Contoh RPP Kelas V Semester 2 Mapel IPA



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan pendidikan      : SDN
Mata Pelajaran            : IPA
Kelas / Semester          : V/2
Materi Pokok              : Peristiwa Alam di Indonesia.
Alokasi Waktu            : 2 x 35 menit (1 kali pertemuan)
Hari / Tanggal             :

A.    STANDAR  KOMPETENSI
7. Memahami perubahan yang terjadi di alam dan hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam.

B.     KOMPETENSI DASAR
7.6 Mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan dampaknya bagi     mahluk hidup dan lingkungan.

C.     INDIKATOR
Menyebutkan peristiwa – peristiwa alam yang terjadi di Indonesia.

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah selesai mengikuti kegiatan pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
1)      Menyebutkan berbagai peristiwa alam yang terjadi di Indonesia.
2)      Membuat kliping tentang peristiwa – peristiwa alam yang pernah terjadi di Indonesia melalui tugas mandiri.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
Peristiwa – peristiwa alam di Indonesia.

F.      METODE PEMBELAJARAN
1.      Informasi (ceramah).
2.      Tanya jawab.
3.      Latihan.
4.      Penugasan.
5.      Inkuiri.

G.    LANGKAH – LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.      Kegiatan Pendahuluan
a.       Apresiasi         : Apa yang kamu ketahui tentang peristiwa alam?.
b.      Motivasi          : Peristiwa alam apa saja yang pernah terjadi di Indonesia?

2.      Kegiatan Inti
a.       Eksplorasi
1)      Guru menyebutkan peristiwa – peristiwa alam yang terjadi di Indonesia.
2)      Guru melibatkan peserta didik mencari informasi yang mendalam dan meluas tentang materi peristiwa alam di Indonesia.
3)      Guru menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran dan sumber belajar lainnya.
4)      Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik, serta antar peserta didik dan guru, lingkungan dan sumber belajar lain.
5)      Guru melibatkan peserta didik secara aktif dalam kegiatan pembelajaran.
b.      Elaborasi
Guru menunjuk salah satu peserta didik secara acak untuk menjelaskan tiga jenis gempa bumi.
c.       Konfirmasi
1)      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui peserta didik.
2)      Guru dan peserta didik bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan, dan penyimpulan.

3.      Kegiatan Penutup
a.       Peserta didik membuat rangkuman dan kesimpulan dengan bimbingan guru.
b.      Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.

H.    SUMBER dan MEDIA PEMBELAJARAN
1.      Buku paket IPA  kelas V SD.
2.      Buku pelajaran IPA yang relevan.
3.      Literatur lain (koran, majalah, internet).




I.       PENILAIAN
1.      Penilaian Performance (Kinerja).
Nilai keaktifan peserta didik selama proses belajar.
2.      Penilaian Hasil Kerja/ Alat.
a.       Nilai hasil kegiatan yang telah dilakukan..
b.      Nilai hasil soal – soal latihan yang dibuat oleh guru.
c.       Soal – soal latihan yang dibuat oleh guru.

Contoh RPP SD Kelas 5 Mapel Bahasa Indonesia



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan pendidikan      : SDN
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester          : V/2
Materi Pokok              : Tokoh – tokoh Penting yang Berperan dalam
                                       Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan.
Alokasi Waktu            : 2 x 35 menit (1 kali pertemuan)
Hari / Tanggal             :

A.    STANDAR  KOMPETENSI
8. Menggunakan pikiran, perasaan, informasi, dan fakta secara tertulis dalam bentuk ringkasan, laporan, dan puisi bebas.

B.     KOMPETENSI DASAR
8. 2 . Menulis laporan pengamatan atau kunjungan berdasarkan tahapan (catatan, konsep awal, perbaikan, dan final) dengan memperhatikan penggunaan ejaan.

C.     INDIKATOR
1.      Mampu memahami isi laporan hasil pengamatan.
2.      Melakukan pengamatan dan membuat laporan berdasarkan hasil pengamatan.

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah selesai mengikuti kegiatan pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
1)      Mampu memahami isi laporan hasil pengamatan.
2)      Menulis pengamatan  atau kunjungan berdasarkan tahapan (tahapan, konsep awal, perbaikan, final) dengan memperhatikan penggunaan ejaan.

E.     KARAKTER SISWA YANG DIHARAPKAN
1.      Cermat.
2.      Kritis.
3.      Kreatif.
4.      Kerja sama.
5.      Jujur.

F.      MATERI PEMMBELAJARAN
Menulis laporan pengamatan.                                                               
G.    METODE PEMBELAJARAN
1.      Informasi (ceramah).
2.      Tanya jawab.
3.      Diskusi.
4.      Penugasan.
5.      Presentasi.

H.    LANGKAH – LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.      Kegiatan Pendahuluan
a.       Guru memeriksa kehadiran peserta didik.
b.      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
c.       Guru membuka ingatan peserta didik tentang bahasa laporan..
2.      Kegiatan Inti
a.       Eksplorasi
Tanya jawab tentang sistematika atau susunan urutan penyajian laporan pengamatan.
b.      Elaborasi
1)      Merencanakan kegiatan pengamatan mengenai kondisi kebersihan lingkungan disekitar tempat tinggal.
2)      Menentukan tujuan pengamatan.
3)      Meyusun laporan hasil pengamatan berdasarkan hasil data yang diperoleh.
c.       Konfirmasi
Guru dan peserta didik mengadakan penyimpulan hasil kegiatan pembelajaran.
3.      Kegiatan Penutup
Guru melakukan penilaian terhadap kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan secara konsisten dan terprogram.



I.       SUMBER dan MEDIA PEMBELAJARAN
1.      Buku paket Bahasa Indonesia  kelas V SD.
2.      Buku Bahasa Indonesia yang relevan.
3.      Contoh laporan.
J.       PENILAIAN
1.      Penilaian Performance (Kinerja).
Nilai keaktifan peserta didik selama proses belajar.
2.      Penilaian Hasil Kerja.
a.       Nilai hasil tugas yang telah dilakukan..
b.      Soal – soal uji pemahaman dan latihan yang dibuat oleh guru .
3.      Alat Penilaian.
Soal – soal latihan.