecahan dan desimal serta  sebaliknya
Indikator                     :  Mengubah pecahan biasa menjadi bentuk persen

1.  Tujuan Pembelajaran     
a. Siswa dapat mengubah pecahan menjadi bentuk persen
b. Siswa dapat mengubah bentuk persen menjadi pecahan
2. Karakter Siswa yang diharapkan
a. Tanggungjawab
b. Kerjasama
c. Kerja Keras
d. Rasa ingin tahu
e. Komunikatif
3. Materi (Terlampir)
4. Metode Pembelajaran
a. Pembelajaran Tutor Sebaya
b. Penugasan
5. Langkah-langkah Pembelajaran
a. Kegiatan awal
·         guru mengkondisikan siswa agar tenang
·         guru mengucapkan salam dan menanyakan kabar
·         guru menyuruh ketua kelas memimpin doa
·         guru mengabsen siswa
·         guru menginformasikan tujuan pembelajaran hari ini
·         apersepsi dan motivasi
b. Kegiatan inti
·         guru menggali pengetahuan awal siswa tentang materi
·         guru meminta siswa menyampaikan pengetahuan awal mereka kepada teman-teman sekelas
·         guru memberikan tambahan terhadap jawaban siswa
·         guru menunjuk 5 orang siswa untuk bertugas sebagai tutor untuk teman-teman lain
·         guru membagi kelas menjadi 5 kelompok
·         tiap tutor disebar kedalam masing-masing kelompok
·         masing-masing kelompok diberi tugas mempelajari sub materi yang telah dipilih oleh guru dengan panduan oleh masing-masing tutor sesuai arahan guru
·         guru memberikan waktu tiap kelompok bekerja sesuai instruksi guru
·         guru memberikan beberapa soal untuk dikerjakan tiap-tiap kelompok
·         guru memberikan soal untuk dikerjakan secara individu
·         guru bersama-sama siswa mengoreksi hasil pekerjaan siswa
·         guru mengevaluasi pembelajaran
·         guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya
·         guru memberikan umpan balik terhadap pertanyaan siswa
·         guru bersama-sama siswa menyimpulkan pembelajaran
·         guru menginformasikan materi pembelajaran yang akan datang

6. Sumber dan Bahan Ajar
a. Buku paket Matematika kelas V semester 2
b. LKS matematika semester 2
7. Penilaian
a. Prosedur tes
1). tes awal         : -
2). tes proses      : ada
3). tes akhir        : ada
b. Jenis tes
1). tes awal         : -
2). tes proses      : pengamatan
3). tes akhir        : tertulis
c. Alat/instrument
1). tes awal         : -
2). tes proses      : tabel pengamatan sikap
3). tes akhir        : soal-soal
Tabel Pengamatan
INSTRUMEN PENGAMATAN TERHADAP SISWA

No
Nama
Bertanggung jawab
Kerjasama
komunikatif
Rasa ingin tahu
BT
MT
MB
SB
BT
MT
MB
SB
BT
MT
MB
SB
BT
MT
MB
SB
1.       

















2.                   

















3.                   

















4.                   

















5.                   

















6.                   
.
















7.                   

















8.                   

















9.                   

















10.               

















11.               

















12.               

















13.               

















14.               

















15.               

















16.               

















17.               

















18.               

















19.               

















20.               

















21.               

















22.               

















23.               

















24.               

















25.               

















26.               

















27.               

















28.               

















29.               

















30.               

















31.               

















32.               

















33.               

















34.               

















35.               

















36.               

















37.               

















38.               

















39.               

















40.               

















41.               

















42.               

















43.               


















Keterangan :                                                                                     
Belum Terlihat            : ( BT )
Mulai Terlihat              : ( MT )
Mulai Berkembang      : ( MB )
Sudah Berkembang     : ( SB )

Soal-soal !
Ayo, ubah pecahan berikut menjadi bentuk persen !
1.       = . . . %
2.      = . . . %
3. 3   = . . . %
4. 1   = . . . %
5. 7     = . . . %
Ayo, ubah bentuk persen berikut menjadi pecahan biasa atau pecahan campuran !
1. 6%               =     . . .
2. 20%             =    . . .
3. 42%             =    . . .
4. 82%             =    . . .
5. 200%           =    . . .
Nilai = Jawaban Benar X 10
Daftar Nilai Siswa
No
Nama Siswa
Nilai
1


2


3


4


5


6


7


8


9


10


11


12


13


14


15


16


17


18


19


20


21


22


23


24


25


26



Soal-soal !
Ayo, ubah pecahan berikut menjadi bentuk persen !
1.       = . . . %
2.      = . . . %
3. 3   = . . . %
4. 1   = . . . %
5. 7     = . . . %
Ayo, ubah bentuk persen berikut menjadi pecahan biasa atau pecahan campuran !
1. 6%               =     . . .
2. 20%             =    . . .
3. 42%             =    . . .
4. 82%             =    . . .
5. 200%           =    . . .

Ayo, ubah pecahan berikut menjadi decimal !

1.       = . . .
2.      = . . .
3.    = . . .
4. 2  = . . .
5. 12% = . . .

Ayo, ubah bentuk decimal berikut menjadi pecahan biasa atau campuran !
1. 0,9
2, 1,2
3. 0,25
4. 5,25
5. 3,234
Ayo, ubah bentuk desimal berikut menjadi persen
1. 0,4
2. 4,2
3. 12,5
4. 0,24
5. 22,32