Contoh RPP Kelas 5 Semester 2 Mapel Matematika



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan pendidikan      : SDN
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas / Semester          : V/2
Materi Pokok              : Bangun Datar
Alokasi Waktu            : 2 x 35 menit (1 kali pertemuan)
Hari / Tanggal             :

A.    STANDAR KOMPETENSI
6.         Memahami sifat-sifat bangun dan hubungan antar bangun.

B.     KOMPETENSI DASAR
6.1       Mengidentifikasi sifat –sifat bangun-bangun datar.

C.     INDIKATOR
1.      Menyebutkan sifat-sifat bangun datar.
2.      Menunjukkan sifat-sifat bangun datar.

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik dapat :
1.      Mengidentifikasi sifat-sifat persegi panjang, persegi, lingkaran, segitiga, belah ketupat, trapesium, jajar genjang, layang-layang, dan elips.
2.      Menggambar bangun datar dan sifat-sifat bangun datar yang diberikan.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
Sifat – sifat bangun datar.

F.      METODE PEMBELAJARAN
1.      Ceramah.
2.      Tanya jawab.
3.      Latihan
4.      Penugasan

G.    LANGKAH – LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.      Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a.       Apresiasi : Guru bertanya : “ Apakah yang dimaksud dengan datar?”
b.      Motivasi : Guru memberi contoh tentang bangun datar.

2.      Kegiatan Inti (50 menit)
a.       Guru menggunakan pendekatan dan media pembelajaran tentang sifat-sifat bangun datar. Misalnya : Persegi panjang, persegi, lingkaran, segitiga, belah ketupat, trapesium, jajar genjang, layang-layang, dan elips.
b.      Guru memfasilitasi peserta didik menunjukkan sifat-sifat bangun datar.
c.       Peserta didik berkelompok mengerjakan soal-soal uji pemahaman.
d.      Siswa secara mandiri mengerjakan tugas.
e.       Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan, membantu peserta didik yang belum dapat memahami materi.

3.      Kegiatan Penutup (10 menit)
a.       Merefleksi proses dan hasil pembelajaran.
b.      Membuat  rangkuman / kesimpulan.
c.       Penugasan / PR.

H.    SUMBER dan  MEDIA PEMBELAJARAN
a.       Buku BSE Matematika Kelas V SD.
b.      Buku Matematika yang relevan.
c.       Buku lain yang relevan.

I.       PENILAIAN
1.      Penilaian Performance (Kinerja).
a.       Nilai keaktifan peserta didik selama proses pembelajaran.
2.      Penilaian Hasil Kerja.
a.       Nilai hasil kegiatan yang telah dilakukan.
b.      Nilai hasil uji pemahaman.

Contoh RPP Kelas V Semester genap Mapel IPS



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan      : SDN
Mata Pelajaran            : IPS
Kelas / Semester          : V/2
Materi Pokok              : Tokoh – tokoh Penting yang Berperan dalam Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan.
Alokasi Waktu            : 2 x 35 menit (1 kali pertemuan)
Hari / Tanggal             :

A.    STANDAR  KOMPETENSI
2. Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam  mempeersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
B.     KOMPETENSI DASAR
2.3. Menghargai jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan.

C.     INDIKATOR
Mendiskripsikan tentang tokoh – tokoh penting yang berperan dalam peristiwa proklamasi kemerdekaan.

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah selesai mengikuti kegiatan pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
1)      Memahami tentang tokoh – tokoh penting yang berperan dalam peristiwaProklamasi Kemerdekaan.
2)      Menghargai jasa dan peran tokoh perjuangan dalam  memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
Tokoh – tokoh penting yang berperan dalam peristiwa proklamasi kemerdekaan.
F.      KARAKTER SISWA YANG DIHARAPKAN
1.      Cinta tanah air
2.      Disiplin
3.      Kerja keras
4.      Gemar membaca
5.      Semangat kebangsaan
6.      Kreatif

G.    METODE PEMBELAJARAN
1.      Informasi (ceramah).
2.      Tanya jawab.
3.      Latihan.
4.      Penugasan.

H.    LANGKAH – LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.      Kegiatan Pendahuluan
a.       Apresiasi
Guru membuka pelajaran dengan salam , mengisi daftar hadir peserta didik dan mengenalkan materi yang akan dipelajari.
b.      Motivasi
Peserta didik diminta dengan seksama mempersiapkan diri untuk mengikuti pelajaran.
2.      Kegiatan Inti
a.       Eksplorasi
1)      Guru menjelaskan tentang tokoh-tokoh penting yang berperan dalam peristiwa proklamasi kemerdekaan.
2)      Peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam  melalui membaca tentang Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, Mr. Ahmad Soebarjo, Laksamana Tadashi Maeda, Fatmawati, Latief Hendraningrat, Chairul Saleh, Wikana, Sukarni, Sutan Syahrir.
3)      Guru menggunakan beragam pendekatan pembelajaran dan sumber belajar lainnya.
b.      Elaborasi
1)      Siswa menyebut tokoh-tokoh dalam memproklamsikan kemerdekaan.
2)      Menugaskan siswa secara berkelompok untuk mengidentifikasi dua tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan..
3)      Menceritakan jasa dan perannan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan..
c.       Konfirmasi
1)      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
2)      Guru dan peserta didik bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan, dan penyimpulan..
3.      Kegiatan Penutup
a.       Peserta didik membuat rangkuman dan kesimpulan.
b.      Refleksi.
c.       Penilaian.

I.       SUMBER dan MEDIA PEMBELAJARAN
1.      Buku paket kelas V SD.
2.      Buku- buku lain yang relevan.
3.      Gambar.

J.       PENILAIAN
1.      Penilaian Performance (Kinerja).
Nilai keaktifan peserta didik selama proses belajar.
2.      Penilaian Hasil Kerja.
a.       Nilai hasil kegiatan yang telah dilakukan..
b.      Nilai hasil uji pemahaman.
3.      Alat Penilaian.
Soal – soal latihan yang dibuat oleh guru kelas.