BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Laporan Akhir KKPI
Dalam menghadapi ujian akhir sekolah dan ujian
nasional diperlukan langkah yang pasti dan jelas dalam mempersiapkan semua
kegiatan tersebut baik mental maupun material.
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menerapkan/menugaskan
siswanya untuk membuat laporan akhir untuk
semua mata pelajaran dari adaptif, normatif, dan produktif. Tugas
tersebut diberikan guru mapel yang mengampu mapel masing-masing untuk diberikan
kepada siswanya. Tugas ini bersifat tugas pribadi jadi setiap siswa harus akif
sendiri. Dan maksud atau tujuan di adakan atau diberikan untuk menyusun laporan
akhir adalah agar siswa mempelajari kemnali materi yang diberikan dan agar
mempelajari lagi, agar setiap siswa mempunyai bekal untuk menghadapi UAS dan
UAN dan mendapatkan nilai yang maksimal.
SMK Negeri 1 Jambu Kabupaten Semarang mempunyai 5
Kompetensi Keahlian yaitu: Tekhnik Kendaraan Ringan, Tekhnik
Permesinan, Tekhnik Body Repair, Kompetensi Keahlian Busana Butik ,dan Jasa
Boga bermaksud memberikan andil dalam mewarnai bursa tenaga kerja
dengan mendidik siswa tingkat menegah menjadi tamatan yang siap memasuki dunia
kerja.
Untuk tujuan tersebut, SMK Negeri 1 Jambu mewajibkan
siswanya melaksanakan atau membuat tugas atau laporan akhir sebagai program
kurikulum nasional sekaligus bertujuan mengevaluasi kembali materi yang telah
di berikan oleh bapak ibu guru.
Berangkat dari pemikiran di atas, perlu adanya kerja
sama antara siswa dan guru, sehingga tercipta kerjasama yang saling memberi dan
menerima (take and give).Diharapkan
melalui program ini siswa mampu mengingat kembali apa yang telah diberikan.
B.Tujuandan Manfaat Laporan Akhir
v Bagi
Siswa
1. Siswa
mampu mengingat kembali apa yang telah diberikan oleh bapak dan ibu guru.
2. Mampu
mengembangkan kreatifitas masing-masing dalam menyusun laporan.
3. Mempunyai
bekal untuk menghadapi UAS maupun UAN.
4. Siswa
dapat menambah wawasan ilmu yang bermanfaat.
v Bagi
Sekolah
1. Melaksanakan
Pendidikan sesuai amanat kurikulum SMK.
2. Sebagai
wahana dalam menyapkan siswanya.
3. Mengevaluasi
kembali materi yang telah diberikan.
BAB II
PEMBAHASAN
1.Internet
a.
Sejarah
Internet merupakan jaringan
komputer yang dibentuk oleh
Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced
Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan
bagaimana dengan hardware dan software
komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan
komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek
ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat
dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal
bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet
Protocol).
Tujuan
awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan
komputer yang tersebar dengan
menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila
terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari
terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah
dihancurkan.
Pada
mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford
Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of
Utah, di mana mereka
membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di
seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin
bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh
sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan
militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer
seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal
dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.
b.
Definisi
Secara harfiah, internet (kependekan dari interconnected-networking)
ialah rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian.Manakala Internet
(huruf ‘I’ besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan
menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching
communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet.Cara
menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.
Atau dengan kata lain, definisi
internet adalah jaringan besar yang saling berhubungan dari
jaringan-jaringan komputer yang menghubungkan orang-orang dan komputer-komputer
diseluruh dunia, melalui telepon, satelit dan sistem-sistem komunikasi yang
lain. Internet dibentuk oleh jutaan komputer yang terhubung bersama dari
seluruh dunia, memberi jalan bagi informasi (mulai dari text, gambar, audio,
video, dan lainnya ) untuk dapat dikirim dan dinikmati bersama. Untuk dapat
bertukar informasi, digunakan protocol standar yaitu Transmision Control
Protocol dan internet Protocol yang lebih dikenal sebagai TCP/IP.
TCP (Transmission Control Protocol) bertugas untuk memastikan bahwa
semua hubungan bekerja dengan benar, sedangkan IP (Internet Protocol) yang
mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lain. TPC/IP secara umum
berfungsi memilih rute terbaik transmisi data, memilih rute alternatif jika
suatu rute tidak dapat di gunakan, mengatur dan mengirimkan paket-paket
pengiriman data.
c.
UUITE
Secara umum, materi
Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UUITE) dibagi menjadi dua
bagian besar, yaitu pengaturan mengenai informasi dan transaksi elektronik dan
pengaturan mengenai perbuatan yang dilarang. Pengaturan mengenai informasi dan
transaksi elektronik mengacu pada beberapa instrumen internasional, seperti
UNCITRAL Model Law on eCommerce dan UNCITRAL Model Law on eSignature.Bagian ini
dimaksudkan untuk mengakomodir kebutuhan para pelaku bisnis di internet dan
masyarakat umumnya guna mendapatkan kepastian hukum dalam melakukan transaksi
elektronik. Beberapa materi yang diatur, antara lain:
d. Pengakuan
informasi/dokumen elektronik sebagai alat bukti hukum yang sah (Pasal 5 &
Pasal 6 UU ITE) :
a. Tanda
tangan elektronik (Pasal 11 & Pasal 12 UU ITE)
b. Penyelenggaraan
sertifikasi elektronik (certification authority, Pasal 13 & Pasal 14 UU
ITE)
c. Penyelenggaraan
sistem elektronik (Pasal 15 & Pasal 16 UU ITE)
Beberapa materi
perbuatan yang dilarang (cybercrimes) yang diatur dalam UUITE, antara lain:
a. Konten
ilegal, yang terdiri dari, antara lain: kesusilaan, perjudian,
penghinaan/pencemaran nama baik, pengancaman dan pemerasan (Pasal 27, Pasal 28,
dan Pasal 29 UU ITE);
b. Akses
ilegal (Pasal 30);
c. Intersepsi
ilegal (Pasal 31);
d. Gangguan
terhadap data (data interference, Pasal 32 UU ITE);
e. Gangguan
terhadap sistem (system interference, Pasal 33 UU ITE);
f. Penyalahgunaan
alat dan perangkat (misuse of device, Pasal 34 UU ITE);
Penyusunan materi UUITE
tidak terlepas dari dua naskah akademis yang disusun oleh dua institusi
pendidikan yakni Unpad dan UI.Tim Unpad ditunjuk oleh Departemen Komunikasi dan
Informasi sedangkan Tim UI oleh Departemen Perindustrian dan Perdagangan.Pada
penyusunannya, Tim Unpad bekerjasama dengan para pakar di ITB yang kemudian
menamai naskah akademisnya dengan RUU Pemanfaatan Teknologi Informasi (RUU
PTI). Sedangkan tim UI menamai naskah akademisnya dengan RUU Informasi
Elektronik dan Transaksi Elektronik.
Kedua naskah akademis tersebut pada
akhirnya digabung dan disesuaikan kembali oleh tim yang dipimpin Prof. Ahmad M
Ramli SH (atas nama pemerintah Susilo Bambang Yudhoyono), sehingga namanya
menjadi Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik sebagaimana disahkan
oleh DPR.
Secara
garis besar UUITE mengatur hal-hal sebagai berikut :
a. Tanda
tangan elektronik memiliki kekuatan hukum yang sama dengan tanda tangan
konvensional (tinta basah dan bermaterai).
b. Sesuai
dengan e-ASEAN Framework Guidelines (pengakuan tanda tangan digital lintas
batas).
c. Alat
bukti elektronik diakui seperti alat bukti lainnya yang diatur dalam KUHP.
d. UUITE
berlaku untuk setiap orang yang melakukan perbuatan hukum, baik yang berada di
wilayah Indonesia maupun di luar Indonesia yang memiliki akibat hukum di Indonesia.
e. Pengaturan
Nama domain dan Hak Kekayaan Intelektual.
f. Perbuatan
yang dilarang (cybercrime) dijelaskan pada Bab VII (pasal 27-37)
g. Pasal
27 (Asusila, Perjudian, Penghinaan, Pemerasan)
h. Pasal
28 (Berita Bohong dan Menyesatkan, Berita Kebencian dan Permusuhan)
i.
Pasal 29 (Ancaman Kekerasan dan
Menakut-nakuti)
j.
Pasal 30 (Akses Komputer Pihak Lain
Tanpa Izin, Cracking)
k. Pasal
31 (Penyadapan, Perubahan, Penghilangan Informasi)
l.
Pasal 32 (Pemindahan, Perusakan dan
Membuka Informasi Rahasia)
m. Pasal
33 (Virus, Membuat Sistem Tidak Bekerja (DOS)
n. Pasal
35 (Menjadikan Seolah Dokumen Otentik (phising)
e. Manfaat
1.
Menambah Wawasan
Dengan tersedianya milyaran
informasi yang ada di internet, Anda hanya perlu mencari nya saja.Hanya dengan
mengetik beberapa kata pun, informasi yang Anda inginkan sudah bisa
didapatkan.Misalnya Anda sangat gemar dengan olahraga sepakbola, maka semua
informasi mengenai sepakbola di internet ada.Jadi, internet sangat menambah
wawasan penggunanya.
2.
Lebih Efisien
Tak perlu membeli koran, tak perlu
berlama-lama menunggu informasi yang Anda mau di TV. Dengan internet, informasi
apapun bisa langsung Anda dapatkan.Jadi, dapat dibuktikan bahwa internet bukan
hanya media yang murah, tetapi juga sangat efisien.
3.
Memudahkan Komunikasi
Di era yang semakin canggih ini,
berkomunikasi tak perlu lagi menggunakan surat, melainkan menggunakan fasilitas
digital yang tersedia saat ini, seperti halnya di internet. Internet mampu
berperan sebagai media komunikasi kita dengan orang lain, contohnya Anda bisa
mengirimkan tulisan rasa rindu kepada kawan Anda melalui social media yang
bagus, seperti google+
4.
Meningkatkan Penguasaan Bahasa Asing
Bisa menggunakan bahasa asing adalah
sesuatu yang sangat membanggakan, terlebih lagi berbicara mengenai bahasa
Inggris.Bahasa yang satu ini merupakan bahasa internasional yang sebetulnya
wajib kita kuasai sebagai bekal untuk bekerja nantinya, terlebih lagi jika Anda
ingin bekerja di luar negeri.Di internet sendiri memang sangat banyak informasi
yang disajikan dalam bentuk bahasa Inggris. Selain itu Anda juga bisa belajar
bahasa Inggris maupun bahasa asing lainnya dengan menerjemahkan kata atau
kalimat di Yahoo Translate.
5.
Mendorong Kemandirian
Tahukah Anda, orang yang sudah fasih
menggunakan internet biasanya cenderung bisa lebih mandiri dalam mencari sebuah
informasi yang dibutuhkan olehnya. Karena dirinya mempunyai rasa keingintahuan
yang tinggi, sehingga jika ia penasaran bisa mencarinya di internet. Sehingga
terciptalah karakter kemandirian, karena terbiasa insiatif sendiri mencari
informasi.
6.
Sarana Pendidikan Jarak Jauh
Internet sebagai perpustakaan online
dan kemampuannya dalam membangun komunikasi yang interaktif memungkinkan setiap
orang melakukan pendidikan jarak jauh. Artinya, seorang guru atau dosen dengan
siswa atau mahasiswa tidak harus berada di satu tempat, melainkan bisa di
tempat yang berbeda walaupun jauh.Mengapa bisa? Karena siswa bisa mengakses
website yang telah sekolah buat, lalu siswa mengikuti proses pendidikan di
depan komputernya, bisa kapan saja, bahkan hingga 24 jam.
7.
Sebagai Sarana Hiburan
Berbicara mengenai hiburan,
sebenarnya sebuah hiburan bisa didapatkan bukan hanya di dunia nyata saja, di
dunia maya pun bisa.Di internet, Anda bisa mendapatkan hiburan sesuai yang Anda
mau, misalnya menonton sebuah video lucu, gambar yang menghibur, bermain game
secara online, menyegarkan pikiran dengan mencari informasi menghibur, dan
lain-lain.
8.
Memudahkan Pekerjaan
Pekerjaan yang sebelumnya terasa
berat bisa menjadi ringan karena hadirnya internet. Contoh, jika Anda
diperintahkan oleh direktur untuk memberikan sebuah data ke kantor lain, dan
hal ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan surat elektronik di internet atau
biasa disebut dengan Email.
9.
Untuk Menjalankan Bisnis
Bisnis yang dijalankan di internet
disebut oleh kebanyak orang dengan bisnis online.Ya, bisnis online kini tengah
populer dan sudah sangat banyak yang menjalaninya dari seluruh penjuru dunia.
Bagusnya bisnis online adalah kita hanya duduk di depan laptop atau komputer
saja sambil menjalankan bisnis, jadi tentunya sangat hemat tenaga dan bahkan
hasilnya bisa lebih besar dibanding bekerja di dunia nyata.
10. Bisa Untuk
Berbelanja
Jika Anda suatu hari sedang malas
untuk keluar rumah, ataupun sekedar ingin mencari pengalaman baru
berbelanja.Belanja online adalah pilihan yang tepat, meski begitu Anda harus
berhati-hati, perhatikan apakah penjualnya terpercaya dan barangnya terbukti
berkualitas.Jadi begitu mudahnya belanja online, caranya Anda hanya perlu
memesan sesuai dengan format yang telah ditentukan penjual, harga cocok, kirim
uang, barang terkirim sampai di rumah Anda.
f.
Tutorial web browser
I.
Membuka Aplikasi Web Browser
Dengan cara membukanya klik 2x pada shortcut google chrome
II.
Menutup Aplikasi Web Browser
Cara menutup web browser yang mudah
tinggal klik icon silang.
III.
.Memasukkan Alamat Situs
Cara memasukkan alamat atau situs web yaitu dengan cara mengisi alamat di addres bar,
misalnya www.google.com
IV.
Browsing
Masukan alamat website yang ingin anda
kunjungi pada address bar.
V.
Searching
Dengan Search Engine
Masuk ke search
engine contohnya google / yahoo dan masukkan keyword
2. Email
1.
Sejarah
Semua bermula ketika pada tahun 1968,
sebuah perusahaan yang bernama Bolt Beranek and Newman (BBN) dikontrak oleh
Departemen Pertahanan AS untuk menyelesaikan proyek yang disebut ARPANET
(Advanced Research Projects Agency Network) yang kemudian berubah menjadi
Internet. ARPANET sendiri adalah proyek yang semula bertujuan untuk menciptakan
sebuah metode komunikasi antara institusi militer dan pendidikan satu sama
lain.
Kemudian pada tahun 1971, seorang
insinyur bernama Ray Tomlinson ditugaskan dalam program yang disebut SNDMSG.
Program ini bukanlah program baru, karena sebenarnya
program tersebut sudah
ada sejak sekian tahun silam. Dilihat dari standar masa kini, program tersebut
bisa dikatakan lebih primitif. Apa yang bisa dilakukan oleh program tersebut
hanyalah saling mengirim pesan kepada sesama pengguna dalam satu mesin yang
sama. Ketika pengguna membuat pesan / dokumen dalam bentuk teks, selanjutnya
pesan tersebut akan dikirimkan ke dalam kotak surat yang ada pada mesin itu
Awalnya Ray bereksperimen dengan program
SNDMSG yang bisa digunakan untuk meninggalkan pesan pada sebuah komputer,
sehingga orang lain yang memakai komputer tersebut dapat membaca pesan yang
ditinggalkan. Lalu, dia melanjutkan eksperimennya dengan menggunakan file protokol
yang dinamakan CYPNET sehingga program SNDMSG tadi bisa mengiri pesan ke
komputer lain yang berada di dalam jaringan ARPANET. Itulah awal mula
terciptanya sebuah ‘e-mail’.
Pesan email yang pertama kali dikirim Ray
dan merupakan e-mail yang pertama kalinya di dunia adalah “QWERTYUIOP”.
Selanjutnya pada tahun
1972, Ray memperkenalkan icon ‘@’ yang berarti “at” atau “pada” sebagai
identitas email untuk memisahkan user id dan domain sebuah alamat email.
Salah satu program email pertama yang
terbesar yang dapat digunakan untuk umum adalah Eudora. Email ini pertama kali
ditulis pada tahun 1988 oleh Steve Domer yang pada saat itu ia adalah seorang
karyawan di University of Illinois.
Eudora
diambil dari nama almarhum Eudora Welty, seorang penulis dari AS. Eudora adalah
client emai (email berbasis client) pertama yang menyediakan grafis antarmuka.
Pada
saat pertama muncul, email ini bersifat gratis meski setelah dibeli oleh
Qualcomm pada tahun 1994 dan menjadi produk professional.
Seperti aplikasi lain dalam web, Eudora
adalah raja selama beberapa tahun. Lalu dengan cepat tergantikan oleh client
email dari Netscape dan Internet Explorer. Kedua client email tersebut kemudian
menjadi popular, tidak hanya lebih baik dari Eudora namun juga karena mereka
disediakan secara cuma-cuma dengan web browser.
2.
Definisi Email
E-mail
adalah surat melalui media elektronik.Sebenarnya email merupakan singkatan dari
“Electronic mail”.Melalui email kita dapat mengirim surat elektronik baik
berupa teks maupun gabungan dengan gambar, yang dikirimkan dari satu alamat
email ke alamat lain di jaringan internet.Apabila kita mengirim surat melalui
email kita dapat memperoleh beberapa keuntungan.Antara lain, dengan menggunakan
email surat (informasi) yang kita kirim ke alamat email lain akan secara
langsung diterima, selain itu biaya yang kita keluarkan cukup murah.Sebuah
alamat email biasanya memiliki format semacam username@host.domain.Saat ini ISP
yang menyediakan layanan pembuatan email secara gratis adalah yahoo.com dan
plasa.com.Sebagai contoh kita membuat email melalui yahoo.com
Ø Komponen
Email
Sebuah alamat email terdiri atas dua
bagian, yaitu di sebelah kiri tanda @ disebut user id, yang menunjukkan
identitas pemilik e-mail tersebut. User id ini dapat berupa nama pemilik,
singkatan nama, nickname, nomor, atau apapun juga. Sedangkan teks setelah
lambang @ (contoh: ymail.com) disebut domain name/hostname, yang menunjukkan
identitas domain tempat e-mail (mail server) tersebut disimpan.
Ø Jenis
Email
Ada 3 jenis layanan E-mail, yaitu : POP
mail, E-mail Forwarding dan E-mail berbasis web, masing-masing mempunyai
kelebihan dan kekurangan.
Ø Pop
Mail
E-mail jenis ini sama dengan e-mail yang anda terima dari
ISP anda
Kelebihannya :
Kemampuan
untuk dibaca secara offline (tidak perlu connect ke internet) untuk mengecek
email, anda perlu connect ke server POP mail anda, lalu mendownload seluruh
email yang ada, setelah itu anda bisa memutuskan hubungan dengan internet dan
membaca email.
Kekurangannya
:
Anda tidak bisa mengecek email anda
di sembarang tempat
Ø Web
Based Mail
Email jenis ini merupakan email
yang ditawarkan oleh berbagai situs/web
Kelebihannya :
Anda
bisa mencek email anda dari mana saja
Kekurangannya :
Untuk mengecek email anda harus selalau
terhubung ke internet.
Ø Email
Forwarding
Kelebihan
:
Anda bisa menyembunyikan alamat email
yang sesungguhnya, selain itu tidak perlu memberi tahu email anda yang baru.
Ø Metode
Pengiriman
Untuk mengirim email kita memerlukan
suatu program mail-client. Email yang kita kirim akan melalui beberapa poin
sebelum sampai di tujuan
Ø Mengakses
Email
Email pada mulanya disimpan di dalam
sebuah mailserver. Biasanya bila seseorang memakai koneksi ISP untuk sambungan
ke internet, ia akan diberikan satu email gratis. Email yang diterima akan
disimpan di server surat elektronik ISP.
a. Menggunakan
'browser', seperti Internet Explorer atau Mozilla Firefox. Metode ini disebut
sebagai web-based, artinya kita menggunakan media web sebagai perantara ke
kotak email. Contoh: Yahoo! Mail dan Gmail. Untuk menggunakannya, pengguna
haruslah dalam keadaan online. Layanan email berbasis web biasanya disediakan
oleh penyelenggara layanan email gratis.
b. Menggunakan
program pengakses email (e-mail client), seperti: Eudora Mail, Outlook Express,
Mozilla Thunderbird, Mutt. Dengan menggunakan program seperti ini, seseorang
harus mengetahui konfigurasi yang bisa didapat dari ISP. Keuntungannya adalah
dapat membaca email tanpa perlu terhubung secara terus-menerus dengan internet
dan puluhan bahkan ratusan email dapat diterima dan dikirimkan secara
bersama-sama sekaligus. Kelebihan yang lainnya adalah perangkat lunak ini
menyediakan fungsi-fungsi penyuntingan dan pembacaan email secara offline.
Dengan demikian biaya koneksi ke internet dapat dihemat.
3. Anatomi
Dalam
dunia email, biasanya kita diharapkan untuk mengikuti etika email, agar terjadi
komunikasi yang sehat antara pengirim dan penerima email. Untuk lebih mengenal
etika email, maka di bawah ini disajikan bagian-bagian terpenting dari sebuah
email. Secara umum sebuah email terdiri dari :
a.
Subyek atau topik email
b.
Tanggallamat email yang dituju
c.
Nama lengkap dan alamat email pengguna
4.
Etika
Penggunaan Email
Etika dalam email sama dengan etika
dalam menulis surat biasa. Ada email yang isinya formal ada yang informal.
Beberapa poin penting:
Ø Jangan
mengirim email dengan lampiran (attachment) yang terlalu besar (lebih dari 1
mb). Tidak semua orang mempunyai akses Internet yang cepat, dan ada kemungkinan
lampiran tersebut melebihi kapasitas email penerima, sehingga akan ditolak
mailserver penerima. Selain itu, perhatikan juga bahwa beberapa penyedia email
juga menerapkan batasan tentang jumlah, jenis, dan ukuran email yang dapat
diterima (dan dikirim) penggunanya.
Ø Jangan
mengirim lanjut (forward) email tanpa berpikir kegunaan bagi orang yang dituju
Ø Selalu
isi kolom subjek, jangan dibiarkan kosong.
Ø Jangan
menggunakan huruf kapital karena dapat menimbulkan kesan anda BERTERIAK.
Ø Dan
tentu saja, gunakan kata-kata dengan santun:). Adakalanya sesuatu yang kita
tulis akan terkesan berbeda dengan apa yang sebetulnya kita maksudkan.
5. .Manfaat
Penggunaan e-mail memungkinkan data di kirim secara elektronik sehingga samapai
di tujuan dengan sangat cepat. Kamu dapat mengirim file berupa program, gambar,
grafik, dan file lainnya. kamu juga dapat mengirim e-mail ke beberapa orang
sekaligus pada saat yang bersamaan.
E-mail juga dapat digunakan untuk mengirimkan surat atau ucapan selamat
kepada keluarga di kampung halaman atau luar negeri. Dalam bidang bisnis,
e-mail sudah digunakan untuk melakukan kesepakatan bisnis atau mengirimkan
dokumen penting.
Surat elektronik dapat diamankan dengan melakukan teknik pengacakan (enkripsi).
Salah satu program enkripsi yang populer adalah PGP (Pretty Good Privacy).
Dengan memakai PGP maka isi akan dienkrip, dan hanya orang yang tertuju dapat
mendekripsi dan membaca surat elektronik tersebut. Kerugiannya adalah membuat
repot pihak pengirim dan penerima (karena keduanya harus memiliki program PGP,
dan pengirim juga harus memiliki kunci umum penerima, dan melakukan enkripsi
pesan dengan kunci tersebut).
6.
Tutorial email
2.6.1 Membuat
Email
Ø Selanjutnya
klik yang create account di
bawah ini.
Ø Isi
biodata secara lengkap dan benar
Ø Selanjutnya
isi form pendaftaran hingga terisi semua. Untuk isian form alamat email anda
saat ini bisa di kosongkan. Jangan lupa pada persyaratan layanan dan kebijakan
privasi. Kemudian klik langkah berikutnya.
Ø
Jika sudah selasai klik langkah berikutnya. Maka
anda akan di bawa kehalaman selamat datang. Selanjutnya klik Lanjutkan ke G-mail. Dengan begitu anda telah memiliki Email di
Gmail.
2.6.2
Membuka Email
Ø Masuk
ke www.gmail.comdan masukan account anda yang
terdaftar di gmail, kemudian sign in.
2.6.3
Menutup Email
Ø Klik
yang di arah panah lalu pilih sign out
2.6.4 Mengirim email yang di sertai
attachment
Ø Login
ke akun gmail anda.
Ø Lalu
klik compose atau tulis.
Ø Akan
terbuka sebuah form dipojok kanan web browser, kemudian isikan alamat email
penerima pada To/kepada, Subjek/judul lau isi email tersebut
Ø Untuk
mengirim, klik tombol Send.
2
Blogger
1.1 Sejarah
Pada 23 Agustus 1999, Blogger
diluncurkan oleh Pyra Labs. Sebagai salah satu perangkat publikasi blog pertama
di dunia, Blogger berperan dalam mempopulerkan format blog di dunia. Pada
Februari 2003, Pyra Labs diakusisi oleh Google, membuat sejumlah fitur premium
Blogger yang sebelumnya dikomersialkan Pyra Labs menjadi layanan yang
sepenuhnya gratis. Pada Oktober 2004, salah satu pendiri Pyra Labs, Evan
Williams, mengundurkan diri dari Google.
Pada tahun 2004, Google membeli Picasa,
dan mengintegrasikannya dengan Blogger sehingga pengguna Picasa dapat
mempublikasikan koleksi foto miliknya ke situs blognya.
Pada 9 Mei 2004, Blogger memperkenalkan
beberapa perubahan besar pada sistem publikasi blognya, menambahkan fitur
seperti templat yang memenuhi standar web, halaman arsip individual untuk
masing-masing posting dan komentar, serta fitur posting melalui email.
Pada 14 Agustus 2006, Blogger
meluncurkan versi terbarunya dalam tahap beta, yang diberi nama kode
"Invader". Versi terbaru ini memigrasikan pengguna Blogger ke server
milik Google dan menambahkan beberapa fitur baru. Pada Desember 2006, versi
baru ini keluar dari tahap beta. Mei 2007, Blogger selesai memigrasikan semua
data.
3.2 Definisi
Ø Blog
Blog merupakan singkatan dari "Web
Log" adalah sebuah aplikasi web yang berupa tulisan-tulisan ataupun gambar
yang biasa disebut dengan sebuah posting atau postingan dalam sebuah halaman
website umum seperti blog. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut
terbalik biasanya isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama,
meskipun tidak selamanya seperti ini. Situs web seperti blog ini biasanya dapat
diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik atau tujuan yang
sedang dicari oleh pengunjung atau visitor dari search engine.
Ø Blogger
Blogger adalah suatu media Internet yang
menyediakan sebuah catatan pribadi yang bisa dilihat oleh semua pengguna
Internet dan menjadi sebuah media untuk berbagi informasi dengan mudah dan
gratis. Selain itu blogger merupakan sebuah ikatan yang terbentuk dari para
blogger berdasarkan dengan kesamaan tertentu, misal : kesamaan daerah, kesamaan
sekolah, kesamaan hobi, dan kesamaan lainnya. Untuk bisa bergabung dengan
sebuah komunitas blogger biasanya ada syarat tertentu misalnya berasal dari
daerah tertentu. Dan blogger ini bisa diartikan orang yang suka menulis artikel
pada blog.
Ø Blogging
Blogging adalah suatu cara kita
mengkomunikasikan sebuah gagasan pikiran atau ide kita, lalu menuangkannya
kedalam sebuah blog untuk dijakan sebuah artikel atau postingan. Seberapa besar
kemampuan kita dalam berkomunikasi akan sangat menentukan kesuksesan dan
kepopularitasan dalam sebuah blogging. Biasanya para blogger pemula melakukan
aktifitas blogging dengan mengisi sebuah buku tamu, mereka menyimpan atau
menempelkan sebuah link blog mereka masing-masing dan mengharapkan sebuah
kunjungan ke blog mereka, atau dengan cara berkomentar untuk medapatkan sebuah
komentar balik disalah satu artikelnya. Cara ini memang sangat efektif dan
relevan untuk dilakukan oleh seorang blogger pemula yang belum memiliki
kepopularitasan masing-masing.
Ø Blogspot
Blogspot merupakan sebuah layanan gratis
untuk membuat suatu blog yang merupakan salah satu produk dari Google. Dengan
menggunakan sebuah blogspot Anda dapat membuat sebuah blog untuk menuliskan
atau menuangkan sebuah ide Anda untuk menjadikan blog Anda lebih populer,
selain itu Anda dapat mendapatkan uang dari hasil blog Anda. Jadi mari kita
manfaatkan layanan gratis dari Google untuk mencari uang maupun berekspresi di
dunia Internet.
3.3
Jenis
Blog
Ø Blog
politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog
(Seperti kampanye).
Ø Blog
pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman
keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan, dan perbincangan
teman.
Ø Blog
bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
Ø Blog
kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi
tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang
kesehatan, dll.
Ø Blog
sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
Ø Blog
perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan
keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
Ø Blog
mode: Lebih dikenal dengan "fashion blog". Isinya seputar gaya,
perkembangan mode, selera fesyen, liputan pameran mode, dan lain-lain.
Ø Blog
riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
Ø Blog
hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs
(Blog Laws).
Ø Blog
media: Berfokus pada bahasan berbagai macam informasi
Ø Blog
agama: Membahas tentang agama
Ø Blog
pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
Ø Blog
kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
Ø Blog
petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
Ø Blog
bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis
mereka
Ø Blog
pengejawantahan: Fokus tentang objek di luar manusia; seperti anjing
Ø Blog
pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal
sebagai splogs (Spam Blog)
Ø Blog
virus (virus): Digunakan untuk merusak
3.4 Manfaat
Ø Berbagi
tulisan dengan orang lain
Ø Menambah
ilmu
Ø Menjadi
media untuk curhat
Ø Berlatih
menjadi penulis yang baik
Ø Melatih
kretifitas dan sarana untuk berkreasi
Ø Sebagai
media untuk mencari teman
Ø Membangun
kepercayaan
Ø Mendapatkan
uang dari blog
Ø Menjadi
terkenal dan populae
Ø Menjadi
sebuah tujuan dan alasan untuk hidup
3.5 Tutorial Blog
3.5.1
Membuat
Blog
mempunyai akun Gmail untuk bisa membuat
blog dengan situs tersebut
Ø Selanjutnya
anda harus login terlebih dahulu.
Ø Setelah
itu akan muncul tampilan seperti di bawah ini, dan klik Blog Baru.
Ø Nanti
akan muncul jendela halaman untuk mendaftar blog baru, seperti gambar berikut .
Ø Kemudian
isi judul dan alamat blog, setelah itu pilih Buat Blog.
3.5.2
Membuka
Blog
Ø Cukup
klik “Lihat Blog” untuk membuka blog anda, seperti gambar di bawah ini.
3.5.3
Menutup
Blog
Ø Sebelah
kanan atas pada tampilab blog anda terdapat menu “Keluar”, klik menu tersebut.
3.5.4
Memposting
Blog
Ø Pilih
menu “Entri Baru” pada tampilan dasbor seperti gambar di bawah ini.
Ø Ketik
judul postingan yang akan di buat dan beserta isi postingannya, kemudian klik
“Publikasikan”
3.5.5
Mengedit
Blog
Kita dapat mengedit blog sesuka hati,
seperti mengganti template, menambhakhan jam, dll.Saya akan menjelaskan
beberapa cara untuk mengedit blog.
Ø Pilih
menu “Template” pada dasbor, lalu klik “Edit HTML”
Ø Setelah
itu akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, kemudian pilih template
yang kita inginkan.
Ø Kemudian
klik “Terapkan ke Blog”
3
E-leraning
dan E-jobmarket
1.1 E-learning
dengan Edmodo
1.1.1
Sejarah
Edmodo didirikan oleh Nicolas Borg dan
Jeff O’Hara, dua orang yang bekerja di sekolah terpisah di daerah Chicago.
Edmodo sendiri adalah media social network microblogging yang aman bagi siswa
dan guru. Pada situs ini orangtua pun dapat bergabung serta berkomunikasi
dengan guru dan orangtua siswa lain, selain tentu saja dengan putra atau putri
mereka sendiri. Sekarang Edmodo sudah berkembang pesat dan sudah memiliki
kurang lebih 7 juta akun yang terdiri dari guru dan murid.
1.1.2
Definisi
Edmodo adalah situs microblogging yang
dapat digunakan di dalam kelas maupun rumah. Edmodo juga dapat membantu guru
yang tidak bisa mengajar di kelas dengan memberikan materi pembelajaran secara
online. Dalam Edmodo, Guru bisa memberikan tugas yang bisa ditentukan waktu
pengumpulannya serta meng-upload materi belajar.Murid juga bisa berbagi pemikiran atau ide lewat posting-nya
di Edmodo atau jika disamakan dengan facebook, bisa dikatakan Update Status.
Lebih tepatnya lagi, edmodo adalah “Facebook Guru dan Murid” karena fitur yang
ditawarkan hampir sama dengan facebook. Fitur yang di tawarkan adalah :
Ø Fitur yang ditawarkan adalah :
Ø Bisa
meng-edit Profile Picture dan Nama.
Ø Tampilan
yang sama seperti facebook.
Ø Assignment
yang dapat diposting guru sebagai PR (pekerjaan rumah) / tugas.
Ø Pengaturan
jadwal event-event penting.
Ø Satu
anak bisa menjadi murid banyak guru.
Ø Edmodo
bisa diakses melalui handphone.
Edmodo sendiri bisa diakses melalui
mobile, dan sudah tersedia untuk smartphone Android dan iPhone. Semakin mudah
saja untuk belajar dan semoga saja dengan adanya situs ini dapat menyama
ratakan pendidikan di Indonesia. Namun hal ini juga bisa mengakibatkan
kecemburuan sosial karena hanya kalangan tertentu saja yang dapat mengaksesnya
dengan gadget mereka, sementara kalangan bawah yang garis kemiskinannya masih
dianggap belum mampu mempunyai gadget bisa terhalang untuk belajar.
4.1.3
Option
Guru, Murid, dan Orang Tua
Edmodo adalahsebuah platform
pembelajaran sosial untuk guru, siswa, maupun orang tua/wali.Setiap option
mempunyai fitur tersendiri/khusus.
Edmodo menyediakan alat-alat media
sosial untuk guru dan siswa, memungkinkan mereka untuk berbagi catatan, link,
dan file dalam cara modern. Guru juga memiliki kemampuan untuk mengirimkan
peringatan kepada siswa tentang kegiatan dan tugas. Mereka juga akan memiliki
pilihan untuk mengirim item ke timeline publik. Hal yang berguna juga dalah kalenderyang
bisa membuat semua orang mengetahui tentang ujian yang akan datang dan acara
lainnya dan kegiatan khusus.
Siswa dapat melakukan interaksi dalam
pantauan gurunya (bebas cyber crime dan cyber bullying). Guru dapat mengunci
siswa, dengan demikian ia hanya bisa membaca dan tidak bisa berkomentar pada
seisi kelas namun tetap ia bisa berkomunikasi langsung dengan gurunya.
Tidak ada orang luar yang bisa masuk dan
melihat kelas virtual yang di buat oleh seorang guru tanpa mendapat kode khusus
dari guru yang bersangkutan. Guru dapat memulai pertanyaan, menaruh foto atau
video, menaruh presentasi bahan ajar, yang kesemuanya bebas untuk di unduh leh
siswa dan dikomentari.
Sedangkan orang tua/wali juga dapat
memantau aktivitas anaknya di edmodo dan bisa mengetahui hasil belajarnya.
4.1.4
Manfaat
Edmodo
Ø Tidak
ada orang luar yang bisa masuk dan melihat kelas virtual yang dibuat oleh
seorang guru tanpa mendapat kode khusus dari guru yang bersangkutan.
Ø Guru
bisa memulai pertanyaan, menaruh foto atau video, menaruh presentasi bahan
ajar, yang kesemuanya bebas untuk diunduh oleh siswa dan dikomentari.
Ø Murid
bisa kembali kapan saja untuk mengulang materi yang diberikan gurunya, bahkan
PR bisa diberikan melalui edmodo. Murid juga bisa mengumpulkan PR nya lewat
edmodo, tinggal unggah saja.
Ø Guru
bisa menaruh nilai dari pekerjaan siswa sebagai acuan bagi siswa.
Ø Edmodo
memungkinkan guru menaruh bahan ajar yang sangat berguna bagi siswa yang tidak
masuk atau berhalangan saat melakukan tatap muka.
Ø Siswa
yang pendiam bisa bebas berkata-kata dan berpendapat tanpa khawatir
dipermalukan, sementara si anak tipe aktif bisa posting pertanyaan kapan saja
asal ia terhubung dengan internet.
Ø guru
bisa mengajarkan tata cara yang berlaku di dunia maya seperti cara berkomentar dan
sederet tata krama di dunia maya yang perlu siswanya ketahui.
Ø Edmodo
merupakan wahana komunikasi dan diskusi yang sangat efiesien untuk para guru
dan murid
Ø Dengan
Edmodo, siswa satu dengan siswa lainnya dapat dengan mudah berinteraksi dan
berdiskusi dengan pantauan langsung dari gurunya.
Ø Selain
itu, Edmodo mempermudah komunikasi antara guru, murid sekaligus orang tua
murid.
Ø Sebagai
sarana yang tepat untuk ujian maupun quiz.
Ø Guru
dapat memberikan bahan ajar seperti pertanyaan, foto, video pembelajaran kepada
murid dengan mudah. Selain itu, murid
juga dapat mengunduh bahan ajar tersebut
Ø Dengan
adanya Edmodo, orang tua murid dapat memantau kegiatan belajar anaknya dengan
mudah.
Ø Mempermudah
guru dalam memberikan soal dari mana saja dan kapan saja.
4.1.5
Tutorial
Edmodo
a. Membuat Account Edmodo
Ø Pilih
“Students”
Ø Isi
form anda pada kolom yang tersedia
Ø Jika
sudah di isi klik menu “Sign Up For Free”
b. Membuka Edmodo
Ø Isikan
alamat email dan pasword lalu klik “Login”
Ø Setelah
itu akan muncul tampilan edmodo seperti di bawah ini
Ø Klik
tanda panah seperti gambae di bawah ini yang terdapat di sebelah kanan atas,
lalu pilih “Logout”
e. Memanfaatkan Fasilitas Edmodo
Fasilitas di Edmodo cukup banyak dan
mempunyai fungsi tersendiri. Di Edmodo kita dapat Update Status seperti di
Facebook, karena situs e-learning ini memang mirip dengan situs jajaring social
Facebook, lihat gambar berikut. Tetapi jangan sembarangan karena sebagai murid
di Edmodo kita dipantau oleh guru.
Masih banyak fasilitas yang bisa kita
gunakan, seperti Progess, Backpack, Hone, dll. Disini penulis akan menjelaskan
cara memanfaatkan fasilitas-fasilitas Edmodo yang lain.
Ø Home
Jika anda mengklik menu “Home”, anda
akan melihat aktivitas kelas Edmodo anda, seperti gambar di bawah ini.
Ø Progess
Menu ini digunakan untuk melihat hasil
kerja kita atau statistic nilai dan badges (penghargaan)
Ø Backpack
Fungsi menu ini seperti halnya tas.
Tetapi yang di simpan di menu ini adalah file
4.1 E-Jobmarket
4.1.3
Sekilas
Tentang E-Jobmarket
Pengertian tentang E-Marketing menurut
Armstrong dan Kottler (2004:74) adalah sebagai berikut: E-Marketing is the
marketing side of E-Commerce, it consists of company efforts to communicate
abaout, promote and sell products and services over the internet. Yang bisa
diartikan sebagai berikut: E-Marketing adalah sisi pemasaran dari E-Commerce,
yang terdiri dari kerja dari perusahaanuntuk mengkomunikasikan sesuatu,
mempromosikan, dan menjual barang dan jasa melalui internet.
Menurut American Marketing Association
yang dikutip oleh Kleindl dan Burrow (2005) marketing adalah proses perencanaan
dan pelaksanaan dari ide atau pemikiran konsep, harga, promosi dan distribusi.
Marketing dapat diartikan lebih sederhana yakni pembangunan dan pemeliharaan hubungan
yang saling memuaskan antara perusahaan dan konsumen.
Saat ini marketing
telah berkembang seiring dengan perkembangan teknologi. Aktivitas marketing
menjadi lebih luas dengan adanya internet. Penggunaan internet dan fasilitas
yang ada di dalam internet untuk melakukan aktivitas marketing dikenal sebagai
e-marketing (Kleindl dan Burrow, 2005).
Menurut
Boone dan Kurtz (2005) e-marketing adalah salah satu komponen dalam e-commerce
dengan kepentingan khusus oleh marketer, yakni strategi proses pembuatan, pendistribusian,
promosi, dan penetapan harga barang dan jasa kepada pangsa pasar internet atau
melalui peralatan digital lain.
Sedangkan
menurut Strauss dan Frost (2001) e-marketing adalah penggunaan data dan
aplikasi elektronik untuk perencanaan dan pelaksanaan konsep, distribusi,
promosi, dan penetapan harga untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan
individu dan organisasi.
4.1.1
Alasan
Perusahaan Memanfaatan Internet sebagai Bursa Kerja
Dengan majunya tekhnologi, tentunya
sejumlah perusahaan besar juga memanfaatkannya untuk memajukan perusahaan
tersebut. Cntohnya sebuah perusahaan membuat bursa kerja online melalui
internet. Bahkan masyarakatpun sebagian besar sudah mengenal internet dan sudah
bisa menggunakannya.
Oleh sebab itu perusahaan memanfaatkan
internet dengan membuat bursa kerja online untuk merekrut karyawan atau tenaga
kerja baru. Di sisi lain para pencari kerja juga memanfaatkan internet untuk
mencari pekerjaan dengan mudah dan instan. Dengan adanya bursa kerja ini
peruahaan dengan mudah melakukan seleksi karyawan sesuai dengan kualifikasi
mereka sendiri.
4.1.2
Manfaat
Ø Mampu
menjangkau berbagai konsumen dalam suatu lingkungan yang belum dipenuhi oleh
pesaing.
Ø Target
adalah konsumen yang telah terbagi ke dalam kelompok dan mengembangkan dialog
berkelanjutan.
Ø Transaksi
binis secara elektronik dan dengan biaya yang rendah.
Ø E-mail
dan data files dapat dipindahkan kepada konsumen yang terpilih atau semua
konsumen dalam hitungan detik.
Ø Jalur
proses penjualan langsung dari produsen ke pengguna tanpa harus melewati jalur
distribusi klasik.
Ø Dapat
menambahkan produk untuk dipasarkan secara cepat dan melakukan perubahan dalam
rencana penjualan dengan sangat cepat.
Ø Dapat
melacak kegiatan penjualan yang sudah terjadi, langkah-langkahnya dan hasil
yang didapat.
Ø Dapat
mengawasi pesaing
Ø Menciptakan
dialog antara perusahaan dengan konsumen
Ø Dapat mendistribusikan program dan informasi
tentang produk melalui E-mail atau file transfer.
4.1.3
Tutorial
E- Jobmarket
Ø Masuk
ke id.jobsdb.com
Ø Klik
“Cari” seperti gambar berikut
Ø Setelah
itu akan muncul gammbar
seperti ini, lalu klik “Lamar Sekarang”
Ø Jika
sudah akan muncul tampilan seperti di bawah ini, kemudian klik “Melamar Tanpa
Login”
Ø Setelah
itu akan muncul seperti di bawah ini dan isi apa yang akan di kirim.
Ø Kemudian
klik kirim
BAB
III
PENUTUPAN
A. Kesimpulan
Website adalah sebagai kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk
menampilkan informasi teks, gambar diam atau gerak, animasi, suara, dan atau
gabungan dari semuanya itu baik yang bersifat statis maupun dinamis yang
membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing
dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink).
Manfaatnya yang diperoleh ilmu akan terus berkembang apabila selalu
di-share ke sesama orang yang membutuhkan ,Meningkatkan harga diri , Mempunyai
potensi teman lebih banyak.
B.
Saran
Dari tugas ini kami masih banyak kekurangan karena keterbatasan ilmu
pengetahuan, oleh karena itu koreksi dan saran dari pembaca sangat penting
untuk perbaikan dimasa mendatang.
DAFTAR
PUSTAKA
http://pengetahuanwawasanz.blogspot/2014/03/pengertian-dan-manfaatkegunaane-mail.html
http://kucing-stress.blogspot.com/2013/05/cara-membuat-email-lengkap-dengan.html
No comments:
Post a Comment