PERKEMBANGAN BAHASA DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN YANG SESUAI UNTUK ANAK



RINGKASAN MATERI
MATA KULIAH                            :  PSIKOLOGY PERKEMBANGAN ANAK
MODUL 7                                      : PERKEMBANAGN BAHASA DAN KEGIATAN                                                          PEMBELAJARAN YANG SESUAI UNTUK ANAK                                                        USIA 4 – 6 TAHUN
KEGIATAN BELAJAR 3                         :  KEGIATAN PEMBELAJARAN UNTUK
                                                          MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BAHASA
                                                          ANAK USIA 4-6 TAHUN


 







NAMA             : HUNIAN MUDA
NIM                : 12223355555
NO. URUT     : 18
POKJAR         : TAK TUNTANG








 
UPBJJ UT SEMARANG
TAHUN 2017.1

KEGIATAN PEMBELAJARAN UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BAHASA ANAK  4-6 TAHUN

Perkembangan bahasa anak usia 4-6 th sedang mengalami peningkatan yang sangat pesat, hal ini perkembangan bahasa anak tidak ditentukan oleh lingkungan semata tetapi faktor genetik sangat memenuhi perkembangan bahasa anak.

A. Usaha Mendorong Perkembangan Bahasa Anak Usia 4-6 Tahun

1.    Guru berperan penting dalam mendorong perkembangan bahasa anak.
-   Bahasa anak sudah ada didalam diri anak, peran guru perlu penguatan / koreksi, melalui interaksi dan pembelajaran yang efektif dalam setiap interaksi guru dengan anak mempengaruhi perkembangan bahasa
-   Melalui instruksi dan pembelajaran yang efektif dalam setiap interaksi guru dengan anak akan mempengaruhi perkembangan bahasanya.
2.    Guru menjadi contoh/model penggunaan bahasa yang baik.
-   Seorang guru harus berbicara dengan jelas dan sopan dengan pemilihan kata dan penggunaan tata bahasa yang tepat.
-   Anak sebagai peniru yang hebat
-   Keterampilan bahasa juga dipengaruhi dan kematangan fisik anak, misalnya kematangan organ-organ bicaranya / pengertian bahasanya. Maka sebagai guru harus bisa berbicara baik dengan bahasa bicara yang jelas, sopan dengan pemilihan kata yang menggunakan tata bahasa yang tepat. Jika terjadi kesalahan beri feedback dengan cara yang lebih baik.
3.    Guru menciptakan lingkungan sekolah yang kaya stimulasi bahasa.
-   Lingkungan sekolah yang kaya akan stimulasi bahasa akan meningkatkan pemerolehan kemajuan bahasa anak.
-   Sekolah lingkungan kedua setelah rumah, sekolah harus kaya stimulasi bahasa akan meningkatkan kemajuan bahasa anak
-   Lingkungan sekolah harus dapat mendorong seorang anak mau bicara dan menjalin komunikasi baik dengan guru atau teman sebaya
-   Guru harus bisa memahami kebiasaan anak
-   Penyediaan gambar dan lain-lain harus menarik.
4.    Guru menyadari adanya perbedaaan individual yang akan mempengaruhi perkembangan bahasa anak.
-   Dalam rangka perkembangan bahasa anak, guru harus memahami individu-individu anak berbeda, karakter anak, keluarga anak, ekonomi secara perlahan guru harus menerapkan bahasa yang baik.
-   Bila terjadi masalah keterlambatan yang harus diperhatikan guru adalah mengembangkan kemampuan bahasa banyak kosa kata yang harus dikuasai kejelasan dalam bicara
-   Didalam individu-individu yang baik dapat menggunakan bahasa yang baik.
-   Menyadari dan mengetahui bahwa setiap anak itu berbeda.
5.    Guru melibatkan orang tua dalam kegiatan peningkatan perkembangan anak.
-   Guru harus melibatkan hubungan dengan orang tua anak dalam kegiatan perkembangan bahasa anak dan selalu berkomunikasi dengan orang tua agar perkembangan bahasa anak juga diteruskan oleh orang tua dilingkungan keluarga tentunya dengan bahasa yang baik supaya ada kesinambungan antara lingkungan sekolah dan lingkungan rumah.
-   Pembelajaran di sekolah jika orang tua di rumah ikut mendukung dan mengulangi materi pembelajarannya.

}  AKTIVITAS UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK 4-6 TAHUN
Aktifitas yang harus dilakukan oleh guru harus diberikan dengan bermain / pada bunyi
Semua aktivitas yang dilakukan harus diberikan dalam rangka bermain, karena ciri anak usia prasekolah adalah bermain sambil belajar.
Adapun cara  untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak sebagai berikut:
Ø Bermain Birama untuk meningkatkan Phonological awarenes
Contoh Pantun :
Daun sirih daun lontar
Disimpan rapi dan sejajar
Kalau kamu mau pintar
Kamu harus rajin belajar
Contoh Puisi :
Gajah binatang yang amat besar
Matanya sipit telinganya lebar
Hidung panjang kakinya besar
Kalau pulang ke kandang lebar
bisa juga dengan kata akhiran yang sama
Ø Game tebak kata untuk meningkatkan perkembangan semantics dan memperbanyak kosa kata
Anak biasanya menyukai main tebak kata, contoh :
Apakah aku
bentukku bulat
Anak-anak senang bermain denganku
aku bisa dilempar dan ditendang
apakah aku .........
Ø Story telling untuk meningkatkan perkembangan tata bahasa (grammar)
-   Setiap anak senang dengan cerita atau dongeng
-   Cerita didukung dengan alat bantu buku cerita, gambar-gambar menarik, boneka tangan, tokoh lebih kongkrit, gaya bicara harus berkesan
-   Story telling tidak hanya meningkatkan kosa kata saja tapi juga dapat mengenal bahasa dan tulisan yang benar.
-   Jika  terjadi kesalahan dalam pembahasan cerita seorang guru jangan menyalahkan tetap mengulang dengan bahasa yang benar.
Ø Kegiatan bermain peran untuk meningkatkan kemampuan pragmaties
Dalam bermain peran anak akan mencoba berbicara sesuai dengan tuntutan peran situasi dan rekan bicaranya, sedangkan peran temanya harus yang berdekatan dengan situasinya (seperti rumah-rumah, dokter-dokter) dan siapa-siapa saja yang jadi tokohnya dan sebagai guru juga harus berperan seperti anak kecil juga, tetapi harus dengan tata bahasa / pengucapan yang benar dan baik



No comments: