contoh LAPORAN KARYA TULIS STUDY TOUR KE JAKARTA BANDUNG




LAPORAN KARYA TULIS
STUDY TOUR
KE JAKARTA BANDUNG



Disusun oleh :
Nama`                             : Siyttha Nurul Fatma
Kelas                      : IX D







SMP N 1 TLOGOMULYO
2015

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala limpahan Rahmat, Inayah, Taufik dan Hidayahnya sehingga saya dapat menyelesaikan penyusunan Laporan Hasil Karya Tulis Study Tour " Ke Jakarta - Bandung " ini dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana. Semoga Laporan Hasil Karya Tulis Study Tour ini dapat dipergunakan sebagai salah satu media pembelajaran.
Harapan kami semoga Laporan Karya Tulis Study Tour ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, sehingga kami dapat memperbaiki bentuk maupun isi Laporan Hasil Karya Tulis Study Tour ini sehingga kedepannya dapat lebih baik.

Laporan Karya Tulis Study Tour ini kami akui masih banyak kekurangan. Oleh kerena itu kami harapkan kepada para pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan Laporan Hasil Karya Tulis Study Tour  ini.

                                                          Temanggung, November 2015

Penulis















DAFTAR ISI

Daftar Pustaka 13









BAB I
PENDAHULUAN

A.          Latar Belakang
Tujuan pembuatan Laporan Karya Tulis Study Tour ini diantaranya :
Untuk memenuhi tugas sekolah khususnya yang berkaitan dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia. Agar siswa menambah ilmu pengetahuan yang diperoleh di sekolah. Adapun hal-hal yang melatarbelakangi diadakannya adalah :
·         Sesuai dengan program tahunan di sekolah
·         Jakarta dan Bandung merupakan kota budaya serta terdapat tempat-tempat yang mengandung sejarah.
Melihat hal tersebut diatas, maka prakasa guru memandang perlu untuk melakukan kunjungan yang bersifat Study Wisata, yaitu belajar sambil berkarya wisata ke Jakarta dan Bandung. Adapun tempat yang dituju :
1.      Pantai Marina Ancol
2.      Gelanggang Samudera Ancol
3.      Dunia Fantasi (Dufan)
4.      Museum Istiqlal
5.      Keong Mas
6.      PP IPTEK
7.      Cibaduyut


B.           Tujuan Penulisan
Setiap kegiatan pasti memiliki tujuan, adapun tujuan kami dalam melakukan penelitian dari objek-objek wisata, diantaranya :
·         Ingin mengetahui sejarah Pantai Marina, Gelanggang samudera Ancol, Duffan, Keong Mas, Museum Minyak dan Gas Bumi, PP IPTEK, Cibaduyut.
·         Supaya menjadi tahu tentang letak/ lokasi Pantai Marina, Gelanggang samudera Ancol, Duffan, Keong Mas, Museum Minyak dan Gas Bumi, PP IPTEK, Cibaduyut.
·         Mengetahui dan menambah ilmu pengetahuan tentang tata bangunan Pantai Marina, Gelanggang samudera Ancol, Duffan, Keong Mas, Museum Minyak dan Gas Bumi, PP IPTEK, Cibaduyut.
·         Menambah wawasan mengenai objek-objek yang di Pantai Marina, Gelanggang samudera Ancol, Duffan, Keong Mas, Museum Minyak dan Gas Bumi, PP IPTEK, Cibaduyut.

C.          Manfaat Penelitian
Penelitian yang kami lakukan ini berharap memperoleh manfaat sebagai berikut :
a.       Sebanyak – banyaknya kami mengumpulkan data, secara langsung dan terperinci dari tiap-tiap objek wisata yang dikunjungi.
b.      Kami mendapatkan pengetahuan yang praktis yang dijadikan sebagai landasan untuk mengembangkan intelektual dimasa yang akan datang.
c.       Menghilangkan verbalisme antara teori dan praktek
d.      Memperluas cakrawala bagi kami mengenai objek-objek wisata tersebut.
e.       Menambah wawasan dan mengetahui secara dalam mengenai budaya, sejarah, lingkungan, serta karya seni dan sebagainya.

























BAB II
ISI

A.     PANTAI MARINA, ANCOL


Marina Ancol adalah dermaga kapal pesiar bergaya KOSMOPOLITAN yang pertama di Indonesia dan merupakan satu-satunya  MARINA terlengkap di Indonesia. Dan sekaligus sebagai pusat dermaga wisata  BAHARI ke Kep Seribu. Marina terletak di dalam kompleks TAMAN IMPIAN JAYA ANCOL.
Dengan kelengkapannya membuat Marina Ancol bukan saja sebagai tempat bersandarnya kapal pesiar, tetapi juga tempat rekreasi dan pusat olah raga laut seperti Ski Air, wind surfing, memancing, menyelam dan lain-lain.
B.     GELANGGANG SAMUDERA ANCOL

Gelanggang Samudra Ancol merupakan sebuah oceanarium, yaitu taman biota laut. Namun, untuk memenuhi kepuasan para pengunjungnya, tempat wisata ini juga mempertunjukkan kebolehan satwa-satwa darat yang tidak kalah menariknya. Selain sebagai wahana rekreasi keluarga, Gelanggang Samudra Ancol juga merupakan sarana yang memadai untuk menambah ilmu pengetahuan, terutama tentang mamalia laut, seperti lumba-lumba, paus, singa laut, dan masih banyak lagi. Tujuan lain pembangunan Gelanggang Samudra di kawasan Taman Impian Jaya Ancol adalah mengembangkan sarana konsevasi satwa laut.
Terdapat beberapa wahana utama di objek wisata Gelanggang Samudra, antara lain Taman Surga Burung, Ubur-Ubur, Scorpion Pirates, Boto-Boto, Singa Laut, Lumba-lumba, Aneka Satwa, dan Cinema 4D. Di masing-masing wahana tersebut, diadakan tiga kali pertunjukan pada hari-hari biasa, dan frekuensi pertunjukan akan ditambah terutama pada hari-hari libur. Sebaiknya Anda menyesuaikan jam pertunjukan saat berkunjung ke Gelanggang Samudra Ancol, sehingga tidak melewatkan aneka pertunjukan menarik yang diselenggarakan.
·         Taman Surga Burung
Taman Surga Burung merupakan area yang berisi berbagai jenis burung menarik dan unik. Pengunjung dapat mengambil foto bersama burung-burung di wahana ini. Tentu saja merupakan pengisi liburan yang cukup menyenangkan, dimana Anda dapat berinteraksi dengan berbagai jenis burung langka.
·         Ubur-Ubur
Salah satu wahana bermain yang dulu dikenal dengan nama Balloon race. Anda dapat menikmati kegembiraan bermain di wahana ubur-ubur bersma keluarga dan anak-anak. Tentu merupakan momentum yang sangat menyenangkan, yang dapat memberikan kesegaran kembali setelah lelah dalam bekerja selama sepekan.

·         Scorpion Pirates

Scorpion pirates merupakan wahana baru di Ocean Dream Samudra. Berupa pertunjukan dengan setting pertempuran melawan bajak laut Scorpion. Dengan spesial effect dan water stuntman show, akan membuat seluruh penonton bersorak. Ya, sebuah pertunjukan yang sangat seru, mampu membuat jantung penonton berdebar-debar. Tentu saja wanita hamil dan penderita penyakit jantung tidak disarankan menonton pertunjukan di wahana Scorpion Pirates ini.
·         Boto-Boto
Boto-boto adalah wahana permainan untuk anak-anak maksimal setinggi 135 cm. Wahana ini berbentuk menyerupai pesawat terbang ini akan mengajak buah hati Anda menikmati pengalaman yang menyenangkan selama berada di Ocean Dream Samudra.
·         Singa Laut
Wahana yang mempertunjukkan atraksi mamalia laut ini benar-benar akan menghibur Anda dan keluarga, terutama anak-anak. Atraksi singa laut yang sangat lucu bermain bola, gelang-gelang, atau saat berjalan. Sayang untuk dilewatkan.
·         Lumba-lumba
Atraksi spektakuler lumba-lumba di Gelanggang Samudra merupakan salah satu pertunjukan favorit yang banyak ditunggu-tunggu oleh pengunjung. Apalagi saat ini telah didukung dengan teknologi LED layar lebar, menjadikan atraksi lumba-lumba ini semakin menarik. Dapat dilihat dari berbagai sisi. Tak hanya itu, pengunjung juga akan mendapatkan edukasi singkat mengenai lumba-lumba.
·         Aneka Satwa
Inilah pertunjukan atraksi dan kebolehan satwa-satwa darat, dengan empat satwa utama sebagai pemeran, yaitu linsang, beruang madu, kakatua, dan kuda nil. Pertunjukan yang sangat lucu dan menarik, dapat mengembalikan kesegaran pikiran Anda, sehingga perjalanan liburan lebih bermakna.
·         Cinema 4D
Sinema-4D adalah film yang menarik dengan menggunakan kaca mata 3 Dimensi, merasakan kursi yang bergerak, lalu ditambah dengan special effect seperti hembusan angin, cipratan air dan lain-lain. Sehingga penonton merasakan sensasi dari film tersebut.
C.     DUNIA FANTASI (DUFAN)
Dunia Fantasi atau disebut juga Dufan (juga disebut "Do Fun") yang diresmikan pada 29 Agustus 1985 adalah tempat hiburan yang terletak di kompleks  Taman Impian Jaya Ancol (Ancol taman impian), Jakarta Utara, Indonesia.
Dunia Fantasi mempunyai maskot berupa kera Bekantan yang diberi nama Dufan (singkatan dari Dunia Fantasi). Dipilih kera sebagai karakter adalah untuk mengingatkan bahwa Ancol dahulu adalah kawasan kera. Pemilihan kera bekantan adalah semata-mata untuk mengenalkan jenis satwa langka yang kini dilindungi. Bentuk karikatural kera bekantan ini divisualisasikan oleh Matari Advertising yang ikut serta dalam program komunikasi awal Dunia Fantasi.

Wahana Permainan Di Dufan

Dilengkapi dengan berbagai macam wahana bermain yang sangat spektakuler, menghibur, imaginatif, fantastis, dan memacu adrenalin yang membuat jantung Anda berdebar-debar. Wahana permainan yang dirancang dengan teknologi tinggi, menjadikan segala seuatunya di area Dufan sangat mengagumkan. Berikut ini beberapa wahana bermain di Dunia Fantasi.

1.      Ice Age Arctic Adventure

Ice Age Arctic Adventure merupakan wahana baru yang dikembangkan atas kerjasama antara dengan 20th Century Fox Consumer Product Amerika dan 3DBA Eropa. Di wahana ini pengunjung dapat bertemu langsung dengan tokoh-tokoh dalam film Ice Age produksi 20th Century Fox, seperti Sid, Diego, Manny, dan Scrat. Selain itu, juga dapat menyaksikan proses pencairan es di kutub utara seperti diceritakan dalam film 4 seri tersebut.

2.      Treasureland Temple of Fire

Treasureland Temple of Fire merupakan wahana pertunjukan yang dapat membuat suasana kepada pengunjung untuk membuat khayalan seolah-olah menjadi seorang Arkeolog yang harus menyelamatkan harta karun suku Inca Maya di Temple of Fire. Pengunjung akan dibawa ke dalam sebuah petualangan untuk menyelamatakan harta karun yang dilengkapi dengan teknologi canggih dan berbagai spesial effect, seperti seperti tembakan, ledakan, api, air dan bola batu raksasa. Gedung pertunjukan ini berkapasitas penduduk hingga 1.200 orang.

3.      Halilintar

Halilintar adalah salah satu wahana favorit di Dufan yang secara ekstrim dapat memacu adrenalin. Anda dapat merasakan sensasi seluncur dengan loop 360° serta lintasan naik turun cukup tajam dan menikung. Berkapasitas hingga 24 orang, wahana Halilintar akan membuat Anda berteriak histeris sambil berdebar kencang seolah jantung akan lepas. Cocok bagi wisatawan yang menyukai tantangan.

4.      Tornado

Tornado bisa dibilang merupakan wahana paling atraktif yang ada di area Dufan. Tergolong wahana yang paling menegangkan, menggunakan sentuhan teknologi paling canggih diantara wahana permainan Top Spin. Wahana bermain dengan teknologi besutan Italia ini berkapasitas hingga 40 orang, yang bukan hanya menegangkan, tetapi juga sangat menghibur. Tornado tergolong wahana permainan baru, yang beroperasi semenjak tahun 2007.

D.    MUSEUM ISTIQLAL
Ide awal pendirian Bayt Al-Qur’an muncul dari Dr. H. Tarmizi Taher pada tahun 1994 ketika ia menjabat sebagai Menteri Agama RI. Pada suatu ketika ia mendampingi Presiden H.M. Soeharto menerima hadiah sebuah Al-Qur’an besar dari Pondok Pesantren Al-Asy’ariyah, Kalibeber, Wonosobo, Jawa Tengah. Satu tahun kemudian, tepatnya pada 1995, pada peringatan 50 tahun kemerdekaan RI, Presiden meresmikan Mushaf Istiqlal yang telah selesai dikerjakan sejak tahun 1991. Mushaf Istiqlal merupakan sebuah mushaf ukuran besar yang ditulis dengan khat yang indah, dilengkapi dengan hiasan (iluminasi) dari ragam hias 27 provinsi di Indonesia. Pada waktu itulah tercetus ide untuk mendirikan Bayt Al-Qur’an (berarti “Rumah Al-Qur’an”) sebagai tempat untuk menghimpun, menyimpan, memelihara, dan memamerkan mushaf Al-Qur’an dari berbagai macam bentuk dan jenis, yang tersebar di seluruh penjuru Nusantara. Ide ini kemudian langsung mendapat dukungan Ibu Tien Soeharto yang langsung mewakafkan tanah seluas satu hektar di kompleks Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, tepatnya di sebelah kanan pintu masuk utama TMII.
Setelah melalui tahapan perencanaan, gagasan untuk memperluas fungsi Bayt Al-Qur’an muncul terutama selepas penyelenggaraan Festival Istiqlal kedua pada tahun 1995. Pada penyelenggaraan festival tersebut telah banyak dihimpun benda-benda koleksi budaya Islam Nusantara yang pada saat itu belum terpikirkan akan ditempatkan di mana. Ide yang pada awalnya hanya untuk menghimpun naskah-naskah Al-Qur’an, kemudian diperluas untuk menghimpun, memamerkan, dan mengkaji sejarah serta budaya Islam Nusantara. Sejak saat itulah, timbul rencana untuk menggabungkan ide pendirian Bayt Al-Qur’an dengan pendirian Museum Istiqlal.
Bayt Al-Qur’an dan Museum Istiqlal dimaksudkan untuk menjadi dua lembaga yang memiliki kesatuan utuh, dengan perannya masing-masing. Keduanya menyatu dalam upaya meningkatkan kecintaan, pemahaman, dan pengamalan Al-Qur’an. Melihat kedudukan dan fungsinya, Museum Istiqlal tidak dapat dipisahkan dari Bayt Al-Qur’an. Bayt Al-Qur’an menggambarkan fungsi Al-Qur’an sebagai petunjuk manusia, dan Museum Istiqlal merupakan perwujudan pelaksanaan petunjuk Allah dalam kehidupan dan budaya umat Islam Nusantara. Lebih dari sekadar tempat untuk menyimpan dan memamerkan Al-Qur’an dari berbagai tempat di Indonesia, Bayt Al-Qur’an & Museum Istiqlal juga merupakan wadah kajian dan pengembangan ilmu yang berkaitan dengan Al-Qur’an dan budaya Islam.
Akhirnya pada tanggal 20 April 1997 Bayt Al-Qur’an & Museum Istiqlal diresmikan pembukaannya oleh Presiden RI H.M. Soeharto, sebagai tonggak perkembangan dan kebesaran Islam di Indonesia: menyiarkan kegemilangan dari masa lalu, masa kini dan masa yang akan datang.



E.     KEONG EMAS

Teater Imax Keong Mas adalah gedung teater berbentuk keong mas raksasa tempat pemutaran dan pertunjukan film khusus berteknologi canggih.Gedung teater ini didirikan atas prakarsa Ibu Tien Soeharto, dan di resmikan pada tanggal 20 April 1984. Pendirian gedung teater ini dimaksudkan sebagai sarana rekreasi yang mendidik guna mengenalkan kekayaan alam dan budaya Indonesia melalui tanyangan film raksasa dengan menggunakan kecanggihan teknologi sinematografi modem Proyektor IMAX.
Menyaksikan film di teater ini serasa ikut berada di dalamnya dan ikut pula berperan sebagai pemain. Teknologi film imax menunjukan kecanghihan dan kemampuannya untuk menumbulkan daya tarik kuat yang membuat penonton berdecak kagum.
Beberapa film tersedia untuk diputar antara lain film Indonesia Indah I, Indonesia Indah II ( Anak-Anak Indonesia), Indonesia Indah III ( Indonesia Untaian Manikam di Katulistiwa), dan Indonesia Indah IV ( Aku Bangga Menjadi Anak Indonesia). Semuanya menjunjukankeindahan lingkungan, kekayaan alam dan keragaman budaya Indonesia.
Dalam perkembangan selanjutnya pemutaran film tidak hanya menampilkan film-film seri Indonesia Indah saja, namun juga diselingi dengan memutar film-film import yang bernuansa pendidikan dengan tema-tema hiburan, ilmu pengetahuan dan teknologi, maupun tema-tema lingkungan hidup.
Sejak tahun 1984 telah memutar film import sebanyak 20 judul film dengan masa sewa 1 hingga 2 tahun. Film-film import itu antara lain : To Fly, Speed, Blue Planet, The Living Sea, Forces of Nature, T-Rex, The First Emperor of China, Island Adventure, dan Mistic India. Kemudian tahun 2004, teater ini mampu meng-upgrade sistem, dan sekaligus memutar film IMAX DRM (Digital Re-Mastering) yakni teknologi revolusioner yang memungkinkan transfer film laga format 35mm ke dalam IMAX EXPERIENCE 70MM.
Dengan kualitas tampilan dan suara yang mengagumkan perusahaan IMAX kini mampu memperluas upayanya melebihi film animasi mencakup film laga, sehingga memungkinkan film-film Hollywood diganda ulang secara digital. Misalnuya fim berjudul harry Potter and Prizoner of Azkaban dan “Spiderman 2” dapatdiputar teater-teater IMAX diseluruh dunia dalam layar raksasa dengan jam tayang 1 hingga 2,5 jam.
F.     PP IPTEK

Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ( Science Center) atau disingkat PP-IPTEK Adalah sarana pembelajaran luar sekolah untuk menumbuh kembangkan budaya ilmu pengetahuan dan teknologi secara mudah, menghibur, berkesan dan kreatif. Gagasan pendiriannya berawal dari Mentri Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Prof.Dr.B.J.Habibie, yang berkeinginan bagaimana mencerdaskan masyarakat Indonesia melalui ilmu pengetahuan dan teknologi. Dibangunlah PP-IPTEK digedung terminal B Skylift-TMII di atas lahan seluas 1000 m2 dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 20 April 1991.
Pada perkembangannya, PP-IPTEK menempati gedung baru terletak di poros utama kawasan timur Taman Mini “Indonesia Indah” menghadap Monumen Persahabatan KTT Non Blok. Gedung ini bergaya arsitektur futuristic dengan luas bangunan 24.000 m2 di atas lahan 42.300 m2, merupakan bangunan besar yang menempati areal terluas ke dua di TMII, dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 10 November 1995.
Pusat peragaan ini dibangun dengan maksud menyadarkan masyarakat mengenai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dunia secara sangat cepat.Arah perkembangan ini harus disadari agar kita dapat mengikutinya untuk kemudian maju bersama perkembangan tersebut.peragaan di PP-IPTEK dibuat sangat menyenangkan dan menghibur, melalui berbagai program dan peragaan interaktif yang dapat disentuh dan dimainkan. Melalui interaksi ini, diharapkan mampu mendorong tumbuhnya pemikiran tentang apa, mengapa dan bagaimana iptek digali dan dimanfaatkan bagi umat manusia agar lebih nyaman dan sejahtera.
Momok mengenai ilmu pengetahuan dan teknologi yang serius dan membosankan terbantahkan.Pengunjung dapat mengembangkan motivasi dalam memahami prinsip-prinsip ilmu pengetahuan dan teknologi dengan mudah dan berkesan melalui 250 alat peraga yang bisa disentuh, dipegang dan dimainkan. Peraga disiapkan untuk anak-anak dari taman kanak-kanak (TK) sampai dengan sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA) dan di sediakan lembar kerja sains yang akan memandu anak didik untuk belajar ilmu pengetahuan dan teknologi agar lebih terarah dan intensif. Beberapa alat peraga menantang misalnya sepeda layang, roket air, try science, generator van de graft, dan simulator gempa bumi.
Kegiatan yang ditawarkan kepada pengunjung beragam dan disesuaikan dengan sasaran: untuk tingkat taman kanak-kanak, sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah umun (SMU), dan keluarga ; meliputi sanggar kerja dan demo ilmu pengetahuan dan teknologi, pelatihan perancangan alat peraga, science fair, pelatihan proses ilmu pengetahuan alam, pelatihan peduli lingkungan hidup, science camp, peneropongan bintang, aneka lembar kreatifitas dan kuis, dan lomba perancangan alat peraga.
Disamping itu pengunjung bisa menyaksikan film-film ilmiah yang diputar di ruang auditorium berkapasitas tempat duduk 130 orang untuk menambah ilmu pengetahuan yang menghibur dan dapat memahami sains dengan cara yang mudah dan menyenangkan.
IPTEK tidak hanya menyediakan sarana untuk penduduk Jakarta dan sekitarnya, melainkan juga memiliki program kegiatan outreach ke mal dan pusat keramaian, desa, sekolah, dan daerah dengan membawa peralatan peraga yang bersifat portable
G.    CIBADUYUT

Cibaduyut Bandung berada di daerah selatan Bandung kira kira dari pusat kota sekitar 30 menit. Kawasan ini awalnya terkenal dengan sentral sepatu kulit.  Untuk menuju ke Cibaduyut tidak sulit. Di tandai dengan patung sepatu yang besar di depan perempatan sebelum memasuki jalan Cibaduyut Bandung. Dengan adanya patung yang Sepatu memudahkan untuk para pengunjung untuk bisa sampai ke cibaduyut bandung, karena patung sepatu merupakan lambang atau ciri khas dari jalan cibaduyut dan patung sepatu satu-satunya yang ada di kota Bandung. Pantung sepatu cibaduyut merupakan akses pintu masuk menuju dari jalan Cibaduyut Bandung.
Sepanjang Jalan Cibaduyut Bandung banyak berdiri toko toko yang menjual dan menerima pesanan sepatu. Semua ukuran sepatu dapat dibuatkan di sini. Daerah ini terkenal karena harga yang mereka tawarkan cukup murah, dan kwalitas yang cukup bagus.  Kita bisa melihat toko-toko yang berjejer memajang dagangan yang didominasi oleh tas dan sepatu. Kalau kita masuk ke dalamnya, kita dapat menemukan lebih banyak lagi. Ada pakaian termasuk jaket kulit, tas kulit, tas gendong, dompet, ikat pinggang, boneka, sandal, bahan kulit untuk mebuat sepatu atau sendal dan lain-lain.
Keistimewaan dari cibaduyut adalah bagi anda yang ingin membeli sepatu dengan model yang anda inginkan anda bisa melakukan pemesanan. Harganya pun bervariasi, mulai dari beberapa puluh ribu saja sampai dengan ratusan ribu rupiah. Harganya pun bisa di tawar. Dengan kualitas yang bagus juga. Mangkanya deangan kualitas yang terjamin prodak dari Cibaduyut sangat terkenal hingga ke Asia. Selain sepatu, dompet dan tas banyak juga di sini di jual makanan khas Bandung sebagai oleh oleh bandung. Jika datang ke Cibaduyut Bandung anda tak hanya belanja sepatu atau makanan saja, namun dompet pun disini bisa dijadikan oleh oleh Bandung, karena harga, bentuk dan kwalitas yang bagus.
BAB III
PENUTUP

Demikian penulisan hasil laporan study tour yang dilaksanakan di Jakarta – Bandung, sehingga penulis mengetahui beberapa obyek wisata yang seluruhnya dapat penulis tulis dalam bentuk laporan yang sangat sederhana ini.
Dan akhirnya penulis mengucapkan Hamdan wa syukron lillahi robbil ;alamin yang telah mencurahkan rahmat dan mendampingi penulis sejak mulai observasi dan interview hingga penyusunan laporan, tiada gading yang tak retak, seperti halnya itulah laporan ini masih terdapat kekurangan, untuk itu dengan kerendahan hati penulis akan selalu menerima tegur sapa serta yang bersifat membangun demi kesempurnaan laporan ini.
Akhirnya dengan terselesaikannya laporan ini dapat dijadikan bahwa acuan dan pertimbangan bagi bapak dan ibu guru dan para pembaca sekalian. Juga kepada semua pihak yang telah membantu dalam kegiatan ini, penulis mengucapkan banyak terima kasih.

















DAFTAR PUSTAKA

https://id.wikipedia.org/
https://www.wikipedia.org/

No comments: