RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
pendidikan : SDN
Mata
Pelajaran : IPS
Kelas
/ Semester : V/2
Materi Pokok : Tokoh – tokoh Penting yang
Berperan dalam Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan.
Alokasi
Waktu : 2 x 35 menit (1 kali
pertemuan)
Hari
/ Tanggal :
A.
STANDAR KOMPETENSI
2.
Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempeersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan
Indonesia.
B.
KOMPETENSI DASAR
2.3.
Menghargai jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan.
C.
INDIKATOR
Mendiskripsikan
tentang tokoh – tokoh penting yang berperan dalam peristiwa proklamasi
kemerdekaan.
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
selesai mengikuti kegiatan pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
1)
Memahami tentang tokoh
– tokoh penting yang berperan dalam peristiwaProklamasi Kemerdekaan.
2)
Menghargai jasa dan
peran tokoh perjuangan dalam
memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.
E.
MATERI PEMBELAJARAN
Tokoh
– tokoh penting yang berperan dalam peristiwa proklamasi kemerdekaan.
F.
KARAKTER SISWA YANG
DIHARAPKAN
1.
Cinta tanah air
2.
Disiplin
3.
Kerja keras
4.
Gemar membaca
5.
Semangat kebangsaan
6.
Kreatif
G.
METODE PEMBELAJARAN
1.
Informasi (ceramah).
2.
Tanya jawab.
3.
Latihan.
4.
Penugasan.
H.
LANGKAH – LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.
Kegiatan Pendahuluan
a.
Apresiasi
Guru membuka pelajaran dengan salam ,
mengisi daftar hadir peserta didik dan mengenalkan materi yang akan dipelajari.
b.
Motivasi
Peserta didik diminta dengan seksama
mempersiapkan diri untuk mengikuti pelajaran.
2.
Kegiatan Inti
a.
Eksplorasi
1)
Guru menjelaskan
tentang tokoh-tokoh penting yang berperan dalam peristiwa proklamasi
kemerdekaan.
2)
Peserta didik mencari
informasi yang luas dan dalam melalui membaca
tentang Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, Mr. Ahmad Soebarjo, Laksamana Tadashi
Maeda, Fatmawati, Latief Hendraningrat, Chairul Saleh, Wikana, Sukarni, Sutan
Syahrir.
3)
Guru menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran dan sumber belajar lainnya.
b.
Elaborasi
1)
Siswa menyebut
tokoh-tokoh dalam memproklamsikan kemerdekaan.
2)
Menugaskan siswa secara
berkelompok untuk mengidentifikasi dua tokoh dalam memproklamasikan
kemerdekaan..
3)
Menceritakan jasa dan
perannan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan..
c.
Konfirmasi
1)
Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
2)
Guru dan peserta didik
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan, dan
penyimpulan..
3.
Kegiatan Penutup
a.
Peserta didik membuat
rangkuman dan kesimpulan.
b.
Refleksi.
c.
Penilaian.
I.
SUMBER dan MEDIA
PEMBELAJARAN
1.
Buku paket kelas V SD.
2.
Buku- buku lain yang
relevan.
3.
Gambar.
J.
PENILAIAN
1.
Penilaian Performance
(Kinerja).
Nilai keaktifan peserta didik selama
proses belajar.
2.
Penilaian Hasil Kerja.
a.
Nilai hasil kegiatan
yang telah dilakukan..
b.
Nilai hasil uji
pemahaman.
3.
Alat Penilaian.
Soal – soal latihan yang dibuat oleh guru kelas.
No comments:
Post a Comment