RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK : 5
– 6 TAHUN / KELOMPOK B
TEMA : Alam
Semesta
SUB.TEMA :
Macam Gejala Alam
HARI
|
TUJUAN
|
Strategi Pembelajaran
|
KD
|
CAKUPAN MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
SENIN
|
Anak dapat :
1.
Menyebutkan macam gejala alam
2.
Menceritakan gambar
3.
Membedakan ciptaan Tuhan
4.
Finger peinting
5.
Keaksaraan awal
|
Pembelajaran langsung
|
1.1, 1.2 ,2.4, 3.3, 4.3, 3.8,
4.8,3.10, 4.10,3.15,4.15
|
Macam , Gejala Alam Ciptaan Tuhan
(bersyukur) : keaksaraan awal, menceritakan gambar, finger painting mengenal
ciptaan Tuhan
|
· Macam
Gejala Alam
· Bercakap
– cakap ttg macam gejala alam
· Menyebutkan
dan menuliskan macam gejala alam
· Menceritakan
daan mewarnai gambar anak yang menjaga lingkungan
· Memberi
tanda (T) kalau ciptaan Tuhan dan (M) kalau Manusia
· Melukis
dengan jari/ finger painting
|
SELASA
|
Anak dapat :
1.
Menceritakan terjadinya gunung meletus
2.
Perilaku mencintai lingkungan
3.
Membedakan ciptaan Tuhan
4.
Menyusun puzzle
5.
Keaksaraan awal
|
Pembelajaran langsung
|
1.1,1.2,2.2,2.3, ,3.5,4.5,3.8,4.8 ,3.12,4.12,3.15,4.15
|
. Gejala Alam , gunung meletus
ciptaan Tuhan : percobaan sains, kekasaraan awal, bermain puzle menggambar,
|
· Gunung
meletus ciptaan Tuhan
· Bercakap
– cakap ttg terjadinya gunung meletus
· Praktek
langsung percobaan “ Gunung meletus”
· Menyebutkan
dan menulis alat dan bahan yang dipakai percobaan
· Menceritakan
gambar “Gunung meletus”
· Bermain
puzzle gunung meletus
|
RABU
|
Anak dapat :
1.
Bermain tepuk
2.
Mengurutkan cerita gambar seri
3.
Mencari jejak
4.
Berkreasi dg balok
5.
Menggambar
|
Pembelajaran langsung
|
, 1.1,1.2,2.2.9,
3,3.3,3.8.4.3,
3.10,4.10,
3.15,4.15
|
Banjir ciptaan Tuhan : bermain
tepuk, mengurutkan cerita, mengenal sikap mencintai lingkungan,
menggambar,bermain balok
|
· Banjir
Ciptaan Tuhan
· Bercakap
– cakap ttg banjir
· Mengurutkan
cerita gambar seri (1-4) “ Korban Banjir”
· Mencari
jalan menuju tempat sampah
· Membuat
bendungan air dari balok
· Menggambar
alat kebersihan
|
KAMIS
|
Anak dapat :
· menyanyi
lagu baru
· memasangkan
gambar sesuai pasangannya
· menceritakan
gambar
· hafalan
doa ketika hujan turun
· membilang
dengan penjumlahan
|
Pembelajaran langsung
|
1.1,1.2,2.1,3.3
,4.3,3.8,4.8,
3.10,4.10,3.15,
4.15
|
Hujan Ciptaan Tuhan (bersyukur) :
hafalan doa, menceritakan gambar, membilang
memasangkan
gambar
|
· Hujan
Ciptaan Tuhan (bersyukur)
· Bercakap
– cakap ttg hujan
· Menyanyi
lagu hujan – hujan lagi
· Memasangkan
gambar payung sesuai dengan tulisannya
· Menceritakan
gambar “ Kebaikan Titi”
· Hafalan
doa ketika hujan turun (ember tanda S pada gambar anak
yg berdoa dan TSyang tidak)
· Menyelesaiakan
tugas penjumlahan
|
JUMAT
|
Anak dapat :
1.
percobaan sains
2.
keaksaraan awa;
3.
menyusun puzzle
4.
menggambar
|
Pembelajaran langsung dan tidak
langsung
|
: 1.1,1.2,2.2,2.3,
2.9,3.3,4.3, 3.8,4.8,3.12 ,4.12
|
Tanah longsor ciptaan Tuhan,
percobaan sains, keaksaraan awal, perilaku peduli social,puzzle, menggambar
|
· Tanah
Longsor ciptaan Tuhan
· Bercakap-
cakap ttg terjadinya tanah longsor
· Percobaan
Sains terjadinya tanah longsor
· Menyebutkan
dan menuliskan bahan percobaan terjadinya tanah longsor
· Puzzle
gambar gotong royong
· Menggambar
tanah longsor
|
SABTU
|
Anak dapat :
· menyanyi
lagu baru
· percobaan
sains
· menggambar
· keaksaraan
awal
|
Pembelajaran langsung dan tidak
langsung
|
1.1,1.2,2.2,2.3,3.3,
4.3,3.5,4.5,3.8,4.8,
3.12,4.12
|
Indahnya Pelangi ciptaan Tuhan
(bersyukur) : percobaan sains, keaksaraan awal, menggambar, mempunyai sikap/
rasa bersyukur
|
· Pelangi
yang indah ciptaan Tuhan (bersyukur) :
· Bercakap
– cakap ttg pelangi
· Menyanyi
lagu pelangi- pelangi
· Percobaan
terjadinya pelangi
· Menggambar
pelangi dg cat air
· Menyebutkan
dan menulis bahan – bahan eksperimen terjadinya pelangi
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK : 5-6 TAHUN
/ KELOMPOK B
TEMA /SUB.TEMA : ALAM
SEMESTA/BENDA LANGIT
HARI
|
TUJUAN
|
Strategi Pembelajaran
|
KD
|
CAKUPAN MATERI
|
RENCANA KEGIATAN
|
SENIN
|
Anak dapat :
1.
kaeksaraan
awal
2.
berkreasi dg
adonan tepung
3.
menyusun
puzzle
4.
memasangkan
gambar sesuai pasangannya
|
Pembelajaran langsung
|
1.1, 1.2, 2.3,
2.4 ,3.3.,4.3,3.8,4.8,3.12,4.12,3.15,4.15
|
Macam bnda langit ( bersyukur ) : bermain puzzle,
keaksaraan awal, mewarnai gambar, sikap kreatif, hasil karya, memasangkan
gambar
|
· Macam Benda langit
· Bercakap – cakap ttg benda langit
· Menyebutkan dan menuliskan macam benda
· langit
· Membuat macam bentuk benda langit dari
· adonan tepung
· Bermain Puzzle benda langit
· Memasangkan gambar sesuai tulisannya
|
SELASA
|
Anak dapat :
1.
menyanyi lagu
baru
2.
menghubungkan
angka
3.
mewarnai
gambar
4.
menggambar
5.
menempel
gambar
6.
perilaku
sabar menunggu giliran
|
Pembelajaran langsung
|
1.1,1.2, 2.3, 2.4, 3.3.,4.3,3.8,4.8,3.12,4.12,3.15,4.15
|
Bintang Ciptaan Tuhan (bersyukur) : perilaku
kreatif, keaksaraan awal, menghubungkan angka, membilang, sikap sabar
menunggu giliran, bermain pasir
|
· Bintang ciptaan Tuhan:
· Bercakap-cakap ttg bintang
· Menyanyi lagu bintang kejora
· Menghubungkan angka 1-10 membuat
· bentuk bintang
· Mewarnai gambar anak yang sabar
· menunggu giliran
· Menggambar bintang dg media pasir
· Menempelkan gambar benda yang menyinari bumi
|
RABU
|
Anak dapat :
1.
menebali kata
2.
bermain peran
3.
mengenal
waktu sederhana
4.
kolase
|
Pembelajaran langsung
|
1.1,1.2,2.3,3.3,4.3,3.8,4.8,3.15,4.5
|
Matahari ciptaan Tuhan (bersyukur) : perilaku kreatif ,
menebali kata, bermain peran,
mengenal waktu sederhana, kolase
|
· Matahari ciptaan Tuhan
· Brtcakap-cakap tentang matahari
· Menebali kata matahari
· Bemain peran
· Mengenal waktu sederhana (pagi siang)
· Kolase matahari dg ampas kelapa
|
KAMIS
|
Anak dapat :
1.
menyanyi lagu
baru
2.
mencari
jejak/ maze
3.
menghubungkan
benda dg pasangannya
4.
keaksaraan
awal
5.
mewarnai
gambar
|
Pembelajaran langsung
|
1.1,1.2,2.3,3.3,4.3,3.8,4.8,3.12,4.12,3.15,4.15
|
Bulan ciptaan Tuhan (bersyukur), mengenal ciptaan Tuhan,
mengurutkan gambar, keaksaraan awal, maze
|
· Bulan ciptaan Tuhan:
· Bercakap cakap tentang bulan
· Menyanyi ambilkan bulan bu
· Mencari jejak jalan ke bulan
· Menghubungkan benda dengan penciptanya
· Meniru menulis bulan purnama
· Menebali kata teropong dan mewarnai gambar
|
JUMAT
|
Anak dapat :
1.
menyebutkan
nama bulan
2.
mencari jejak
3.
berkreasi dg
plastisin
4.
menggambar
|
Pembelajaran langsung
|
1.1,1.2,2.3,3.3,4.3,3.8,4.8,3.12,4.12,3.12,3.15,4.15
|
Benda langit ciptaan Tuhan (bersyukur) :
Keaksaraan awal, membilang, menghubungkan gambar dg
tulisannya, menebali kata, bermain plastisin
|
· Benda langit ciptaan Tuhan :
· Bercakap – cakap ttg benda langit
· Menyebutkan dan menuliskan nama bulan dalam satu tahun
· Mencari jejak melihat benda langit
· Membuat benda langit dari plastisin
· Membuat gambar bulan dengan media lilin dan pewarna
|
SABTU
|
Anak dapat :
1.
keaksaraan
awal
2.
finger
painting
3.
mengenal
kebalikan
4.
bermain peran
|
Pembelajaran langsung dan tidak langsung
|
1.1,1.2,2.3,3.3,4.3,3.8,4.8,3.12,4.12,3.15,4.15
.
|
Macam benda langitiatan, (bersyukur): mengenal kebalikan,
keaksaraan awal, finger painting, bermain peran
|
· Macam Benda Langit :
· Bercakap cakap tentang macam benda langit
· Meniru menulis nama benda langit dalam bahasa inggris (
sun, moon, star, rainbow)
· Finger painting
· Mengenal kata tinggi rendah
· Bermain peran
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK : 4-5 TAHUN / KELOMPOK A
TEMA : Pekerjaan
Sub.Tema : Macam Pekerjaan
HARI
|
KD
|
CAKUPAN
MATERI
|
RENCANA
KEGIATAN
|
SENIN
|
1.2, 2.2, 2.4 ,2.7 ,3.5,4.5,
3.12,4.12
|
· Macam pekerjaan
· Menyanyi, bermain puzzle, mewarnai
gambar, mengenal perilaku benar dan salah, menebali huruf
|
· Macam Pelerjaan
· Menyanyi macam profesi
· Puzle gambar
profesi
· Mewarnai
gambar profesi kesukaan
· Menebali kotak untuk gambar anak
yang sopan
· Menebali huruf q, r,s,t
|
SELASA
|
1.2, 2.2,3.3,4.3,
3.5,4.5,3.8,4.8,
3.2,4.12,3.15,4.15
|
· Polisi yang gagah :
· Menyanyi, bermain
tepuk, menebali kata, menceritakan gambar, maze, bermain balok
|
· Polisi yang gagah :
· Menyanyi lagu Lihat Bapak Polisi
· Bermain tepuk polisi
· Menebali kata polisi lalu lintas
· Mencari jalan menuju ke kantor
polisi
· Membuat kantor polisi dari balok
|
RABU
|
1.2, 2.2, 2.4,
3.3,4.3,3.5,4.5,
3.12,4.12, 3.15, 4.15
|
· Petani yang baik :
· Perilaku / sikap estetis,
3M(mewarnai,mencocok, menempel) , membilang, mengenal ukuran, keaksaraan awal
|
· Petani yang baik :
· 3 M (mewarnai, mencocok, menempel
) topi petani
· Membilang jumlah petani yang
menanam padi
· Bermain sains mengukur
/menimbang gabah
· Meniru menulis kata petani
|
KAMIS
|
1.2, 2.3, 3.3,4.3
3.5,4.5, 3.12, 4.12,3.15,4.15
|
· Dokter yang penolong :
· Melengkapi kalimat, bermain
puzzle, mengelompokkan gambar, mewarnai gambar
|
· Dokter yang penolong :
· Bermain tepuk dokter
· Melengkapi kalimat lala menjadi ….
· Bermain puzzle tenaga medis
· Melingkari gambar tenaga medis
· Mewarnai gambar dokter
|
JUMAT
|
1.2, 2.4, 3.3,4.3, 3.5,4.5,
3.7,4.7, 3.15,4.15
|
· Guru yang ramah :
· Menyanyi, melengkapi kalimat sederhana,
mencari jejak/maze, menceritakan gambar, menebali kata
|
· Guru yang ramah:
· Menyanyi lagu Bhakti Guru
· Menebali tulisan ustadz dan
ustadza
· Memberi nomer
urut 1 – 4 cerita gambar seri kegiatanberangkat sekolah
· Mencari jalan menuju ke sekolah
· Melengkapi kalimat sederhana
…….mengajar di sekolah
|
SABTU
|
1.2, 2.5, 3.3, 4.3, 3.7,4.7, 3.12, 4.12
3.15, 4.15
|
· Pekerjaan yang kusukai / cita-
citaku :memasangkan gambar, keaksaraan awal, bermain peran, menebali huruf
|
· Pekerjaan yang kusukai
· Memasangkan gambar profesi
dan tulisannya
· Menyalin meniru macam profesi
dalam bahasa inggris (teacher,doctor,police, farmer)
· brmain peran menjadi profesi yang
disukai (dokter, polisi, guru)
· menebali huruf u dan v
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK : 4- 5 TAHUN /
KELOMPOK A
TEMA : PEKERJAAN
SUB.TEMA : Alat / perlengkapan bekerja
HARI
|
KD
|
CAKUPAN
MATERI
|
RENCANA
KEGIATAN
|
SENIN
|
22., 2.3, 2.6, 3.3, 4.3, 3.6,4.6,
3.9,4.9, 3.12, 4.12, 3.15,.4.15,
|
· Perlengkapan Bekerja :
menceritakan gambar, mengenal konsep banyak sedikit, bermain plastisin,
menebali kata
|
· Perlengkapan bekerja :
· Menceritakan gambar nelayan
mendayung perahu
· Menebali kata B untuk jumlah
banyak dan S yang sedikt
· Bermain plastisin bmembuat
peralatan kerja
· Menebali kata timbangan
|
SELASA
|
2.3, 2.8, 3.3, 4.3, 3.5,4.5,
3.9,4.9, 3.12,.4.12, 3.15, 4.15
|
· Alat Polisi : keaksaraan awal,
sikap. Perilaku kreatif, mengurutkan gambar, memasangkan / menghubungkan
tulisan dg asal suara, bermain plastisin
|
· Alat Polisi :
· Membuat
pistol polisi dari batang daun pisang
· Mengurutkan gambar pistol polisi
dari yang terkecil sampai terbesar
· Memasangkan asal suara dengan
tulisannya (sepatu….prok prok, peluit..prit, tembak..dor)
· Bermainj plastisin
|
RABU
|
2.3, 2, 4, 3.3, 4.3, 3.9,4.9,
3.11, 4.11, 3.15,4.15
|
· Alat petani : menirukan syair ,
perilaku kreatif, mengelompokan gambar, mengurutkan
gambar, keaksaraan awal
|
· Alat Petani :
· Menirukan syair “Petani”
· Membuat alat alat petani
dari plastisin/ clay
· Menghubungkan gambar alat petani
· Mengurutkan gambar alat petani
dari yg terkecil – terbesar
· Meniru menulis kata cangkul
|
KAMIS
|
2.2, 2.4, 3.3, 4.3, 3.5,4.5,
3.9,4.9, 3.12,4.12,3.15, 4.15
|
· Alat Dokter :
· Menebali kata, menyempurnakan
gambar, bermain plastisin, membilang
|
· Alat Dokter
· .Kolase kotak
obat
· Menghubungkan garis putus – putus
membuat stetoskop
· Menebali kata thermometer
· Menghitung gambar alat dokter
|
JUMAT
|
1.2, 3.1,4.1, 3.3,4.3,.3.9,4.9,
3.10,4.10,3.15,4.15
|
· Alat guru : hafalan doa, menjiplak
gambar, mengenal waktu sederhana, menggambar
|
· Alat Guru :
· Hafalan doa
sesudah belajar (
mewarnai gambar anak yang mau membaca doa )
· Menjiplak gambar tas untuk bu guru
· Mengenal waktu sedehana ( masuk
sekolah jam…….pulang sekolah jam…….)
· Menggambar alat sekolah
|
SABTU
|
2.3, 2.4, 3.3,4.3, 3.9,4.9, 3, 3.15,4.15
|
· Gambar Memasangkan
gambar, perilaku baik , menggambar bebas, bermain pasir
|
· Memasangkan
gambar profesi dan nama alatnya
· Menggambar bebas diatas pasir
· Memasangkan gambar dengan cita
citanya
· Mengenal perilaku baik
|
No comments:
Post a Comment