RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK             : 5
– 6 TAHUN / KELOMPOK B
TEMA                         :  Alam
Semesta
SUB.TEMA               :
Macam Gejala Alam
| 
HARI | 
TUJUAN | 
Strategi Pembelajaran | 
KD | 
CAKUPAN MATERI | 
RENCANA KEGIATAN | 
| 
SENIN | 
Anak dapat : 
1.    
  Menyebutkan macam gejala alam 
2.    
  Menceritakan gambar 
3.    
  Membedakan ciptaan Tuhan 
4.    
  Finger peinting 
5.    
  Keaksaraan awal | 
Pembelajaran langsung | 
1.1, 1.2 ,2.4, 3.3, 4.3, 3.8,
  4.8,3.10, 4.10,3.15,4.15 | 
Macam , Gejala Alam Ciptaan Tuhan
  (bersyukur) : keaksaraan awal, menceritakan gambar, finger painting mengenal
  ciptaan Tuhan | 
·  Macam
  Gejala Alam 
·  Bercakap
  – cakap ttg macam gejala alam 
·  Menyebutkan
  dan menuliskan macam gejala alam 
·  Menceritakan
  daan mewarnai gambar anak yang menjaga lingkungan 
·  Memberi 
  tanda (T) kalau  ciptaan Tuhan dan (M) kalau Manusia 
·  Melukis
  dengan jari/ finger painting | 
| 
SELASA | 
Anak dapat : 
1.    
  Menceritakan terjadinya gunung meletus 
2.    
  Perilaku mencintai lingkungan 
3.    
  Membedakan ciptaan Tuhan 
4.    
  Menyusun puzzle 
5.    
  Keaksaraan awal | 
Pembelajaran langsung | 
1.1,1.2,2.2,2.3, ,3.5,4.5,3.8,4.8 ,3.12,4.12,3.15,4.15 | 
. Gejala Alam , gunung meletus
  ciptaan Tuhan : percobaan sains, kekasaraan awal, bermain puzle menggambar, | 
·  Gunung
  meletus ciptaan Tuhan 
·  Bercakap
  – cakap ttg terjadinya gunung meletus 
·  Praktek
  langsung  percobaan “ Gunung  meletus” 
·  Menyebutkan
  dan menulis alat dan bahan yang dipakai percobaan 
·  Menceritakan
  gambar “Gunung meletus” 
·  Bermain
  puzzle gunung meletus | 
| 
RABU | 
Anak dapat : 
1.    
  Bermain tepuk 
2.    
  Mengurutkan cerita gambar seri 
3.    
  Mencari jejak 
4.    
  Berkreasi dg balok 
5.    
  Menggambar | 
Pembelajaran langsung | 
, 1.1,1.2,2.2.9, 
3,3.3,3.8.4.3,
  3.10,4.10, 
3.15,4.15 | 
Banjir ciptaan Tuhan : bermain
  tepuk, mengurutkan cerita, mengenal sikap mencintai lingkungan,
  menggambar,bermain balok | 
·  Banjir
  Ciptaan Tuhan 
·  Bercakap
  – cakap ttg banjir 
·  Mengurutkan
  cerita gambar seri (1-4) “ Korban Banjir” 
·  Mencari
  jalan menuju tempat sampah 
·  Membuat
  bendungan air dari balok 
·  Menggambar
  alat kebersihan | 
| 
KAMIS | 
Anak dapat : 
·  menyanyi
  lagu baru 
·  memasangkan
  gambar sesuai pasangannya 
·  menceritakan
  gambar 
·  hafalan
  doa ketika hujan turun 
·  membilang
  dengan penjumlahan | 
Pembelajaran langsung | 
1.1,1.2,2.1,3.3 
,4.3,3.8,4.8, 
3.10,4.10,3.15, 
4.15 | 
Hujan Ciptaan Tuhan (bersyukur) :
  hafalan doa, menceritakan gambar, membilang 
memasangkan
  gambar | 
·  Hujan
  Ciptaan Tuhan (bersyukur) 
·  Bercakap
  – cakap ttg hujan 
·  Menyanyi
  lagu hujan – hujan lagi 
·  Memasangkan
  gambar  payung sesuai dengan tulisannya 
·  Menceritakan
  gambar “ Kebaikan Titi” 
·  Hafalan
  doa ketika hujan turun (ember  tanda S pada gambar anak
  yg berdoa dan TSyang tidak) 
·  Menyelesaiakan
  tugas penjumlahan | 
| 
JUMAT | 
Anak dapat : 
1.    
  percobaan sains 
2.    
  keaksaraan awa; 
3.    
  menyusun puzzle 
4.    
  menggambar | 
Pembelajaran langsung dan tidak
  langsung | 
: 1.1,1.2,2.2,2.3,
  2.9,3.3,4.3, 3.8,4.8,3.12 ,4.12 | 
Tanah longsor ciptaan Tuhan,
  percobaan sains, keaksaraan awal, perilaku peduli social,puzzle, menggambar | 
·  Tanah
  Longsor ciptaan Tuhan 
·  Bercakap-
  cakap ttg terjadinya tanah longsor 
·  Percobaan
  Sains terjadinya tanah longsor 
·  Menyebutkan  
  dan menuliskan bahan  percobaan terjadinya tanah longsor 
·  Puzzle
  gambar gotong royong 
·  Menggambar
  tanah longsor | 
| 
SABTU | 
Anak dapat : 
·  menyanyi
  lagu baru 
·  percobaan
  sains 
·  menggambar 
·  keaksaraan
  awal | 
Pembelajaran langsung dan tidak
  langsung | 
1.1,1.2,2.2,2.3,3.3,
  4.3,3.5,4.5,3.8,4.8, 
3.12,4.12 | 
Indahnya Pelangi ciptaan Tuhan
  (bersyukur) : percobaan sains, keaksaraan awal, menggambar, mempunyai sikap/
  rasa bersyukur | 
·  Pelangi
  yang indah ciptaan Tuhan (bersyukur) : 
·  Bercakap
  – cakap ttg pelangi 
·  Menyanyi
  lagu pelangi- pelangi 
·  Percobaan
  terjadinya pelangi 
·  Menggambar
  pelangi dg cat air 
·   Menyebutkan
  dan menulis bahan – bahan eksperimen terjadinya pelangi | 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK                         : 5-6 TAHUN
/ KELOMPOK B
TEMA /SUB.TEMA             :  ALAM
SEMESTA/BENDA LANGIT
| 
HARI | 
TUJUAN | 
Strategi Pembelajaran | 
KD | 
CAKUPAN MATERI | 
RENCANA KEGIATAN | 
| 
SENIN | 
Anak dapat : 
1.    
  kaeksaraan
  awal 
2.    
  berkreasi dg
  adonan tepung 
3.    
  menyusun
  puzzle 
4.    
  memasangkan
  gambar sesuai pasangannya | 
Pembelajaran langsung | 
1.1, 1.2, 2.3,
  2.4 ,3.3.,4.3,3.8,4.8,3.12,4.12,3.15,4.15 | 
 Macam bnda langit ( bersyukur ) : bermain puzzle,
  keaksaraan awal, mewarnai gambar, sikap kreatif, hasil karya, memasangkan
  gambar | 
·  Macam Benda langit 
·  Bercakap – cakap ttg benda langit 
·  Menyebutkan dan menuliskan macam benda 
·  langit 
·  Membuat macam  bentuk benda langit dari 
·  adonan tepung 
·  Bermain Puzzle benda langit 
·  Memasangkan gambar sesuai tulisannya | 
| 
SELASA | 
Anak dapat : 
1.    
  menyanyi lagu
  baru 
2.    
  menghubungkan
  angka 
3.    
  mewarnai
  gambar 
4.    
  menggambar 
5.    
  menempel
  gambar 
6.    
  perilaku
  sabar menunggu giliran | 
Pembelajaran langsung | 
1.1,1.2, 2.3, 2.4, 3.3.,4.3,3.8,4.8,3.12,4.12,3.15,4.15 | 
Bintang Ciptaan Tuhan (bersyukur) :  perilaku
  kreatif, keaksaraan awal, menghubungkan angka, membilang, sikap sabar
  menunggu giliran, bermain pasir | 
·  Bintang ciptaan Tuhan: 
·  Bercakap-cakap ttg bintang 
·  Menyanyi lagu bintang kejora 
·  Menghubungkan angka 1-10 membuat 
·  bentuk bintang 
·  Mewarnai gambar anak yang sabar 
·  menunggu giliran 
·  Menggambar bintang dg media pasir 
·  Menempelkan gambar benda yang menyinari bumi | 
| 
RABU | 
Anak dapat : 
1.    
  menebali kata 
2.    
  bermain peran 
3.    
  mengenal
  waktu sederhana 
4.    
  kolase | 
Pembelajaran langsung | 
1.1,1.2,2.3,3.3,4.3,3.8,4.8,3.15,4.5 | 
Matahari ciptaan Tuhan (bersyukur) : perilaku kreatif ,
  menebali kata,  bermain peran, 
mengenal  waktu sederhana, kolase | 
·  Matahari ciptaan Tuhan 
·  Brtcakap-cakap tentang matahari 
·  Menebali kata matahari 
·  Bemain peran 
·  Mengenal waktu sederhana (pagi siang) 
·  Kolase matahari dg ampas kelapa | 
| 
KAMIS | 
Anak dapat : 
1.    
  menyanyi lagu
  baru 
2.    
  mencari
  jejak/ maze 
3.    
  menghubungkan
  benda dg pasangannya 
4.    
  keaksaraan
  awal 
5.    
  mewarnai
  gambar | 
Pembelajaran langsung | 
1.1,1.2,2.3,3.3,4.3,3.8,4.8,3.12,4.12,3.15,4.15 | 
Bulan ciptaan Tuhan (bersyukur), mengenal ciptaan Tuhan,
  mengurutkan gambar, keaksaraan awal, maze | 
·  Bulan  ciptaan Tuhan: 
·  Bercakap cakap tentang bulan 
·  Menyanyi ambilkan bulan bu 
·  Mencari jejak jalan ke bulan 
·  Menghubungkan  benda dengan penciptanya 
·  Meniru menulis bulan purnama 
·  Menebali kata teropong dan mewarnai gambar | 
| 
JUMAT | 
Anak dapat : 
1.    
  menyebutkan
  nama bulan 
2.    
  mencari jejak 
3.    
  berkreasi dg
  plastisin 
4.    
  menggambar | 
Pembelajaran langsung | 
1.1,1.2,2.3,3.3,4.3,3.8,4.8,3.12,4.12,3.12,3.15,4.15 | 
Benda langit ciptaan Tuhan (bersyukur) : 
Keaksaraan awal, membilang, menghubungkan gambar dg
  tulisannya, menebali kata, bermain plastisin | 
·  Benda langit ciptaan Tuhan : 
·  Bercakap – cakap ttg benda langit 
·  Menyebutkan dan menuliskan nama bulan dalam satu tahun 
·  Mencari jejak melihat benda langit 
·  Membuat benda langit dari plastisin 
·  Membuat gambar bulan dengan media lilin dan pewarna | 
| 
SABTU | 
Anak dapat : 
1.    
  keaksaraan
  awal 
2.    
  finger
  painting 
3.    
  mengenal
  kebalikan 
4.    
  bermain peran | 
Pembelajaran langsung dan tidak langsung | 
1.1,1.2,2.3,3.3,4.3,3.8,4.8,3.12,4.12,3.15,4.15 
. | 
Macam benda langitiatan, (bersyukur): mengenal kebalikan,
  keaksaraan awal, finger painting, bermain peran | 
·  Macam Benda Langit : 
·  Bercakap cakap tentang macam benda langit 
·  Meniru menulis nama benda langit dalam bahasa inggris (
  sun, moon, star, rainbow) 
·  Finger painting 
·  Mengenal kata tinggi rendah 
·  Bermain peran | 
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK            : 4-5 TAHUN / KELOMPOK A
TEMA                        : Pekerjaan
Sub.Tema                   : Macam Pekerjaan
| 
HARI | 
KD | 
CAKUPAN
  MATERI | 
RENCANA
  KEGIATAN | 
| 
SENIN | 
1.2, 2.2, 2.4 ,2.7 ,3.5,4.5,
  3.12,4.12 | 
·  Macam pekerjaan 
·  Menyanyi, bermain puzzle, mewarnai
  gambar, mengenal perilaku benar dan salah, menebali huruf | 
·  Macam Pelerjaan 
·  Menyanyi macam profesi 
·  Puzle gambar
  profesi 
·  Mewarnai
  gambar profesi kesukaan 
·  Menebali kotak  untuk gambar anak
  yang  sopan 
·  Menebali huruf q, r,s,t | 
| 
SELASA | 
1.2, 2.2,3.3,4.3, 
3.5,4.5,3.8,4.8,
  3.2,4.12,3.15,4.15 | 
·  Polisi yang gagah : 
·  Menyanyi,  bermain
  tepuk, menebali kata, menceritakan gambar, maze, bermain balok | 
·  Polisi yang gagah : 
·  Menyanyi lagu Lihat Bapak Polisi 
·  Bermain tepuk polisi 
·  Menebali kata polisi lalu lintas 
·  Mencari jalan menuju ke kantor
  polisi 
·  Membuat kantor polisi dari balok | 
| 
RABU | 
1.2,  2.2, 2.4,
  3.3,4.3,3.5,4.5, 
3.12,4.12, 3.15, 4.15 | 
·  Petani yang baik : 
·  Perilaku / sikap estetis,
  3M(mewarnai,mencocok, menempel) , membilang, mengenal ukuran, keaksaraan awal | 
·  Petani yang baik : 
·  3 M (mewarnai, mencocok, menempel
  ) topi petani 
·  Membilang jumlah petani yang
  menanam padi 
·  Bermain sains mengukur
  /menimbang  gabah 
·  Meniru menulis kata petani | 
| 
KAMIS | 
1.2,  2.3, 3.3,4.3 
3.5,4.5, 3.12, 4.12,3.15,4.15 | 
·  Dokter yang penolong : 
·  Melengkapi kalimat, bermain
  puzzle, mengelompokkan gambar, mewarnai gambar | 
·  Dokter yang penolong : 
·  Bermain tepuk dokter 
·  Melengkapi kalimat lala menjadi …. 
·  Bermain puzzle tenaga medis 
·  Melingkari gambar tenaga medis 
·  Mewarnai gambar dokter | 
| 
JUMAT | 
1.2, 2.4, 3.3,4.3, 3.5,4.5,
  3.7,4.7, 3.15,4.15 | 
·  Guru yang ramah : 
·  Menyanyi, melengkapi kalimat sederhana,
  mencari jejak/maze, menceritakan gambar, menebali kata | 
·  Guru yang ramah: 
·  Menyanyi lagu Bhakti Guru 
·  Menebali tulisan ustadz dan
  ustadza 
·  Memberi nomer
  urut 1 – 4 cerita gambar seri kegiatanberangkat sekolah 
·  Mencari jalan menuju ke sekolah 
·  Melengkapi kalimat sederhana
  …….mengajar di sekolah | 
| 
SABTU | 
  1.2,  2.5, 3.3, 4.3, 3.7,4.7, 3.12, 4.12 
 3.15, 4.15 | 
·  Pekerjaan yang kusukai / cita-
  citaku :memasangkan gambar, keaksaraan awal, bermain peran, menebali huruf | 
·  Pekerjaan yang kusukai 
·  Memasangkan gambar  profesi
  dan tulisannya 
·  Menyalin meniru macam profesi
  dalam bahasa inggris (teacher,doctor,police, farmer) 
·  brmain peran menjadi profesi yang
  disukai (dokter, polisi, guru) 
·  menebali huruf u dan v | 
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
KELOMPOK            : 4- 5  TAHUN /
KELOMPOK A
TEMA                        : PEKERJAAN
SUB.TEMA               : Alat / perlengkapan bekerja
| 
HARI | 
KD | 
CAKUPAN
  MATERI | 
RENCANA
  KEGIATAN | 
| 
SENIN | 
22., 2.3, 2.6, 3.3, 4.3, 3.6,4.6,
  3.9,4.9, 3.12, 4.12,  3.15,.4.15, | 
·  Perlengkapan Bekerja :
  menceritakan gambar, mengenal konsep banyak sedikit, bermain plastisin,
  menebali kata | 
·  Perlengkapan bekerja : 
·  Menceritakan gambar nelayan
  mendayung perahu 
·  Menebali kata B untuk jumlah
  banyak dan S yang sedikt 
·  Bermain plastisin bmembuat
  peralatan kerja 
·  Menebali kata timbangan | 
| 
SELASA | 
2.3, 2.8, 3.3, 4.3, 3.5,4.5,
  3.9,4.9, 3.12,.4.12, 3.15, 4.15 | 
·  Alat Polisi : keaksaraan awal,
  sikap. Perilaku kreatif, mengurutkan gambar, memasangkan / menghubungkan
  tulisan dg asal suara, bermain plastisin | 
·  Alat Polisi : 
·  Membuat
  pistol polisi dari batang daun pisang 
·  Mengurutkan gambar pistol polisi
  dari yang terkecil sampai terbesar 
·  Memasangkan asal suara dengan
  tulisannya (sepatu….prok prok, peluit..prit, tembak..dor) 
·  Bermainj plastisin | 
| 
RABU | 
2.3, 2, 4, 3.3, 4.3, 3.9,4.9,
  3.11, 4.11, 3.15,4.15 | 
·  Alat petani : menirukan syair ,
  perilaku kreatif,  mengelompokan gambar, mengurutkan
  gambar,  keaksaraan awal | 
·  Alat Petani : 
·  Menirukan syair “Petani” 
·  Membuat alat alat petani
  dari  plastisin/ clay 
·  Menghubungkan gambar alat petani 
·  Mengurutkan gambar alat petani
  dari yg terkecil – terbesar 
·  Meniru menulis kata cangkul | 
| 
KAMIS | 
2.2, 2.4, 3.3, 4.3, 3.5,4.5,
  3.9,4.9, 3.12,4.12,3.15, 4.15 | 
·  Alat Dokter : 
·  Menebali kata, menyempurnakan
  gambar, bermain plastisin, membilang | 
·  Alat Dokter 
·  .Kolase kotak
  obat 
·  Menghubungkan garis putus – putus
  membuat stetoskop 
·  Menebali kata thermometer 
·  Menghitung gambar alat dokter | 
| 
JUMAT | 
1.2, 3.1,4.1, 3.3,4.3,.3.9,4.9,
  3.10,4.10,3.15,4.15 | 
·  Alat guru : hafalan doa, menjiplak
  gambar,  mengenal waktu sederhana, menggambar | 
·  Alat Guru : 
·  Hafalan doa
  sesudah belajar (
  mewarnai gambar anak yang mau membaca doa ) 
·  Menjiplak gambar tas untuk bu guru 
·  Mengenal waktu sedehana ( masuk
  sekolah jam…….pulang sekolah jam…….) 
·  Menggambar alat sekolah | 
| 
SABTU | 
  2.3, 2.4, 3.3,4.3, 3.9,4.9, 3, 3.15,4.15 | 
·  Gambar Memasangkan
  gambar, perilaku baik , menggambar bebas, bermain pasir | 
·  Memasangkan
  gambar profesi dan nama alatnya   
·  Menggambar bebas diatas pasir 
·  Memasangkan gambar dengan cita
  citanya 
·  Mengenal perilaku baik | 
No comments:
Post a Comment