Makalah Jenis sosial media yang paling sering digunakan di kalangan anak sekolah



Jenis sosial media yang paling sering digunakan di kalangan anak sekolah
 Laporan Ini Disusun Guna Memenuhi Tugas Matematika Semester II







Disusun Oleh :
1.      Destia Titin Rahmawati                      (08)
2.      Linda Werdi Hapsari                          (15)
3.      Ninik Elika                                          (22)
4.      Nunik Hariyanti                                  (23)
5.      Ria Kristiana Mareta                           (31)
6.      Stefani Wahyu Deafriyaningsih          (33)
7.      V.Nia Aprilia Riski Putri                    (34)



SMA NEGERI 1 AMBARAWA
2015/2016











PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN
                Laporan ini disusun untuk memenuhi tugas matematika semester II tahun pelajaran 2015/2016 yang telah disetujui pembimbing dan disahkan kepala sekolah pada :
Hari                             :
Tanggal                       :




            Pembimbing I,                                                                         Pembimbing II,


            Bagiyono S.P.d                                                                       Sugiyati S.P.d
        NIP 19600105198503161                                              NIP 197105031998022003

Mengetahui
KepalaSekolah


Drs. Hendro Saptanto
NIP 195811061987031001


MOTTO
.
1.       Jadilah seperti karang di lautan yang kuat dihantam ombak dan kerjakanlah hal yang bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain, karena hidup hanyalah sekali. Ingat hanya pada Allah apapun dan di manapun kita berada kepada Dia-lah tempat meminta dan memohon.
2.      Tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan selama ada komitmen bersama untuk menyelesaikannya.
3.      Berangkat dengan penuh keyakinan. Berjalan dengan penuh keikhlasan. Istiqomah dalam menghadapi cobaan. YAKIN, IKHLAS, ISTIQOMAH.
4.      Sesali masa lalu karena ada kekecewaan dan kesalahan-kesalahan, tetapi jadikan penyesalan itu sebagai senjata untuk masa depan agar tidak terjadi kesalahan lagi.
5.      Sabar dalam mengatasi kesulitan dan bertindak bijaksana dalam mengatasinya adalah sesuatu yang utama.


PERSEMBAHAN
1.      Bapak Hendro Saptanto selaku Kepala SMA Negeri 1 Ambarawa.
2.      Ibu Sugiyati selaku wali kelas XI SOSIAL 2 SMA Negeri 1 Ambarawa.
3.      Bapak Bagiyono selaku guru Matematika SMA Negeri 1 Ambarawa.
4.      Kedua orang tua kami yang telah member dukungan moral dan materi dalam penyusunan karya tulis ini.







KATA PENGANTAR
            Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa. Karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, penulis bisa menyelesaikan karya tulis Matematika tentang jenis sosial media yang digunakan disekolah. Karya tulis ini disusun guna memenuhi tugas Matematika Semester II Tahun pelajaran 2015/2016. Dalam kesempatan kali ini, penulis juga ingin menyampaikan terima kasih kepada :
1.      Bapak Hendro Saptanto selaku Kepala SMAN 1 Ambarawa
2.      Ibu Sugiyati selaku Wali Kelas XI SOSIAL 2 SMAN 1 Ambarawa
3.      Bapak Bagiyono selaku guru Matematika SMAN 1 Ambarawa
4.      Semua pihak yang telah membantu yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu
            Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan kaya tulis ini masih terdapat kekurangan. Maka kami moho kritik dan sarannya.










Ambarawa,    Januari 2016

 


                                                                                                            Penulis
DAFTAR ISI























BAB I
PENDAHULUAN
A.   Latar belakang
            Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data. Singkatnya, statistika adalah ilmu yang berkenaan dengan data. Istilah 'statistika' (bahasa Inggris: statistics) berbeda dengan 'statistik' (statistic). Statistika merupakan ilmu yang berkenaan dengan data, sedang statistik adalah data, informasi, atau hasil penerapan algoritma statistika pada suatu data. Dari kumpulan data, statistika dapat digunakan untuk menyimpulkan atau mendeskripsikan data; ini dinamakan statistika deskriptif. Sebagian besar konsep dasar statistika mengasumsikan teori probabilitas. Beberapa istilah statistika antara lain: populasi, sampel, unit sampel, dan probabilitas.
            Handphone adalah salah satu tehnologi yang dapat membantu kita dalam segala hal bahkan bila di gunakan dengan sebaik baiknya dapat memberikan kecerahan hidup di masa depan. Banyak dikalangan remaja yang tidak lepas dari handphone. Dari handphone tersebut mereka dapat mengakses internet untuk berinteraksi dengan orang lain melalui media sosial. Karena dari sosial media mereka dapat mengekspos semua yang mereka cari, yang mereka inginkan dan yang mereka pikirkan. Sosial media ada bermacam-macam, contohnya facebook, twitter, instagram, BBM, line, whats app, dll.

B.   Alasan pemilihan judul
            Kami memilih judul ” Jenis sosial media yang paling sering digunakan dikalangan anak sekolah” karena dapat memudahkan seseorang dalam berinteraksi dengan orang lain tanpa bertatap muka, dapat mempermudah seseorang untuk mendapat barang yang mereka inginkan dengan cepat tanpa harus datang ketempatnya. Oleh karena itu kami memilih judul tersebut.

C.    Batasan istilah
          Media sosial adalah salah satu alat komunikasi yang canggih dan mundah dalam penggunaannya. Selain itu kita juga bisa mendapatkan informasi didunia luar tanpa harus keliling dunia.

            Batasan option :
Jenis sosial media :
a.       Facebook
b.      Twitter
c.       Instagram
d.      BBM
e.       Whats App
f.       Line

D.   Permasalahan
1.      Jenis sosial media apa yang paling sering digunakan ?
2.      Apa alasan menggunakan sosial media tersebut ?

E.   Tujuan penelitian
1.      Mengetahui jenis sosial media apa yang paling sering digunakan dikalangan sekolah
2.      Mengetahui apa alasan menggunakan sosial media tersebut.

F.    Sistematika penelitian
            HALAMAN JUDUL
            HALAMAN PENGESAHAN
            MOTTO ATAU PERSEMBAHAN
            KATA PENGANTAR
            DAFTAR ISI
            DAFTAR LAMPIRAN
            BAB I :           PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang atau rasionalisasi
B.     Alasan pemilihan judul
C.     Batasan istilah
D.    Permasalahan
E.     Tujuan penelitian
F.      Sistematika penelitian

                        BAB II :          KAJIAN TEORI DAN HIPOTESA
A.    Kajian / landasan teori
B.     Hipotesa
                        BAB III :        METODE ENELITIAN
A.    Populasi dan sampel
B.     Teknik pengumpulan data
                        BAB IV :        HASIL PENELITIAN
A.    Tabel
B.     Diagram garis
C.     Diagram batang
D.    Diagram lingkaran
E.     Prosentase
                        BAB V :          KESIMPULAN/SARAN /PENUTUP











BAB II
KAJIAN TEORI DAN HIPOTESA

A.Pengertian Statistika

Statistika merupakan pengetahuan yang berhubungan dengan cara-cara pengumpulan data, pengolahan atau penganalisiannya dan penarikan kesimpulan berdasarkan kumpulan data dan penganalisian yang dilakukan.
1. Rumus Rataan Hitung (Mean) 
Rata-rata hitung atau mean memiliki perhitungan dengan cara membagi jumlah nilai data dengan banyaknya data. Rata-rata hitung disebut dengan mean.

a) Rumus Mean dari Data Tunggal  
b) Rumus Mean Untuk Data yang Disajikan Dalam Distribusi Frekuensi.

Dengan : fixi = frekuensi untuk nilai xi yang bersesuaian
xi = data ke-i




c) Rumus Mean Gabungan


2. Rumus Modus 

a. Data yang belum dikelompokkan
Modus dari data yang belum dikelompokkan adalah ukuran yang memiliki frekuensi tertinggi. Modus dilambangkan mo
.
b. Data yang telah dikelompokkan
Rumus Modus dari data yang telah dikelompokkan dihitung dengan rumus:


Dengan : Mo = Modus
L = Tepi bawah kelas yang memiliki frekuensi tertinggi (kelas modus) i = Interval kelas
b1 = Frekuensi kelas modus dikurangi frekuensi kelas interval terdekat sebelumnya
b2 = frekuensi kelas modus dikurangi frekuensi kelas interval terdekat sesudahnya

3. Rumus Median (Nilai Tengah) 
a) Data yang belum dikelompokkan
Untuk mencari nilai median, data harus dikelompokan terlebih dahulu dari yang terkecil sampai yang terbesar. 

b) Rumus Data yang Dikelompokkan

Dengan : Qj = Kuartil ke-j
j = 1, 2, 3
i = Interval kelas
Lj = Tepi bawah kelas Qj
fk = Frekuensi kumulatif sebelum kelas Qj
f = Frekuensi kelas Qj
n = Banyak data
4. Rumus Jangkauan ( J )
Rumus jangkauan yaitu selisih antara nilai data terbesar dengan nilai data terkecil. 
 
5. Rumus Simpangan Quartil (Qd)
Rumus simpangan quartil yaitu:
6. Rumus Simpangan baku ( S ) 
Menentukan rumus simpangan baku yaitu dengan cara:
7. Rumus Simpangan rata – rata (SR) 
8. Rumus Ragam (R)

BAB III

METODE PENELITIAN
A.    Populasi dan Sampel
1.      Populasi adalah seluruh objek yang akan diteliti.
Maka yang diseut populas pada penelitian ini adalah seluruh kelas XI di SMA Negeri 1 Ambarawa.
2.      Sampel adalah sebagian populasi yang diamati.
Maka yang disebut sampel pada penelitian kali ini adalah 20 siswa dari masing-masing kelas XI di SMA Negeri  1 Ambarawa.
B.     Teknik Pengumpulan Data
      Pada pembuatan laporan kali ini, penulis menggunakan metode penelitian, yaitu dengan cara membagikan angket sejumlah 20 ke masing-masing kelas XI di SMA Negeri 1 Ambarawa.

















BAB IV

HASIL LAPORAN ANGKET ATAU PENELITIAN


Penelitian kali ini kami melakukan pendataan untuk mendapatkan informasi tentang jenis sosial media yang oleh siswa SMA Negeri 1 Ambarawa kelas XI SOSIAL 2. Penggunaan ini berhubungan dengan jenis sosial media yang peling sering digunakan di kalangan anak sekolah. Kami menyebarkan angket di kelas XI SOSIAL 2 dengan 30. Tabel Hasil Laporan Angket.

Jenis sosial media

XI SOSIAL 2 (30 anak)
Facebook

Twitter

Instagram

BBM

Line

WhatApp


A.  Keterangan Diagram Setiap Kelas




B.  Keterangan Diagram Seluruhnya


DIAGRAM  BATANG DATA MEREK LAPTOP SISWA

DIAGRAM LINGKARAN MEREK LAPTOP SISWA
Kesimpulan Diagram Merek Laptop :
Dari dua diagram di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa merek laptop yang paling dominan digunakan oleh siswa SMA Negeri 1 Ambarawa kelas XI adalah merek lain, seperti, Axioo, Apple, Hp, Lenovo, dan lain-lain. Dikatakan dominan karena didapat prosentase sebesar 37%. Dan Merek laptop yang paling sedikit dimiliki oleh siswa SMA Negeri 1 Ambarawa adalah merek laptop Asus, dengan prosentase 12%.
Modus Merek Laptop :
Merek Laptop lain-lain (Axioo, Apple, Hp, Lenovo, dan lain-lain)






DIAGRAM BATANG PEMANFAATAN LISTRIK SEKOLAH

DIAGRAM LINGKARAN PEMANFAATAN LISTRIK SEKOLAH



Kesimpulan Diagram Pemanfaatan Listrik Sekolah :
Dari dua diagram di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa pemanfaatan listrik sekolah di setiap kelas sangat sering dilakukan oleh siswa. Siswa memilih menggunakan listrik sekolah untuk mencharge laptop yang mereka gunakan. Prosentase yang didapat dari pemanfaatan listrik sekolah ini adalah 77%. Sedangkan yang tidak menggunakan listrik sekolah didapat prosentase sebesar 23%.
Prosentase ini menunjukkan bahwa siswa sangat membutuhkan energi listrik yang telah disediakan oleh sekolah
Modus Pemanfaatan Listrik Sekolah :
Pernah menggunakan listrik sekolah.

DIAGRAM BATANG TUJUAN PENGGUNAAN LISTRIK SEKOLAH




DIAGRAM LINGKARAN PENGGUNAAN LISTRIK SEKOLAH
Kesimpulan Diagram Tujuan Penggunaan Listrik Sekolah :
Dari dua diagram di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa tujuan dari penggunaan listrik sekolah kebanyakan digunakan untuk mengerjakan tugas sekolah. Prosentase yang didapat dari perhitungan ini adalah 34%. Dan tujuan lain siswa yang beragam seperti menonton film, dan lain-lain masuk ke dalam kategori terendah, yaitu 18%.
Modus Tujuan Penggunaan Listrik Sekolah :
Mengerjakan Tugas Sekolah







BAB V

PENUTUP
A.   Kesimpulan
Dari hasil penelitian yang telah kami lakukan telah diambil kesimpulan bahwa siswa SMA Negeri 1 Ambarawa sebagian besar telah mempunyai laptop untuk menunjang proses belajar mengajar mereka. Mereka memanfaatkan energi listrik di sekolah agar penggunaan laptop semakin efektif. Tujuan pemakaian energi listrik ini juga banyak, antara lain bermain game, mengerjakan tugas, browsing, dan lain-lain.
Walau begitu, masih ada diantara 60 siswa yang menjadi responden tidak menggunakan listrik sekolah, dengan prosentase sebesar 23%. Ini menunjukkan bahwa penggunaan listrik di SMA Negeri 1 Ambarawa oleh siswa kelas XI SOSIAL masih membutuhkan peminimalisiran agar dapat menghemat energi listrik yang disediakan.

B.   Saran

Kami menyadari sepenuhnya dan telah berusaha sebaik-baiknya, namun laporan yang kami sajikan ini masih belum sempurna. Oleh karena itu kami berharap kritik dan saran ibu guru pembimbing dan para pembaca sekalian agar dalam penyusunan laporan selanjutnya dapat lebih baik lagi. Laporan Hasil kami ini masih perlu banyak revisi.
Akhir kata kami ucapkan permohonan maaf  atas segala kekurangan. Dan terima kasih atas perhatiannya.
Waalaikumsalam wr.wb







No comments: