RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
pendidikan : SDN
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas
/ Semester : V/2
Materi
Pokok : Peristiwa Alam di
Indonesia.
Alokasi
Waktu : 2 x 35 menit (1 kali
pertemuan)
Hari
/ Tanggal :
A.
STANDAR KOMPETENSI
7.
Memahami perubahan yang terjadi di alam dan hubungannya dengan penggunaan
sumber daya alam.
B.
KOMPETENSI DASAR
7.6
Mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan dampaknya
bagi mahluk hidup dan lingkungan.
C.
INDIKATOR
Menyebutkan
peristiwa – peristiwa alam yang terjadi di Indonesia.
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
selesai mengikuti kegiatan pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
1)
Menyebutkan berbagai
peristiwa alam yang terjadi di Indonesia.
2)
Membuat kliping tentang
peristiwa – peristiwa alam yang pernah terjadi di Indonesia melalui tugas
mandiri.
E.
MATERI PEMBELAJARAN
Peristiwa
– peristiwa alam di Indonesia.
F.
METODE PEMBELAJARAN
1.
Informasi (ceramah).
2.
Tanya jawab.
3.
Latihan.
4.
Penugasan.
5.
Inkuiri.
G.
LANGKAH – LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.
Kegiatan Pendahuluan
a.
Apresiasi : Apa yang kamu ketahui tentang
peristiwa alam?.
b.
Motivasi : Peristiwa alam apa saja yang pernah
terjadi di Indonesia?
2.
Kegiatan Inti
a.
Eksplorasi
1)
Guru menyebutkan
peristiwa – peristiwa alam yang terjadi di Indonesia.
2)
Guru melibatkan peserta
didik mencari informasi yang mendalam dan meluas tentang materi peristiwa alam
di Indonesia.
3)
Guru menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran dan sumber belajar lainnya.
4)
Guru memfasilitasi
terjadinya interaksi antar peserta didik, serta antar peserta didik dan guru,
lingkungan dan sumber belajar lain.
5)
Guru melibatkan peserta
didik secara aktif dalam kegiatan pembelajaran.
b.
Elaborasi
Guru menunjuk salah
satu peserta didik secara acak untuk menjelaskan tiga jenis gempa bumi.
c.
Konfirmasi
1)
Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui peserta didik.
2)
Guru dan peserta didik
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan, dan
penyimpulan.
3.
Kegiatan Penutup
a.
Peserta didik membuat
rangkuman dan kesimpulan dengan bimbingan guru.
b.
Guru memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
H.
SUMBER dan MEDIA
PEMBELAJARAN
1.
Buku paket IPA kelas V SD.
2.
Buku pelajaran IPA yang
relevan.
3.
Literatur lain (koran,
majalah, internet).
I.
PENILAIAN
1.
Penilaian Performance
(Kinerja).
Nilai keaktifan peserta
didik selama proses belajar.
2.
Penilaian Hasil Kerja/
Alat.
a.
Nilai hasil kegiatan
yang telah dilakukan..
b.
Nilai hasil soal – soal
latihan yang dibuat oleh guru.
c.
Soal – soal latihan
yang dibuat oleh guru.