RINGKASAN MATERI
MATA KULIAH :
PSIKOLOGY PERKEMBANGAN ANAK
MODUL 7 :
PERKEMBANAGN BAHASA DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
YANG SESUAI UNTUK ANAK USIA 4 – 6 TAHUN
KEGIATAN BELAJAR 3 : KEGIATAN PEMBELAJARAN UNTUK
MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BAHASA
ANAK
USIA 4-6 TAHUN
NAMA : HUNIAN MUDA
NIM : 12223355555
NO. URUT : 18
POKJAR : TAK TUNTANG
|
TAHUN
2017.1
KEGIATAN
PEMBELAJARAN UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BAHASA ANAK 4-6 TAHUN
Perkembangan
bahasa anak usia 4-6 th sedang mengalami peningkatan yang sangat pesat, hal ini
perkembangan bahasa anak tidak ditentukan oleh lingkungan semata tetapi faktor
genetik sangat memenuhi perkembangan bahasa anak.
A. Usaha
Mendorong Perkembangan Bahasa Anak Usia 4-6 Tahun
1.
Guru berperan
penting dalam mendorong perkembangan bahasa anak.
-
Bahasa anak
sudah ada didalam diri anak, peran guru perlu penguatan / koreksi, melalui
interaksi dan pembelajaran yang efektif dalam setiap interaksi guru dengan anak
mempengaruhi perkembangan bahasa
-
Melalui
instruksi dan pembelajaran yang efektif dalam setiap interaksi guru dengan anak
akan mempengaruhi perkembangan bahasanya.
2.
Guru menjadi
contoh/model penggunaan bahasa yang baik.
-
Seorang guru
harus berbicara dengan jelas dan sopan dengan pemilihan kata dan penggunaan
tata bahasa yang tepat.
-
Anak sebagai
peniru yang hebat
-
Keterampilan
bahasa juga dipengaruhi dan kematangan fisik anak, misalnya kematangan
organ-organ bicaranya / pengertian bahasanya. Maka sebagai guru harus bisa
berbicara baik dengan bahasa bicara yang jelas, sopan dengan pemilihan kata
yang menggunakan tata bahasa yang tepat. Jika terjadi kesalahan beri feedback
dengan cara yang lebih baik.
3.
Guru menciptakan
lingkungan sekolah yang kaya stimulasi bahasa.
-
Lingkungan
sekolah yang kaya akan stimulasi bahasa akan meningkatkan pemerolehan kemajuan
bahasa anak.
-
Sekolah
lingkungan kedua setelah rumah, sekolah harus kaya stimulasi bahasa akan
meningkatkan kemajuan bahasa anak
-
Lingkungan
sekolah harus dapat mendorong seorang anak mau bicara dan menjalin komunikasi
baik dengan guru atau teman sebaya
-
Guru harus bisa
memahami kebiasaan anak
-
Penyediaan
gambar dan lain-lain harus menarik.
4.
Guru menyadari
adanya perbedaaan individual yang akan mempengaruhi perkembangan bahasa anak.
-
Dalam rangka
perkembangan bahasa anak, guru harus memahami individu-individu anak berbeda,
karakter anak, keluarga anak, ekonomi secara perlahan guru harus menerapkan
bahasa yang baik.
-
Bila terjadi
masalah keterlambatan yang harus diperhatikan guru adalah mengembangkan
kemampuan bahasa banyak kosa kata yang harus dikuasai kejelasan dalam bicara
-
Didalam
individu-individu yang baik dapat menggunakan bahasa yang baik.
-
Menyadari dan
mengetahui bahwa setiap anak itu berbeda.
5.
Guru melibatkan
orang tua dalam kegiatan peningkatan perkembangan anak.
-
Guru harus
melibatkan hubungan dengan orang tua anak dalam kegiatan perkembangan bahasa
anak dan selalu berkomunikasi dengan orang tua agar perkembangan bahasa anak
juga diteruskan oleh orang tua dilingkungan keluarga tentunya dengan bahasa
yang baik supaya ada kesinambungan antara lingkungan sekolah dan lingkungan
rumah.
-
Pembelajaran di
sekolah jika orang tua di rumah ikut mendukung dan mengulangi materi
pembelajarannya.
} AKTIVITAS UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK
4-6 TAHUN
Aktifitas
yang harus dilakukan oleh guru harus diberikan dengan bermain / pada bunyi
Semua
aktivitas yang dilakukan harus diberikan dalam rangka bermain, karena ciri anak
usia prasekolah adalah bermain sambil belajar.
Adapun
cara untuk meningkatkan perkembangan
bahasa anak sebagai berikut:
Ø Bermain Birama untuk meningkatkan Phonological awarenes
Contoh
Pantun :
Daun
sirih daun lontar
Disimpan
rapi dan sejajar
Kalau
kamu mau pintar
Kamu
harus rajin belajar
Contoh
Puisi :
Gajah
binatang yang amat besar
Matanya
sipit telinganya lebar
Hidung
panjang kakinya besar
Kalau
pulang ke kandang lebar
bisa
juga dengan kata akhiran yang sama
Ø Game tebak kata untuk meningkatkan perkembangan
semantics dan memperbanyak kosa kata
Anak
biasanya menyukai main tebak kata, contoh :
Apakah
aku
bentukku
bulat
Anak-anak
senang bermain denganku
aku
bisa dilempar dan ditendang
apakah
aku .........
Ø Story telling untuk meningkatkan perkembangan tata
bahasa (grammar)
-
Setiap anak
senang dengan cerita atau dongeng
-
Cerita didukung
dengan alat bantu buku cerita, gambar-gambar menarik, boneka tangan, tokoh
lebih kongkrit, gaya bicara harus berkesan
-
Story telling
tidak hanya meningkatkan kosa kata saja tapi juga dapat mengenal bahasa dan
tulisan yang benar.
-
Jika terjadi kesalahan dalam pembahasan cerita
seorang guru jangan menyalahkan tetap mengulang dengan bahasa yang benar.
Ø
Kegiatan bermain
peran untuk meningkatkan kemampuan pragmaties
Dalam
bermain peran anak akan mencoba berbicara sesuai dengan tuntutan peran situasi
dan rekan bicaranya, sedangkan peran temanya harus yang berdekatan dengan
situasinya (seperti rumah-rumah, dokter-dokter) dan siapa-siapa saja yang jadi
tokohnya dan sebagai guru juga harus berperan seperti anak kecil juga, tetapi
harus dengan tata bahasa / pengucapan yang benar dan baik
No comments:
Post a Comment