Tugas Akhir Tentang KKPI (Multimedia)



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Laporan Akhir KKPI
Dalam menghadapi ujian akhir sekolah dan ujian nasional diperlukan langkah yang pasti dan jelas dalam mempersiapkan semua kegiatan tersebut baik mental maupun material.
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menerapkan/menugaskan siswanya untuk membuat laporan akhir untuk  semua mata pelajaran dari adaptif, normatif, dan produktif. Tugas tersebut diberikan guru mapel yang mengampu mapel masing-masing untuk diberikan kepada siswanya. Tugas ini bersifat tugas pribadi jadi setiap siswa harus akif sendiri. Dan maksud atau tujuan di adakan atau diberikan untuk menyusun laporan akhir adalah agar siswa mempelajari kemnali materi yang diberikan dan agar mempelajari lagi, agar setiap siswa mempunyai bekal untuk menghadapi UAS dan UAN dan mendapatkan nilai yang maksimal.
SMK Negeri 1 Jambu Kabupaten Semarang mempunyai 5 Kompetensi Keahlian yaitu: Tekhnik Kendaraan Ringan, Tekhnik Permesinan, Tekhnik Body Repair, Kompetensi Keahlian Busana Butik ,dan Jasa Boga bermaksud memberikan andil dalam mewarnai bursa tenaga kerja dengan mendidik siswa tingkat menegah menjadi tamatan yang siap memasuki dunia kerja.
Untuk tujuan tersebut, SMK Negeri 1 Jambu mewajibkan siswanya melaksanakan atau membuat tugas atau laporan akhir sebagai program kurikulum nasional sekaligus bertujuan mengevaluasi kembali materi yang telah di berikan oleh bapak ibu guru.
Berangkat dari pemikiran di atas, perlu adanya kerja sama antara siswa dan guru, sehingga tercipta kerjasama yang saling memberi dan menerima (take and give).Diharapkan melalui program ini siswa mampu mengingat kembali apa yang telah diberikan.
B.Tujuandan Manfaat Laporan Akhir
v  Bagi Siswa
1.      Siswa mampu mengingat kembali apa yang telah diberikan oleh bapak dan ibu guru.
2.      Mampu mengembangkan kreatifitas masing-masing dalam menyusun laporan.
3.      Mempunyai bekal untuk menghadapi UAS maupun UAN.
4.      Siswa dapat menambah wawasan ilmu yang bermanfaat.

v  Bagi Sekolah
1.      Melaksanakan Pendidikan sesuai amanat kurikulum SMK.
2.      Sebagai wahana dalam menyapkan siswanya.
3.      Mengevaluasi kembali materi yang telah diberikan.











BAB II
PEMBAHASAN
1.Internet
a.      Sejarah
Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

b.      Definisi
Secara harfiah, internet (kependekan dari interconnected-networking) ialah rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian.Manakala Internet (huruf ‘I’ besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet.Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.
Atau dengan kata lain, definisi internet adalah jaringan besar yang saling berhubungan dari jaringan-jaringan komputer yang menghubungkan orang-orang dan komputer-komputer diseluruh dunia, melalui telepon, satelit dan sistem-sistem komunikasi yang lain. Internet dibentuk oleh jutaan komputer yang terhubung bersama dari seluruh dunia, memberi jalan bagi informasi (mulai dari text, gambar, audio, video, dan lainnya ) untuk dapat dikirim dan dinikmati bersama. Untuk dapat bertukar informasi, digunakan protocol standar yaitu Transmision Control Protocol dan internet Protocol yang lebih dikenal sebagai TCP/IP.
TCP (Transmission Control Protocol) bertugas untuk memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar, sedangkan IP (Internet Protocol) yang mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lain. TPC/IP secara umum berfungsi memilih rute terbaik transmisi data, memilih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat di gunakan, mengatur dan mengirimkan paket-paket pengiriman data.

c.       UUITE
Secara umum, materi Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UUITE) dibagi menjadi dua bagian besar, yaitu pengaturan mengenai informasi dan transaksi elektronik dan pengaturan mengenai perbuatan yang dilarang. Pengaturan mengenai informasi dan transaksi elektronik mengacu pada beberapa instrumen internasional, seperti UNCITRAL Model Law on eCommerce dan UNCITRAL Model Law on eSignature.Bagian ini dimaksudkan untuk mengakomodir kebutuhan para pelaku bisnis di internet dan masyarakat umumnya guna mendapatkan kepastian hukum dalam melakukan transaksi elektronik. Beberapa materi yang diatur, antara lain:
d.      Pengakuan informasi/dokumen elektronik sebagai alat bukti hukum yang sah (Pasal 5 & Pasal 6 UU ITE) :
a.       Tanda tangan elektronik (Pasal 11 & Pasal 12 UU ITE)
b.      Penyelenggaraan sertifikasi elektronik (certification authority, Pasal 13 & Pasal 14 UU ITE)
c.       Penyelenggaraan sistem elektronik (Pasal 15 & Pasal 16 UU ITE)
Beberapa materi perbuatan yang dilarang (cybercrimes) yang diatur dalam UUITE, antara lain:
a.       Konten ilegal, yang terdiri dari, antara lain: kesusilaan, perjudian, penghinaan/pencemaran nama baik, pengancaman dan pemerasan (Pasal 27, Pasal 28, dan Pasal 29 UU ITE);
b.      Akses ilegal (Pasal 30);
c.       Intersepsi ilegal (Pasal 31);
d.      Gangguan terhadap data (data interference, Pasal 32 UU ITE);
e.       Gangguan terhadap sistem (system interference, Pasal 33 UU ITE);
f.       Penyalahgunaan alat dan perangkat (misuse of device, Pasal 34 UU ITE);

Penyusunan materi UUITE tidak terlepas dari dua naskah akademis yang disusun oleh dua institusi pendidikan yakni Unpad dan UI.Tim Unpad ditunjuk oleh Departemen Komunikasi dan Informasi sedangkan Tim UI oleh Departemen Perindustrian dan Perdagangan.Pada penyusunannya, Tim Unpad bekerjasama dengan para pakar di ITB yang kemudian menamai naskah akademisnya dengan RUU Pemanfaatan Teknologi Informasi (RUU PTI). Sedangkan tim UI menamai naskah akademisnya dengan RUU Informasi Elektronik dan Transaksi Elektronik.
Kedua naskah akademis tersebut pada akhirnya digabung dan disesuaikan kembali oleh tim yang dipimpin Prof. Ahmad M Ramli SH (atas nama pemerintah Susilo Bambang Yudhoyono), sehingga namanya menjadi Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik sebagaimana disahkan oleh DPR.


Secara garis besar UUITE mengatur hal-hal sebagai berikut :
a.       Tanda tangan elektronik memiliki kekuatan hukum yang sama dengan tanda tangan konvensional (tinta basah dan bermaterai).
b.      Sesuai dengan e-ASEAN Framework Guidelines (pengakuan tanda tangan digital lintas batas).
c.       Alat bukti elektronik diakui seperti alat bukti lainnya yang diatur dalam KUHP.
d.      UUITE berlaku untuk setiap orang yang melakukan perbuatan hukum, baik yang berada di wilayah Indonesia maupun di luar Indonesia yang memiliki akibat hukum di Indonesia.
e.       Pengaturan Nama domain dan Hak Kekayaan Intelektual.
f.       Perbuatan yang dilarang (cybercrime) dijelaskan pada Bab VII (pasal 27-37)
g.      Pasal 27 (Asusila, Perjudian, Penghinaan, Pemerasan)
h.      Pasal 28 (Berita Bohong dan Menyesatkan, Berita Kebencian dan Permusuhan)
i.        Pasal 29 (Ancaman Kekerasan dan Menakut-nakuti)
j.        Pasal 30 (Akses Komputer Pihak Lain Tanpa Izin, Cracking)
k.      Pasal 31 (Penyadapan, Perubahan, Penghilangan Informasi)
l.        Pasal 32 (Pemindahan, Perusakan dan Membuka Informasi Rahasia)
m.    Pasal 33 (Virus, Membuat Sistem Tidak Bekerja (DOS)
n.      Pasal 35 (Menjadikan Seolah Dokumen Otentik (phising)
e.       Manfaat
1.      Menambah Wawasan
            Dengan tersedianya milyaran informasi yang ada di internet, Anda hanya perlu mencari nya saja.Hanya dengan mengetik beberapa kata pun, informasi yang Anda inginkan sudah bisa didapatkan.Misalnya Anda sangat gemar dengan olahraga sepakbola, maka semua informasi mengenai sepakbola di internet ada.Jadi, internet sangat menambah wawasan penggunanya.
2.      Lebih Efisien
            Tak perlu membeli koran, tak perlu berlama-lama menunggu informasi yang Anda mau di TV. Dengan internet, informasi apapun bisa langsung Anda dapatkan.Jadi, dapat dibuktikan bahwa internet bukan hanya media yang murah, tetapi juga sangat efisien.

3.      Memudahkan Komunikasi
            Di era yang semakin canggih ini, berkomunikasi tak perlu lagi menggunakan surat, melainkan menggunakan fasilitas digital yang tersedia saat ini, seperti halnya di internet. Internet mampu berperan sebagai media komunikasi kita dengan orang lain, contohnya Anda bisa mengirimkan tulisan rasa rindu kepada kawan Anda melalui social media yang bagus, seperti google+
4.      Meningkatkan Penguasaan Bahasa Asing
            Bisa menggunakan bahasa asing adalah sesuatu yang sangat membanggakan, terlebih lagi berbicara mengenai bahasa Inggris.Bahasa yang satu ini merupakan bahasa internasional yang sebetulnya wajib kita kuasai sebagai bekal untuk bekerja nantinya, terlebih lagi jika Anda ingin bekerja di luar negeri.Di internet sendiri memang sangat banyak informasi yang disajikan dalam bentuk bahasa Inggris. Selain itu Anda juga bisa belajar bahasa Inggris maupun bahasa asing lainnya dengan menerjemahkan kata atau kalimat di Yahoo Translate.
5.      Mendorong Kemandirian
            Tahukah Anda, orang yang sudah fasih menggunakan internet biasanya cenderung bisa lebih mandiri dalam mencari sebuah informasi yang dibutuhkan olehnya. Karena dirinya mempunyai rasa keingintahuan yang tinggi, sehingga jika ia penasaran bisa mencarinya di internet. Sehingga terciptalah karakter kemandirian, karena terbiasa insiatif sendiri mencari informasi.
6.      Sarana Pendidikan Jarak Jauh
            Internet sebagai perpustakaan online dan kemampuannya dalam membangun komunikasi yang interaktif memungkinkan setiap orang melakukan pendidikan jarak jauh. Artinya, seorang guru atau dosen dengan siswa atau mahasiswa tidak harus berada di satu tempat, melainkan bisa di tempat yang berbeda walaupun jauh.Mengapa bisa? Karena siswa bisa mengakses website yang telah sekolah buat, lalu siswa mengikuti proses pendidikan di depan komputernya, bisa kapan saja, bahkan hingga 24 jam.


7.      Sebagai Sarana Hiburan
            Berbicara mengenai hiburan, sebenarnya sebuah hiburan bisa didapatkan bukan hanya di dunia nyata saja, di dunia maya pun bisa.Di internet, Anda bisa mendapatkan hiburan sesuai yang Anda mau, misalnya menonton sebuah video lucu, gambar yang menghibur, bermain game secara online, menyegarkan pikiran dengan mencari informasi menghibur, dan lain-lain.
8.      Memudahkan Pekerjaan
            Pekerjaan yang sebelumnya terasa berat bisa menjadi ringan karena hadirnya internet. Contoh, jika Anda diperintahkan oleh direktur untuk memberikan sebuah data ke kantor lain, dan hal ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan surat elektronik di internet atau biasa disebut dengan Email.
9.      Untuk Menjalankan Bisnis
            Bisnis yang dijalankan di internet disebut oleh kebanyak orang dengan bisnis online.Ya, bisnis online kini tengah populer dan sudah sangat banyak yang menjalaninya dari seluruh penjuru dunia. Bagusnya bisnis online adalah kita hanya duduk di depan laptop atau komputer saja sambil menjalankan bisnis, jadi tentunya sangat hemat tenaga dan bahkan hasilnya bisa lebih besar dibanding bekerja di dunia nyata.
10.  Bisa Untuk Berbelanja
            Jika Anda suatu hari sedang malas untuk keluar rumah, ataupun sekedar ingin mencari pengalaman baru berbelanja.Belanja online adalah pilihan yang tepat, meski begitu Anda harus berhati-hati, perhatikan apakah penjualnya terpercaya dan barangnya terbukti berkualitas.Jadi begitu mudahnya belanja online, caranya Anda hanya perlu memesan sesuai dengan format yang telah ditentukan penjual, harga cocok, kirim uang, barang terkirim sampai di rumah Anda.

f.        Tutorial web browser
                                           I.            Membuka Aplikasi Web Browser
Dengan cara membukanya klik 2x pada shortcut google chrome
                                        II.            Menutup Aplikasi Web Browser
                                  Cara menutup web browser yang mudah tinggal klik icon silang.
                                     III.            .Memasukkan Alamat Situs
          Cara memasukkan alamat atau situs web yaitu dengan cara mengisi alamat di addres bar, misalnya www.google.com
                                     IV.            Browsing
                                    Masukan alamat website yang ingin anda kunjungi pada address bar.
                                        V.            Searching Dengan Search Engine
                                 Masuk ke search engine contohnya google / yahoo dan masukkan keyword
2. Email
1.      Sejarah
       Semua bermula ketika pada tahun 1968, sebuah perusahaan yang bernama Bolt Beranek and Newman (BBN) dikontrak oleh Departemen Pertahanan AS untuk menyelesaikan proyek yang disebut ARPANET (Advanced Research Projects Agency Network) yang kemudian berubah menjadi Internet. ARPANET sendiri adalah proyek yang semula bertujuan untuk menciptakan sebuah metode komunikasi antara institusi militer dan pendidikan satu sama lain.
       Kemudian pada tahun 1971, seorang insinyur bernama Ray Tomlinson ditugaskan dalam program yang disebut SNDMSG. Program ini bukanlah program baru, karena sebenarnya
program tersebut sudah ada sejak sekian tahun silam. Dilihat dari standar masa kini, program tersebut bisa dikatakan lebih primitif. Apa yang bisa dilakukan oleh program tersebut hanyalah saling mengirim pesan kepada sesama pengguna dalam satu mesin yang sama. Ketika pengguna membuat pesan / dokumen dalam bentuk teks, selanjutnya pesan tersebut akan dikirimkan ke dalam kotak surat yang ada pada mesin itu
       Awalnya Ray bereksperimen dengan program SNDMSG yang bisa digunakan untuk meninggalkan pesan pada sebuah komputer, sehingga orang lain yang memakai komputer tersebut dapat membaca pesan yang ditinggalkan. Lalu, dia melanjutkan eksperimennya dengan menggunakan file protokol yang dinamakan CYPNET sehingga program SNDMSG tadi bisa mengiri pesan ke komputer lain yang berada di dalam jaringan ARPANET. Itulah awal mula terciptanya sebuah ‘e-mail’.
     Pesan email yang pertama kali dikirim Ray dan merupakan e-mail yang pertama kalinya di dunia adalah “QWERTYUIOP”.
Selanjutnya pada tahun 1972, Ray memperkenalkan icon ‘@’ yang berarti “at” atau “pada” sebagai identitas email untuk memisahkan user id dan domain sebuah alamat email.
       Salah satu program email pertama yang terbesar yang dapat digunakan untuk umum adalah Eudora. Email ini pertama kali ditulis pada tahun 1988 oleh Steve Domer yang pada saat itu ia adalah seorang karyawan di University of Illinois.
Eudora diambil dari nama almarhum Eudora Welty, seorang penulis dari AS. Eudora adalah client emai (email berbasis client) pertama yang menyediakan grafis antarmuka.
Pada saat pertama muncul, email ini bersifat gratis meski setelah dibeli oleh Qualcomm pada tahun 1994 dan menjadi produk professional.
      Seperti aplikasi lain dalam web, Eudora adalah raja selama beberapa tahun. Lalu dengan cepat tergantikan oleh client email dari Netscape dan Internet Explorer. Kedua client email tersebut kemudian menjadi popular, tidak hanya lebih baik dari Eudora namun juga karena mereka disediakan secara cuma-cuma dengan web browser.

2.      Definisi Email

E-mail adalah surat melalui media elektronik.Sebenarnya email merupakan singkatan dari “Electronic mail”.Melalui email kita dapat mengirim surat elektronik baik berupa teks maupun gabungan dengan gambar, yang dikirimkan dari satu alamat email ke alamat lain di jaringan internet.Apabila kita mengirim surat melalui email kita dapat memperoleh beberapa keuntungan.Antara lain, dengan menggunakan email surat (informasi) yang kita kirim ke alamat email lain akan secara langsung diterima, selain itu biaya yang kita keluarkan cukup murah.Sebuah alamat email biasanya memiliki format semacam username@host.domain.Saat ini ISP yang menyediakan layanan pembuatan email secara gratis adalah yahoo.com dan plasa.com.Sebagai contoh kita membuat email melalui yahoo.com
Ø  Komponen Email
       Sebuah alamat email terdiri atas dua bagian, yaitu di sebelah kiri tanda @ disebut user id, yang menunjukkan identitas pemilik e-mail tersebut. User id ini dapat berupa nama pemilik, singkatan nama, nickname, nomor, atau apapun juga. Sedangkan teks setelah lambang @ (contoh: ymail.com) disebut domain name/hostname, yang menunjukkan identitas domain tempat e-mail (mail server) tersebut disimpan.
Ø  Jenis Email
       Ada 3 jenis layanan E-mail, yaitu : POP mail, E-mail Forwarding dan E-mail berbasis web, masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan.
Ø  Pop Mail
          E-mail jenis ini sama dengan e-mail yang anda terima dari ISP anda
Kelebihannya :
Kemampuan untuk dibaca secara offline (tidak perlu connect ke internet) untuk mengecek email, anda perlu connect ke server POP mail anda, lalu mendownload seluruh email yang ada, setelah itu anda bisa memutuskan hubungan dengan internet dan membaca email.
Kekurangannya :
                      Anda tidak bisa mengecek email anda di sembarang tempat
Ø  Web Based Mail
             Email jenis ini merupakan email yang ditawarkan oleh berbagai situs/web
Kelebihannya :
Anda bisa mencek email anda dari mana saja
Kekurangannya :
 Untuk mengecek email anda harus selalau terhubung ke internet.
Ø  Email Forwarding
Kelebihan :
       Anda bisa menyembunyikan alamat email yang sesungguhnya, selain itu tidak perlu memberi tahu email anda yang baru.
Ø  Metode Pengiriman
        Untuk mengirim email kita memerlukan suatu program mail-client. Email yang kita kirim akan melalui beberapa poin sebelum sampai di tujuan
Ø  Mengakses Email
        Email pada mulanya disimpan di dalam sebuah mailserver. Biasanya bila seseorang memakai koneksi ISP untuk sambungan ke internet, ia akan diberikan satu email gratis. Email yang diterima akan disimpan di server surat elektronik ISP.
a.       Menggunakan 'browser', seperti Internet Explorer atau Mozilla Firefox. Metode ini disebut sebagai web-based, artinya kita menggunakan media web sebagai perantara ke kotak email. Contoh: Yahoo! Mail dan Gmail. Untuk menggunakannya, pengguna haruslah dalam keadaan online. Layanan email berbasis web biasanya disediakan oleh penyelenggara layanan email gratis.
b.      Menggunakan program pengakses email (e-mail client), seperti: Eudora Mail, Outlook Express, Mozilla Thunderbird, Mutt. Dengan menggunakan program seperti ini, seseorang harus mengetahui konfigurasi yang bisa didapat dari ISP. Keuntungannya adalah dapat membaca email tanpa perlu terhubung secara terus-menerus dengan internet dan puluhan bahkan ratusan email dapat diterima dan dikirimkan secara bersama-sama sekaligus. Kelebihan yang lainnya adalah perangkat lunak ini menyediakan fungsi-fungsi penyuntingan dan pembacaan email secara offline. Dengan demikian biaya koneksi ke internet dapat dihemat.

3.      Anatomi

Dalam dunia email, biasanya kita diharapkan untuk mengikuti etika email, agar terjadi komunikasi yang sehat antara pengirim dan penerima email. Untuk lebih mengenal etika email, maka di bawah ini disajikan bagian-bagian terpenting dari sebuah email. Secara umum sebuah email terdiri dari :
a.       Subyek atau topik email
b.      Tanggallamat email yang dituju
c.       Nama lengkap dan alamat email pengguna

4.      Etika Penggunaan Email

       Etika dalam email sama dengan etika dalam menulis surat biasa. Ada email yang isinya formal ada yang informal. Beberapa poin penting:
Ø  Jangan mengirim email dengan lampiran (attachment) yang terlalu besar (lebih dari 1 mb). Tidak semua orang mempunyai akses Internet yang cepat, dan ada kemungkinan lampiran tersebut melebihi kapasitas email penerima, sehingga akan ditolak mailserver penerima. Selain itu, perhatikan juga bahwa beberapa penyedia email juga menerapkan batasan tentang jumlah, jenis, dan ukuran email yang dapat diterima (dan dikirim) penggunanya.
Ø  Jangan mengirim lanjut (forward) email tanpa berpikir kegunaan bagi orang yang dituju
Ø  Selalu isi kolom subjek, jangan dibiarkan kosong.
Ø  Jangan menggunakan huruf kapital karena dapat menimbulkan kesan anda BERTERIAK.
Ø  Dan tentu saja, gunakan kata-kata dengan santun:). Adakalanya sesuatu yang kita tulis akan terkesan berbeda dengan apa yang sebetulnya kita maksudkan.

5.      .Manfaat

Penggunaan e-mail memungkinkan data di kirim secara elektronik sehingga samapai di tujuan dengan sangat cepat. Kamu dapat mengirim file berupa program, gambar, grafik, dan file lainnya. kamu juga dapat mengirim e-mail ke beberapa orang sekaligus pada saat yang bersamaan.
E-mail juga dapat digunakan untuk mengirimkan surat atau ucapan selamat kepada keluarga di kampung halaman atau luar negeri. Dalam bidang bisnis, e-mail sudah digunakan untuk melakukan kesepakatan bisnis atau mengirimkan dokumen penting.
Surat elektronik dapat diamankan dengan melakukan teknik pengacakan (enkripsi). Salah satu program enkripsi yang populer adalah PGP (Pretty Good Privacy). Dengan memakai PGP maka isi akan dienkrip, dan hanya orang yang tertuju dapat mendekripsi dan membaca surat elektronik tersebut. Kerugiannya adalah membuat repot pihak pengirim dan penerima (karena keduanya harus memiliki program PGP, dan pengirim juga harus memiliki kunci umum penerima, dan melakukan enkripsi pesan dengan kunci tersebut).

6.      Tutorial email
2.6.1 Membuat Email
Ø  Pertama, buka web browser dan masuk ke www.gmail.com .
Ø  Selanjutnya klik yang create account di bawah ini.
Ø  Isi biodata secara lengkap dan benar
Ø  Selanjutnya isi form pendaftaran hingga terisi semua. Untuk isian form alamat email anda saat ini bisa di kosongkan. Jangan lupa pada persyaratan layanan dan kebijakan privasi. Kemudian klik langkah berikutnya.
Ø  Jika sudah selasai klik langkah berikutnya. Maka anda akan di bawa kehalaman selamat datang. Selanjutnya klik Lanjutkan ke G-mail. Dengan begitu anda telah memiliki Email di Gmail.
2.6.2 Membuka Email
Ø  Masuk ke www.gmail.comdan masukan account anda yang terdaftar di gmail, kemudian sign in.

2.6.3 Menutup Email
Ø  Klik yang di arah panah  lalu pilih sign out
2.6.4 Mengirim email yang di sertai attachment
Ø  Login ke akun gmail anda.
Ø  Lalu klik compose atau tulis.
Ø  Akan terbuka sebuah form dipojok kanan web browser, kemudian isikan alamat email penerima pada To/kepada, Subjek/judul lau isi email tersebut
Ø  Untuk mengirim, klik tombol Send.
2            Blogger
1.1  Sejarah
       Pada 23 Agustus 1999, Blogger diluncurkan oleh Pyra Labs. Sebagai salah satu perangkat publikasi blog pertama di dunia, Blogger berperan dalam mempopulerkan format blog di dunia. Pada Februari 2003, Pyra Labs diakusisi oleh Google, membuat sejumlah fitur premium Blogger yang sebelumnya dikomersialkan Pyra Labs menjadi layanan yang sepenuhnya gratis. Pada Oktober 2004, salah satu pendiri Pyra Labs, Evan Williams, mengundurkan diri dari Google.
       Pada tahun 2004, Google membeli Picasa, dan mengintegrasikannya dengan Blogger sehingga pengguna Picasa dapat mempublikasikan koleksi foto miliknya ke situs blognya.
       Pada 9 Mei 2004, Blogger memperkenalkan beberapa perubahan besar pada sistem publikasi blognya, menambahkan fitur seperti templat yang memenuhi standar web, halaman arsip individual untuk masing-masing posting dan komentar, serta fitur posting melalui email.
       Pada 14 Agustus 2006, Blogger meluncurkan versi terbarunya dalam tahap beta, yang diberi nama kode "Invader". Versi terbaru ini memigrasikan pengguna Blogger ke server milik Google dan menambahkan beberapa fitur baru. Pada Desember 2006, versi baru ini keluar dari tahap beta. Mei 2007, Blogger selesai memigrasikan semua data.
3.2  Definisi
Ø  Blog
       Blog merupakan singkatan dari "Web Log" adalah sebuah aplikasi web yang berupa tulisan-tulisan ataupun gambar yang biasa disebut dengan sebuah posting atau postingan dalam sebuah halaman website umum seperti blog. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik biasanya isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama, meskipun tidak selamanya seperti ini. Situs web seperti blog ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik atau tujuan yang sedang dicari oleh pengunjung atau visitor dari search engine.
Ø  Blogger
       Blogger adalah suatu media Internet yang menyediakan sebuah catatan pribadi yang bisa dilihat oleh semua pengguna Internet dan menjadi sebuah media untuk berbagi informasi dengan mudah dan gratis. Selain itu blogger merupakan sebuah ikatan yang terbentuk dari para blogger berdasarkan dengan kesamaan tertentu, misal : kesamaan daerah, kesamaan sekolah, kesamaan hobi, dan kesamaan lainnya. Untuk bisa bergabung dengan sebuah komunitas blogger biasanya ada syarat tertentu misalnya berasal dari daerah tertentu. Dan blogger ini bisa diartikan orang yang suka menulis artikel pada blog.

Ø  Blogging
       Blogging adalah suatu cara kita mengkomunikasikan sebuah gagasan pikiran atau ide kita, lalu menuangkannya kedalam sebuah blog untuk dijakan sebuah artikel atau postingan. Seberapa besar kemampuan kita dalam berkomunikasi akan sangat menentukan kesuksesan dan kepopularitasan dalam sebuah blogging. Biasanya para blogger pemula melakukan aktifitas blogging dengan mengisi sebuah buku tamu, mereka menyimpan atau menempelkan sebuah link blog mereka masing-masing dan mengharapkan sebuah kunjungan ke blog mereka, atau dengan cara berkomentar untuk medapatkan sebuah komentar balik disalah satu artikelnya. Cara ini memang sangat efektif dan relevan untuk dilakukan oleh seorang blogger pemula yang belum memiliki kepopularitasan masing-masing.

Ø  Blogspot
      Blogspot merupakan sebuah layanan gratis untuk membuat suatu blog yang merupakan salah satu produk dari Google. Dengan menggunakan sebuah blogspot Anda dapat membuat sebuah blog untuk menuliskan atau menuangkan sebuah ide Anda untuk menjadikan blog Anda lebih populer, selain itu Anda dapat mendapatkan uang dari hasil blog Anda. Jadi mari kita manfaatkan layanan gratis dari Google untuk mencari uang maupun berekspresi di dunia Internet.
3.3              Jenis Blog
Ø  Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
Ø  Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan, dan perbincangan teman.
Ø  Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
Ø  Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
Ø  Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
Ø  Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
Ø  Blog mode: Lebih dikenal dengan "fashion blog". Isinya seputar gaya, perkembangan mode, selera fesyen, liputan pameran mode, dan lain-lain.
Ø  Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
Ø  Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
Ø  Blog media: Berfokus pada bahasan berbagai macam informasi
Ø  Blog agama: Membahas tentang agama
Ø  Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
Ø  Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
Ø  Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
Ø  Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
Ø  Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek di luar manusia; seperti anjing
Ø  Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)
Ø  Blog virus (virus): Digunakan untuk merusak
3.4  Manfaat
Ø  Berbagi tulisan dengan orang lain
Ø  Menambah ilmu
Ø  Menjadi media untuk curhat
Ø  Berlatih menjadi penulis yang baik
Ø  Melatih kretifitas dan sarana untuk berkreasi
Ø  Sebagai media untuk mencari teman
Ø  Membangun kepercayaan
Ø  Mendapatkan uang dari blog
Ø  Menjadi terkenal dan populae
Ø  Menjadi sebuah tujuan dan alasan untuk hidup
3.5  Tutorial Blog
3.5.1        Membuat Blog
Ø  Masuk ke situs www.blogger.com. Dengan syarat anda harus
mempunyai akun Gmail untuk bisa membuat blog dengan situs tersebut
Ø  Selanjutnya anda harus login terlebih dahulu.
Ø  Setelah itu akan muncul tampilan seperti di bawah ini, dan klik Blog Baru.
Ø  Nanti akan muncul jendela halaman untuk mendaftar blog baru, seperti gambar berikut .
Ø  Kemudian isi judul dan alamat blog, setelah itu pilih Buat Blog.
3.5.2        Membuka Blog
Ø  Cukup klik “Lihat Blog” untuk membuka blog anda, seperti gambar di bawah ini.   
3.5.3        Menutup Blog
Ø  Sebelah kanan atas pada tampilab blog anda terdapat menu “Keluar”, klik menu tersebut.
3.5.4        Memposting Blog
Ø  Pilih menu “Entri Baru” pada tampilan dasbor seperti gambar di bawah ini.
Ø  Ketik judul postingan yang akan di buat dan beserta isi postingannya, kemudian klik “Publikasikan”
3.5.5        Mengedit Blog
       Kita dapat mengedit blog sesuka hati, seperti mengganti template, menambhakhan jam, dll.Saya akan menjelaskan beberapa cara untuk mengedit blog.
Ø  Pilih menu “Template” pada dasbor, lalu klik “Edit HTML”
Ø  Setelah itu akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, kemudian pilih template yang kita inginkan.
Ø  Kemudian klik “Terapkan ke Blog”

3            E-leraning dan E-jobmarket
1.1  E-learning dengan Edmodo
1.1.1        Sejarah
       Edmodo didirikan oleh Nicolas Borg dan Jeff O’Hara, dua orang yang bekerja di sekolah terpisah di daerah Chicago. Edmodo sendiri adalah media social network microblogging yang aman bagi siswa dan guru. Pada situs ini orangtua pun dapat bergabung serta berkomunikasi dengan guru dan orangtua siswa lain, selain tentu saja dengan putra atau putri mereka sendiri. Sekarang Edmodo sudah berkembang pesat dan sudah memiliki kurang lebih 7 juta akun yang terdiri dari guru dan murid.
1.1.2        Definisi
      Edmodo adalah situs microblogging yang dapat digunakan di dalam kelas maupun rumah. Edmodo juga dapat membantu guru yang tidak bisa mengajar di kelas dengan memberikan materi pembelajaran secara online. Dalam Edmodo, Guru bisa memberikan tugas yang bisa ditentukan waktu pengumpulannya serta meng-upload materi belajar.Murid juga bisa berbagi pemikiran atau ide lewat posting-nya di Edmodo atau jika disamakan dengan facebook, bisa dikatakan Update Status. Lebih tepatnya lagi, edmodo adalah “Facebook Guru dan Murid” karena fitur yang ditawarkan hampir sama dengan facebook. Fitur yang di tawarkan adalah :
Ø  Fitur  yang ditawarkan adalah :
Ø  Bisa meng-edit Profile Picture dan Nama.
Ø  Tampilan yang sama seperti facebook.
Ø  Assignment yang dapat diposting guru sebagai PR (pekerjaan rumah) / tugas.
Ø  Pengaturan jadwal event-event penting.
Ø  Satu anak bisa menjadi murid banyak guru.
Ø  Edmodo bisa diakses melalui handphone.
      Edmodo sendiri bisa diakses melalui mobile, dan sudah tersedia untuk smartphone Android dan iPhone. Semakin mudah saja untuk belajar dan semoga saja dengan adanya situs ini dapat menyama ratakan pendidikan di Indonesia. Namun hal ini juga bisa mengakibatkan kecemburuan sosial karena hanya kalangan tertentu saja yang dapat mengaksesnya dengan gadget mereka, sementara kalangan bawah yang garis kemiskinannya masih dianggap belum mampu mempunyai gadget bisa terhalang untuk belajar.
4.1.3        Option Guru, Murid, dan Orang Tua
       Edmodo adalahsebuah platform pembelajaran sosial untuk guru, siswa, maupun orang tua/wali.Setiap option mempunyai fitur tersendiri/khusus.
       Edmodo menyediakan alat-alat media sosial untuk guru dan siswa, memungkinkan mereka untuk berbagi catatan, link, dan file dalam cara modern. Guru juga memiliki kemampuan untuk mengirimkan peringatan kepada siswa tentang kegiatan dan tugas. Mereka juga akan memiliki pilihan untuk mengirim item ke timeline publik. Hal yang berguna juga dalah kalenderyang bisa membuat semua orang mengetahui tentang ujian yang akan datang dan acara lainnya dan kegiatan khusus.
       Siswa dapat melakukan interaksi dalam pantauan gurunya (bebas cyber crime dan cyber bullying). Guru dapat mengunci siswa, dengan demikian ia hanya bisa membaca dan tidak bisa berkomentar pada seisi kelas namun tetap ia bisa berkomunikasi langsung dengan gurunya.
       Tidak ada orang luar yang bisa masuk dan melihat kelas virtual yang di buat oleh seorang guru tanpa mendapat kode khusus dari guru yang bersangkutan. Guru dapat memulai pertanyaan, menaruh foto atau video, menaruh presentasi bahan ajar, yang kesemuanya bebas untuk di unduh leh siswa dan dikomentari.
       Sedangkan orang tua/wali juga dapat memantau aktivitas anaknya di edmodo dan bisa mengetahui hasil belajarnya.
4.1.4        Manfaat Edmodo
Ø  Tidak ada orang luar yang bisa masuk dan melihat kelas virtual yang dibuat oleh seorang guru tanpa mendapat kode khusus dari guru yang bersangkutan.
Ø  Guru bisa memulai pertanyaan, menaruh foto atau video, menaruh presentasi bahan ajar, yang kesemuanya bebas untuk diunduh oleh siswa dan dikomentari.
Ø  Murid bisa kembali kapan saja untuk mengulang materi yang diberikan gurunya, bahkan PR bisa diberikan melalui edmodo. Murid juga bisa mengumpulkan PR nya lewat edmodo, tinggal unggah saja.
Ø  Guru bisa menaruh nilai dari pekerjaan siswa sebagai acuan bagi siswa.
Ø  Edmodo memungkinkan guru menaruh bahan ajar yang sangat berguna bagi siswa yang tidak masuk atau berhalangan saat melakukan tatap muka.
Ø  Siswa yang pendiam bisa bebas berkata-kata dan berpendapat tanpa khawatir dipermalukan, sementara si anak tipe aktif bisa posting pertanyaan kapan saja asal ia terhubung dengan internet.
Ø  guru bisa mengajarkan tata cara yang berlaku di dunia maya seperti cara berkomentar dan sederet tata krama di dunia maya yang perlu siswanya ketahui.
Ø  Edmodo merupakan wahana komunikasi dan diskusi yang sangat efiesien untuk para guru dan murid
Ø  Dengan Edmodo, siswa satu dengan siswa lainnya dapat dengan mudah berinteraksi dan berdiskusi dengan pantauan langsung dari gurunya.
Ø  Selain itu, Edmodo mempermudah komunikasi antara guru, murid sekaligus orang tua murid.
Ø  Sebagai sarana yang tepat untuk ujian maupun quiz.
Ø  Guru dapat memberikan bahan ajar seperti pertanyaan, foto, video pembelajaran kepada murid dengan mudah. Selain itu, murid juga dapat mengunduh bahan ajar tersebut
Ø  Dengan adanya Edmodo, orang tua murid dapat memantau kegiatan belajar anaknya dengan mudah.
Ø  Mempermudah guru dalam memberikan soal dari mana saja dan kapan saja.
4.1.5        Tutorial Edmodo
a.      Membuat Account Edmodo
Ø  Masuk ke alamat www.edmodo.com
Ø  Pilih “Students”
Ø  Isi form anda pada kolom yang tersedia
Ø  Jika sudah di isi klik menu “Sign Up For Free”
b.      Membuka Edmodo
Ø  Isikan alamat email dan pasword lalu klik “Login”
                                Ø  Setelah itu akan muncul tampilan edmodo seperti di bawah ini
d.      Menutup Edmodo
Ø  Klik tanda panah seperti gambae di bawah ini yang terdapat di sebelah kanan atas, lalu pilih “Logout”
e.       Memanfaatkan Fasilitas Edmodo
       Fasilitas di Edmodo cukup banyak dan mempunyai fungsi tersendiri. Di Edmodo kita dapat Update Status seperti di Facebook, karena situs e-learning ini memang mirip dengan situs jajaring social Facebook, lihat gambar berikut. Tetapi jangan sembarangan karena sebagai murid di Edmodo kita dipantau oleh guru.
       Masih banyak fasilitas yang bisa kita gunakan, seperti Progess, Backpack, Hone, dll. Disini penulis akan menjelaskan cara memanfaatkan fasilitas-fasilitas Edmodo yang lain.
Ø  Home
       Jika anda mengklik menu “Home”, anda akan melihat aktivitas kelas Edmodo anda, seperti gambar di bawah ini.
Ø  Progess
       Menu ini digunakan untuk melihat hasil kerja kita atau statistic nilai dan badges (penghargaan)
Ø  Backpack
       Fungsi menu ini seperti halnya tas. Tetapi yang di simpan di menu ini adalah file

4.1      E-Jobmarket
4.1.3        Sekilas Tentang E-Jobmarket
       Pengertian tentang E-Marketing menurut Armstrong dan Kottler (2004:74) adalah sebagai berikut: E-Marketing is the marketing side of E-Commerce, it consists of company efforts to communicate abaout, promote and sell products and services over the internet. Yang bisa diartikan sebagai berikut: E-Marketing adalah sisi pemasaran dari E-Commerce, yang terdiri dari kerja dari perusahaanuntuk mengkomunikasikan sesuatu, mempromosikan, dan menjual barang dan jasa melalui internet.
      Menurut American Marketing Association yang dikutip oleh Kleindl dan Burrow (2005) marketing adalah proses perencanaan dan pelaksanaan dari ide atau pemikiran konsep, harga, promosi dan distribusi. Marketing dapat diartikan lebih sederhana yakni pembangunan dan pemeliharaan hubungan yang saling memuaskan antara perusahaan dan konsumen.
Saat ini marketing telah berkembang seiring dengan perkembangan teknologi. Aktivitas marketing menjadi lebih luas dengan adanya internet. Penggunaan internet dan fasilitas yang ada di dalam internet untuk melakukan aktivitas marketing dikenal sebagai e-marketing (Kleindl dan Burrow, 2005).
Menurut Boone dan Kurtz (2005) e-marketing adalah salah satu komponen dalam e-commerce dengan kepentingan khusus oleh marketer, yakni strategi proses pembuatan, pendistribusian, promosi, dan penetapan harga barang dan jasa kepada pangsa pasar internet atau melalui peralatan digital lain.
Sedangkan menurut Strauss dan Frost (2001) e-marketing adalah penggunaan data dan aplikasi elektronik untuk perencanaan dan pelaksanaan konsep, distribusi, promosi, dan penetapan harga untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan individu dan organisasi.
4.1.1        Alasan Perusahaan Memanfaatan Internet sebagai Bursa Kerja
       Dengan majunya tekhnologi, tentunya sejumlah perusahaan besar juga memanfaatkannya untuk memajukan perusahaan tersebut. Cntohnya sebuah perusahaan membuat bursa kerja online melalui internet. Bahkan masyarakatpun sebagian besar sudah mengenal internet dan sudah bisa menggunakannya.
       Oleh sebab itu perusahaan memanfaatkan internet dengan membuat bursa kerja online untuk merekrut karyawan atau tenaga kerja baru. Di sisi lain para pencari kerja juga memanfaatkan internet untuk mencari pekerjaan dengan mudah dan instan. Dengan adanya bursa kerja ini peruahaan dengan mudah melakukan seleksi karyawan sesuai dengan kualifikasi mereka sendiri.
4.1.2        Manfaat
Ø  Mampu menjangkau berbagai konsumen dalam suatu lingkungan yang belum dipenuhi oleh pesaing.
Ø  Target adalah konsumen yang telah terbagi ke dalam kelompok dan mengembangkan dialog berkelanjutan.
Ø  Transaksi binis secara elektronik dan dengan biaya yang rendah.
Ø  E-mail dan data files dapat dipindahkan kepada konsumen yang terpilih atau semua konsumen dalam hitungan detik.
Ø  Jalur proses penjualan langsung dari produsen ke pengguna tanpa harus melewati jalur distribusi klasik.
Ø  Dapat menambahkan produk untuk dipasarkan secara cepat dan melakukan perubahan dalam rencana penjualan dengan sangat cepat.
Ø  Dapat melacak kegiatan penjualan yang sudah terjadi, langkah-langkahnya dan hasil yang didapat.
Ø  Dapat mengawasi pesaing
Ø  Menciptakan dialog antara perusahaan dengan konsumen
Ø   Dapat mendistribusikan program dan informasi tentang produk melalui E-mail atau file transfer.
4.1.3        Tutorial E- Jobmarket
Ø  Masuk ke id.jobsdb.com
Ø  Klik “Cari” seperti gambar berikut
Ø  Setelah itu akan muncul gammbar seperti ini, lalu klik “Lamar Sekarang”
Ø  Jika sudah akan muncul tampilan seperti di bawah ini, kemudian klik “Melamar Tanpa Login”
Ø  Setelah itu akan muncul seperti di bawah ini dan isi apa yang akan di kirim.
Ø  Kemudian klik kirim
    


BAB III
PENUTUPAN
A.      Kesimpulan
Website adalah sebagai kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi teks, gambar diam atau gerak, animasi, suara, dan atau gabungan dari semuanya itu baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink).
Manfaatnya yang diperoleh ilmu akan terus berkembang apabila selalu di-share ke sesama orang yang membutuhkan ,Meningkatkan harga diri , Mempunyai potensi teman lebih banyak.
B.       Saran

Dari tugas ini kami masih banyak kekurangan  karena keterbatasan ilmu pengetahuan, oleh karena itu koreksi dan saran dari pembaca sangat penting untuk perbaikan dimasa mendatang.











DAFTAR PUSTAKA







http://pengetahuanwawasanz.blogspot/2014/03/pengertian-dan-manfaatkegunaane-mail.html

http://kucing-stress.blogspot.com/2013/05/cara-membuat-email-lengkap-dengan.html






No comments: