RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan
pendidikan : SDN
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas
/ Semester : V/2
Materi
Pokok :
Tokoh – tokoh Penting yang Berperan dalam
Peristiwa Proklamasi
Kemerdekaan.
Alokasi
Waktu :
2 x 35 menit (1 kali pertemuan)
Hari
/ Tanggal :
A.
STANDAR KOMPETENSI
8.
Menggunakan pikiran, perasaan, informasi, dan fakta secara tertulis dalam
bentuk ringkasan, laporan, dan puisi bebas.
B.
KOMPETENSI DASAR
8.
2 . Menulis laporan pengamatan atau kunjungan berdasarkan tahapan (catatan,
konsep awal, perbaikan, dan final) dengan memperhatikan penggunaan ejaan.
C.
INDIKATOR
1.
Mampu memahami isi
laporan hasil pengamatan.
2.
Melakukan pengamatan
dan membuat laporan berdasarkan hasil pengamatan.
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
selesai mengikuti kegiatan pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
1)
Mampu memahami isi
laporan hasil pengamatan.
2)
Menulis pengamatan atau kunjungan berdasarkan tahapan (tahapan,
konsep awal, perbaikan, final) dengan memperhatikan penggunaan ejaan.
E.
KARAKTER SISWA YANG
DIHARAPKAN
1.
Cermat.
2.
Kritis.
3.
Kreatif.
4.
Kerja sama.
5.
Jujur.
F.
MATERI PEMMBELAJARAN
Menulis laporan pengamatan.
G.
METODE PEMBELAJARAN
1.
Informasi (ceramah).
2.
Tanya jawab.
3.
Diskusi.
4.
Penugasan.
5.
Presentasi.
H.
LANGKAH – LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.
Kegiatan Pendahuluan
a.
Guru memeriksa
kehadiran peserta didik.
b.
Guru menjelaskan tujuan
pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
c.
Guru membuka ingatan
peserta didik tentang bahasa laporan..
2.
Kegiatan Inti
a.
Eksplorasi
Tanya jawab tentang
sistematika atau susunan urutan penyajian laporan pengamatan.
b.
Elaborasi
1)
Merencanakan kegiatan
pengamatan mengenai kondisi kebersihan lingkungan disekitar tempat tinggal.
2)
Menentukan tujuan
pengamatan.
3)
Meyusun laporan hasil
pengamatan berdasarkan hasil data yang diperoleh.
c.
Konfirmasi
Guru dan peserta didik
mengadakan penyimpulan hasil kegiatan pembelajaran.
3.
Kegiatan Penutup
Guru melakukan
penilaian terhadap kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan secara konsisten
dan terprogram.
I.
SUMBER dan MEDIA
PEMBELAJARAN
1.
Buku paket Bahasa
Indonesia kelas V SD.
2.
Buku Bahasa Indonesia
yang relevan.
3.
Contoh laporan.
J.
PENILAIAN
1.
Penilaian Performance
(Kinerja).
Nilai keaktifan peserta
didik selama proses belajar.
2.
Penilaian Hasil Kerja.
a.
Nilai hasil tugas yang
telah dilakukan..
b.
Soal – soal uji
pemahaman dan latihan yang dibuat oleh guru .
3.
Alat Penilaian.
Soal – soal latihan.
No comments:
Post a Comment