Laporan Ini
Disusun Guna Memenuhi Tugas Matematika Semester II
Disusun
Oleh :
1.
Destia Titin
Rahmawati (08)
2.
Linda Werdi
Hapsari (15)
3.
Ninik Elika (22)
4.
Nunik Hariyanti (23)
5.
Ria Kristiana
Mareta (31)
6.
Stefani Wahyu
Deafriyaningsih (33)
7.
V.Nia Aprilia
Riski Putri (34)
SMA NEGERI
1 AMBARAWA
2015/2016
PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN
Laporan
ini disusun untuk memenuhi tugas matematika semester II tahun pelajaran
2015/2016 yang telah disetujui pembimbing dan disahkan kepala sekolah pada :
Hari :
Tanggal :
Pembimbing
I, Pembimbing
II,
Bagiyono
S.P.d Sugiyati
S.P.d
NIP
19600105198503161 NIP
197105031998022003
Mengetahui
KepalaSekolah
Drs. Hendro
Saptanto
NIP
195811061987031001
MOTTO
.
1.
Jadilah seperti karang di
lautan yang kuat dihantam ombak dan kerjakanlah hal yang bermanfaat untuk diri
sendiri dan orang lain, karena hidup hanyalah sekali. Ingat hanya pada Allah
apapun dan di manapun kita berada kepada Dia-lah tempat meminta dan memohon.
2.
Tidak ada masalah yang tidak
bisa diselesaikan selama ada komitmen bersama untuk menyelesaikannya.
3.
Berangkat dengan penuh
keyakinan. Berjalan dengan penuh keikhlasan. Istiqomah dalam menghadapi cobaan.
YAKIN, IKHLAS, ISTIQOMAH.
4.
Sesali masa lalu karena ada
kekecewaan dan kesalahan-kesalahan, tetapi jadikan penyesalan itu sebagai
senjata untuk masa depan agar tidak terjadi kesalahan lagi.
5.
Sabar dalam mengatasi
kesulitan dan bertindak bijaksana dalam mengatasinya adalah sesuatu yang utama.
PERSEMBAHAN
1. Bapak Hendro Saptanto
selaku Kepala SMA Negeri 1 Ambarawa.
2. Ibu Sugiyati selaku
wali kelas XI SOSIAL 2 SMA Negeri 1 Ambarawa.
3. Bapak Bagiyono selaku
guru Matematika SMA Negeri 1 Ambarawa.
4. Kedua orang tua kami
yang telah member dukungan moral dan materi dalam penyusunan karya tulis ini.
KATA PENGANTAR
Puji syukur
kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa. Karena atas limpahan rahmat dan
karunia-Nya, penulis bisa menyelesaikan karya tulis Matematika tentang jenis
sosial media yang digunakan disekolah. Karya tulis ini disusun guna memenuhi
tugas Matematika Semester II Tahun pelajaran 2015/2016. Dalam kesempatan kali
ini, penulis juga ingin menyampaikan terima kasih kepada :
1.
Bapak Hendro
Saptanto selaku Kepala SMAN 1 Ambarawa
2.
Ibu Sugiyati
selaku Wali Kelas XI SOSIAL 2 SMAN 1 Ambarawa
3.
Bapak Bagiyono
selaku guru Matematika SMAN 1 Ambarawa
4.
Semua pihak yang
telah membantu yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu
Penulis
menyadari bahwa dalam penyusunan kaya tulis ini masih terdapat kekurangan. Maka
kami moho kritik dan sarannya.
Ambarawa, Januari 2016
Penulis
DAFTAR ISI
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
belakang
Statistika
adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan,
menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data.
Singkatnya, statistika adalah ilmu yang berkenaan dengan data. Istilah
'statistika' (bahasa Inggris:
statistics) berbeda dengan 'statistik' (statistic). Statistika
merupakan ilmu yang berkenaan dengan data, sedang statistik adalah data,
informasi, atau hasil penerapan algoritma statistika pada suatu data. Dari
kumpulan data, statistika dapat digunakan untuk menyimpulkan atau
mendeskripsikan data; ini dinamakan statistika
deskriptif. Sebagian besar konsep
dasar statistika mengasumsikan teori
probabilitas. Beberapa istilah
statistika antara lain: populasi,
sampel,
unit
sampel, dan probabilitas.
Handphone adalah salah satu tehnologi yang dapat
membantu kita dalam segala hal
bahkan bila di gunakan dengan sebaik baiknya dapat memberikan kecerahan hidup
di masa depan. Banyak dikalangan remaja yang tidak lepas dari
handphone. Dari handphone tersebut mereka dapat mengakses internet untuk berinteraksi
dengan orang lain melalui media sosial. Karena dari sosial media mereka dapat
mengekspos semua yang mereka cari, yang mereka inginkan dan yang mereka
pikirkan. Sosial media ada bermacam-macam, contohnya facebook, twitter, instagram,
BBM, line, whats app, dll.
B. Alasan
pemilihan judul
Kami memilih judul ” Jenis
sosial media yang paling sering digunakan dikalangan anak sekolah” karena
dapat memudahkan seseorang dalam berinteraksi dengan orang lain tanpa bertatap
muka, dapat mempermudah seseorang untuk mendapat barang yang mereka inginkan
dengan cepat tanpa harus datang ketempatnya. Oleh karena itu kami memilih judul
tersebut.
C. Batasan istilah
Media
sosial adalah salah satu alat komunikasi yang canggih dan mundah dalam
penggunaannya. Selain itu kita juga bisa mendapatkan informasi didunia luar
tanpa harus keliling dunia.
Batasan
option :
Jenis sosial media :
a. Facebook
b. Twitter
c. Instagram
d. BBM
e. Whats App
f. Line
D. Permasalahan
1. Jenis sosial media apa yang paling sering digunakan ?
2. Apa alasan menggunakan sosial media tersebut ?
E.
Tujuan penelitian
1. Mengetahui jenis sosial media apa yang paling sering
digunakan dikalangan sekolah
2. Mengetahui apa alasan menggunakan sosial media
tersebut.
F.
Sistematika penelitian
HALAMAN JUDUL
HALAMAN PENGESAHAN
MOTTO ATAU PERSEMBAHAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR LAMPIRAN
BAB I : PENDAHULUAN
A. Latar Belakang atau rasionalisasi
B. Alasan pemilihan judul
C. Batasan istilah
D. Permasalahan
E. Tujuan penelitian
F. Sistematika penelitian
BAB
II : KAJIAN TEORI DAN HIPOTESA
A. Kajian / landasan teori
B. Hipotesa
BAB
III : METODE ENELITIAN
A. Populasi dan sampel
B. Teknik pengumpulan data
BAB
IV : HASIL PENELITIAN
A. Tabel
B. Diagram garis
C. Diagram batang
D. Diagram lingkaran
E. Prosentase
BAB
V : KESIMPULAN/SARAN /PENUTUP
BAB II
KAJIAN TEORI DAN HIPOTESA
A.Pengertian Statistika
Statistika merupakan pengetahuan
yang berhubungan dengan cara-cara pengumpulan data, pengolahan atau penganalisiannya
dan penarikan kesimpulan berdasarkan kumpulan data dan penganalisian yang
dilakukan.
1. Rumus Rataan Hitung (Mean)
Rata-rata hitung atau mean memiliki perhitungan dengan cara membagi jumlah nilai data dengan banyaknya data. Rata-rata hitung disebut dengan mean.
Rata-rata hitung atau mean memiliki perhitungan dengan cara membagi jumlah nilai data dengan banyaknya data. Rata-rata hitung disebut dengan mean.
a) Rumus
Mean dari Data Tunggal
b) Rumus Mean Untuk Data yang Disajikan
Dalam Distribusi Frekuensi.
Dengan : fixi = frekuensi untuk nilai xi yang
bersesuaian
xi = data ke-i
xi = data ke-i
c) Rumus Mean Gabungan
2. Rumus Modus
a. Data yang belum dikelompokkan
Modus dari data yang belum dikelompokkan adalah ukuran yang memiliki frekuensi tertinggi. Modus dilambangkan mo
.
b. Data yang telah dikelompokkan
Rumus Modus dari data yang telah dikelompokkan dihitung dengan rumus:
b. Data yang telah dikelompokkan
Rumus Modus dari data yang telah dikelompokkan dihitung dengan rumus:
Dengan : Mo = Modus
L = Tepi bawah kelas yang memiliki frekuensi tertinggi (kelas modus) i = Interval kelas
b1 = Frekuensi kelas modus dikurangi frekuensi kelas interval terdekat sebelumnya
b2 = frekuensi kelas modus dikurangi frekuensi kelas interval terdekat sesudahnya
L = Tepi bawah kelas yang memiliki frekuensi tertinggi (kelas modus) i = Interval kelas
b1 = Frekuensi kelas modus dikurangi frekuensi kelas interval terdekat sebelumnya
b2 = frekuensi kelas modus dikurangi frekuensi kelas interval terdekat sesudahnya
3. Rumus Median (Nilai Tengah)
a) Data yang belum dikelompokkan
Untuk mencari nilai median, data harus dikelompokan terlebih dahulu dari yang terkecil sampai yang terbesar.
a) Data yang belum dikelompokkan
Untuk mencari nilai median, data harus dikelompokan terlebih dahulu dari yang terkecil sampai yang terbesar.
b) Rumus Data yang Dikelompokkan
Dengan : Qj = Kuartil ke-j
j = 1, 2, 3
i = Interval kelas
Lj = Tepi bawah kelas Qj
fk = Frekuensi kumulatif sebelum kelas Qj
f = Frekuensi kelas Qj
n = Banyak data
j = 1, 2, 3
i = Interval kelas
Lj = Tepi bawah kelas Qj
fk = Frekuensi kumulatif sebelum kelas Qj
f = Frekuensi kelas Qj
n = Banyak data
4. Rumus Jangkauan ( J )
Rumus jangkauan yaitu selisih antara nilai data terbesar dengan nilai data terkecil.
Rumus jangkauan yaitu selisih antara nilai data terbesar dengan nilai data terkecil.
5. Rumus Simpangan Quartil (Qd)
Rumus simpangan quartil yaitu:
6. Rumus Simpangan baku ( S )
Menentukan rumus simpangan baku yaitu dengan
cara:
7. Rumus Simpangan rata – rata (SR)
8. Rumus Ragam (R)
BAB III
A.
Populasi dan Sampel
1.
Populasi adalah seluruh objek yang akan diteliti.
Maka yang diseut populas pada penelitian ini adalah
seluruh kelas XI di SMA Negeri 1 Ambarawa.
2.
Sampel adalah sebagian populasi yang diamati.
Maka yang disebut sampel pada penelitian kali ini
adalah 20 siswa dari masing-masing kelas XI di SMA Negeri 1 Ambarawa.
B.
Teknik Pengumpulan Data
Pada pembuatan laporan kali ini, penulis menggunakan
metode penelitian, yaitu dengan cara membagikan angket sejumlah 20 ke
masing-masing kelas XI di SMA Negeri 1 Ambarawa.
BAB IV
HASIL LAPORAN ANGKET ATAU PENELITIAN
Penelitian
kali ini kami melakukan pendataan untuk mendapatkan informasi tentang jenis sosial media yang
oleh siswa SMA Negeri 1 Ambarawa
kelas XI SOSIAL 2. Penggunaan ini
berhubungan dengan jenis sosial media yang peling sering digunakan di kalangan anak sekolah.
Kami menyebarkan angket di kelas XI SOSIAL 2 dengan 30. Tabel Hasil Laporan
Angket.
Jenis sosial media
|
XI SOSIAL 2 (30 anak)
|
Facebook
|
|
Twitter
|
|
Instagram
|
|
BBM
|
|
Line
|
|
WhatApp
|
|
A. Keterangan Diagram Setiap Kelas
B. Keterangan Diagram Seluruhnya
DIAGRAM BATANG DATA MEREK LAPTOP SISWA
DIAGRAM
LINGKARAN MEREK LAPTOP SISWA
Kesimpulan
Diagram Merek Laptop :
Dari
dua diagram di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa merek laptop yang paling
dominan digunakan oleh siswa SMA Negeri 1 Ambarawa
kelas XI
adalah merek lain, seperti, Axioo, Apple, Hp, Lenovo, dan
lain-lain. Dikatakan dominan karena didapat prosentase sebesar 37%. Dan Merek
laptop yang paling sedikit dimiliki oleh siswa SMA Negeri 1 Ambarawa adalah merek laptop
Asus, dengan prosentase 12%.
Modus
Merek Laptop :
Merek
Laptop lain-lain (Axioo, Apple, Hp, Lenovo, dan lain-lain)
DIAGRAM
BATANG PEMANFAATAN LISTRIK SEKOLAH
DIAGRAM
LINGKARAN PEMANFAATAN LISTRIK SEKOLAH
Kesimpulan
Diagram Pemanfaatan Listrik Sekolah :
Dari
dua diagram di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa pemanfaatan listrik sekolah
di setiap kelas sangat sering dilakukan oleh siswa. Siswa memilih menggunakan
listrik sekolah untuk mencharge laptop yang mereka gunakan. Prosentase
yang didapat dari pemanfaatan listrik sekolah ini adalah 77%. Sedangkan yang
tidak menggunakan listrik sekolah didapat prosentase sebesar 23%.
Prosentase
ini menunjukkan bahwa siswa sangat membutuhkan energi listrik yang telah
disediakan oleh sekolah
Modus
Pemanfaatan Listrik Sekolah :
Pernah
menggunakan listrik sekolah.
DIAGRAM
BATANG TUJUAN PENGGUNAAN LISTRIK SEKOLAH
DIAGRAM
LINGKARAN PENGGUNAAN LISTRIK SEKOLAH
Kesimpulan
Diagram Tujuan Penggunaan Listrik Sekolah :
Dari
dua diagram di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa tujuan dari penggunaan
listrik sekolah kebanyakan digunakan untuk mengerjakan tugas sekolah.
Prosentase yang didapat dari perhitungan ini adalah 34%. Dan tujuan lain siswa
yang beragam seperti menonton film, dan lain-lain masuk ke dalam kategori
terendah, yaitu 18%.
Modus
Tujuan Penggunaan Listrik Sekolah :
Mengerjakan
Tugas Sekolah
BAB V
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Dari
hasil penelitian yang telah kami lakukan telah diambil kesimpulan bahwa siswa
SMA Negeri 1 Ambarawa sebagian
besar telah mempunyai laptop untuk menunjang proses belajar mengajar mereka.
Mereka memanfaatkan energi listrik di sekolah agar penggunaan laptop semakin
efektif. Tujuan pemakaian energi listrik ini juga banyak, antara lain bermain
game, mengerjakan tugas, browsing, dan lain-lain.
Walau begitu, masih ada diantara 60
siswa yang menjadi responden tidak menggunakan listrik sekolah, dengan
prosentase sebesar 23%. Ini menunjukkan bahwa penggunaan listrik di SMA Negeri
1 Ambarawa oleh siswa kelas XI SOSIAL masih membutuhkan
peminimalisiran agar dapat menghemat energi listrik
yang disediakan.
B. Saran
Kami
menyadari sepenuhnya dan telah berusaha sebaik-baiknya, namun laporan yang kami
sajikan ini masih belum sempurna. Oleh karena itu kami berharap kritik dan
saran ibu guru pembimbing dan para pembaca sekalian agar dalam penyusunan
laporan selanjutnya dapat lebih baik lagi. Laporan Hasil kami ini masih perlu banyak
revisi.
Akhir
kata kami ucapkan permohonan maaf atas
segala kekurangan. Dan terima kasih atas perhatiannya.
Waalaikumsalam
wr.wb
No comments:
Post a Comment