RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan : SDN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : V/2
Materi Pokok : Bangun Datar
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit (1 kali pertemuan)
Hari / Tanggal :
A. STANDAR KOMPETENSI
6. Memahami sifat-sifat bangun dan
hubungan antar bangun.
B. KOMPETENSI DASAR
6.1 Mengidentifikasi sifat –sifat
bangun-bangun datar.
C. INDIKATOR
1. Menyebutkan sifat-sifat bangun datar.
2. Menunjukkan sifat-sifat bangun datar.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik dapat :
1. Mengidentifikasi sifat-sifat persegi
panjang, persegi, lingkaran, segitiga, belah ketupat, trapesium, jajar genjang,
layang-layang, dan elips.
2. Menggambar bangun datar dan sifat-sifat
bangun datar yang diberikan.
E. MATERI PEMBELAJARAN
Sifat
– sifat bangun datar.
F. METODE PEMBELAJARAN
1. Ceramah.
2. Tanya jawab.
3. Latihan
4. Penugasan
G. LANGKAH – LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a. Apresiasi : Guru bertanya : “ Apakah
yang dimaksud dengan datar?”
b. Motivasi : Guru memberi contoh tentang
bangun datar.
2. Kegiatan Inti (50 menit)
a. Guru menggunakan pendekatan dan media
pembelajaran tentang sifat-sifat bangun datar. Misalnya : Persegi panjang, persegi,
lingkaran, segitiga, belah ketupat, trapesium, jajar genjang, layang-layang,
dan elips.
b. Guru memfasilitasi peserta didik
menunjukkan sifat-sifat bangun datar.
c. Peserta didik berkelompok mengerjakan
soal-soal uji pemahaman.
d. Siswa secara mandiri mengerjakan tugas.
e. Guru memberikan umpan balik positif dan
penguatan, membantu peserta didik yang belum dapat memahami materi.
3. Kegiatan Penutup (10 menit)
a. Merefleksi proses dan hasil
pembelajaran.
b. Membuat
rangkuman / kesimpulan.
c. Penugasan / PR.
H. SUMBER dan MEDIA PEMBELAJARAN
a. Buku BSE Matematika Kelas V SD.
b. Buku Matematika yang relevan.
c. Buku lain yang relevan.
I. PENILAIAN
1. Penilaian Performance (Kinerja).
a. Nilai keaktifan peserta didik selama
proses pembelajaran.
2. Penilaian Hasil Kerja.
a. Nilai hasil kegiatan yang telah
dilakukan.
b. Nilai hasil uji pemahaman.